Pengertian CSS (Cascading Style Sheet)

3 min read

Deskripsi: Apa itu pengertian CSS? Sejarah, Fungsi dan Manfaatnya.


Meski terbilang canggih, suatu website yang hanya dikembangkan dengan bantuan HTML dan bahasa pemograman seperti PHP, belum cukup untuk melengkapi kesempurnaan website tersebut.

Diperlukan CSS, untuk membantu menyediakan tampilan website yang lebih menarik sesuai dengan kebutuhan pengguna. Sebenarnya, apa itu CSS? Apa pula fungsi yang dimiliki CSS untuk website?

Seorang yang ingin membangun website seperti Anda harus mengetahui dan memahami apa yang dimaksud dengan CSS beserta fungsi yang dimilikinya.

Hal ini dikarenakan CSS sebagai salah satu bahasa pemograman memiliki manfaat yang sangat berguna bagi pengelola untuk mengembangkan website mereka.

Pengertian CSS
Apa itu CSS?, via canva.com

Pengertian CSS

Penggunaan CSS diperlukan, seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, bahasa pemorgaman ini hampir digunakan setiap website yang ada di internet.

CSS dapat dipakai sebagai tools yang berfungsi untuk mengatur berbagai tampilan di dalam website. Lebih tepatnya, alat yang mampu menyederhanakan tampilan website.

CSS atau Cascading Style Sheets merupakan bahasa pemograman yang khusus digunakan untuk desain.

Fungsi utama dari sistem ini adalah dipakai dalam menyederhanakan proses pembuatan website, khususnya pada tampilan. Menggunakan sistem ini para pengelola website akan lebih terbantu.

Secara umum, pengertian CSS atau Cascading Style Sheets adalah sebuah bahasa pemograman yang digunakan dan dipakai untuk melakukan desain pada tampilan website atau halaman depan sebuah situs di internet dengan mudah.

Bisa dikatakan sebagai penyedia ‘rasa’ untuk halaman suatu website yang menarik perhatian pengunjung.

Sejarah dan Perkembangan CSS

Cascading Style Sheets dibuat sekaligus dikembangkan oleh World Wide Consortium atau W3C di tahun 1996. Alasan dikembangkan sistem ini pun sederhana, HTML dulu tidak dilengkapi dengan tag yang berfungsi sebagai alat untuk format halaman sehingga lahirlah CSS.

Terdapat banyak hal yang bisa dilakukan oleh para pengelola website dengan menggunakan CSS. Ketimbang memakai pemograman inti seperti HTML dan PHP.

CSS yang digunakan bisa dipakai dalam mengatur warna pada teks, jenis font untuk teks, baris antara paragraph, ukuran kolom dan jenis background.

CSS juga bisa digunakan untuk mendesain layout sebagai fungsi utama, melakukan variasi pada tampilan dalam berbagai perangkat yang berbeda serta efek berbeda yang digunakan di dalam website.

Tidak perlu khawatir bagi masyarakat atau pengelola website yang masih awam, karena CSS sangat mudah untuk dipelajari.

Meskipun mudah, CSS memiliki banyak kelebihan terutama jika digunakan dalam penyajian tampilan yang menarik untuk dokumen HTML.

Penyajian tampilan dalam dokumen HTML ini mulai dari yang paling sederhana, sampai yang paling rumit alias kompleks.

Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab mengapa CSS digunakan pada semua website di internet.

Manfaat CSS

Bagi Anda yang sudah pernah mengoperasikan sekaligus mengembangkan sebuah website dengan menggunakan HTML dan PHP pasti mengalami kesulitan ketika melakukan variasi desain terhadap halaman tersebut.

Terlebih jika Anda menginginkan tampilan website yang kompleks, biasanya ini diperlukan dalam skala atau proyek yang besar.

Kesulitan dalam membuat tampilan yang kompleks menggunakan HTML dan PHP memang sedikit dapat dimakmlumi, hal ini dikarenakan program tersebut memang secara khusus tidak dirancang untuk mengerjakan desain tampilan depan pada halaman website.

Sementara itu, kemudahan akan Anda dapati jika mendesain tampilan depan website menggunakan CSS. CSS memudahkan semua proses yang berguna dan bermanfaat bagi perkembangan website melalui tampilan depannya.

Berikut ini terdapat beberapa manfaat dari CSS untuk membuat tombol pada website:

  • CSS Button

Dengan menggunakan CSS, Anda dapat membuat tampilan tombol lebih menarik. Keunikan ini hanya bisa didapat jika Anda memakai CSS dalam pembuatannya.

Sementara itu, HTML atau PHP, Cuma bisa digunakan untuk membuat tombol tanpa membuat tampilan lebih menarik.

  • CSS Tombol

Tombol dengan tampilan berwarna hanya bisa dibuat dengan memakai CSS, meskipun tombol tersebut bisa dibuat dengan menggunakan HTML atau PHP.

Akan tetapi, jika Anda menggunakan HTML atau PHP maka diperlukan lebih banyak garis kode dan hal ini tentu membuat Anda kesulitan.

Fungsi CSS

Tidak hanya digunakan untuk membuat tombol, CSS memiliki fungsi yang lebih besar ketimbang hanya itu. Terdapat beberapa keuntungan yang bisa didapatkan oleh pengelola website jika menggunakan CSS untuk mendesain tampilan depan halaman, berikut ini beberapa diantaranya.

1. Proses Desain Cepat

Membuat desain yang sama untuk beberapa halaman pada website tentu bisa membuat pengunjung atau pembaca merasa bosan. Selain itu, Anda pasti juga perlu menyalin satu per satu file dari setiap halaman.

Ketika Anda menggunakan CSS, tidak akan lagi ada yang namanya menyalin satu per satu file dokumen dari setiap halaman. CSS bisa dimanfaatkan untuk membuat desain yang sama di beberapa halaman HTML.

Caranya pun sangat mudah, Anda hanya perlu mengetikkan satu kali fungsi dari CSS, setelah itu dapat digunakan pada semua halaman HTML.

CSS berfungsi sebagai sistem yang mempermudah Anda proses berbagi ke hamalan web tanpa menyalin secara manual.

2. Halaman Cepat Dimuat

Ketika menggunakan CSS, Anda tidak perlu lagi menuliskan setiap atribut tag HTML di semua file.

Cara kerjanya sama seperti yang di atas, yakni cukup satu kali menuliskan fungsi CSS yang kemudian bisa diaplikasikan ke seluruh file yang membutuhkan.

3. Pemeliharaan Mudah

Hanya dengan satu kali melakukan perubahan pada fungsi style dalam sebuah file CSS, Anda dapat menggunakan fungsi tersebut ke seluruh tampilan, perubahan dapat dilakukan secara otomatis.

Inilah yang menjadi fungsi andalan CSS sebagai alat untuk memudahkan mengubah tampilan di berbagai halaman.

4. Lebih Beragam

Ketimbang HTML atau PHP, CSS memiliki atribut yang lebih beragam, munculnya atribut beragam ini bukan tanpa alasan.

Keberuntungan yang akan diraih oleh si pengelola website adalah mempunyai persediaan stroke tampilan halaman website yang beragam.

5. Kompatibel

Cascading Style Sheets bisa diaplikasikan di berbagai perangkat, baik itu dengan versi yang lama dan versi baru. Sistem ini sangat memungkinkan konten Anda dioptimalkan lebih dari satu perangkat.

CSS mampu menyesuaikan tampilan yang dibuat pada perangkat lama maupun baru.

6. Standar Pengembangan Web

Bisa dikatakan bahwa hampir seluruh website yang terdapat di internet proses pembuatan tampilannya menggunakan CSS.

Selain lebih menarik jika digunakan untuk membuat tampilan halaman, sistem ini juga didukung dengan banyak browser populer saat ini.

Mengembangkan website yang sesuai dengan standar pada browser populer saat ini, jawabannya pun sangat mudah ditebak.

Gunakan CSS dalam pembutan website, keuntungan lain menggunakan sistem ini adalah website yang Anda buat kompatibel atau cocok dengan beragam browser yang ada.

Terlepas dari itu, dalam memahami apa itu CSS memang diperlukan pengetahuan akan HTML atau PHP yang merupakan seniornya dalam dunia pemograman website.

Munculnya Cascading Style Sheets tak lepas dari pengetahuan dasar HTML yang membentuk struktur halaman sebuah website di internet.

                                     
           

Apa itu Google AdMob?

Deskripsi: Mengenal Google AdMob, fungsi, fitur dan cara kerjanya....
Hans
2 min read

Apa itu Chatbot?

Deskripsi: Pengertian Chatbot, fungsi dan keunggulannya. Kemajuan teknologi yang...
Hans
2 min read

SSH (Secure Shell Connection)

Deskripsi: pengertian SSH, fungsi, cara kerja dan manfaatnya. Apa...
Hans
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *