Pengertian Freelance

3 min read

Pengertian Freelance – Dunia pekerjaan merupakan dunia yang membutuhkan skill atau kemampuan untuk menjangkaunya, karena beberapa bidang pekerjaan membutuhkan skill pegawai yang terampil dalam bidangnya.

Tujuan dari sebuah lembaga yang mempekerjakan pegawai dapat tercapai dengan optimal dan sesuai dengan waktu yang ditentukan oleh pemilik atau pemimpin lembaga tersebut.

Pekerjaan memiliki dua jenis sifat yaitu pekerjaan yang terikat kontrak dan yang tidak terikat. Pekerjaan yang terikat kontrak misalnya pekerjaan pabrik atau kantoran.

Pekerjaan yang tidak terikat kontrak inilah yang akan dibahas, pekerjaan ini biasa disebut freelance atau pekerja lepas.

Lalu apa itu pengertian freelance dan apa saja syarat menjadi freelancer? Mari simak ulasan di bawah ini.

Pengertian Freelance
pengertian freelance, via canva.com

Pengertian Freelance

Menurut bahasa Freelance memiliki arti kerja bebas atau kerja lepas. Hal ini menunjukkan bahwa freelance merupakan pekerjaan yang tidak mengikat pelakunya pada suatu aturan dan kontrak yang berjangka panjang.

Walaupun freelance diartikan sebagai kerja lepas atau kerja bebas, tetap saja Anda harus mengikuti aturan yang sudah disediakan pemberi lowongan kerja ini.

Secara umum freelance diartikan sebagai cara kerja yang dilakukan oleh perseorangan atau mandiri. Seperti yang sudah dikatakan di paragraf sebelumnya para pekerja freelance tidak terikat kontrak jangka panjang.

Pekerja freelance juga bekerja mengikuti kemampuan yang dimiliki oleh dirinya sendiri, sehingga para freelancer mengerjakan pekerjaan sesuai dengan skill mereka.

Pendapat lain juga mengatakan bahwa freelance adalah pekerjaan yang tidak terikat dengan suatu perusahaan atau orang tertentu yang memberikannya. Pekerjaan tidak sesuai dengan permintaan pemberi pekerjaan.

Namun, para freelancer memilih pekerjaannya sendiri sesuai dengan skill, karena mereka sudah mengukur dan menyesuaikan skill dengan pekerjaan yang akan dilakukan.

Para pekerja freelance tidak harus mengerjakan pekerjaannya di balik meja kantor atau ruangan kerja, namun jika ingin bekerja di balik meja kantor tidak menjadi masalah.

Artinya para pekerja freelance dapat melakukan pekerjaannya di manapun dan kapan pun. Biasanya pekerjaan freelance dibatasi oleh deadline yang diberikan oleh pemberi atau pekerjaan kepada para pekerja freelancer.

Pekerjaan ini dapat dilakukan paruh waktu, penuh waktu atau seperempat waktu, karena para freelancer tidak harus bekerja setiap hari.

Hal ini berkaitan dengan deadline, atau sesuai dengan batas waktu yang diberikan pemberi pekerjaan.

Freelance dapat dilakukan oleh kalangan manapun, karena pekerjaan ini membuat pekerjanya tidak terikat. Dengan begitu akan banyak yang menggunakan cara ini untuk mendapatkan pekerjaan.

Syarat Menjadi Freelancer

Seorang freelancer tidak harus memiliki syarat fisik atau syarat yang dikumpulkan, misalnya seperti ijazah, KTP dan lain-lain.

Namun menjadi seorang freelancer yang baik agar dipercaya dan dicari sebaiknya mengikuti kriteria yang sudah seharusnya dimiliki oleh seorang freelancer.

Untuk menjadi seorang freelancer yang baik Anda harus melakukan antara lain sebagai berikut.

1. Memiliki Kemampuan dalam Bidang Tertentu

Seorang freelancer sebaiknya memiliki kemampuan yang baik dalam mengerjakan suatu hal, dengan begitu antara pekerja freelancer dan klien dapat melakukan perjanjian terkait pekerjaan yang akan diberikan kepada klien.

Biasanya para klien menguji coba terlebih dahulu kemampuan yang dimiliki freelancer, sehingga klien tidak meragukan hasil pekerjaan yang para freelancer selesaikan dan di akhir pekerjaan klien dapat merasakan kepuasan dalam menggunakan jasa mereka.

2. Mengenali Internet dengan Baik

Freelance ini biasanya mudah Anda dapatkan di internet jika Anda memiliki skill yang memadai dan mampu mempromosikan kemampuan Anda kepada para calon klien.

Para calon klien yang nantinya mendaftar sebagai pelanggan Anda juga akan melakukan komunikasi dan koordinasi via internet.

3. Mudah Beradaptasi

Pada jenis pekerjaan freelance, para freelancer terkadang dipertemukan dengan ujian-ujian atau tantangan yang baru, sehingga mereka sebaiknya dapat beradaptasi dengan baik dalam dunia freelance ini.

Selain itu, para freelancer juga harus menyeimbangkan waktu santai dan waktu untuk memenuhi tanggung jawab secara adil, karena freelancer bekerja secara bebas dan hanya dikontrol oleh batas deadline dan peraturan yang diberikan.

4. Mampu Mengatur Waktu

Freelancer hendaknya dapat mengatur waktu dengan baik. Jika sebelumnya Anda merupakan pribadi  yang sulit mengatur waktu, dengan menjadi freelancer Anda akan dapat mengatur waktu anda dengan baik.

Sehingga Anda dapat membagi waktu antara pekerjaan yang menjadi tanggung jawab dan waktu untuk diri Anda sesuai dengan porsinya masing-masing.

Sebaiknya waktu yang diberikan untuk keduanya seimbang. Dengan demikian tidak ada yang dirugikan.

5. Mengerti Penggunaan Komputer

Pekerjaan freelance cenderung disebut pekerjaan yang dikerjakan di depan layar komputer. Hal ini  karena kebanyakan para klien yang mendaftarkan diri untuk memberikan pekerjaan cenderung memiliki permintaan dalam bidang digital atau perkomputeran.

Misalnya, seperti editing, pengetikan dan pembuatan desain. Hal ini dikarenakan pekerjaan freelance adalah pekerjaan yang menjual jasa dalam dunia digital kepada para klien yang menjadi pelanggan mereka.

Tips Menjadi Freelancer yang Baik

1. Mengedepankan Tanggung Jawab

Sebaiknya dalam mengerjakan suatu pekerjaan baik freelance ataupun tidak, Anda harus mengedepankan tanggung jawab terlebih dahulu. Melalui tanggung jawab Anda dapat menjadi freelancer atau pekerja yang berkualitas.

Anggap saja bahwa suatu tanggung jawab yang Anda pegang adalah hasil yang akan Anda tuai nanti.

Namun, jangan mengedepankan hasil yang Anda buat dari pengerjaan pekerjaan yang diberikan oleh pelanggan freelance, dengan bertanggung jawab Anda takkan mudah lalai dalam pekerjaan.

2. Tetap Fokus

Konsentrasi atau fokus juga menentukan hasil pekerjaan yang kemudian akan memuaskan para pelanggan.

Fokus Anda akan mudah mengukur pekerjaan yang Anda lakukan dengan cara belum atau sudah sesuai idealisme yang pelanggan berikan.

Anda dapat mengerjakan pekerjaan secara teliti dan memberikan kualitas terbaik atas karya yang Anda jual bagi pelanggan dengan kefokusan.

3. Junjung Tinggi Kejujuran

Kejujuran adalah nilai perilaku paling utama yang harus diterapkan agar menjadi freelancer yang baik. Kejujuran adalah hal utama untuk membangkitkan kepercayaan para calon klien atau pelanggan.

Sebelum Anda memulai komunikasi untuk pemesanan pekerjaan yang dilakukan klien, sebaiknya Anda terapkan terlebih dahulu sifat jujur di dalam diri Anda.

4. Sabar dan Rendah Hati

Melayani pelanggan adalah suatu hal yang sulit dilakukan secara sabar. Kadang-kadang permintaan pelanggan cenderung di luar perkiraan Anda, sehingga Anda sulit mengarahkan konsep yang mereka berikan.

Rendah hati juga merupakan sikap yang harus diterapkan, karena dengan rendah hati Anda tidak akan menanggapi permintaan pelayan dengan cara yang tidak menyenangkan, hal ini dapat menyebabkan tingkat kefokusanmu berkurang.

5. Cekatan atau Gerak Cepat

Pengerjaan sebuah pekerjaan yang dilakukan oleh freelancer terkadang memiliki hasil yang tidak sesuai dengan permintaan pelanggan dan beberapa pelanggan juga terkadang ada yang meminta pertanggung jawaban dari pekerja freelancer.

Seketika pekerja freelancer harus merevisi kembali pekerjaan yang sudah ia selesaikan. Sebaiknya lakukanlah revisi ini secara cepat, tak hanya dalam hal merevisi tapi juga dalam tahap pekerjaan dari awal sampai tuntas.

Begitulah bahasan tentang pengertian freelance dan syarat menjadi seorang freelancer.

Semoga artikel ini dapat dipahami dan diterapkan oleh para calon freelancer masa depan dan segala sesuatunya memberikan manfaat.

Baca juga: Apa itu SEO?

                                     
           

Apa itu Google AdMob?

Deskripsi: Mengenal Google AdMob, fungsi, fitur dan cara kerjanya....
Hans
2 min read

Apa itu Chatbot?

Deskripsi: Pengertian Chatbot, fungsi dan keunggulannya. Kemajuan teknologi yang...
Hans
2 min read

SSH (Secure Shell Connection)

Deskripsi: pengertian SSH, fungsi, cara kerja dan manfaatnya. Apa...
Hans
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *