Manfaat Blog

2 min read

Advertisement

Deskripsi: manfaat blog bagi para blogger dalam kehidupan dan bisnis.


Banyak kalangan menganggap blog sekadar media dalam mengeluarkan opini dan pemikiran penulisnya. Padahal blog memiliki banyak manfaat lain dalam kehidupan manusia.

Advertisement

Terbukti dengan semakin menjamurnya kemunculan blog-blog dalam berbagai macam spesifikasi seperti blog makanan, fashion, dan hiburan.

Untuk lebih mendalaminya, simak pengertian dan manfaat blog dalam kehidupan melalui ulasan berikut.

Apa itu Blog?

Pada dasarnya blog merupakan singkatan website log, yakni situs yang memuat aneka jurnal, artikel, maupun informasi online secara berurutan (biasanya didasarkan pada tanggal penerbitan).

Umumnya konten terbaru menempati bagian teratas pada sebuah blog. Secara ringkas, blog bisa pula diartikan sebagai kumpulan artikel ataupun jurnal di internet.

Meski kerap dikaitkan dengan situs blogger.com, namun pada dasarnya semua platform yang memungkinkan untuk menyajikan konten artikel dalam web bisa dikategorikan sebagai blog.

Advertisement

Seperti konten dari platform wordpress, medium, typepad, dan lainnya. Kegiatan menulis di blog dinamai blogging, sementara si penulis dinamai blogger.

Dalam membuat suatu blog, perlu diperhatikan beberapa acuan dalam menentukan strukturnya. Struktur tersebut meliputi; header, konten utama, sidebar, dan footer.

Struktur tersebut penting untuk mempermudah navigasi pengunjung.

Manfaat blog

Manfaat Blog dalam Kehidupan

Meski kerap memuat tulisan iseng berisi curahan hati, namun ada beberapa blog yang dikelola secara profesional untuk menyajikan informasi penting yang perlu diketahui khalayak.

Karenanya, kehadiran blog membawa berbagai manfaat tersendiri yang berguna bagi si penulis maupun pembacanya. Beberapa manfaat blog yang bisa dirasakan antara lain sebagai berikut.

1. Ajang untuk Mengasah Kemampuan Menulis

Ketika memiliki sebuah blog, tentu kamu harus memikirkan konten-konten yang hendak diisikan ke dalamnya. Dalam pembuatan konten itulah, mau tak mau kamu harus menulis.

Memang tidak mudah, apalagi jika tak punya pengalaman menulis sama sekali. Namun, tak ada cara lain untuk menjadi penulis terbaik, kecuali menghadapi dan terus belajar untuk menulis. Jika perlu menulislah tiap saat dan tiap hari.

Advertisement

Seiring berjalannya waktu, kemampuan menulis akan terus meningkat ketika lebih sering diasah. Terlebih, jika terbiasa melakukannya secara rutin, rutinitas mengisi blog pun tak akan menjadi masalah yang berarti.

Hal ini telah terbukti pada kasus Raditya Dika. Seorang public figure terkenal yang mengawali karir dengan menulis di blog pribadinya.

2. Sarana untuk Berbagi Ilmu

Tak semua ilmu harus didapatkan dari sekolah. Kamu pun bisa menemukan dan mempelajari berbagai studi yang ada di blog-blog tertentu.

Dengan mengakses blog, sumber ilmu yang didapatkan bisa berasal dari mana saja dan nyaris tak terbatas macamnya. Kamu bisa belajar apapun tentang suatu hal yang menarik keingintahuanmu.

Apalagi, kini telah banyak bermunculan blog-blog profesional yang sangat bermanfaat dengan segmentasi yang berbeda-beda.

Contohnya saja blog omkicau.com yang dikelola oleh mantan jurnalis Duto Sri Cahyono dan fokus pada pembahasan mengenai burung. Kamu pun bisa membagikan ilmumu melalui blog milikmu sendiri.

3. Alat untuk Membangun Jaringan

Dalam hal apapun, jaringan sangatlah penting untuk dibangun. Namun, jika kesulitan membangun jaringan secara offline, membangunnya di media online akan terasa lebih mudah.

Untuk bergaul dan membuat network yang suportif, kamu bisa melakukannya dengan lebih praktis melalui blog. Penulis bisa berkomunikasi langsung dengan pembaca atau penulis lainnya lewat konten dengan saling berkomentar.

Baca juga: Manfaat email

4. Media untuk Menghasilkan Uang

Tak bisa dipungkiri bahwa beberapa orang tertarik untuk membuat blog karena ingin mendapat pemasukan tambahan. Hal yang perlu disadari adalah kenyataan bahwa memiliki blog tak serta merta membuatmu mendapat rupiah secara langsung.

Seperti bisnis lain, penulis harus membangun blognya dengan menerbitkan konten secara rutin.

Jika sudah memiliki banyak pengunjung, barulah kamu bisa mulai monetasi dengan memasang Google AdSense atau Audience Network untuk mendapatkan pundi-pundi uang.

5. Alat untuk Mengembangkan Bisnis Lain

Tak semata-mata menjadikannya bisnis konten, blog juga bisa difungsikan sebagai support system untuk mengembangkan bisnis lainnya.

Contohnya suatu blog digunakan sebagai salah satu media untuk berjualan, mengedukasi, dan berinteraksi dengan pelanggan. Blog-blog seperti ini berpotensi menambah calon pelanggan dengan membangun kepercayaan.

Sederhananya, banyak manfaat blog yang memberikan pengaruh pada keseharian kita, walau sering tak disadari. Jadi, keberadaan blog telah berkembang dengan pesat sampai saat ini.

Tak hanya sekadar menjadi media untuk beropini saja, namun ada beberapa manfaat lain yang lebih besar untuk kehidupan manusia.

POIN TAMBAHAN

1. Melatih kemampuan menulis

2. Menuangkan ide / gagasan

3. Berbagi informasi dan pengetahuan

4. Bisa untuk menambah penghasilan dari Iklan secara online

5. Bisa untuk menjual produk / jasa

6. Membangun jaringan dan relasi

7. Membangun portofolio

8. Mendukung perkembangan bisnis

9. Membangun trust / personal branding

10. Mendapatkan lebih banyak pelanggan, dengan soft marketing melalui artikel blog

Nah itulah beberapa manfaat blog bagi para blogger, selain itu menemukan ide baru, informasi baru dan membangun jaringan online baru juga bermanfaat bagi pengunjung atau pembaca.

Semoga artikel manfaat blog ini bermanfaat. Happy Blogging.

Advertisement

Blog untuk Branding

Advertisement Blog untuk perkuat branding – Bisnis yang yang...
Hairo
1 min read

Pengertian Blogger

Deskripsi: Pengertian blogger dan blog, sejarah munculnya blogger, dan...
Hairo
3 min read

Perbedaan EIS dan OIS

Advertisement Deskripsi: Kenali Perbedaan EIS dan OIS sebelum Membeli...
Hairo
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *