Apa itu Influencer?

2 min read

Deskripsi: Pengertian Influencer? dan dampaknya bagi Bisnis Anda?


Jika berbicara tentang digital marketing, mungkin Anda sering mendengar istilah influencer. Nah, apa itu influencer?

Secara sederhana, pengertian influencer merupakan orang yang memberikan pengaruh besar terhadap masyarakat umum.

Menggunakan influencer untuk mendukung kemajuan bisnis sudah umum dilakukan di era digital ini.

Perkembangan media sosial yang semakin masif, membuat influencer menjadi sebuah trend baru yang semakin populer di tengah masyarakat.

Influencer itu apa sih? Dan bagaimana peran mereka untuk meningkatkan branding bagi bisnis Anda?

Berikut akan kami kupas tuntas mengenai influencer serta peran serta mereka bagi perkembangan bisnis di era modern ini.

Apa itu Influencer

Apa itu Influencer?

Influencer merupakan orang yang memiliki kemampuan untuk mempengaruhi banyak orang karena kapasitas yang dimilikinya.

Contoh influencer disini dapat merujuk pada berbagai profesi. Mulai dari artis, publik figur, selebgram, blogger, youtuber dan lain sebagainya.

Influencer memiliki kemampuan untuk mempengaruhi orang lain. Kemampuan tersebut dapat berupa pengetahuan, otoritas, posisi dan juga hubungan mereka dengan audience.

Influencer disini biasanya memiliki follower atau pengikut yang banyak di media sosial.

Pengaruh Influencer Bagi Bisnis Anda

Memanfaatkan jasa influencer untuk mempromosikan suatu produk, brand atau jasa dianggap sangat efektif untuk mengembangkan branding bagi bisnis di era digital ini.

Berikut beberapa keuntungan menggunakan influencer:

1. Membuat Produk Atau Jasa Lebih Mudah Dikenal

Influencer yang mempunyai banyak follower tentu bisa menjadi media iklan yang tepat.

Bagaimana tidak, branding dari produk yang diiklankan oleh influencer biasanya akan mengalami peningkatan.

Semakin banyak orang mengetahui apalagi teredukasi, maka potensi produk bisa terjual akan semakin meningkat.

2. Meningkatkan Kepercayaan Konsumen

Tugas dari seorang influencer marketing adalah membuat orang lain lebih percaya terhadap suatu brand yang dipromosikan.

Ketika menggunakan cara konvensional, tentunya membutuhkan waktu lebih banyak untuk meyakinkan calon konsumen.

Lain halnya apabila menggunakan publik figur untuk mempromosikan. Kepercayaan konsumen akan suatu barang atau jasa bisa langsung terbentuk dengan cepat.

3. Meningkatkan Jumlah Penjualan

Semakin banyak orang yang mengetahui bisnis Anda, semakin besar pula peluang penjualan produk.

Barang atau jasa yang diperkenalkan oleh seorang influencer akan menjadi lebih dikenal oleh banyak orang.

Hal ini tentunya akan berpengaruh terhadap peningkatan penjualan dari produk tersebut.

Bagaimana Tips Memilih Influencer?

Ada beberapa jenis dan tingkatan influencer Indonesia, mulai dari mikro, makro, premium, selebgram, youtuber hingga blogger.

Masing-masing biasanya ditentukan oleh jumlah follower mereka di media sosial.

Namun, apa saja yang perlu diperhatikan saat memilih jasa influencer? Mari simak beberapa tips nya berikut ini.

1. Sesuaikan Dengan Budget

Yang pertama perlu diperhatikan tentu saja masalah budget. Influencer mikro dengan influencer premium tentunya membandrol tarif yang berbeda.

Oleh sebab itu, Anda perlu menyesuaikan dengan budget yang tersedia bila ingin menggunakan jasa dari seorang influencer.

2. Sesuaikan Dengan Target Pasar Produk Anda

Memilih influencer juga perlu disesuaikan dengan target pasar dari produk Anda. Contohnya apabila Anda ingin mempromosikan jenis pakaian atau produk bayi.

Tentunya target pasar dari produk tersebut adalah ibu-ibu rumah tangga yang memiliki bayi dan balita, bukan?

Nah, Anda dapat memilih untuk menggunakan jasa influencer yang memang punya branding seputar perenting.

Dan lihat juga, apakah follower influencer tersebut sesuai dengan target pasar Anda?

3. Pilih Influencer dengan Reputasi Baik

Reputasi dari seorang publik figur tentunya memiliki pengaruh besar yang perlu dipertimbangkan.

Jadi, jangan hanya melihat jumlah followernya saja, tetapi juga fokus dengan reputasi dari publik figur tersebut.

Menggunakan jasa influencer dengan reputasi buruk akan berimbas pada baranding produk Anda, lho.

4. Kedekatan Influencer Dengan Follower

Kedekatan seorang influencer dengan follower perlu diperhatikan.

Karena hal tersebut akan berimbas pada suksesnya promosi seorang publik figur untuk dapat menyentuh hati calon konsumen Anda.

5. Intensitas Update Konten

Intensitas update konten dari seorang publik figur juga perlu diperhatikan. Seorang influencer yang terlalu sering melakukan update konten tidak recommended untuk dipilih.

Pasalnya, karena terlalu sering update konten, justru kan membuat kemungkinan produk Anda akan cepat hilang dari halaman teratas galerinya.

Jadi, intensitas update konten seorang influencer juga perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa mereka.

Kesimpulan

Nah, itulah beberapa informasi mengenai apa itu influencer, pengertian, keuntungan, dan juga tips memilih influencer yang baik.

Setelah menemukan publik figur yang tepat dan sesuai dengan target pasar Anda. Jangan lupa untuk menyiapkan kerja sama secara profesional.

Hal ini untuk mengantisipasi hal – hal di luar rencana atau kesalahpahaman yang mungkin terjadi pada saat bekerjasama.

Semoga informasi diatas mengenai apa itu Influencer, pengertian, keuntungan dan juga tips memilih influencer dapat membantu Anda yang ingin mengembangkan bisnis di era digital ini, ya ?

                                     
           

Search Engine Marketing

Deskripsi: Pengertian Search Engine Marketing (SEM), jenis, fungsi dan...
Hans
2 min read

Daftar Situs Freelance

Deskripsi: Referensi situs freelance terbaik di Indonesia dan luar...
Hans
3 min read

WhatsApp Bisnis

Deskripsi: Pengertian WhatsApp Bisnis, fitur dan manfaatnya untuk bisnis...
Hans
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *