Peluang Usaha Rumahan Ibu Rumah Tangga

4 min read

Deskripsi: Inspirasi peluang usaha rumahan untuk Ibu tumah tangga, semoga bisa menjadi inspirasi.


Menjadi ibu rumah tangga tentu tidak mudah, Ibu rumah tangga tentu identik dengan peran sebagai istri yang mempunyai amanah merawat anak, menyiapkan makan, dan membersihkan rumah.

Banyak calon ibu mengalami dilema ketika setelah menikah apakah akan menjadi wanita karier atau menjadi ibu rumah tangga. Setiap pilihan yang diambil mempunyai tantangannya sendiri-sendiri.

Ketika memilih sebagai wanita karier, Negatifnya yaitu Anda akan dituntut menghabiskan waktu paling tidak sebanyak 8-10 jam sehari di kantor. Itu pun belum termasuk lembur atau ada tugas dinas di luar kota.

Anda tidak akan fokus dalam mengurus kegiatan rumah tangga karena fokus Anda akan dibagi antara pekerjaan dan rumah. Karena hampir sebagian besar waktu dihabiskan untuk bekerja di luar rumah.

Positif dari wanita karier adalah kemampuan atau potensi Anda tidak sia-sia alias Anda mengembangkannya sesuai dengan bidang yang Anda minati.

Anda juga mempunyai penghasilan atau gaji setiap bulannya, bisa juga membantu suami dalam memenuhi kebutuhan rumah tangga.

Peluang Usaha Rumahan Ibu Rumah Tangga
peluang usaha rumahan ibu rumah tangga

Daftar Peluang Usaha Rumahan Ibu Rumah Tangga

Ketika Anda memilih sebagai ibu rumah tangga pun tidak kalah menantang. Sebagai ibu rumah tangga harus memastikan seluruh kebutuhan keluarganya terpenuhi.

Selalu memastikan dan mengutamakan kebutuhan suami dan anak-anak terpenuhhi. Menjadi ibu rumah tangga merupakan pekerjaan yang mulia tapi bukan berarti tidak ada resikonya.

Banyak ibu rumah tangga yang mulai merasa jenuh ketika hampir seluruh waktunya dihabiskan di rumah. Menjadi bergantung pada suami secara finansial karena ibu rumah tangga tidak mempunyai penghasilan di luar dari pemberian suami.

Di zaman milenal sekarang, banyak sekali yang berubah. Banyak hal yang dapat dilakukan di rumah tanpa perlu bekerja di kantor. Bekerja tanpa meninggalkan keluarga dan tetap mengurus keluarga dirumah.

1. Reseller

Reseller bisa dicoba ibu rumah tangga untuk berbisnis di rumah tanpa modal yang besar dengan cara menjual kembali suatu barang dari supplier dengan harga grosir tentunya dan kita menjual kembali dengan harga konsumen secara umum.

Peminat dan peluang bisnis online ini cukup tinggi bagi ibu rumah tangga, apalagi didukung dengan mempunyai pergaulan yang luas.

Pemasarannya pun cukup mudah yaitu hanya dengan memanfaatkan media sosial. Menjadi reseller itu mudah karena tidak membutuhkan modal besar.

Beragam jenis barang bisa dijual dengan sistem reseller, mulai dari pakaian, make up, tas, aksesoris, sampai makanan dan minuman, dan masih banyak lagi.

2. Freelance Menulis

Jika Anda suka menulis, Anda bisa menjadi conten writter secara freelance. Banyak sekali situs-situs website yang memperkerjakan penulis lepas untuk website nya.

Seperti contoh website Project.co.id, Sribulance, dan yang lain.

Ibu rumah tangga hanya perlu bekerja dirumah dengan peralatan seperti laptop atau komputer yang didukung dengan koneksi internet.

Jelas mudah sekali dalam menghasilkan uang bukan, aplagi biasanya honor yang diperoleh dilihat dari berapa banyak artikel yang dibuat, tetapi itu semua tergantung kebijakan dari masing website tempat Anda mendaftar freelance.

Bisnis yang satu ini bisa dikerjakan di waktu luang, tidak terikat dengan jam kantor.

Dengan berkembangnya dunia online, kebutuhan akan informasi juga bertambah, dan menjadi freelance menjadikan bisnis ini cukup menjanjikan.

3. Tempat les belajar

Senang ketika mempunyai kemampuan dalam akademik dengan beberapa bidang yang anda kuasai. Anda bisa membuka tempat les bagi anak-anak sekolah yang berada di sekitar lingkungan rumah Anda.

Pekerjaan ini tentu tidak mudah dan memang membutuhkan kemampuan yang sangat baik. Anda juga bisa merekrut tenaga pengajar atau mengajak teman Anda dalam menjalankan bisnis ini ketika bisnis sudah berkembang.

4. Katering atau Warung Makan

Bisnis ini sangat cocok bagi Anda yang mempunyai rumah di sekitar perkantoran, kampus, maupun pemukiman yang padat penduduk.

Jangan salah, bisnis katering atau rumah makan ini bisa menghasilkan omset yang besar loh, yang penting cita rasanya itu nomer satu, karena banyak pelanggan yang akan membeli lagi jika rasanya mantap.

Tidak perlu memiliki warung yang besar, buatlah yang kecil-kecil dulu dengan beragam jenis masakan pasti akan menarik pengunjung di jam makan.

Anda juga bisa membuka katering kecil-kecilan jika pelanggan tidak ingin repot datang ke warung, daftarkan lewat aplikasi online semacam GOFOOD untuk membantu Anda mencari pelanggan yang lebih luas.

5. Translator atau Penerjemah

Ketika Anda mempunyai kelebihan dalam menguasai bahasa asing. Anda bisa memanfaatkan kelebihan Anda untuk menghasilkan uang yaitu dengan menjadi translator atau penerjemah bahasa asing.

Beragam pekerjaan sebagai translator bisa di cari melalui internet. Anda hanya perlu bekerja di rumah dengan menyediakan laptop atau komputer sekaligus harus dengan koneksi internet.

Pendapatan yang diperoleh dari jasa translator biasanya dibayar berdasarkan jumlah lembaran yang bisa Anda kerjakan. Anda juga dapat belkerja secara online melalui marketplace.

6. Cucian atau Laundry

Cuci mencuci sudah menjadi kerjaan ibu rumah tangga. Anda bisa memanfaatkan peluang ini dalam memulai bisnis laundry sebagai bisnis sampingan Anda.

Anda hanya perlu memiliki atau menyediakan mesin cuci untuk mempermudah pekerjaan Anda. Apabila bisnis ini sudah berkembang dengan banyak pelanggan yang datang. Tentu Anda bisa merekrut pekerja baru untuk membantu Anda.

Usaha laundry ini biasanya akan sangat cocok ketika rumah Anda termasuk di kawasan padat penduduk, dekat dengan perkantoran atau kawasan universitas yang terdapat banyak tempat kos.

Dengan lingkungan yang mendukung untuk menjalankan bisnis ini tentu tidak menutup kemungkinan akan banyak memiliki pelanggan dan tentu saja menghasilkan uang yang tidak sedikit.

7. Jual Pulsa dan Token Listrik

Sekarang banyak orang yang tidak bisa lepas dari gadget, otomatis banyak juga yang membutuhkan pulsa dan voucher internet agar handphone tetap bisa digunakan.

Anda bisa juga menjual Token listrik karena sekarng sudah banyak rumah yang menggunkan sistem pulsa listrik.

Membaca peluang hanya dengan melihat situasi yang ada, bisa di manfaatkan sebagai bisnis sampingan ibu rumah tangga untuk menjual pulsa, voucher internet, dan juga token listrik.

Dua hal tersebut akan sangat menguntungkan bagi Anda, karena merupakan hal yang selalu dibutuhkan oleh banyak orang secara rutin.

8. Bisnis Tanaman Hias

Punya pekarangan yang luas dan Anda hoby merawat tanaman, bisa dijadikan bisnis sampingan loh buat ibu rumah tangga.

Ketika Anda telaten dalam merawat tanaman, penghasilan yang diperoleh nantinya cukup besar.

Bisnis tanaman hias adalah salah satu bisnis yang paling cepat berkembang.

Dengan ragam jenis tanaman yang dijual mulai dari tanaman hias, bunga dari plastik, tanaman herbal, dan yang lain memiliki nilai jual yang beragam.

9. Jasa Menjahit

Menjahit adalah salah satu bisnis menjanjikan loh. Modal hanya harus punya mesin jahit serbaguna dan Anda pernah kursus menjahit, bisnis ini tidak akan ada matinya.

Banyak tetangga yang akan menjahit di tempat Anda ketika anak mereka memasuki sekolah yang baru, karena biasanya murid baru akan diberi kain oleh pihak sekolah untuk dijahitkan sendiri sesuai dengan yang di instruksikan oleh sekolah.

Atau bisa juga ketika ada tetangga yang ingin mengecilkan lengan baju, mengganti resleting celana, memperbaiki kancing baju, dan masih banyak yang lainnya.

10. Frozen Food

Makanan beku sekarang banyak macamnya dan banyak di minati karena praktis tanpa ribet dalam mengolahnya. Makanan beku biasanya diolah dengan tujuan bisa tahan lama dan bisa langsung di konsumsi dengan di panaskan terlebih dulu.

Karena praktis inilah makanan beku cocok untuk di makan lebih dari sekali dengan penyimpanan di dalam freezer. Makanannya pun tidak mudah basi, berbeda ketika menjual masakan matang yang langsung harus habis hari itu juga..

11. Menjual Make Up

Biasanya banyak sekali ibu rumah tangga yang menjual berbagai jenis produk-produk make up. Potensinya pun cukup menjanjikan dengan penghasilan yang didapat sungguh sangat menggiurkan.

Ibu rumah tangga yang hanya punya modal sedikit, biasanya akan menjadi reseller dengan menacari agen penjual make up yang terpercaya yang bisa diajak berkerja sama dalam menjual prouduk tersebut.

Anda bisa menjual produk melalui media sosial, pasang iklan, atau melalui jasa endorse pada seseorang yang punya follower banyak.

12. Warung Kelontong

Membuka warung serba ada bisa menjadi salah satu alternatif bisnsi yang selalu ada pembeli setiap harinya. Bisnis ini akan menguntungkan bagi Anda jika Anda membuka warung di daerah yang sepi akan warung serba ada.

Banyak warga selalu butuh sesuatu barang yang bisa di beli di warung tanpa harus pergi ke toko yang lebih besar. Modalnya pun ttidak terlalu banyak jika Anda membuka warung dirumah.

Dan sebenarnya masih banyak peluang usaha bagi ibu rumah tangga, karena saat ini hal sesederhana apapun bisa menjadi sebuah bisnis bila ditekuni.

Misal saja Anda senang berkebun, menanam lidah buaya dan bisa di olah jadi es lidah buaya untuk dijual, dsb. Semoga pembahasan 11 poin peluang usaha rumahan bagi ibu rumah tangga ini bisa bermanfaat ya. Terimakasih.

                                     
           

Daftar Situs Freelance

Deskripsi: Referensi situs freelance terbaik di Indonesia dan luar...
Hans
3 min read

Apa itu Digital Nomad?

Deskripsi: Apa itu Digital Nomad? keuntungan serta tips sukses...
Hans
2 min read

Apa itu Afiliasi?

Deskripsi: Pengertian Program Afiliasi, cara kerja dan keunggulannya. Afiliasi...
Hans
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *