Pengertian Client Server

3 min read

Arsitektur PC pengguna (client) adalah mesin yang meminta sedangkan server adalah mesin penyedia, yang terhubung melalui jaringan area lokal (LAN) atau jaringan area luas (WAN) seperti Internet.

Sepanjang akhir 1980-an dan awal 1990-an, client/server adalah kata kunci yang panas ketika aplikasi bermigrasi dari mini computer dan mainframe dengan terminal input/output ke jaringan komputer desktop.

Akses di mana-mana ke LAN perusahaan dan Internet, hampir semua orang bekerja di lingkungan client/server saat ini.

Namun, untuk menjadi client/server yang sebenarnya, baik client maupun server harus berbagi dalam pemrosesan bisnis.

Di dalam artikel ini akan membahas tentang pengertian client server, fungsi client dan server, cara kerja client server

Pengertian Client Server

Pengertian Client Server
https://lotechbdg.com

1. Pengertian Client

Client adalah perangkat atau perangkat keras komputer yang mengakses layanan yang di sediakan oleh server. Server sering (tetapi tidak selalu) terletak di komputer fisik yang terpisah.

2. Pengertian Server

Server adalah komputer fisik yang di dedikasikan untuk menjalankan layanan untuk melayani kebutuhan komputer lain.

Tergantung pada layanan yang sedang berjalan, itu bisa berupa server file, server database, server media rumah, server cetak, atau server web.

Fungsi dari Client Server

1. Fungsi Client

Client biasanya komputer pribadi yang menjalankan sistem operasi seperti Windows XP, Windows Vista atau Windows 7.

Sistem operasi mencakup perangkat lunak client, seperti surat elektronik dan perangkat lunak penelusuran Internet, yang memungkinkan komputer klien untuk mengakses dan berinteraksi dengan sumber daya yang dibagikan server.

Komputer client hanya berkomunikasi secara langsung dengan server, bukan cllient lain.

Namun, mampu mengolah informasi dalam dirinya sendiri, fakta yang membedakannya dari terminal bodoh yang digunakan dalam sistem komputasi mainframe terpusat.

2. Fungsi Server

Fungsi server komputer adalah untuk menyimpan, mengambil dan mengirim file dan data komputer ke komputer lain di jaringan.

Banyak bisnis menggunakan jaringan lokal untuk menghubungkan sejumlah komputer.

Skala yang lebih besar, jaringan komputer di seluruh dunia yang dikenal sebagai Internet bergantung pada sejumlah besar server yang berlokasi di seluruh dunia.

File, data, dan fungsionalitas situs web yang diberikan didasarkan pada server.

Server memiliki daya pemrosesan, memori, dan penyimpanan yang lebih banyak daripada komputer client mereka.

Client adalah komputer yang tidak bertindak sebagai server dan meminta informasi dari server.

Ketika komputer terhubung dengan cara fisik atau nirkabel dan berbagi layanan atau informasi, ini disebut sebagai jaringan komputer.

Jaringan komputer membutuhkan setidaknya dua peserta, dengan satu dari mereka bertindak sebagai klien dan setidaknya satu bertindak sebagai server.

Banyak sistem menggunakan model jaringan server-client ini, termasuk situs web dan layanan email.

Model alternatif, jaringan peer-to-peer, memungkinkan semua komputer bertindak sebagai server atau klien.

Persyaratan perangkat keras untuk server bervariasi tergantung pada aplikasi server dan jumlah client.

Server berjalan untuk waktu yang lama tanpa gangguan, sehingga keandalan dan daya tahan perangkat keras sangat penting.

Server berisik dan membutuhkan catu daya yang stabil, akses Internet yang baik, dan keamanan yang ditingkatkan, sehingga mereka biasanya disimpan di ruang atau pusat server khusus.

Cara kerja Client Server

Secara umum, semua mesin di Internet dapat dikategorikan sebagai dua jenis yaitu server dan client. Mesin-mesin yang menyediakan layanan (seperti server Web atau server FTP) ke mesin lain adalah server.

Mesin yang dipakai agar dapat terhubung ke layanan tersebut adalah client.

Saat Anda terhubung ke dalam Yahoo! di website www.yahoo.com untuk membaca halaman, Yahoo! menyediakan mesin (mungkin sekelompok mesin yang sangat besar), untuk digunakan di Internet, untuk melayani permintaan Anda.

Yahoo! menyediakan server mesin Anda, di sisi lain, mungkin tidak memberikan layanan kepada siapa pun di Internet. Oleh karena itu, ini adalah mesin pengguna, juga dikenal sebagai client.

Untuk sebuah mesin untuk menjadi server dan client, tetapi untuk tujuan kami di sini Anda dapat menganggap sebagian besar mesin sebagai satu atau yang lain.

Mesin server dapat menyediakan satu atau lebih layanan di Internet. Misalnya, mesin server mungkin memiliki perangkat lunak yang berjalan di atasnya yang memungkinkan untuk bertindak sebagai server Web, server e-mail dan server FTP.

Client yang datang ke mesin server melakukannya dengan maksud tertentu, sehingga client mengarahkan permintaan mereka ke perangkat lunak server tertentu yang berjalan di mesin server keseluruhan.

Misalnya, jika Anda menjalankan browser Web pada mesin Anda, kemungkinan besar ia ingin berbicara dengan server Web pada mesin server.

Aplikasi Telnet Anda ingin berbicara dengan server Telnet, aplikasi email Anda akan berbicara dengan server email, dan seterusnya.

Keuntungan Client-Server

Penerapan komputasi client-server dalam suatu organisasi akan secara efektif meningkatkan produktivitasnya melalui penggunaan antarmuka pengguna yang hemat biaya, penyimpanan data yang ditingkatkan, konektivitas yang luas dan layanan aplikasi yang andal.

1. Peningkatan Berbagi Data

Data disimpan oleh proses bisnis biasa dan di manipulasi di server tersedia untuk pengguna yang ditunjuk (client) melalui akses resmi.

2. Integrasi Layanan

Setiap client diberi kesempatan untuk mengakses informasi perusahaan melalui antarmuka desktop yang menghilangkan keharusan untuk masuk ke mode terminal atau prosesor.

3. Sumber Daya yang Dibagikan di Antara Berbagai Platform:

Aplikasi yang digunakan untuk model client-server dibangun terlepas dari platform perangkat keras atau latar belakang teknis dari perangkat lunak yang berhak (perangkat lunak sistem operasi),

yang menyediakan lingkungan komputasi terbuka, dan memaksa pengguna untuk mendapatkan layanan dari client dan server (database, aplikasi dan layanan komunikasi).

4. Kemampuan Pemrosesan Data Meskipun Lokasi

Pengguna client-server dapat langsung masuk ke sistem terlepas dari lokasi atau teknologi prosesor.

5. Perawatan yang mudah

Arsitektur client-server adalah model terdistribusi yang mewakili tanggung jawab yang tersebar di antara komputer independen yang terintegrasi di seluruh jaringan.

Oleh karena itu, mudah untuk mengganti, memperbaiki, memutakhirkan dan memindahkan server sementara client tetap tidak terpengaruh. Perubahan yang tidak disadari ini disebut enkapsulasi.

6. Keamanan

Server memiliki kontrol akses dan sumber daya yang lebih baik untuk memastikan bahwa hanya client yang berwenang yang dapat mengakses atau memanipulasi data dan pembaruan server yang dikelola secara efektif.

Kerugian Client-Server

1. Server yang kelebihan beban

Ketika ada permintaan client secara simultan, server menjadi sangat kelebihan beban, membentuk kemacetan lalu lintas.

2. Dampak Arsitektur Terpusat

Karena terpusat, jika server kritis gagal, permintaan client tidak tercapai. Oleh karena itu, client-server tidak memiliki ketahanan jaringan yang baik.

Setelah penjelasan singkat mengenai pengertian Client Server, fungsinya, cara kerja, serta beberapa kelebihan dan kekurangan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan juga semakin menambah wawasan Anda.

                                     
           

Apa itu Google AdMob?

Deskripsi: Mengenal Google AdMob, fungsi, fitur dan cara kerjanya....
Hans
2 min read

Apa itu Chatbot?

Deskripsi: Pengertian Chatbot, fungsi dan keunggulannya. Kemajuan teknologi yang...
Hans
2 min read

SSH (Secure Shell Connection)

Deskripsi: pengertian SSH, fungsi, cara kerja dan manfaatnya. Apa...
Hans
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *