Apa itu Layar AMOLED?

2 min read

Deskripsi: Pengertian Layar AMOLED? dan Bagaimana Prinsip kerja serta Apa saja Kelebihannya?


Teknologi display untuk smartphone semakin berinovasi, hal tersebut membuat produsen smartphone tidak ragu memasang layar AMOLED untuk menampilkan gambar yang super memanjakan mata.

Jika melihat spesifikasi smartphone, kamu mungkin sudah pernah melihat istilah ini.

Apa itu layar AMOLED? Bagaimana prinsip kerja dan kelebihannya dibanding teknologi display yang lain? Kamu bisa menemukan dan mengetahui jawabannya melalui ulasan berikut ini.

Apa itu Layar AMOLED?

Active Matrix Organic Light-Emitting Diode atau lebih populer dengan singkatan AMOLED merupakan teknologi layar yang berasal dari OLED sebagai bahan organik utamanya.

OLED terbentuk dari film-film tipis sehingga membentuk perangkat yang padat. Susunan film-film tersebut jika dialiri energi memancarkan cahaya.

Layar AMOLED benar-benar memancarkan cahaya langsung dari diode organik, bukan dari kristal, filter polar, maupun lampu backlight seperti pada layar LCD.

Layar ini lebih hemat energi karena hanya akan menyala ketika dialiri listrik sehingga ia memiliki warna hitam yang lebih murni dan gelap saat ditampilkan di layar.

Prinsip Kerja Layar AMOLED Pada Smartphone

  • Lapisan transistor yang lebih rendah (sebagai pengontrol power) akan menuju ke lapisan diode organik (OLED).
  • Ketika diode organik mendapatkan power dari transistor tersebut, ia akan memancarkan cahaya dan warna.
  • Warna yang dihasilkan sesuai dengan diode organik yang dituju.
  • Sedangkan jumlah intensitas cahaya berbeda-beda, bergantung dari power dari transistor hingga akhirnya menghasilkan jutaan warna.

Kelebihan Smartphone yang Menggunakan Layar AMOLED

1. Menghasilkan Tampilan Gambar yang Lebih Jernih

Perpaduan rasio kontras yang tinggi dengan warna yang tajam menghasilkan kualitas tampilan layar AMOLED lebih jernih dibanding teknologi display lainnya.

View angle AMOLED juga lebih baik dibandingkan dengan IPS dan LCD.

View angle yang bagus menyebabkan tidak adanya perubahan kecerahan dan warna yang mencolok walaupun dilihat dari sudut sempit maupun di bawah sinar matahari yang terik.

Selain itu, layar AMOLED juga dapat membuat pergerakan gambar yang lebih halus karena respon dan refresh rate yang lebih baik, benar-benar memanjakan mata yang melihat.

2. Rasio Kontras yang Lebih Besar

Rasio kontras yang lebih besar menjadi kelebihan lainnya dari layar AMOLED.

Hal tersebut tentunya berpengaruh terhadap perbedaan kualitas antara warna gelap dan warna cerah yang ditampilkan di layar.

Kamu bisa melihat perbedaannya lebih nyata saat menyandingkan smartphone yang dibekali layar AMOLED dengan yang dilapisi layar IPS atau LCD.

Kontras tinggi yang memberikan kualitas gambar yang baik tersebut berasal dari prinsip kerja AMOLED pada diode dan pikselnya yang berasal dari bahan organik (OLED) sehingga bisa memancarkan cahaya sendiri dan jutaan warna.

Kepekatan warna yang dihasilkan layar AMOLED juga masih paling unggul dan belum terkalahkan oleh teknologi display lainnya.

3. Lebih Hemat Energi karena Rendahnya Konsumsi Daya Baterai

Jika jenis layar diurutkan berdasarkan rendahnya konsumsi energi, maka kamu akan mendapati urutannya sebagai berikut:

  • AMOLED
  • LED
  • LCD

Ya, layar AMOLED memang memiliki konsumsi daya baterai lebih rendah karena tidak membutuhkan backlight untuk menampilkan gambar bahkan untuk kualitas yang HD sekalipun.

Layar LED dan LCD membutuhkan backlighting untuk menampilkan gambar, sehingga lebih menguras daya baterai.

Layar AMOLED memiliki tampilan warna gelap yang lebih murni dan dominan yang sebenarnya adalah pixels yang tidak berproses, hal tersebut juga memengaruhi rendahnya penggunaan energi.

4. Struktur dan Desain yang Tipis

Keunggulan lain dari layar AMOLED adalah dalam segi desain, ia lebih tipis karena memiliki layer plastik dengan ketebalan hanya 100-500 nm.

Tipisnya layer tersebut menunjukkan fleksibilitasnya dalam memancarkan cahaya agar lebih leluasa terpancar sehingga gambar yang dihasilkan pun berkualitas.

5. Lebih Responsif

Tentunya teknologi display AMOLED memberikan pengaruh juga pada layar yang lebih responsif. Layar responsif tentunya lebih disukai pengguna smartphone.

Itulah sebabnya para produsen smartphone saat ini lebih memilih membekali smartphonenya dengan teknologi display AMOLED.

Dengan mengetahui apa itu layar AMOLED, prinsip kerjanya, dan kelebihannya, pasti kamu akan setuju bahwa smartphone berlayar AMOLED lebih baik dalam segi tampilan gambar.

Layar AMOLED ini memang sebuah inovasi yang membuat pengguna smartphone dimanjakan dengan tampilan gambar yang lebih jernih.

                                     
           

Apa itu Google AdMob?

Deskripsi: Mengenal Google AdMob, fungsi, fitur dan cara kerjanya....
Hans
2 min read

Apa itu Chatbot?

Deskripsi: Pengertian Chatbot, fungsi dan keunggulannya. Kemajuan teknologi yang...
Hans
2 min read

SSH (Secure Shell Connection)

Deskripsi: pengertian SSH, fungsi, cara kerja dan manfaatnya. Apa...
Hans
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *