Pengertian Akhlak

3 min read

Deskripsi: Pengertian Akhlak, macam-macam, dan contohnya.


Akhlak merupakan salah satu aspek penting yang perlu dimiliki oleh semua manusia. Pengertian akhlak sendiri hampir memiliki makna yang sama dengan budi pekerti.

Hanya saja kata akhlak ini diambil dari bahasa Arab khuluq.

Bagaimana sih pengertian lebih mendetail dari kata akhlak ini? Seberapa pentingnya akhlak dalam kehidupan dan seperti apa contoh dari sikap yang menunjukkan, bahwa manusia itu memiliki akhlak atau tidak?

pengertian akhlak
pengertian akhlak

Pengertian Akhlak

Kata akhlak, sebagaimana disebutkan sebelumnya, berasal dari kata di bahasa Arab khuluq. Makna dari kata akhlak dalam bahasa Arab ini jika diartikan adalah sikap, perbuatan, perangai, dan kebiasaan.

Nah, sementara berdasarkan istilahnya, kata akhlak ini bisa berarti sifat yang sudah tertanam kuat dalam diri seorang manusia. Sifat ini bisa keluar secara refleks tanpa perlu ada paksaan.

Dalam agama Islam, kata akhlak ini juga mempunyai arti yang sama dengan budi pekerti. Pengertian akhlak adalah sebuah karakter yang sudah tertanam kuat di dalam jiwa manusia. Karakter tersebut kemudian memunculkan sikap atau perbuatan.

Adapun sifat yang keluar berdasarkan karakter yang telah tertanam ini berbeda-beda, ada yang buruk dan ada juga yang baik.

Entah itu akhlak baik atau buruk, semuanya muncul dari karakter masing-masing manusia yang tentunya turut dipengaruhi oleh bagaimana ia mendapatkan pendidikan dan ilmu semasa hidupnya.

Apabila seseorang sudah mendapatkan pengetahuan, ilmu, dan pembelajaran yang baik, maka karakter yang muncul juga bisa baik. Sebaliknya, jika memang pendidikan dan dan ilmu yang didapatkan buruk, maka karakter yang tertanam juga bisa buruk.

Oleh sebab itu, karakter dalam diri manusia itu memang perlu dilatih untuk mencintai segala bentuk kebaikan dan menjauhkan dari segala sesuatu yang buruk.

Hal ini diperlukan agar muncul akhlak yang bagus dalam seseorang.

Pengertian Akhlak

Dalam ajaran agama telah menjelaskan tentang keutamaan dari akhlak, di antaranya adalah:

1. Akhlak adalah kesabaran dan memaafkan

Akhlak yang bagus adalah ketika orang-orang mampu untuk menahan amarahnya dan mampu untuk memaafkan segala kesalahan orang lain. Allah SWT sangat menyukai hamba-Nya yang suka berbuat kebajikan.

2. Akhlak adalah kebenaran dan kasih sayang

Pengertian akhlak adalah bagaimana manusia harus bisa menolak kejahatan dengan menggunakan cara-cara yang dirasa lebih baik, agar tidak ada permusuhan.

3. Akhlak menurut Al Hadits

Menurut hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim nomor 2553, orang Islam yang dinilai paling sempurna iman dalam dirinya adalah mereka yang mempunyai akhlak paling baik.

Macam-macam Akhlak

Akhlak tidak selalu berarti baik, ya! Meskipun kata ini sering dimaknai positif, namun sebenarnya sesuatu yang buruk juga bisa diklasifikan dalam akhlak.

Berikut adalah pembagian akhlak yang terdiri dari dua macam:

1. Akhlak Terpuji

Akhlak terpuji atau akhlak yang baik, dalam bahasa Arab sering disebut dengan akhlaaqul mahmudah.

Nah, akhlak yang terpuji ini merupakan segala tindak tanduk atau sikap, baik oleh manusia dalam berhubungan kepada Tuhan semesta alam dan juga kepada semua makhluk ciptaan-Nya.

Banyak sekali contoh akhlak terpuji yang tercermin dalam kehidupan manusia sehari-hari.

Seperti menghormati orang tua, membantu seorang nenek untuk menyeberang jalan raya, menyisihkan sedikit rezeki untuk berinfak, menolong teman yang sedang kesusahan, dan sebagainya.

2. Akhlak Tercela

Kebalikan dari akhlak yang terpuji, yakni akhlaaqul madzmuumah atau akhlak tercela. Nah, akhlak tercela ini merupakan sikap buruk seseorang kepada Tuhan dan kepada sesama makhluk lainnya.

Beberapa contoh dari akhlak yang tercela adalah bohong kepada orang tua, sombong tentang kekayaan  yang dimiliki, suka memamerkan barang, selalu menghasut orang lain, dan lain sebagainya.

Contoh-contoh Akhlak Terpuji

Contoh akhlak-akhlak terpuji, di antaranya adalah:

1. Sabar dalam Segala Ujian (Ridho)

Sabar merupakan salah satu akhlak terpuji. Sabar merupakan kondisi seseorang menahan diri untuk kebaikan dengan sebaik mungkin, terhadap berbagai hal yang mungkin menyinggung perasaannya atau suatu kondisi yang menyulitkan dirinya.

Sabar adalah sebuah upaya untuk menerima dengan baik apapun yang menjadi takdir Allah, dan selalu berusaha menemukan jalan keluar dari segala macam kondisi buruk yang dihadapinya.

Setidaknya, ada tiga jenis kesabaran yang harus dijaga, yakni sabar di setiap amalan ketaatan kepada Tuhan, sabar dalam menghadapi berbagai macam cobaan dan ujian hidup karena rasa syukur, serta sabar dari berbagai macam dosa yang dihadapi untuk senantiasa dimohonkan ampunan.

2. Mengutamakan Kepentingan Orang Lain

Contoh dari akhlak terpuji lainnya adalah mengutamakan apa yang menjadi kepentingan orang lain dibandingkan dengan diri sendiri.

Sebagaimana dalam agama juga mengajarkan, bahwasannya iman seorang umat muslim tidak akan terbentuk dengan sempurna jika dia tidak mencintai orang lain.

Jadi, selalulah berusaha untuk menolong saudaranya dalam hal kebaikan dan mengutamakan kepentingan saudaranya di atas kepentingan diri Anda sendiri.

3. Adil

Adil memang merupakan sebuah sikap yang cukup sulit dilakukan karena sifatnya yang subyektif. Namun, sebagai seorang umat Islam yang berakhlak baik, sikap adil harus ditekankan. Berlaku adil adalah salah satu contoh dari akhlak yang terpuji.

Contoh dari adil sendiri adalah ketika seorang suami bisa membagi uang dengan seprofesional mungkin, baik untuk kebutuhan rumah tangga, diri sendiri, dan suami.

4.Kasih Sayang

Memiliki sikap kasih sayang adalah kewajiban semua orang. Menyayangi orang lain juga menjadi salah satu contoh akhlak yang terpuji. Tuhan sendiri memberikan pesan kepada semua hamba-Nya untuk saling kasih mengasihi.

Menyayangi adik, memberikan kado ulang tahun untuk orang tua, atau membantu pekerjaan orang tua juga merupakan contoh dari kasih sayang.

Contoh Akhlak Tercela

Setelah mengetahui contoh dari akhlak terpuji, berikut adalah beberapa contoh dari akhlak yang tercela:

1. Fitnah

Pasti sering sekali mendengar kata-kata bahwa fitnah itu lebih kejam dari tindakan pembunuhan? Ya, tidak bisa dipungkiri bahwasannya fitnah adalah sebuah tindakan tercela yang harus sangat dihindari oleh siapapun.

Fitnah adalah tindakan yang amat merugikan orang yang Anda fitnah. Oleh sebab itu, jangan sampai Anda memiliki sikap tercela satu ini.

2. Bohong

Sekecil apapun kebohongan yang Anda lakukan, pada dasarnya bohong tetaplah bagian dari akhlak yang tercela. Tidak mengembalikan sisa uang belanja yang diperintah oleh orang tua juga merupakan contoh kecil dari perbuatan bohong.

3. Menipu

Hampir sama dengan bohong, menipu juga bagian dari akhlak tercela yang membuat seseorang melakukan tindakan manipulatif untuk mendapatkan keuntungan. Banyak sekali orang yang menipu demi mendapatkan tujuan yang diinginkan.

4. Dengki

Dengki adalah suatu hal yang sangat wajib untuk dihindari bagi kita insan manusia terutama seorang muslim (berserah). Dengki merupakan contoh dari akhlak tercela karena menimbulkan sifat iri hati dalam diri Anda.

Contoh dengki dalam kehidupan sehari-hari sangat banyak seperti tidak suka melihat tetangga bahagia, tidak suka teman mendapatkan karir yang diinginkan, serta masih banyak lagi.

Setelah mengetahui pengertian akhlak yang telah disebutkan di atas, tentu Anda sudah tahu letak perbedaan antara mana akhlak yang terpuji dan tercela, bukan?

Sebisa mungki, setiap orang dari kita perlu menghindari segala tindakan apapun yang mendekati arah akhlak tercela.

                                     
           

UX / User Experience

Deskripsi: Pengertian User Experience (UX), fungsi, dan penggunaannya. User...
Hans
2 min read

Cara Membuat Infografis

Deskripsi: Cara membuat Infografis agar konten semakin mudah di...
Hans
3 min read

Buku Pengembangan Diri

Deskripsi: Buku Pengembangan Diri. Salah satu kunci untuk meraih...
rezky
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *