Pengertian Blogger

3 min read


Deskripsi: Pengertian blogger dan blog, sejarah munculnya blogger, dan cara membuat blog dengan platform blogspot.


Setiap media online memiliki peran khusus yang berbeda-beda dengan fungsi yang sama, yaitu untuk memberikan informasi secara cepat dan aktual. Pembahasan ini akan mebertitahukan tentang media online berupa blog.

Jika ingin mengetahui pengertian beserta fungsi dari macam-macam media online, Anda dapat mencarinya di internet dan akan menemukan pendapat yang beragam.


Apakah Anda sudah mengetahui blogger? Jika belum, mari simak secara cermat pengertian blogger dan cara pembuatannya.

Pengertian Blogger
pengertian blogger, via canva.com

Pengertian Blog (Blogger) by Google

  • Blogger adalah fasilitas untuk membuat dan mempublikasikan blog. Situs ini dikembangkan oleh Pyra Labs kemudian dibeli oleh perusahaan Google pada tahun 2003.

Blogger yang dikontrol oleh Google ini, memiliki subdomain blogspot.com. Blogger juga memperbolehkan penggunanya untuk mempublikasi halaman blognya di server lain dengan menggunakan fasilitas FTP.

Blogger diluncurkan pertama kali pada 29 Agustus 1999, yang kemudian dibeli oleh Google. Pada 10 Mei 2010 blogger memberhentikan izin untuk pengguna yang mempublikasi blognya di server lain selain blogspot.com. Blogger menghasilkan suatu olahan web yang berbentuk blog dengan subdomain blogspot.com.

Pengertian Blog secara Umum

Adapun pengertian blog adalah sebuah website dengan konten yang diberdayakan secara pribadi, data yang sudah diolah dan dimasukkan ke dalam blog dapat berupa teks, gambar, video dan sebagainya.

Blog secara umum adalah sebuah website yang dikelola oleh personal atau komunitas untuk menyampaikan informasi, gagasan ide, atau membahas suatu topik tertentu dalam sebuah website. Website tersebut disebut blog, dan pemiliki atau pelakunya disebut Blogger.

  • Blog adalah media atau websitenya, sedangkan blogger adalah orangnya (user) atau pengelolanya.

Platform website yang digunakan bebas, ada yang menggunakan platform Blogger dari Google, ada yang menggunakan CMS seperti WordPress, Tumbler, Weebly, dsb.

Pendapat lain mengatakan bahwa blog adalah pemikiran yang diusung dan disusun oleh beberapa individu berdasarkan hasil survey, pengalaman dan teori yang ada.

Jadi dapat disimpulkan bahwa blog adalah situs web yang berisi pemikiran yang dikemukakan oleh satu atau lebih individu yang berkoordinasi.

Sejarah Singkat Blogger

Sebelum membahas blogger lebih jauh akan ada kilas balik ke era saat blog ditemukan. Blog pertama kali muncul pada tahun 1994 dipelopori pertama kali oleh Justin Hall. Ia membuat blog pribadi dengan menginput data jurnalnya secara online ke internet.

Tampilan yang dimiliki oleh blog Justin hanyalah kertas putih yang polos dengan ukiran huruf-huruf yang membentuk kata dan menyusun sebuah kalimat yang berisi informasi dan dapat dimengerti oleh pembacanya.

Inisiatif Justin dalam membuat jurnal online yang berisi konten pribadi membuat Justin dinobatkan sebagai penemu konten blogger pribadi oleh The New York Times pada tahun 2004.

Tahun 1997, seseorang bernama Jorn Barger memperkenalkan pada dunia istilah yang dibuat oleh dirinya sendiri yaitu weblog.

Istilah ini adalah gabungan dari istilah web dan log. Ia memberikan nama pada istilah tersebut berdasarkan dengan aktivitas yang dilakukan di internet yaitu ‘logging to the web’ atau dalam bahasa Indonesia memiliki arti mencatat di dalam web.

Seorang pemuda bernama Peter Merholz mengubah nama weblog menjadi lebih singkat yaitu ‘blog’. Di sinilah istilah ‘blog’ diperkenalkan.

Peter Merholz adalah seorang desainer website yang menyukai permainan kata. Istilah ini dipertahankan hingga sekarang, bahkan di tahun selanjutnya blog digunakan sebagai nama situs yang mengizinkan penggunanya membuat blog yaitu blogger.

Struktur Blog (Web Blog)

Setelah Anda mengenal dan memahami perkembangan blogger, dari keberadaan blog hingga terciptanya nama blogger.

Selanjutnya akan dibahas tentang bagian-bagian dalam blogger dan bagaimana cara membuatnya. Agar ilmu yang didapatkan tidak setengah-setengah, berikut bagian-bagian dan cara pembuatan blogger.

Bagian-bagian atau Struktur dalam Blog

  1. Header adalah bagian untuk menyusun tahap pengenalan dalam blog tersebut. Header memiliki isi seperti deskripsi blog dan juga menu blog. Letaknya di bagian atas blog.
  2. Navbar, biasanya terletak di atas header. Fungsi navbar ialah mempermudah user atau pengguna blog dalam mengelola dan meringkas blognya. Navbar juga hanya bisa dilihat dan digunakan oleh pemilik blog saja.
  3. Main blog adalah tempat isi dari sebuah blog dan tujuan dari blog tersebut ditempatkan. Jika dalam sebuah surat main blog ini merupakan isi dari surat tersebut.
  4. Sidebar adalah tempat untuk menyimpan widget yang ingin Anda hadirkan pada blog Anda. Misalnya, seperti jam, kalender dan widget- widget menarik lainnya.
  5. Footer merupakan bagian yang terakhir. Seseuai dengan namanya footer terletak paling bawah. Biasanya dijadikan tempat untuk menyematkan nomor halaman, alamat email penulis dan nama penulis.

Cara Membuat Blog dengan Blogger

  1. Langkah pertama yang diambil adalah buka terlebih dahulu blogger.com, untuk melakukan create akun. Lalu masukkan akun google Anda. Jika belum memiliki akun google buatlah terlebih dahulu akun google dengan mengunjungi situs gmail.com.
  2. Jika sudah memilikinya, Anda langsung masukkan id dan password Anda. Jika sudah memasuki laman blog cari menu berjudul blog baru dan klik.
  3. Selanjutnya adalah isi judul blog sesuai dengan konsep yang sudah Anda rancang dan akan diterapkan. Setelah itu masukkan alamat blog yang akan menjadi tujuan para pengunjung. Lalu, pilih tema template yang sudah disediakan oleh blogger di dalam kolom template, jika sudah klik tombol buat blog.
  4. Tahap pembuatan blog sudah selesai dan blog siap digunakan. Jika blog Anda sudah jadi maka blog ini siap diisi oleh karya Anda yang sudah disiapkan dengan jenis seperti jurnal, karya fiksi, essay bahkan karya ilmiah. Setelah itu blog siap dinikmati para pembaca dan calon langganan blog Anda.

Cara Mengembangkan Blog Secara Umum

Setelah Anda membuat akun blog tentunya Anda harus mengelolanya sebaik mungkin, ada peribahasa memulai itu mudah, tetapi mempertahankan apa yang Anda mulai adalah hal yang berbeda dan cenderung sulit dilakukan.

Berikut panduan agar blog yang Anda miliki dapat bertahan dan diminati para calon pengunjung blog Anda.

  • Hal pertama yang harus Anda tentukan adalah topik utama dalam blog Anda. Ini merupakan hal yang penting, karena topik utama yang Anda tentukan tidak boleh asal-asalan. Banyak para blogger pemula yang menyerah diakibatkan oleh topik yang akan diterapkan pada blognya tidak jelas.
  • Pilih platform yang tepat untuk blog Anda, seperti halnya blogspot, wordpress dan wordpress.org. platform ini memiliki dua jenis yaitu hosted dan self-hosted. Hosted dapat diibaratkan rumah, hosted memiliki arti menumpang atau tidak memiliki domain sendiri, sedangkan self-hosted kebalikan dari hosted yaitu memiliki domain sendiri. Namun, Anda harus membayar layanan tersebut untuk memaksimalkan pengembangan blog Anda.
  • Setelah memilih platform tentukan penyedia layanan hosting dan domain, layanan domain dan hosting yang biasa digunakan oleh pemula dalam cakupan internasional maupun nasional, yaitu NameCheap, Bluehost dan Niagahoster (Hosting Indonesia).
  • Lalu, tentukan nama domain Anda misalnya seperti .org, .net, .co.id., .com dan sebagainya. Kini blog yang Anda buat sudah dapat diisi dan dinikmati oleh banyak orang karena sudah memiliki domain sendiri.

Itulah pembahasan tentang pengertian blogger dan cara pembuatannya beserta cara pengembangannya.

Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam membuat dan menjalankan suatu blog, Anda harus menggunakan blog sebijak mungkin karena yang Anda tanam adalah yang akan Anda tuai dikemudian hari.

Baca juga: Pengertian Google Drive


Cara Membuat Blogspot

Deskripsi: Cara membuat blogspot dengan mudah dan tentunya gratis....
Hans
3 min read

Cara Membuat Website Gratis

Deskripsi: Cara membuat website gratis untuk bisnis anda. Pelaku...
Hans
3 min read

Cara Membuat Logo Online

Deskripsi: Cara membuat desain logo online mudah dan praktis....
Hans
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *