Apa itu Afiliasi?

2 min read

Deskripsi: Pengertian Program Afiliasi, cara kerja dan keunggulannya.


Afiliasi merupakan salah satu bisnis yang banyak digeluti di era digital ini. Skema bisnis ini membuat penggunanya bisa berbisnis dengan mudah bahkan tanpa modal sekalipun.

Siapapun tentu saja bisa mempelajari dan sukses menjalankan ide bisnis yang satu ini.

Mari ketahui lebih dalam apa yang dimaksud dengan afiliasi serta bagaimana cara kerjanya. Secara lengkap, kami juga akan mengulas mengenai keunggulan ide bisnis yang satu ini.

Mari tentukan seberapa menarik peluang bisnis ini untuk Anda.

Pengertian Afiliasi

Pengertian Afiliasi

Program afiliasi dapat diartikan sebagai suatu pemasaran dalam bisnis yang menggunakan sistem berbasis komisi.

Dalam hal ini, bisnis afiliasi dilakukan dengan cara membayar jasa pihak ketiga untuk menawarkan dan menjual jasa atau produk dari perusahaan tertentu.

Jadi bisnis afiliasi adalah suatu bentuk hubungan atau kerja sama antara perusahaan dengan pihak afiliator atau pihak pemasar.

Yang mana jika seorang afiliator berhasil menjual produk atau jasa, maka ia berhak mendapatkan komisi dari hasil penjualan tersebut.

Bagaimana Cara Menjalankan Bisnis Afiliasi?

Jika Anda sedang mencari bisnis yang mudah dan bisa dikerjakan dengan tanpa modal. Maka sangat tepat bila menjadikan bisnis afiliasi ini sebagai pilihan.

Bagaimana cara menjalankan bisnis afiliasi? Berikut ini beberapa tahapan yang umum diterapkan.

A. Mendaftar Afiliasi

Afiliasi adalah merupakan bisnis yang berbasis komisi. Jadi, untuk dapat menjalankannya Anda harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu kepada perusahaan afiliasi.

Perusahaan afiliasi adalah pemilik produk. Disini dapat berupa perusahaan, vendor, ataupun penjualan yang menyelenggarakan program afiliasi.

B. Aktif Berpromosi

Setelah melakukan pendaftaran, selanjutnya Anda akan mendapatkan link afiliasi. Agar bisnis afiliasi dapat menghasilkan, maka Anda harus rutin berpromosi.

Promosi dalam hal ini dapat dilakukan lewat blog, website, sosial media, ataupun forum online.

C. Mendapatkan Penghasilan

Penghasilan dari bisnis afiliasi berasal dari pengunjung yang membeli produk menggunakan kode referal Anda.

Dengan menggunakan kode referal, konsumen akan mendapatkan diskon produk.

Sementara itu, Anda selaku afiliator akan mendapatkan komisi dari penjualan. Komisi yang didapatkan biasanya sangat bervariasi, tergantung kebijakan dari merchant (perusahaan afiliasi).

Apa Keuntungan Menjalankan Bisnis Afiliasi?

Bagaimana, sampai disini tentu Anda sudah mengetahui mengenai pengertian afiliasi serta cara menjalankannya, bukan ?

Bahkan mungkin Anda sudah dapat membayangkan seperti apa itu bisnis afiliasi itu.

Lalu apa saja keuntungan bisnis afiliasi ini? Mari temukan beberapa peluang menarik untuk Anda melalui ulasan di bawah ini.

1. Mendapatkan Penghasilan Dengan Mudah

Setelah memasang link afiliasi pada blog atau media sosial. Anda hanya tinggal menunggu pengunjung untuk membeli dari link tersebut.

Lalu kemudian Anda akan mendapatkan komisi setelahnya.

Nah, komisi atau penghasilan bisa didapatkan secara terus menerus selama link afiliasi belum dihapus.

Jadi secara tidak langsung, Anda hanya tinggal menunggu penghasilan datang tanpa perlu bekerja keras lebih lanjut apabila menjalankan bisnis afiliasi.

2. Modal Kecil

Jika Anda bertanya apa keuntungan melakukan afiliasi. Nah, keuntungan menjalankan bisnis afiliasi yang selanjutnya adalah karena bisnis ini bisa dijalankan dengan modal kecil.

Untuk mendaftar bisnis afiliasi. Ada perusahaan yang menyediakan program afiliasi secara gratis dan ada juga memberikan syarat untuk membeli produk terlebih dahulu.

Namun meski harus membayar di awal, biasanya tidak membutuhkan modal yang terlalu besar. Sehingga bisnis ini tetap bisa disebut sebagai bisnis yang dapat dijalankan dengan modal kecil.

3. Kerja Dari Rumah

Apakah Anda seorang ibu rumah tangga atau seseorang yang tidak bisa bekerja di luar rumah? Jika demikian, sangat tepat bila menjalankan bisnis afiliasi.

Bisnis ini sangat mudah untuk dilakukan kapanpun dan dimanapun.

Yang Anda butuhkan hanyalah laptop atau smartphone, kemudian koneksi internet yang lancar. Jadi pekerjaan ini cukup sempurna bagi Anda yang ingin memiliki penghasilan sampingan dari rumah.

4. Jam Kerja Fleksibel

Jam kerja yang fleksibel juga menjadi salah satu keuntungan menjalankan bisnis afiliasi. Anda dapat bekerja kapan saja dan dimana saja menyesuaikan waktu luang.

Jadi, sangat praktis dan tidak memberatkan bukan?

5. Bisa Ikut Banyak Program Afiliasi Sekaligus

Seorang afiliator juga dapat mendaftar lebih dari satu program afiliasi. Selama tidak bertentangan dengan peraturan perusahaan lain.

Anda dapat mendaftar beberapa program sekaligus.

Namun apabila ingin mendaftar beberapa program afiliasi. Sebaiknya Anda membaca dengan cermat peraturan dari perusahaan.

Tujuannya adalah agar tidak mendapatkan masalah kedepannya karena akibat tidak membaca peraturan dengan cermat.

Bagaimana, Sudah Siap Mengambil Peluang Afiliate?

Afiliasi adalah sebuah bisnis yang bisa dibilang mudah untuk dijalankan. Tetapi untuk dapat sukses menjalankan bisnis tersebut perlu diimbangi dengan kerja keras.

Salah satunya adalah memahami seluk beluk afiliasi marketing. Hal ini tentunya agar bisnis afiliasi yang dijalankan dapat memberikan hasil yang memuaskan.

Tidak hanya itu, Anda juga harus mempelajari beberapa teknik marketing juga lho. Hal ini sangat berguna meyakinkan calon customer membeli produk yang Anda referensikan.

Nah, itulah beberapa informasi mengenai pengertian, cara kerja serta keuntungan menjalankan afiliasi. Sukses selalu untuk Anda yang sudah yakin mengambil peluang di model bisnis afiliasi.

                                     
           

Search Engine Marketing

Deskripsi: Pengertian Search Engine Marketing (SEM), jenis, fungsi dan...
Hans
2 min read

Daftar Situs Freelance

Deskripsi: Referensi situs freelance terbaik di Indonesia dan luar...
Hans
3 min read

WhatsApp Bisnis

Deskripsi: Pengertian WhatsApp Bisnis, fitur dan manfaatnya untuk bisnis...
Hans
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *