Audio dan Media Audio

3 min read

Deskripsi: Pengertian audio dan media audio perlu difahami dengan lebih detail agar bisa memanfaatkannya secara maksimal.


Audio dan juga media audio seringkali digunakan sebagai sarana untuk menyampaikan informasi agar bisa dipahami dengan lebih baik.

Informasi dikirimkan dalam bentuk getaran yang akan merambat dari sumber suara hingga tujuannya.

Suara bisa didengar secara otomatis oleh panca indra manusia jika jumlahnya sudah cukup.

Suara merupakan hal yang bisa didengar namun tidak bisa dilihat.

Pengertian Audio dan Media Audio
pengertian audio dan media audio, via canva.com

Pengertian Audio

Audio adalah suara yang dihasilkan dari getaran yang dilakukan oleh sebuah benda. Agar bisa ditangkap oleh panca indra manusia harus memiliki kekuatan minimal 20 kali/detik. Jika jumlahnya kurang dari 20 kali/detik maka tidak bisa didengar oleh panca indra manusia.

Banyaknya getaran yang dihasilkan oleh sebuah benda akan diukur dalam satuan Hz (Hertz). Secara umum, manusia bisa mendengar suara yang memiliki ukuran antara 20 Hz hingga 20 kHz.

Pengertian Media Audio

Media audio adalah perangkat yang digunakan untuk mengirimkan getaran suara agar bisa lebih mudah tersampaikan secara lebih baik. Media audio digunakan sebagai sarana menyampaikan informasi yang lebih komunikatif dan menarik.

Penggunaan media audio saat ini banyak dipilih karena mampu menyampaikan informasi secara lebih detail dan jelas.

Jenis-Jenis Audio

Jenis-jenis audio dikategorikan berdasarkan media yang sering digunakannya. Sarana komunikasi tersebut akan menghasilkan kualitas audio yang berbeda. Berikut penjelasannya.

1. Audio Response

Audio Response adalah suara output yang dihasilkan oleh sebuah perangkat komputer setelah menanggapi sebuah aksi tertentu, contohnya ketika proses permintaan nomor telepon dilakukan.

2. Audio Visual

Audio visual adalah seperangkat sound system yang sudah dilengkapi dengan tampilan gambar, biasanya sarana ini digunakan untuk menyampaikan informasi dengan cara presentasi.

Jenis audio ini cukup populer karena dianggap sangat menarik dan mampu memberikan informasi dengan lebih jelas dan informatif. Dengan begitu orang tidak akan mudah bosan ketika mengakses informasi tersebut.

3. Audio Streaming

Istilah audio streaming biasanya digunakan untuk mendengarkan suara melalui sambungan internet secara langsung. Beberapa contoh format audio yang termasuk dalam kategori ini adalah RealAudio (RAM), Winamp (MP3) dan Liquid Radio.

Sarana ini memungkinkan audio bisa didengar secara real time. Pada saat audio disebarkan, maka saat itu pula pengguna bisa menerimanya.

Jenis Format Audio

Terdapat beberapa jenis format audio yang umumnya dikenal oleh masyarakat luas. Setiap ekstensi audio ini memiliki format dan fungsi yang berbeda.

Untuk bisa membedakanya, simaklah penjelasan dari beberapa jenis format audio yang biasanya digunakan.

1. AAC (Advanced Audio Coding)

ACC merupakan format standar yang digunakan untuk MPEG. Kualitas yang dihadirkan oleh format tersebut sangat baik meskipun memiliki bitrate yang rendah. Salah satu aplikasi yang menggunakan format ini adalah iTunes.

Toko music online tersebut menyediakan berbagai jenis audio yang bisa diakses oleh pengguna melalui perangkat iOS.

2. MP3 (MPEG, Audio Layer 3)

MP3 merupakan format audio yang sangat populer dalam dunia musik digital. Hal tersebut terjadi karena audio dengan format MP3 memiliki ukuran yang lebih kecil namun memiliki kualitas yang bagus.

MP3 dikembangkan oleh Fraunhofer Institute yang memiliki ukuran bitrate sekitar 128 kbps. Format audio ini bisa didengar melalui berbagai media seperti hp, pc dan lain sebagainya.

3. WMA (Windows Media Audio)

Format audio yang satu ini paling disukai oleh banyak vendor music online karena sudah dilengkapi dengan DRM. Dimana fitur tersebut bisa digunakan untuk mencegah terjadinya pembajakan music.

Selain itu, kualitas yang dihasilkan oleh format WMA jauh lebih bagus dibandingkan dengan format audio yang lainnya.

4. WAV

WAV merupakan format audio standar yang terdapat pada Windows. Awalnya jenis format audio ini digunakan untuk menjembatani proses konversi audio ke format yang lainnya.

Namun seiring perkembangan zaman, saat ini pengguna bisa langsung mengkonversinya ke format yang diinginkan. Jenis format audio yang satu ini jarang digunakan karena memiliki ukuran yang cukup besar.

5. Ogg Vorbis

Ini merupakan salah satu format audio yang gratis dan bisa diakses oleh umum. Keunggulan dari format ini terletak pada kualitas audionya yang menawan meskipun memiliki bitrate yang cukup rendah.

Fungsi Media Audio untuk Beberapa Bidang

Fungsi utama dari penggunaan media audio tentu adalah sebagai sarana menyampaikan informasi yang lebih jelas.

Selain itu, media audio juga digunakan sebagai sarana komunikasi yang lebih efektif. Berikut akan dijelaskan tentang beberapa fungsi media audio yang lebih luas pada beberapa bidang.

1. Fungsi sosial

Bisa digunakan untuk menyampaikan informasi yang berkaitan erat dengan kehidupan sosial masyarakat pada umumnya.

Dengan adanya sarana tersebut maka orang bisa memperluas pergaulan serta pemahaman tentang adat istiadat sebuah wilayah.

Media tersebut digunakan untuk bisa memahami cara bergaul yang tepat agar mampu memiliki hubungan sosial yang baik dan akrab.

2. Fungsi edukatif

Menyampaikan informasi yang mampu memberikan pengaruh terhadap bidang pendidikan dan membuat masyarakat agar mampu berpikir secara lebih kritis.

Selain itu media audio mampu memberikan pengalaman yang berfungsi untuk mengembangkan pemikiran orang.

Dengan adanya sarana media audio ini, orang bisa memperluas wawasan dan juga pola pikir secara lebih baik.

3. Fungsi budaya

Memberikan informasi tentang perubahan yang terjadi pada kehidupan manusia seiring perkembangan zaman. Dengan begitu maka unsur budaya bisa terus dijaga serta dilestarikan untuk jangka panjang.

Sarana media bisa dianggap sebagai seni budaya yang menarik untuk diketahui dan dipelajari. Hal tersebut akan membuat orang menjadi tertarik untuk mengetahuinya.

4. Fungsi ekonomis

Media audio bisa dimanfaatkan untuk menyampaikan informasi yang lebih efisien misalnya saja untuk media pendidikan, presentasi dan lain sebagainya. Penggunaan media tersebut mampu menekan waktu dan biaya.

Hal tersebut akan membuat pemakaian biaya dan waktu yang lebih sedikit tanpa mengurangi efektivitas untuk mencapai tujuan.

Manfaat Media Audio

Media audio memiliki beberapa manfaat untuk kehidupan sehari-hari apalagi dalam hal menyampaikan informasi. Untuk lebih jelasnya simaklah beberapa manfaat lainnya di bawah ini.

  • Mengatasi keterbatasan waktu, ruang dan juga daya indera
  • Memperjelas penyampaian pesan agar tidak terlalu membosankan
  • Mendorong rasa keingintahuan pengguna terhadap sebuah informasi karena audio memiliki sifat menarik sehingga memicu rasa penasaran dari berbagai pihak terutama bagi anak-anak
  • Memberikan sarana komunikasi yang lebih efektif dan menarik
  • Mempermudah penyampaian informasi agar terlihat lebih jelas dan menghindari terjadinya kesalahpahaman pengertian
  • Sistem pembelajaran yang menggunakan media audio akan mudah diserap dan dimengerti oleh kebanyakan orang
  • Tidak membosankan dan bisa memiliki sifat yang cukup bervariatif

Penjabaran di atas mampu memberikan informasi tentang pengertian audio dan media audio secara lebih jelas.

Hal ini membuat orang semakin memahami apa itu audio, apa saja manfaatnya dan terdiri dari jenis apa saja.

Baca juga: Pengertian Media Komunikasi

                                     
           

Apa itu Google AdMob?

Deskripsi: Mengenal Google AdMob, fungsi, fitur dan cara kerjanya....
Hans
2 min read

Apa itu Chatbot?

Deskripsi: Pengertian Chatbot, fungsi dan keunggulannya. Kemajuan teknologi yang...
Hans
2 min read

SSH (Secure Shell Connection)

Deskripsi: pengertian SSH, fungsi, cara kerja dan manfaatnya. Apa...
Hans
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *