Apa itu Ubuntu?

2 min read

Deskripsi: Apa itu pengertian Ubuntu? dan Alasan Mengapa Kamu Harus Menggunakan Linux Ubuntu.


Apa itu Ubuntu? Ubuntu adalah distribusi Linux yang sifatnya open source. Ubuntu merupakan sistem operasi yang tersedia secara gratis dengan menggunakan kernel Linux.

Ubuntu sendiri merupakan salah satu proyek open source yang telah mengembangkan banyak sekali pengikut karena manfaatnya yang luar biasa.

Jadi, jika kamu penasaran tentang pengertian Ubuntu secara lebih jelas dan detail, serta apa saja manfaat yang diberikan kepada penggunanya?

Pengertian Ubuntu

Buat kamu yang bingung apa sih sebenarnya Ubuntu itu, Ubuntu adalah distribusi Linux berdasarkan Debian yang dibuat pada tahun 2004. Ubuntu merupakan operasi sistem yang paling banyak digunakan.

Saat ini Ubuntu dikembangkan dan didanai oleh Canonical Ltd, perusahaan berbasis di Inggris yang didirikan oleh Mark Shuttleworth.

Perusahaan ini menawarkan dukungan dan pembaruan rutin untuk sistem operasi Ubuntu. Instalasi default Ubuntu sendiri mencakup berbagai perangkat lunak berbeda seperti:

  1. LibreOffice
  2. Transmission
  3. Thunderbird
  4. Firefox

Awalnya Ubuntu dikembangkan untuk komputer pribadi, hingga kemudian Ubuntu mulai dikembangkan untuk digunakan pada server, dan smartphone.

Pengembangan Ubuntu dipimpin oleh Canonica.

Versi utama Ubuntu menggunakan graphical user interface yang disebut GNOME (GNU Network Object model Environment).

GNOME pada dasarnya sangat mirip dengan interface desktop Windows dan dirancang untuk membuat Linux mudah digunakan oleh kamu yang tidak begitu ahli di bidang programmer.

Meskipun GNOME adalah versi utama Ubuntu, ada beberapa versi lain yang tersedia seperti:

  1. Ubuntu Server Edition
  2. Ubuntu Studio
  3. Edubuntu
  4. Kubuntu
  5. Xubuntu
  6. JeOS

Alasan Menggunakan Ubuntu

Jika kamu telah mempertimbangkan untuk beralih ke Ubuntu tetapi masih tidak yakin, berikut adalah alasan mengapa kamu perlu untuk menggunakan Linux Ubuntu dilihat dari beberapa manfaatnya:

1. Gratis untuk Digunakan

Salah satu alasan terbesar mengapa kamu perlu menggunakan Ubuntu adalah karena sistem operasi ini gratis untuk kamu unduh.

2. Mudah Digunakan dan Sederhana

Dari semua sistem operasi berbasis Linux yang tersedia di pasaran saat ini, Ubuntu adalah yang paling memudahkan pengguna.

Ubuntu mengatur sistem dual-boot dengan Microsoft Windows dan bisa dikatakan Ubuntu adalah yang terbaik!

Ya, ada beberapa pendapat yang menyatakan bahwa Ubuntu lebih baik daripada Windows.

3. Antarmuka Pengguna Menggunakan Gnome Shell

Antarmuka pengguna atau user interface Ubuntu dibangun di atas Gnome Shell yang populer, jauh berbeda dari pengaturan distribusi Linux lainnya.

Daripada menggunakan tampilan Gnome standar yang mungkin membingungkan untuk kamu sebagai pengguna baru, maka lebih baik memilih sesuatu yang jauh lebih mudah dipahami dan mudah dimengerti bukan?

4. Open Sources

Ubuntu adalah sistem operasi yang bebas dari lisensi atau open source sehingga kamu bisa menggunakan dan mengembangkan Ubuntu tanpa harus mendapatkan sebuah lisensi.

Tidak hanya itu saja, kamu atau pengguna lainnya juga dapat berkontribusi untuk mengembangkan Ubuntu menjadi lebih baik.

5. Bisa Mudah Mengakses Alat Pengembangan

Jika kamu seorang programmer, kamu harus menggunakan Ubuntu. Mengapa?

Dari semua distribusi Linux di luar sana, hanya sedikit yang dapat menandingi dukungan untuk programmer yang dimiliki Ubuntu.

Dengan Ubuntu, para programmer bisa mengakses dengan mudah berbagai alat pengembangan.

Semua alat pengembangan yang disediakan Ubuntu sangat mudah diakses, dan perlu dicatat bahwa sistem operasi dari Ubuntu juga sangat stabil.

6. Ringan Digunakan

Ubuntu adalah salah satu opsi terbaik untuk mengoperasikan kembali komputer kamu yang sudah lama dan selalu macet jika digunakan.

Jika komputer kamu operasinya terasa lambat, dan kamu tidak punya cukup uang untuk membeli komputer baru, menginstal Linux mungkin solusinya.

Ubuntu memang bukan satu-satunya distribusi Linux yang ringan digunakan namun bisa membuat komputer lama kamu bisa kembali beroperasi dengan lebih stabil.

Selama menginstal, kamu dapat memilih pengaturan standar atau diminimalkan untuk menyesuaikan ukuran dan kebutuhan kamu.

Dari penjelasan di atas, kini kamu lebih memahami mengenai apa itu Ubuntu.

Ubuntu adalah salah satu sistem operasi open source dari Linux yang cukup banyak digunakan dan gratis.

Beberapa manfaat menggunakan Ubuntu adalah mudah digunakan, open sources, antarmuka pengguna menggunakan gnome shell, bisa mudah mengakses alat pengembangan dan ringan digunakan.

Download Ubuntu Terbaru

Buat kamu yang ingin memiliki sistem operasi (desktop) yang sangat menarik ini. Klik link berikut untuk mendapatkan versi paling barunya, https://ubuntu.com/download/desktop

                                     
           

Apa itu Google AdMob?

Deskripsi: Mengenal Google AdMob, fungsi, fitur dan cara kerjanya....
Hans
2 min read

Apa itu Chatbot?

Deskripsi: Pengertian Chatbot, fungsi dan keunggulannya. Kemajuan teknologi yang...
Hans
2 min read

SSH (Secure Shell Connection)

Deskripsi: pengertian SSH, fungsi, cara kerja dan manfaatnya. Apa...
Hans
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *