Bisnis Online Untuk Mahasiswa

4 min read

Daftar bisnis online untuk mahasiswa – Saat ini mahasiswa lebih dituntut menjadi pribadi yang kreatif dengan mempunyai ide-ide yang bisa menjadikannya peluang usaha.

Menjadi mahasiswa tentu memiliki jadwal yang tak sepadat saat menjadi siswa SMA. Saat seperti ini, Anda bisa menggunakan waktu luang untuk memulai memikirkan usaha apa yang bisa menghasilkan uang.

Karena setiap mahasiswa punya motivasi yang berbeda dalam memulai bisnis, entah hanya sekedar menambah uang saku atau memang mempunyai niat membangun bisnis untuk jangka panjang.

Menjadi mahasiswa dengan mempunyai modal yang sedikit, bukan menjadi halangan untuk merintis bisnis. Sekarang banyak sekali kemudahan dalam memulai bisnis, baik secara offline maupun yang secara online.

Supaya bisnis online berjalan dengan lancar, seorang mahasiswa harus jeli dalam mencari peluang usaha dan berani dalam mengambil risiko.

Daftar Bisnis Online untuk Mahasiswa
daftar bisnis online untuk mahasiswa, via canva.com

Daftar Bisnis Online untuk Mahasiswa

Berikut ada beberapa contoh bisnis online yang banyak diminati oleh mahasiswa, selain mudah tentu tidak memerlukan banyak biaya.

1. Jasa Desain Grafis

Yang pertama adalah menyediakan jasa desain grafis. Apabila Anda adalah mahasiswa desain grafis, mengerti seluk beluk dunia desain, atau paham dalam menggunakan desain, Anda bisa mencoba.

Dalam menjalankan bisnis ini, Anda perlu menguasai penggunaan software  editing gambar seperti Photoshop, Adobe Illustrator, Corel Draw, dan yang lainnya.

Media yang diperlukan seperti perangkat komputer atau laptop harus memadai karena akan berpengaruh terhadap hasil kerja Anda.

Bisnis ini termasuk cukup banyak diminati dan termasuk cukup laris. Bahkan jika desain mu sangat bagus, tentu akan menarik banyak konsumen, tidak hanya konsumen dalam negeri tetapi konsumen luar negeri pun akan membeli desain Anda.

Desain itu beragam bentuknya, desain logo, banner, spanduk, undangan pernikahan, kartu nama, dan masih banyak lagi jenisnya.

Ketika menyangkut harga, nantinya akan disesuaikan dengan tingkat kemudahan dan kesulitan membuatnya tergantung dari permintaan konsumen nantinya.

Yang jelas, bisnis jasa desain grafis merupakan bisnis yang sangat menjanjikan bagi mahasiswa yang punya skill tentang desain.

2. Menjadi Blogger

Menjadi blogger menjadi salah satu bisnis yang cukup populer saat ini bagi mahasiswa, dan mungkin akan menjadi bisnis jangka panjang untuk beberapa tahun ke depan.

Menjadi blogger tentu tidak mudah, dibutuhkan skill yang tidak sembarangan, baik dalam menulis suatu artikel dalam mengoptimasi website (SEO).

Bagi mahasiswa yang mempunyai hoby dalam hal menulis dan ingin mengembangkan sebuah blog atau website, bisnis ini sangat menjanjikan.

Tentu saja tidak mudah dalam memulai. Anda harus melalui berbagai macam proses terlebih dahulu. Anda harus didukung oleh pengetahuan yang memadai tentang dunia blog dan juga harus memiliki basic internet marketing.

Anda bisa menghasilkan uang dari website atau blog yang kamu punya dan kamu kelola. Banyak sekali orang di luar sana yang menghasilkan puluhan bahkan hingga ratusan juta per bulan dari blog atau website yang mereka kelola.

Uang yang nantinya akan Anda hasilkan didapat dari iklan seperti google adsense, menjual produk sendiri dan masih banyak lagi.

Ada banyak contoh blogger yang memiliki penghasilan cukup besar dari blogging.

3. Menjadi YouTuber

Saat ini, visualisasi adalah hal yang sangat diminati dan mudah meraih perhatian dari banyak orang. Kenyataan tersebut menjadikan YouTube menjadi pusat perhatian banyak orang untuk saat ini.

Karena YouTube merangkul banyak usia, dengan berbagai macam isi konten video didalamnya.

Mungkin sudah banyak yang tahu bahwa menghasilkan uang dari YouTube menjadi salah satu bisnis yang digeluti oleh banyak orang.

Menjadi YouTuber bisa menjadi salah satu opsi bisnis yang bisa dilakukan oleh mahasiswa yang kreatif dalam menciptakan konten-konten yang muncul dari ide-ide mahasiswa.

Di era online sekarang yang semakin berkembang, banyak sekali orang berlomba-lomba membuat video dengan kualiats tinggi dan YouTuber menjadi salah satu bisnis dengan modal kecil via online.

Hasil yang akan Anda dapat lumayan, dilihat semakin tinggi view video Anda maka  Anda bisa menghasilkan uang.

Apalagi jika ada beberapa sponsor yang mau bekerja sama dengan Anda dan dengan pengunjung tidak me skip iklan pada video Anda.

Apabila Anda mempunyai akun YouTube yang mempunyai 500 ribu subscriber, bayangkan Anda bisa mendapatkan penghasilan hingga sebesar 20-30 juta per bulan.

Dan itu sudah banyak sekali bukti yang menunjukkan bahwa seorang YouTuber bisa memperoleh penghasilan yang tinggi.

Bagi pemula, Anda bisa membuat video dengan hal-hal yang mudah. Seperti tutorial hijab, tutorial makeup, atau tutorial yang lainnya.

Ada dua jenis iklan pada YouTube yang harus Anda tahu. Pertama yaitu iklan yang mendapatkan komisi di setiap klik video dan yang kedua yaitu iklan yang mendapatkan komisi setiap kali tayang.

Dari iklan tersebut, pihak YouTube akan mengambil keuntungan sebesar 45%. Sisanya untuk Anda.

Tentunya bisa menjadi peluang bisnis yang cukup menarik untuk dijalankan ketika Anda mempunyai keterbatasan modal yang dimiliki

4. Paid Survey

Beragam jenis survey yang ditawarkan secara online pada Anda untuk mencari tingkat kepuasan bagi penggunaan suatu bisnis. Lembaga survey seperti ini biasanya menawarkan barang atau pun uang sebagai insentif.

Nah bagi kalian mahasiswa nih, jika ingin punya tambahan uang tetapi tidak punya modal atau memang tidak mau mengeluarkan modal.

Menjadi bagian dari paid survey atau survey berbayar akan cocok pastinya untuk menambah pendapatan. Cara kerjanya gimana nih, gampang banget loh.

Anda cukup meluangkan waktu selama 10-30 menit untuk mengisi sebuah survey yang sudah disediakan, nantinya Anda bisa mendapatkan penghasilan.

Salah satu peluang bisnis online yang mudah kan pastinya.

5. Dropshipper

Apa itu dropshipper, yaitu salah satu contoh model bisnis online dimana Anda bisa menjual produk milik orang lain tanpa harus membeli terlebih dulu.

Dengan kata lain dropshipper bertugas sebagai perantara yang berperan dalam menghubungkan pemilik barang dengan pembeli.

Banyak dari kalangan mahasiswa yang hanya mempunyai modal awal yang sedikit ketika ingin menjalankan suatu bisnis. Dropshipper menjadi salah satu alternatif yang tepat tentunya.

Jadi Anda tidak perlu modal untuk membeli barangnya dulu tapi lebih fokus pada proses mempromosikan barang dan pemrosesannya.

Contoh, ketika ada seorang konsumen yang ingin membeli make up di  toko online tersebut tetapi tidak memiliki akses, maka Anda yang bertugas membantunya sebagai perantara.

Tidak sedikit orang yang bilang bahwa bisnis dropshipp adalah peluang usaha yang tanpa modal, padahal tepatnya dropshipp diseut sebagai bisnis dengan modal sedikit.

Produk-produk yang dijual dengan cara dropshipp ini beragam jenisnya, dimulai dari makanan, herbal, makeup, pakaian, dan lain sebagainya.

Nantinya keuntungan yang Anda dapat dari bisnis Dropshipper diperoleh dari selisih harga yang ditawarkan pembeli dengan harga yang didapat dari penjual.

Baca juga: Cara Memulai Bisnis Online untuk Pemula (Fundamental)

6. Translator / Penerjemah

Jasa penerjemah sepertinya menjadi salah satu peluang yang bisa dijadikan alternatif mahasiswa dalam menghasilkan uang, karena translator belum terlalu banyak peminatnya dibandingkan dengan jenis bisnis online yang lain.

Perkembagan dunia online atau internet dengan banyaknya informasi dari berbagai dunia yang menghubungkan informasi satu sama lain,

membutuhkan jasa translator ketika suatu negara A ingin mengetahui informasi dari negara B akan tetapi tidak mengerti dengan bahasa yang digunakan.

Jadi ketika Anda ingin mengetahui apa yang terjadi dengan negara yang lain, anda bisa melakukan translate atau menerjemahkan  sebuah informasi dalam bentuk artikel, berita, dan yang lain ke dalam bahasa yang diminta oleh pelanggan.

Nah jasa ini sangat cocok apabila Anda adalah mahasiswa jurusan bahasa tertentu seperti bahasa inggris, prancis, jerman, korea, dan masih banyak bahasa yang lainnya.

Ketika Anda menguasai suatu bahasa asing, cukup menawarkan jasa Anda kepada perusahaan atau klien yang membutuhkan jasa Anda namun data yang akan Anda kelola didapat dari perusahaan atau klien Anda.

Yang paling penting adalah mahasiswa bisa melihat peluang kebutuhan dari jasa translator ini. Karena memang kemampuan berbahasa asing adalah hal yang sangat penting sebagai modal dalam memulai bisnis ini.

Bisnis ini bisa dikerjakan secara individual atau berkelompok dengan manajamen yang baik tentunya, jangan lupa dalam hal pembagian hasil yang didapat.

7. Content Writter

Sebagai content writter bisa dibilang sebagai bisnis yang justru tanpa modal dan cukup menjanjikan. Mahasiswa hanya perlu memiliki sebuah laptop atau komputet dan internet tentunya sebagai alat untuk bekerja.

Apabila Anda yang punya banyak ide dan kreatifitas yang disampaikan dalam bentuk tulisan maka peluang bisnis yang satu ini akan cocok dan bisa menjadi pilihan trbaik untuk Anda.

Dengan imajinasai yang Anda miliki, Anda bisa menjalankan bisnis ini dimana saja dan kapan saja. Ketika bisnis online yang dicari mahasiswa beragam jenisnya, menjadi conten writter adalah yang paling sederhana.

Dengan kehidupan internet yang setiap saat diakses oleh siapapun, kebutuhan akan tulisan tidak ada habisnya, baik untuk kebutuhan online atau konten kreatif masih selalu dibutuhkan setiap saat.

Peluang sebagai penulis lepas pun masih sangat banyak dicari dan sangat potensial.

Banyak tawaran sebagai penulis lepas atau freelance bisa Anda temukan di ranah online melalui blog, website, atau situs-situs freelance seperti Project.co.id, Freelancer.co.id, Sribulancer.com, dan masih banyak lagi web-web yang akan menerima jasa mu sebagai freelance.

                                     
           

Daftar Situs Freelance

Deskripsi: Referensi situs freelance terbaik di Indonesia dan luar...
Hans
3 min read

Apa itu Afiliasi?

Deskripsi: Pengertian Program Afiliasi, cara kerja dan keunggulannya. Afiliasi...
Hans
2 min read

Pengertian Marketplace

Deskripsi: Pengertian Marketplace, jenis-jenis dan keuntungannya. Di era digital...
Hans
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *