Pengertian Air

3 min read

Deskripsi: Pengertian Air, Manfaat, dan Sumber-sumber Air.


Air adalah elemen yang banyak ditemukan di mana-mana. Merupakan sesuatu yang mengalir di bumi ini dan hal yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan semua makhluk hidup.

Air muncul sebagai salah satu sumber daya terpenting bumi.

Air tidak hanya berfungsi untuk minum saja, namun juga bisa digunakan untuk mandi, mencuci dan berbagai kegiatan lainnya.

Tanpa adanya air, maka kehidupan makhluk di bumi ini akan mengalami ketidakseimbangan.

pengertian air
pengertian air

Pengertian Air

Air adalah zat cair yang tidak berwarna, tidak memiliki rasa dan tidak mengeluarkan bau atau H2O. Air sangat penting untuk sebagian besar kehidupan manusia, tumbuhan, dan hewan. Air merupakan zat cair yang paling banyak digunakan dari semua pelarut.

Air disebut “pelarut umum” karena lebih banyak zat yang larut di dalamnya daripada cairan lainnya. Molekul air (H2O) mengelilingi zat, menahannya di lautan molekul air. Tindakan pelarut air memungkinkan zat lebih siap diangkut.

Dikarenakan fungsinya yang banyak dan beragam di dalam tubuh makhluk hidup, air sering dianggap sebagai nutrisi terpenting. Bahkan, kebanyakan manusia dapat bertahan hidup tidak lebih dari 7 hari tanpa kehadiran air.

Manfaat Air

Bukan rahasia lagi bahwa air adalah bagian penting dari gaya hidup sehat. Anda pasti sudah tahu bahwa semua membutuhkan air untuk hidup.

Manusia, hewan, tumbuhan, semua mengandalkan H20 untuk tetap merasa sehat dan terhidrasi, secara keseluruhan. Berikut beberapa manfaat dari air:

1. Manfaat Air untuk Manusia

– ‘Pelumas’ bagi Tubuh

Air berfungsi sebagai pencair bagi tubuh Anda. Air berfungsi sebagai ‘pelumas’ dalam pencernaan dan hampir semua proses tubuh lainnya.

Air dalam air liur manusia membantu memudahkan Anda mengunyah dan menelan makanan, sehingga apa yang dikunyah mudah meluncur ke kerongkongan.

Air juga membasahi sendi dan tulang rawan manusia, sehingga persendian bisa bergerak lebih lancar. Saat mengalami dehidrasi, tubuh mengeluarkan air dari persendian.

Jika Anda mengalami dehidrasi, maka akan ada gesekan yang lebih besar, sehingga dapat menyebabkan nyeri sendi, lutut, dan punggung yang berpotensi menyebabkan cedera dan artritis.

Bahkan bola mata manusia membutuhkan banyak air untuk bekerja dengan baik dan tetap sehat.

– Mengatur Suhu Tubuh

Tubuh manusia dapat mengontrol panas berlebih melalui keringat di kulit dan dari penguapan yang menghasilkan efek pendinginan.

Darah juga dialirkan ke area yang dekat dengan permukaan kulit, untuk didinginkan dan kemudian dibawa kembali ke bagian dalam tubuh.

Jika manusia berada di lingkungan yang dingin, kulit mempertahankan suhu tubuh yang tepat dengan mengalirkan darah dari permukaan luar, sehingga bisa ‘menghemat’ panas di dalam tubuh.

Nah, pergerakan air dalam sistem seluler manusia kemudian mengangkut plasma darah penting, yang mana plasma itu 92% nya terbuat dari air.

Plasma darah memainkan peran penting dalam menjaga pH tubuh, sirkulasi antibodi dari sistem kekebalan, dan mengatur keseimbangan osmotik. Semua hal tersebut membantu menjaga suhu tubuh yang tepat.

– Sebagai Media Reaksi Kimia

Air dibutuhkan untuk reaksi kimia yang paling dasar. Air adalah media yang ideal untuk reaksi kimia karena dapat menyimpan panas dalam jumlah besar, netral secara elektrik, dan memiliki pH 7,0, yang berarti tidak bersifat asam atau basa.

Selain itu, air terlibat dalam banyak reaksi enzimatik sebagai agen untuk memutuskan ikatan atau, dengan melepaskannya dari molekul.

2. Manfaat Air untuk Hewan

Selain bermanfaat untuk manusia, kehadiran air juga penting untuk makhluk hidup lainnya yakni hewan. Apa saja manfaatnya?

– Cadangan Energi Sepanjang Hari

Salah satu alasan utama hewan minum banyak air adalah karena hewan membutuhkannya untuk menghasilkan energi. Hewan juga harus mengkonsumsi banyak air untuk menjaga pencernaannya tetap terkendali.

– Menjaga Suhu Tubuh

Suhu tubuh hewan harus selalu netral karena hewan cenderung terlalu panas. Hewan juga bisa berkeringat seperti manusia, meski itu jarang terjadi.

Namun jika memang terjadi, maka keringat pada hewan merupakan pertanda bahwa ia membutuhkan air dengan segera.

– Membuat Tubuh Lebih Seimbang

Jumlah air yang cukup akan membantu mengatur keseimbangan pH dalam tubuh hewan. Sama seperti manusia, hewan juga memiliki tubuh untuk dijaga agar tetap sehat.

Jika keseimbangan pH hewan tidak didukung oleh konsumsi air yang cukup, maka hewan bisa menjadi sangat sakit atau bahkan mati.

3. Manfaat Air untuk Tumbuhan

Air adalah sumber kehidupan untuk semua tumbuhan dengan jenis apapun, berikut adalah manfaat penting air untuk tumbuhan:

– Fotosintesis

Fotosintesis adalah proses yang memungkinkan tumbuhan menghasilkan makanan sendiri. Tanaman menggunakan air, untuk memproduksi karbohidrat yang penting guna memasok energi ke tanaman.

Jika tumbuhan tidak mendapat cukup air, maka  tanaman mungkin tidak dapat menghasilkan cukup makanan untuk mempertahankan pertumbuhan yang sehat.

– Transpirasi

Transpirasi  adalah keringat versi tanaman. Tanaman kehilangan air ke atmosfer melalui daunnya melalui transpirasi, seperti halnya manusia kehilangan air melalui kulitnya dengan berkeringat.

Air biasanya hilang melalui lubang kecil di daun yang disebut stomata.

Air menguap ke atmosfer melalui stomata, menyebabkan efek pendinginan di sekitar tanaman untuk membantu menjaga keseimbangan suhu tanaman. Jika suhu tanaman terlalu tinggi, selnya mungkin mulai mati.

– Distribusi hara

Tumbuhan membutuhkan berbagai macam unsur hara untuk bisa tumbuh dan berkembang strukturnya, mulai dari batang, daun, bunga dan biji.

Seperti darah pada hewan dan manusia, air membantu mengangkut nutrisi dari tanah ke dalam struktur sel tumbuhan.

Sumber-Sumber Air

Air, yang menutupi sekitar 70% permukaan bumi, bisa hadir dalam bentuk air tawar dan asin. Sumber air dapat ditemukan di seluruh dunia dan di hampir setiap wilayah.

Dari mana saja ya sumber air itu sendiri?

1. Laut

Lautan mengandung lebih dari 90% cadangan air alami bumi. Lautan terdiri dari air asin. Perairan seperti samudra Pasifik, Atlantik, dan Hindia adalah contoh dari laut yang menjadi sumber dari keberadaan air di bumi.

2. Danau

Danau air tawar berada di pedalaman dan ditemukan di seluruh wilayah Indonesia. Namun, beberapa danau memiliki kandungan air asin atau air payau. Seperti lautan, danau adalah sumber air bagi berbagai bentuk kehidupan, dari ikan hingga alga dan organisme mikroskopis.

3. Sungai

Sungai adalah sumber daya air di bumi menjadi sumber daya penting bagi manusia. Sungai berfungsi sebagai sistem pembangkit listrik, rekreasi, dan sumber air tawar.

4. Lahan Basah

Lahan basah terjadi di daerah yang mana air menutupi tanah untuk berbagai periode waktu. Lahan basah juga dikenal dengan delta atau rawa-rawa.

Fenomena ini dapat terjadi di sepanjang garis pantai ketika gelombang pasang menggerakkan air bolak-balik di atas daratan, dan di daerah yang rawan banjir seperti daerah dataran rendah di sekitar danau dan sungai.

Setelah mengetahui pengertian air dan betapa pentingnya air untuk kehidupan makhluk hidup, masihkah Anda menyia-nyiakan air? Meskipun air adalah sumber daya yang bisa diperbaharui, pastikan Anda tetap bijak dalam menggunakannya, ya!

                                     
           

UX / User Experience

Deskripsi: Pengertian User Experience (UX), fungsi, dan penggunaannya. User...
Hans
2 min read

Cara Membuat Infografis

Deskripsi: Cara membuat Infografis agar konten semakin mudah di...
Hans
3 min read

Buku Pengembangan Diri

Deskripsi: Buku Pengembangan Diri. Salah satu kunci untuk meraih...
rezky
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *