Cara Mudah Ganti Password Gmail

2 min read

Deskripsi: cara mudah ganti password Gmail.


Password atau kata sandi merupakan hal krusial bagi akun email Anda. Biasanya, pengguna baru cenderung membuat kata sandi yang mudah agar tidak gampang lupa.

Namun, sebaiknya ganti password gmail Anda dengan password yang lebih kuat agar lebih aman dan terhindar dari pembobolan.

Lalu bagaimana cara mengganti password gmail lama Anda? Nah kali ini kami akan membantu Anda mengganti password akun gmail yang paling mudah.

Simak simak tutorialnya secara lengkap di bawah ini.

Ganti Password Gmail

6 Langkah Cara Ganti Password Gmail Lama

Mengganti password akun email merupakan hal yang sangat mudah dilakukan. Hal yang perlu Anda persiapkan hanyalah akses untuk masuk ke akun tersebut.

Jadi, pastikan Anda tidak lupa password yang saat ini sedang digunakan ya. Nah, berikut ini merupakan langkah-langkah ganti kata sandi baru:

1. Login ke Akun Gmail

Pertama, Anda harus masuk atau login ke akun yang passwordnya ingin diganti. Akses gmail.com dan masukkan alamat email beserta password yang saat ini digunakan. Jadi, pastikan Anda tidak lupa pada password akun tersebut.

2. Pergi ke Pengaturan

Setelah Anda berhasil masuk ke akun gmail tersebut, maka klik logo gear yang biasa dipakai sebagai logo pengaturan pada pojok kanan atas. Setelah itu, pilihlah opsi setelan.

3. Pergi ke Pengaturan Ubah Sandi

Anda akan dihadapkan pada beberapa pilihan menu, maka pilihlah menu Akun dan Impor. Setelah itu akan muncul lagi beberapa pilihan, maka klik Ubah Sandi.

4. Memasukkan Password Aktif

Tab baru kemudian akan otomatis terbuka. Pada tab baru ini, silahkan Anda masukkan password gmail yang saat ini digunakan.

Password yang saat ini Anda gunakan berfungsi sebagai verifikasi untuk memastikan bahwa Anda merupakan pemilik akun yang asli.

Setelah klik ‘Berikutnya’.

5. Masukkan Password Baru

Setelah memasukkan password selesai, maka kemudian Anda akan diminta memasukkan sandi baru. Di bawah kolom password baru, ada kolom konfirmasi password baru untuk memastikan tidak ada salah ketik atau semacamnya.

Gunakan password dengan susunan yang rumit, namun mudah diingat. Hal ini agar akun Anda aman dan lupa kata sandi email tidak terjadi lagi.

6. Proses Selesai

Ganti password gmail sudah selesai dilaksanakan. Untuk memastikannya, Anda bisa login gmail ke browser ataupun perangkat lain.

Hal ini agar Anda tidak perlu mengalami masalah tambahan jika ternyata passwordnya tidak berfungsi. Jika itu terjadi, Anda bisa melakukan cara ini dari awal. Mungkin ada typo yang terjadi saat memasukkan password baru.

Bagaimana Jika Lupa Kata Sandi Email Lama?

Di atas sudah dijelaskan bahwa cara termudah untuk mengganti password lama yakni dengan masuk atau login akun terlebih dahulu.

Lupa sandi artinya Anda tidak akan bisa login ke akun gmail, bukan? Kalaupun bisa, tetap saja Anda butuh memasukkan sandi lama untuk proses otentifikasi penggantian sandi baru.

Nah cara yang bisa Anda lakukan yakni melihat password gmail. Bagaimana caranya? Mari simak tutorial cara melihat sandi email Google di bawah ini :

  • Buka Google Chrome (baik itu dengan android atau PC), lalu pilih tanda titik tiga di pojok kanan atas dan pilih setting.
  • Jika Anda menggunakan android, maka pilih Simpan Sandi. Jika Anda menggunakan PC, maka pilih Password.
  • Jika Anda menggunakan PC, maka akan muncul beberapa akun dan paswordnya yang pernah login di Chrome. Pilih tanda mata pada akun gmail untuk melihat password akun gmail.
  • Jika Anda menggunakan android, maka cara melihat password gmail adalah dengan klik alamat email Anda pada accounts.google.com. Pilih menu tersebut, maka akan muncul alamat email beserta passwordnya. Klik gambar mata, kemudian masukkan kunci layar. Setelah itu, sandi bisa dilihat.

Kesimpulan

Sandi atau password ini adalah kunci atas keamanan akun gmail penggunanya. Anda tentu saja harus sangat memperhatikan tingkat keamanan dan kerahasiaannya.

Terlebih jika akun gmail Anda digunakan untuk pekerjaan penting yang sifatnya rahasia. Jelas, memilih sandi yang kuat itu menjadi hal yang tidak bisa ditawar lagi.

Sebagai tambahan, jika diperlukan Anda juga bisa mengganti password gmail ini secara berkala atau saat ada orang lain yang sudah mengetahuinya.

Di dunia yang serba digital ini, email juga menjadi aset penting bagi kita semua bukan? Semoga tips dan tutorial cara ganti password gmail di atas cukup membantu, ya?

                                     
           

Pengertian DDoS

Deskripsi: Pengertian DDoS, jenis dan cara kerjanya. Apakah Anda...
Hans
2 min read

Apa itu Backdoor?

Deskripsi: Pengertian backdoor, cara kerja dan cara antisipasinya. Jika...
Hans
2 min read

Cek Kecepatan Website

Deskripsi: Cara cek kecepatan website dan meningkatkan performanya. Kecepatan...
Hans
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *