Pengertian Implementasi

3 min read

Deskripsi: Pengertian Implementasi, tujuan, prosedur dan contohnya.


Mendengar istilah implementasi mungkin sudah tidak asing lagi di telinga Anda.

Namun, bagi sebagian orang mungkin belum terlalu paham dengan pengertian implementasi secara lebih mendalam. Implementasi memiliki arti yaitu pelaksanaan atau penerapan.

Istilah implementasi sering dijumpai pada berita-berita televisi maupun media cetak.

Untuk mengetahui pengertian dari implementasi, tujuan, dan contohnya secara lebih jelas, mari simak ulasan berikut ini:

pengertian implementasi
pengertian implementasi

Pengertian Implementasi

Istilah implementasi berasal dari bahasa Inggris yaitu dari kata “to implement” yang memiliki arti yaitu mengimplementasikan.

Secara sederhana, pengertian implementasi yaitu kegiatan atau tindakan yang dilakukan secara terencana, dengan sebuah tujuan dan mengacu pada peraturan tertentu.

Berdasarkan arti dari implementasi, setiap tindakan tidak akan terlaksana jika tidak direncanakan sebelumnya.

Beberapa ahli juga mengemukakan pendapat mereka mengenai pengertian implementasi antara lain sebagai berikut:

1. Pressman dan Wildavsky

Menurut pendapat yang dikemukakan oleh Pressman dan Wildavsky, pengertian implementasi yaitu tindakan melaksanakan, membuat, dan menyelesaikan suatu rencana atau kebijakan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.

2. Nurdin Usman

Implementasi menurut pendapat Nurdin Usman yaitu sesuatu yang bermuara atau berpusat pada tindakan, aktivitas, atau aksi yang dilakukan secara sistematis dan terikat pada suatu mekanisme atau aturan.

Dengan begitu, pengertian mengenai implementasi bukan sebatas pada aktivitas atau tindakan biasa saja. Akan tetapi juga memiliki tujuan tertentu yang ingin dicapai dan dilakukan dengan perencanaan terlebih dahulu.

3. Budi Winarno

Budi Winarno mengemukakan pendapatnya mengenai pengertian implementasi sebagai suatu tindakan atau aktivitas yang dilakukan oleh seorang individu, untuk mencapai sebuah tujuan yang sudah ditetapkan sebelumnya.

4. Solichin Abdul Wahab

Implementasi merupakan beberapa aksi atau tindakan yang terencana dan sudah digariskan dalam keputusan kebijakan yang dikerjakan oleh individu atau sekumpulan individu, beberapa petinggi, atau golongan pemerintah maupun swasta, untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

5. Prana Wastra dkk

Menurut pendapat Prana Wastra dkk, implementasi merupakan sebuah tindakan atau aktivitas yang dilakukan karena adanya kebijakan yang sudah direncanakan sebelumnya.

Kebijakan tersebut meliputi siapa yang melakukan, waktu pelaksanaan, apa saja yang dibutuhkan, dan target penyelesaiannya.

Dari pendapat para ahli yang sudah disebutkan di atas, maka bisa disimpulkan bahwa implementasi merupakan penerapan suatu tindakan atau aksi yang dilakukan sesuai dengan rencana yang sudah disusun sebelumnya secara terperinci.

Definisi dari implementasi juga bisa diartikan sebagai suatu bentuk aksi nyata, yang dijalankan berdasarkan perencanaan yang sudah disusun sebelumnya secara terperinci dan matang.

Oleh karena itu, semua tindakan atau implementasi harus sesuai dengan rencana yang diharapkan.

Tujuan Implementasi

Sesuai dengan pengertian implementasi sebagai suatu aktivitas atau tindakan yang dilakukan dengan rencana yang disusun secara matang dan sistematis, implementasi memiliki tujuan-tujuan tertentu yang ingin dicapai.

Tujuan dari implementasi antara lain sebagai berikut:

  • Implementasi bertujuan untuk melaksanakan dan merealisasikan rencana yang sudah disusun dengan matang dan cermat oleh individu ataupun kelompok.
  • Implementasi bertujuan untuk menguji, membuktikan, dan mendokumentasikan suatu prosedur dalam menerapkan sebuah rencana atau kebijakan.
  • Untuk mewujudkan tujuan-tujuan yang hendak dicapai melalui sebuah perencanaan yang sudah dirancang sebelumnya.
  • Bertujuan untuk mengetahui kemampuan diri dalam menerapkan suatu perencanaan atau kebijakan sesuai dengan apa yang diharapkan.
  • Untuk mengetahui tingkat keberhasilan suatu rencana atau kebijakan, sehingga bisa dilakukan perbaikan, evaluasi, atau peningkatan mutu dari rencana dan kebijakan tersebut.

Prosedur Implementasi

Dalam melaksanakan dan menerapkan implementasi dibutuhkan sebuah prosedur yang disusun secara terperinci dan sistematis.

Dengan demikian, tujuan yang ingin dicapai dapat terealisasikan sesuai harapan. Berikut ini merupakan prosedur implementasi:

  • Susunan organisasi yang jelas dan sistematis
  • Job description atau pembagian pekerjaan
  • Penggabungan program (integrasi) dan koordinasi
  • Perekrutan sesuai dengan kompetensi sumber daya manusia
  • Penjelasan mengenai kewajiban dan hak yang harus diterima
  • Pemberian wewenang atau tanggung jawab
  • Pengembangan kompetensi sumber daya manusia dan kompetensi organisasi
  • Peraturan-peraturan yang diterapkan dalam organisasi
  • Pengalokasian sumber daya dan pengaplikasian prosedur sesuai dengan sumber daya yang digunakan

Dalam pelaksanaannya, implementasi juga perlu mempertimbangkan beberapa aspek, seperti efektivitas kepemimpinan, norma, motivasi, kerjasama dalam tim, komunikasi antara anggota, mutu, negoisiasi, dan aspek lainnya.

Selain itu, perlu dilakukan juga pengendalian dan pengawasan yang berguna untuk mengatur proses, dan melakukan monitoring terhadap tindakan yang dilakukan secara berkala.

Beberapa rencana tersebut meliputi desain pengendalian, monitoring, sistem informasi manajemen, dan lain-lain.

Implementasi juga membutuhkan rencana terkait pengendalian biaya atau keuangan dan audit.

Pasalnya, pada prinsipnya implementasi merupakan sebuah langkah untuk mencapai tujuan dan mewujudkan harapan dari sebuah kebijakan.

Contoh Implementasi

Setelah memahami pengertiannya, implementasi memang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Berikut ini merupakan beberapa contoh implementasi yang ada di sekeliling kehidupan Anda:

1. Implementasi Kebijakan Publik Bidang Pendidikan

Dalam melaksanakan pemerintahan, para pejabat negara atau orang-orang yang menduduki kursi pemerintah pasti mengeluarkan kebijakan publik.

Salah satu contoh dari kebijakan publik di antaranya yaitu kebijakan di bidang pendidikan. Kebijakan di bidang pendidikan ini tentu disusun dan dirancang dengan tujuan-tujuan tertentu yang ingin dicapai.

Berikut ini beberapa contoh implementasi dari kebijakan publik di bidang pendidikan:

  • Diterapkannya pergantian kurikulum pendidikan, yang bertujuan agar pendidikan yang ada di Indonesia semakin maju dan kualitas pendidikannya semakin meningkat.
  • Pemberian bantuan dana operasional sekolah atau yang lebih dikenal dengan sebutan BOS. Pemberian bantuan ini bertujuan untuk membantu meningkatkan kualitas sarana dan prasarana sekolah, guna menciptakan tempat belajar yang nyaman dengan fasilitas yang memadai.
  • Diterapkannya pendidikan karakter dan budaya di sekolah, dengan tujuan untuk memberikan bekal pengetahuan tentang budaya Indonesia dan membentuk moral yang baik pada siswa sebagai generasi penerus bangsa.

2. Implementasi Nilai Pancasila

Sebagai dasar negara Indonesia, Pancasila bukan sekadar hafalan saja, namun nilai-nilai yang terkandung di dalamnya harus benar-benar diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Nilai-nilai luhur Pancasila ini dijadikan sebagai acuan dan pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Contoh implementasi dari nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila dan wajib diterapkan dalam kehidupan sehari-hari rakyat Indonesia antara lain sebagai berikut:

  • Melakukan kerja bakti atau gotong royong untuk menjaga kebersihan lingkungan, sekaligus membentuk sikap saling menghargai antar individu dengan individu lainnya dalam suatu kelompok masyarakat. Hal tersebut dilakukan demi terciptanya persatuan dan kesatuan.
  • Melakukan kegiatan ronda malam atau siskamling untuk menjaga ketertiban dan mewujudkan keamanan di suatu lingkungan masyarakat.
  • Menanamkan sikap saling tolong-menolong antar individu, seperti menjenguk tetangga yang sakit atau memberikan bantuan makanan bagi orang-orang yang terkena musibah.
  • Menghargai orang lain yang memeluk agama atau keyakinan yang berbeda dengan cara menumbuhkan sikap toleransi.
  • Menghargai pendapat orang lain dengan tidak memotong pembicaraan ketika orang lain sedang menyampaikan pendapatnya, dan tidak memaksakan kehendak diri sendiri.
  • Selalu mengutamakan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi melalui musyawarah untuk mencapai mufakat, dan terciptanya persatuan serta kesatuan dalam suatu kelompok masyarakat.

Penjelasan mengenai pengertian implementasi beserta tujuan dan contohnya dapat Anda jadikan sebagai tambahan ilmu yang berguna.

Dengan adanya implementasi, suatu tindakan dan kebijakan akan terealisasikan dengan baik dan sesuai dengan apa yang diharapkan.

                                     
           

UX / User Experience

Deskripsi: Pengertian User Experience (UX), fungsi, dan penggunaannya. User...
Hans
2 min read

Cara Membuat Infografis

Deskripsi: Cara membuat Infografis agar konten semakin mudah di...
Hans
3 min read

Buku Pengembangan Diri

Deskripsi: Buku Pengembangan Diri. Salah satu kunci untuk meraih...
rezky
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *