Pengertian E-Book

3 min read

Pengertian e-book – Pengetahuan bisa didapatkan dari mana saja, karena pengetahuan tidak hanya dapat Anda temukan pada penelitian para ahli, tetapi dapat dari benda-benda yang ada di sekitar Anda.

Namun, para ahli telah menyimpannya dan mendokumentasikannya pada sebuah benda bernama buku.

Buku memiliki catatan tentang penelitian para ahli yang kemudian dirangkum. Buku-buku inilah yang menjadi sumber pengetahuan di masa kini.

Berkaitan hal tersebut, buku telah dievolusi menjadi bentuk digital, sehingga zaman telah mengubah buku menjadi digital yang dinamai dengan  e-book.

Mari simak satu persatu tentang pengertian e-book dan keunggulannya.

Pengertian E-Book
pengertian e-book, via canva.com

Pengertian E-Book

E-book memiliki kepanjangan Elektronik Book. Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia memiliki arti buku elektronik.

Elektronik book ini sama seperti buku umumnya, hanya saja tidak memakai media kertas dalam bentuk fisik, tetapi menggunakan lembaran-lembaran digital dalam komputer atau smartphone, sehingga buku dapat digunakan secara praktis.

File dokumen E-book dapat berupa teks dalam dokumen, foto dari buku aslinya atau softfile dari sebuah buku.

Kini, jika Anda ingin membaca buku apapun Anda bisa mencarinya di google books dengan menuliskan judul buku yang Anda inginkan.

Sama seperti saat Anda membeli buku di toko buku tetapi, cara ini praktis dan mudah untuk dilakukan bahkan dapat Anda lakukan di manapun.

Bentuknya yang sangat ringan dan praktis sehingga penggunanya banyak yang mengandalkan e-book untuk keperluannya dalam membaca buku.

E-book juga dapat dicetak ke dalam bentuk fisik berupa kertas. Ini dilakukan apabila Anda tidak nyaman membaca lewat layar gadget atau komputer.

E-Book Secara Umum

Jadi pengertian e-book secara umum adalah sebuah buku yang memiliki bentuk digital berisi informasi, panduan atau tutorial.

E-book hanya bisa diakses melalui perangkat keras seperti smartphone, laptop, tablet dan komputer, tanpa perangkat ini e-book tidak akan dapat diakses.

Karena e-book memiliki tampilan digital yang hanya bisa digunakan dalam komputer atau android.

E-Book Menurut Wikipedia

Menurut Wikipedia, Pengertian E-book adalah buku yang dipublikasikan dan tersedia dalam bentuk digital seperti gambar, teks ataupun keduanya.

Menurut Whalts

Lalu ada pendapat lain juga yang berpendapat seperti Whalts, menurutnya e-book adalah versi dari buku tradisional yang berbentuk elektronik dan hanya dapat dibaca menggunakan e-book reader.

Anda bisa mencetaknya di kertas dan bisa juga dibukukan, tetapi sebaiknya jangan mencetak e-book yang sudah disebarkan.

Apalagi jika e-book memiliki hak cipta atas penulisnya. Jika ketahuan penulisnya bisa-bisa Anda melanggar hukum dan menebusnya dengan denda.

Baca juga: Apa itu PDF?

Fungsi E-Book

1. Sebagai Sarana Pengetahuan

E-book memiliki peran penting dalam penyampaian pengetahuan terhadap para pelajar khususnya dalam kegiatan belajar mengajar.

E-book digunakan oleh para guru untuk membagikan materi yang sudah disusun sendiri oleh mereka kepada para muridnya, sehingga materi dapat disampaikan dengan cepat dan mudah.

Selanjutnya para murid dapat mengakses file tersebut di mana saja.

Selain itu, e-book juga dapat menjadi bahan ajar kepada para pengguna yang baru saja memulai untuk menggunakan e-book.

Materi yang dapat diajarkan, misalnya seperti cara membuat e-book dan cara membagikannya atau cara membuka e-book dalam media yang berbeda atau juga cara mengubah jenis file e-book.

Karena e-book memiliki beberapa jenis dokumen seperti doc., docx., atau PDF.

2. Sebagai Penyampai Informasi

Fungsi buku pada dasarnya adalah untuk menyampaikan informasi terkait pengetahuan dan perkembangan dari penemuan-penemuan para ahli.

Begitu pun fungsi e-book dalam menyampaikan informasi teknologi e-book ini cenderung lebih cepat dan mudah tersebar, sehingga memudahkan pembagian buku kepada khalayak umum.

E-book dapat berupa novel fiksi, karya ilmiah dan lain-lain.

Keunggulan dari Penggunaan E-book

Teknologi e-book pada era ini sangat penting, karena manusia semakin sini semakin menyukai hal yang instan.

Salah satunya penggunaan e-book, hal ini sangat memudahkan manusia untuk menjalani kegiatan mereka.

Contohnya dalam penyebaran paper, tugas, buku fiksi hingga buku materi yang dibuat para pengajar.

Berikut keunggulan yang dimiliki oleh E-book:

1. Lebih Fleksibel

Salah satu keunggulan e-book dalam penggunaannya adalah fleksibel.

Hal ini karena pengguna dapat membaca menggunakan e-book yang dibuka dalam smartphone atau gadget berbasis komputer dan juga dapat mencetaknya di dalam kertas HVS.

Selain itu Anda dapat membaca buku-buku lewat e-book kapan saja dan di mana saja.

2. Tahan Lama

E-book juga tahan lama, berbeda dengan buku-buku tradisional yang biasa Anda pakai di sekolah, media ini akan habis dimakan waktu jika didiamkan di udara terbuka.

Hal ini terjadi karena lembaran kertas akan mudah lapuk.

Kertas-kertas dalam buku yang Anda pakai dibuat dari makhluk hidup yaitu tumbuhan, kertas dibuat dari kayu-kayu pohon yang dibuat tipis dan dapat dilipat, sedangkan yang tumbuh dari tanah akan mudah terurai kembali.

E-book tahan lama karena disimpan di dalam sistem sebuah dokumen yang ada di dalam memori komputer.

3. Ekonomis

Penggunaan e-book lebih ekonomis atau murah, hal ini dikarenakan e-book tidak memerlukan bahan seperti buku pada umumnya, bahasan yang disusun dalam e-book sudah tercatat dalam kertas digital.

Sehingga membutuhkan biaya yang minim, bahkan jika Anda dapat mencari e-book dengan cermat, Anda bisa mendapatkan file e-book secara cuma-cuma tanpa mengeluarkan biaya sedikitpun.

4. Ramah terhadap Lingkungan

Penciptaan e-book disusun melewati program yang tertanam di dalam komputer atau gadget, program tersebut disusun dalam sebuah aplikasi yang memiliki jenis file dokumen.

Sehingga ketika Anda ingin menggunakan e-book, Anda tidak harus menggunakan bahan yang kemudian akan menjadi sampah.

Jika buku pada umumnya menggunakan tinta dan kertas, e-book tidak memakai bahan-bahan semacam itu. Hal ini alasan bahwa e-book ramah lingkungan.

5. Penyebarannya Mudah

Penyebaran e-book sangatlah mudah, hal ini dikarenakan e-book dapat disebarkan melalui jaringan online. E-book dapat disebarkan di media online manapun, seperti media sosial, blog bahkan surat-menyurat online atau e-mail.

Selain itu, e-book juga memiliki kapasitas data yang sangat kecil, sehingga penerima yang memiliki gadget atau perangkat untuk menerima e-book yang spesifikasinya minim, masih dapat menerima dan menyimpan file tersebut.

6. Praktis

E-book ini sangat praktis karena e-book dapat disimpan dalam gadget kecil yang mudah Anda bawa kemana pun Anda pergi, sehingga e-book dapat dibaca di manapun dan kapan pun.

Selain itu, untuk memindahkan halaman e-book Anda tidak perlu memegangnya dan berganti lembaran.

Jika membuka di laptop atau komputer, Anda hanya perlu mengklik tombol yang sudah tersedia atau menekan tombol panah untuk menggeser.

Jika Anda membuka e-book di smartphone, caranya hanya dengan menggesar layar Anda ke atas atau ke bawah. Cara yang sangat praktis untuk Anda coba.

Seperti itulah, penjelasan tentang pengertian e-book dan keunggulannya. Semoga Anda dapat lebih mengerti tentang e-book dan cara penggunaan e-book yang baik dan benar.

Semoga artikel ini membantu dan memberi informasi baik buat kamu ya.

                                     
           

Apa itu Google AdMob?

Deskripsi: Mengenal Google AdMob, fungsi, fitur dan cara kerjanya....
Hans
2 min read

Apa itu Chatbot?

Deskripsi: Pengertian Chatbot, fungsi dan keunggulannya. Kemajuan teknologi yang...
Hans
2 min read

SSH (Secure Shell Connection)

Deskripsi: pengertian SSH, fungsi, cara kerja dan manfaatnya. Apa...
Hans
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *