Pengertian E-Business

3 min read

Pengertian e-business – Semua kegiatan bisa mengandalkan teknologi tersebut di zaman serba elektronik dan internet ini, termasuk bisnis.

Oleh sebab itu muncul istilah e-business atau elektronic business. Lantas apa pengertian e-business yang sebenarnya?.

Secara umum, e-business atau electronic business merupakan suatu kegiatan bisnis yang dilakukan melalui perangkat elektronik atau dengan internet.

Dengan kegiatan e-business ini sehingga suatu perusahaan dapat langsung berhubungan dengan konsumen, supplier atau rekan bisnis.

Secara singkat yakni pemakaian teknologi informasi komunikasi untuk menjalankan sekaligus mengelola bisnis.

Pengertian E-Business
pengertian e-business, via canva.com

Pengertian E-Bussines Menurut Para Ahli

Penggunaan teknologi informasi ini tidak lain untuk menambah keuntungan bisnis sebuah perusahaan. Agar dapat mengerti e-business dari berbagai sudut pandang, berikut ini adalah beberapa arti dari para ahli.

1. Steven Alter

Menurut ahli Steven Alterm e-business yakni satu kegiatan proses bisnis yang dimulai dari perencanaan, mengolah bahan, mengatur manufaktur, penjualan kepada konsumen, menyediakan pesanan, hingga servis melalui teknologi komunikasi, dan data yang sudah diolah melalui teknologi komputer.

2. Sid L Huff dkk

Menurut ahli dari Universitas Wellington ini, menjelaskan e-business adalah kegiatan bisnis yang mencangkup semua aspek yang dilakukan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi, untuk melakukan kegiatan bisnis antar perusahaan maupun dari perusahaan ke konsumen.

3. Samantha Shurety

Menurut Samantha Shurety yang disampaikan dalam e-business with Net.Commerce Prentice Hall, e-business adalah penggunaan teknologi internet untuk membuat perubahan proses bisnis yang dilakukan.

Bentuk dari pelaksaan dari kegiatan e-business ini adalah pembelian barang secara online dalam jumlah banyak maupun sedikit.

Oleh karena itu ada kesamaan antara e-business dan e-commerce. Satu persamaan yang mendasar adalah sama-sama menggunakan media elektronik atau jaringan internet.

Meski demikian, ada beberapa perbedaan yakni pada tujuan dari masing-masing kegiatan ekonomi tersebut.

Perbedaan E-Commerce dan E-Business

Satu hal yang paling berbeda antara e-commerce dan e-business ada pada segi tujuan yang dicapai. Dalam e-commerce mempunyai tujuan untuk memperoleh keuntungan,

Sedangkan e-business bertujuan pada kepentingan dengan waktu yang panjang. Selain itu tujuan yang dicapai e-business juga tidak berbentuk atau nyata.

Sebagai contoh kepercayaan konsumen, pelayanan, aturan dalam kerja, hubungan mitra bisnis, dan penanganan masalah sosial lainnya.

Selain itu ada perbedaan lain yakni sebagai sarana memajukan perusahaan yang tidak dimiliki pada e-commerce, yakni sebagai berikut.

  1. Kegiatan e-business mempunyai cakupan yang lebih dibandingkan dengan e-commerce. Cakupan tersebut terdiri atas modal, sumber daya manusia, proses penjualan produk baik barang atau jasa. Bahkan hingga resiko yang muncul setelah pembelian barang maupun jasa. Sedang e-commerce,  hanya terbatas pada praktik jual-beli jasa atau barang menggunakan jaringan internet
  2. Kegiatan e-business lebih ke arah pembelajaran dan juga menjaga agar konsumen lebih memahami akan kegunaan dari produk tersebut dan didapat dari sebuah transakasi online. Sedangkan e-commerce hanya melaksanakan fungsinga sebagai wadah transaksi jual beli secara online saja.
  3. E-commerce merupakan bagian kecil dari kegiatan e-business. Hal tersebut karena e-business adalah sebuah jaringan yang mempuyai komponen yang sangat lengkap. Terdiri dari bagian yang mendukung jalannya sebuah kegiatan bisnis menggunakan jaringan internet.
  4. Sistem yang diperlukan untuk membangun sebuah e-business jauh lebih rumit dan banyak yang terdiri dari setiap bagian dari atas hingga bawah sebuah bisnis. Namun e-commerce cukup membutuhkan sistem penjualan yang terdiri dari rincian dan juga analisis dalam segi penjualan barang atau jasa saja.

Manfaat E-Business

Sebagai sebuah sistem, e-business pastinya mempunyai manfaat yang dapat dirasakan. Sama halnya dengan e-commerce juga mempunyai beberapa manfaat.

Berikut ini beberapa manfaat dari e-business.

1. Memperluas Pasar

Manfaat yang pertama yang dapat dirasakan dari e-business adalah dapat memperluar pasar. Dengan memanfaatkan e-business, pelaku bisnis dapat memperluas cakupan pasar dari nasional hingga internasional.

Dengan adanya luasnya pasar, pelaku bisnis dapat menjangkau banyak konsumen di daerah tersebut.

2. Menghemat Biaya

Manfaat yang tidak kalah penting dari e-business yang tidak kalah penting adalah dapat menghemat biaya. Biaya yang dimaksud mencangkup biaya komunikasi, waktu transaksi, serta waktu penerimaan.

3. Praktis

Manfaat dari e-business yang ketiga yakni praktis. Untuk para konsumen yang ingin membei barang atau jasa dapat melihat barang dan informasi lainnya melalui internet.

Sehingga konsumen tidak perlu repot-repot untuk harus mendatang perusahaan tersebut.

4. Meningkatkan Citra

Manfaat e-business juga dapat meningkatkan kesan yang baik di mata para konsumen. Tentunya hal tersebut diikuti dengan pelayanan yang baik, sebab dengan media internet informasi dapat dengan cepat tersebar.

Kelemahan E-Business

Hal dalam e-business jika tidak diketahui akan berakibat fatal bagi kegiatan bisnis yang Anda lakukan. Berikut ini merupakan beberapa kelemahan yang ada pada e-business, diantaranya sebagai berikut:

1. Tidak Ada Tatap Muka

Karena e-business berbabis elektronik dan menggunakan jarungan internet, maka dari itu tidak ada tatap muka antar produsen dan konsumen.

Oleh sebab itu, hal ini dapat menimbulkan jalur akses yang sangat terbatas antara pembisnis dengan konsumen dalam hal bertemu langsung.

Apabila ingin bertemu harus membuat kesepakatan terlebih dahulu sesuai kesepakatan.

2. Risiko Penipuan

Kegiatan bisnis ini tidak ada pertemuan secara langsung maka beresiko untuk terjadinya penipuan.

Terutama untuk pelaku bisnis yang baru pertama kali berkecipung di e-business, yang masih minim pengetahuan mengenai bisnis di internet.

Namun penipuan dapat dihindari dengan cara transaksi menggunakan rekening bersama, sehingga transaksi akan lebih aman.

Jenis-jenis E-Business

Implementasi e-business terdapat beberapa jenis e-business yang diklasifikan menurut hubungannya. Jenis-jenis yang ada di e-business juga ada kesamaan dengan jenis e-commerce.

Berikut ini jenis e-business yakni sebagai berikut.

1. Busines To Busines (B2B)

Kegiatan e-business business to business ini merupakan jenis usaha yang melibatkan antara dua perusahaan atau lebih. Perusahaan tersebut juga tidak terbatas pada jeni usaha yang digeluti.

Dan yang paling mendasar adalah semua transaksi dilakukan menggunakan jaringan internet.

2. Busines To Consumer (B2C)

Jenis e-business ini adalah jenis kegiatan bisnis yang dilakukan oleh satu perusahaan yang akan menjual langsung produk ke calon konsumen.

Produk yang ditawarkan tentu mempunyai kualitasnya yang baik dan dengan banderol yang murah. Bagian pelayanannya juga harus baik sehingga mampu menghasilkan keuntungan yang cukup baik pula.

3. Consumen To Consumen (C2C)

Kegiatan e-business ini yang dilibatkan adalah sesama konsumen namun berbeda status. Seorang konsumen suatu produk akan menjual kembali ke konsumen lainnya.

Pada jenis ini satu konsumen bisa berperan sebagai suplier atau distributor.

4. Consumen To Busines (C2B)

Jenis keempat ini, adalah kegiatan bisnis yang konsumen atau pelanggan memberikan penjelasan mengenai produk baik barang atau jasa apa yang dibutuhkan.

Kemudian para produsen atau perusahaan akan berlomba-lomba untuk menyediakan apa yang konsumen tadi butuhkan atau yang diinginkan.

Berdasarkan beberapa penjelasan terkait pengertian e-business di atas, Andalah yang berhak menentukan akan menggunakan transaksi untuk setiap pembelian. Tentunya Anda pun akan memilih yang lebih praktis dan mudah.

                                     
           

Apa itu Google AdMob?

Deskripsi: Mengenal Google AdMob, fungsi, fitur dan cara kerjanya....
Hans
2 min read

Apa itu Chatbot?

Deskripsi: Pengertian Chatbot, fungsi dan keunggulannya. Kemajuan teknologi yang...
Hans
2 min read

SSH (Secure Shell Connection)

Deskripsi: pengertian SSH, fungsi, cara kerja dan manfaatnya. Apa...
Hans
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *