Pengertian Green Screen

2 min read

Advertisement

Deskripsi: Pengertian Green Screen dan Perannya dalam Industri Perfilman.


Dalam dunia perfilman pasti tidak dipungkiri adanya proses pengeditan video yang sudah direkam terlebih dahulu. Dalam pengeditan tersebut tak jarang adanya background yang diganti atau dihilangkan.

Advertisement

Dalam menghilangkan background atau latar belakang tersebut tentunya akan sangat sulit jika tidak diakali dengan media latar sebelumnya.

Salah satu warna latar yang sering dijumpai untuk pembuatan sebuah film atau video klip musik adalah latar berwarna hijau atau istilahnya green screen.

Dengan seringnya kita melihat latar berwarna hijau tersebut tentu menimbulkan pertanyaan dalam benak, mengapa harus hijau?

Sebenarnya, apa pengertian green screen itu sendiri sehingga sangat lazim digunakan.

Pengertian Green Screen

Jika dilihat dari asal katanya, green screen memang berarti layar hijau. Green screen memiliki pengertian yang merujuk pada warna latar yang digunakan pada pengambilan gambar atau video yang berwarna hijau.

Advertisement

Teknik green screen atau chroma key adalah teknik menggabungkan dua buah gambar yang berbeda menjadi satu kesatuan yang dibuat dengan kamera video.

Dengan menggunakan teknik kunci kroma atau green screen, sebuah video akan lebih bagus dan bisa lebih luas dalam mengeksplorasi latar yang kelihatannya tidak mungkin untuk diambil secara langsung dalam pembuatan film.

Banyak film-film terkenal yang menggunakan teknik kunci kroma ini untuk mempercanggih tampilan filmnya.

Contoh yang sering kita lihat adalah latar sebuah tempat asing yang tidak pernah terlihat, latar di tengah lautan yang terombang-ambing, latar luar angkasa, dan sebagainya.

Bagian film yang hanya diambil dalam sebuah ruangan yang berlatar hijau bisa menjadi sebuah tayangan film yang mampu membius dan memukau mata penonton.

Mengapa Harus Warna Hijau dan Bukan Warna Lain?

Mungkin pertanyaan inilah yang ada di setiap pikiran orang awam yang belum mengerti mengenai konsep green screen.

Warna hijau digunakan karena warna tersebut tidak menyerupai warna kulit sehingga dapat memudahkan editor dalam melakukan penyuntingan terhadap latar video atau karakter imajiner lain yang ingin ditambahkan.

Alasan lain mengapa warna hijau dipilih adalah karena warna hijau dapat menghemat pencahayaan.

Warna hijau lebih mudah dalam urusan penyinaran menggunakan pencahayaan buatan, sehingga tidak membutuhkan pencahayaan yang terlalu banyak seperti pada warna lain.

Advertisement

Dengan adanya penghematan tersebut dapat menekan biaya produksi film yang dibuat.

Fungsi Green Screen dalam Pembuatan Film

Selain memiliki efektivitas dalam penggunaannya, green screen juga memiliki peran penting yang sangat mendukung keberhasilan editing sebuah film atau video lainnya.

Fungsi green screen dalam pembuatan sebuah film atau video, di antaranya:

1. Pengganti Background

Menciptakan latar belakang yang bagus tentu memerlukan biaya yang mahal dan belum tentu terdapat properti atau tempat yang memiliki latar belakang sesuai dengan konsep cerita dan pikiran pengarang.

Untuk itu, di sinilah fungsi green screen bisa dirasakan, yakni sebagai pengganti latar belakang yang tidak mungkin didapatkan.

Nantinya latar berwarna hijau dari green screen tersebut akan disunting dengan diganti atau digabungkan menggunakan latar lain berupa gambar atau warna yang lainnya sesuai dengan alur naskah cerita.

2. Menciptakan Tampilan Visual yang Menakjubkan

Setelah latar green screen disunting dengan gambar atau latar belakang tertentu akan menghasilkan tampilan yang menakjubkan.

Visual yang diharapkan dan disesuaikan dengan naskah cerita bisa didapatkan tanpa harus mengambil latar secara langsung bersamaan dengan akting para aktor dan lebih hidup.

3. Memudahkan Proses Pengeditan

Menggunakan warna hijau sebagai latar akan memudahkan proses penyuntingan oleh editor. Warna hijau akan lebih mudah diedit dibandingkan warna lain.

Editor akan lebih mudah dalam memisahkan objek utama dengan latar dan hasil suntingan juga lebih bersih. Hal ini akan lebih memudahkan editor dalam melakukan blocking background dan menonjolkan peran utama dalam film.

4. Meminimalisir Biaya Produksi

Seperti yang dikatakan sebelumnya, penggunaan properti yang minim akan menghemat pengeluaran biaya produksi dalam sebuah film.

Penghematan properti ini bisa dilakukan dengan menggunakan green screen sebagai penggantinya. Pengambilan gambar yang berada di dalam studio juga akan menghemat biaya transportasi dan sewa lokasi.

Dengan mengetahui pengertian green screen dan memahaminya dengan benar, akan memudahkan dalam menggunakan green screen, terutama peranannya pada dunia perfilman.

Fungsinya sebagai pengganti latar belakang sangat membantu dalam menghasilkan sebuah film yang berkualitas tinggi. Sudah banyak film-film yang laris di pasaran karena peran green screen.

Advertisement
                                     
           

Manfaat Blog

Advertisement Deskripsi: manfaat blog bagi para blogger dalam kehidupan...
Cendikia
2 min read

Perbedaan EIS dan OIS

Advertisement Deskripsi: Kenali Perbedaan EIS dan OIS sebelum Membeli...
Hairo
2 min read

Pengertian CMYK

Advertisement Deskripsi: Pengertian CMYK dan karakteristiknya. Dalam dunia desain...
Hairo
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *