Pengertian Cloud Computing

3 min read

Pengertian Cloud Computing – Istilah Cloud Computing dalam dunia digital mungkin sudah familiar. Istilah tersebut diambil dari dua kata yaitu Cloud yang artinya internet dan Computing yang artinya komputer.

Pemanfaatan teknologi ini berbasis internet yang digunakan untuk menjalankan program komputer yang terkoneksi internet.

Namun, tidak semua komputer yang terhubung dengan internet menggunakan Cloud Computing.

Pemanfaatan teknologi Cloud Computing menggunakan sistem berbasis internet yang disebut dengan istilah awan atau Cloud. Sistem ini merupakan teknologi untuk menjadikan internet sebagai pusat server.

Sehingga dapat mengelola data dan aplikasi, untuk lebih mengetahui pengertian Cloud Computing, manfaat, dan cara kerjanya, simak penjelasanya berikut.

Pengertian Cloud Computing
pengertian cloud computing, via canva.com

Pengertian Cloud Computing

Cloud Computing merupakan pemanfaatan teknologi komputer dengan pengembangan berbasis internet dalam suatu jaringan. Teknologi ini digunakan untuk menjalankan aplikasi melalui komputer yang terhubung dengan internet pada waktu yang sama.

Keberadaan Cloud Computing di zaman digital ini memberikan banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu peran Cloud Computing adalah untuk penggunaan media sosial dan email.

Dengan teknologi tersebut para pengguna dapat menjalankan aplikasi tanpa menginstalnya. Peran itu akan bermanfaat agar pengguna lebih mudah mengakses media sosial melalui jaringan internet.

Dalam Cloud Computing informasi tersimpan dalam server internet secara permanen dan tersimpan dalam komputer secara sementara. Baik untuk komputer tablet, desktop, notebook, monitor, sensor, handheld, dan sebagainya.

Cloud merupakan metafora dari internet yang sering digambarkan pada diagram jaringan komputer.

Cloud Computing juga dapat diartikan sebagai konsep umum yang terhubung dengan internet untuk memberikan kebutuhan komputarisasi.

Dalam Cloud atau diagram jaringan komputer menggunakan teknologi informasi yang diberikan sebagai layanan.

Sehingga pengguna dapat mengakses internet tanpa mengetahui infrastruktur atau teknologi yang membantunya.

Manfaat Sistem Cloud Computing

Salah satu contoh Cloud Computing yaitu Google Apps. Aplikasi ini menyediakan berbagai software daring yang dapat diakses melalui internet menggunakan perangkat.

Selain itu, teknologi ini juga memberikan manfaat yaitu:

1. Menjaga keamanan data

Layanan Cloud Computing menyediakan jaminan keamanan data melalui server. Cloud Computing juga memberikan jaminan keamanan untuk data pribadi, jaminan ISO, jaminan platform teknologi dan masih banyak lagi sesuai kebutuhan pengguna.

2. Data yang tersimpan secara terpusat

Teknologi Cloud mempunyai kelebihan untuk menyimpan data pada satu server secara terpusat.  Pengguna juga tidak perlu menyediakan data center, atau infastruktur lain sebagai media penyimpanan karena sudah tersedia secara virtual oleh sistem tersebut.

3. Skalabilitas dan fleksibilitas tinggi

Cloud Computing menggunakan teknologi Cloud yang memberikan fleksibilitas dan kemudahan mengakses data kapan saja dan di mana saja.

Cukup dengan bantuan koneksi internet, pengguna dapat menikmati media sosial dan berbagai aktivitas lain di dunia maya.

Sistem Cloud juga dapat meningkatkan kualitas penyimpanan tanpa perangkat tambahan seperti harddisk.

4. Data dapat diakses melalui komputer

Dengan teknologi Cloud, pengguna dapat menyimpan data dengan aman pada server terpusat. Pengguna juga dapat mengelola dan mengakses data tersebut dengan mudah.

Teknologi ini tidak memerlukan aplikasi lain untuk mengakses data, karena Cloud Computing memanfaatkan koneksi internet untuk menghubungkan server dengan komputer.

5.  Lebih efektif dan efesien

Penerapan sistem Cloud Computing dapat memberikan kemudahan bagi pengguna internet. Dengan sistem Cloud yang diberikan, data yang digunakan lebih efesien dan biaya yang dikeluarkan lebih sedikit. Bahkan pengguna bisa meningkatkan berbagai media sosial tanpa batas.

6. Tidak memerlukan penyimpanan tambahan

Cloud Computing menggunakan teknologi Cloud yang menawarkan kemudahan untuk menyimpan data.

Pada umumnya, pengguna menggunakan media penyimpanan seperti harddisk dan lainya. Penyimpanan tersebut hanya memboros biaya karena data dapat disimpan melalui internet.

Sistem Cloud dapat mengurangi kapasitas penyimpanan data tanpa harus menggunakan penyimpanan tambahan.

7. Sebagai investasi jangka panjang

Menggunakan Cloud Computing, biaya yang dikeluarkan perbulan lebih efesien.

Penghematan biaya ini dapat menjadi investasi untuk jangka panjang, karena menggunakan penyimpanan lain dapat dikenakan biaya kompensasi setiap bulannya sesuai paket yang digunakan.

Namun, Cloud Computing memberikan biaya lisensi software yang terjangkau karena sudah berbasis Cloud.

8. Digunakan oleh perusahaan IT ternama

Teknologi Cloud Computing dapat dimanfaatkan oleh pribadi ataupun perusahaan. Penerapan sistem Cloud ini telah dilakukan oleh perusahaan terkenal di dunia.

Salah satunya Google. Google memberikan banyak aplikasi diantaranya Google Drive, Windows Azure, IBM melalui Blue Cord Initiavive dan sebagainya.

Google juga menyediakan aplikasi Microsoft melalui sistem operasi berbasis Cloud Computing. Di Indonesia sendiri, sistem Cloud sudah digunakan oleh perusahaan.

Salah satu penerapan Cloud Computing  yang paling sering ditemui adalah penggunaan Point of Sale yang dimanfaatkan untuk program kasir.

Baca juga: Pengertian Google Drive

Cara Kerja Sistem Cloud Computing

Cloud Computing menggunakan  Cloud atau internet sebagai servernya untuk mengolah data.

Sistem Cloud dapat membuat pengguna dapat login ke internet dan menjalankan program yang terhubung dengan internet tersebut, tanpa perlu melakukan instalasi.

Sebagai media penyimpanan daya, Cloud Computing menyediakan infrastruktur yang lengkap dan canggih.

Sistem Cloud akan mengikuti perintah dari pengguna melalui jaringan internet secara virtual. Perintah tersebut akan masuk ke dalam server program aplikasi.

Setelah aplikasi menerima perintah dari server, data akan diproses hingga selesai.

Data yang sudah finish akan disajikan kepada pengguna melalui halaman yang sudah diperbaharui sesua dengan perintah yang diterima oleh server.

Penggunaan Cloud Computing pada email menjadi salah satu pemanfaatan sistem Cloud . Baik itu Gmail ataupun Yahoo.

Pengguna harus menghubungkan internet dengan komputer agar semua data diolah langsung oleh Google atau Yahoo.

Data pada server diintegrasikan secara menyeluruh tanpa mendownload aplikasi yang digunakan.

Melalui sistem Cloud Computing, pengguna tidak perlu menginstall aplikasi atau software, karena data yang masuk sudah terintegrasi secara global melalui sistem Cloud tersebut.

Selama komputer masih terhubung dengan jaringan internet. Selain itu, data yang tersimpan dalam server sudah terjamin keamananya.

Baca juga: Apa itu VPS Server?

Penerapan Sistem Cloud Computing

Saat ini sudah banyak perusahaan yang menggunakan sistem Cloud Computing.  Baik perusahaan nasional maupun internasional di seluruh dunia.

Salah satu perusahaan yang memanfaatkan sistem Cloud untuk mengembangkan produknya adalah perusahaan DealPOS.

DealPOS menggunakan sistem Cloud Computing dengan metode Point of Sale. Metode tersebut merupakan cara mendistribusikan data hasil penjualanan retail yang sudah dinput dari kasir ke pemilik.

Metode POS menggunakan jaringan internet sehingga dapat digunakan kapan saja dan di mana saja.

Selain perusahaan DealPOS, perusahaan ternama di Indonesia yang menggunakan sistem Cloud Computing adalah Telkom.

Perusahaan nasional Telkom mengembangkan sistem komputer berbasis Cloud. Dari sistem tersebut, Telkom menciptakan program Telkom Cloud yaitu Telkom collaboration dan Telkom VPS.

Program tersebut digunakan untuk para pelanggan Usaha Kecil Menengah atau UKM di seluruh operasional Telkom.

Sistem Cloud Computing memberikan manfaat dan keuntungan bagi manusia. Melalui sistem Cloud atau internet, dapat memudahkan berbagai kegiatan di segala bidang.

Baik untuk keperluan pribadi, bisnis, mencari informasi, mengerjakan tugas, menyimpanan data, hingga menikmati media sosial.

                                     
           

Apa itu Google AdMob?

Deskripsi: Mengenal Google AdMob, fungsi, fitur dan cara kerjanya....
Hans
2 min read

Apa itu Chatbot?

Deskripsi: Pengertian Chatbot, fungsi dan keunggulannya. Kemajuan teknologi yang...
Hans
2 min read

SSH (Secure Shell Connection)

Deskripsi: pengertian SSH, fungsi, cara kerja dan manfaatnya. Apa...
Hans
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *