Intranet (Internal Network)

3 min read

Pengertian Intranet – Internal Network atau yang biasa disebut Intranet adalah suatu jaringan yang hanya dapat diakses oleh orang-orang tertentu saja.

Intranet menggunakan standar protokol-protokol internet TCP/IP dalam melakukan komunikasi dan mengirim informasi yang bersifat rahasia di lingkungan yang terbatas, seperti perusahaan, universitas atau sekolah.

Selain itu, pengertian intranet adalah jaringan tertutup yang mempunyai skala kecil atau jaringan internet pribadi. Intranet biasanya digunakan organisasi atau perusahaan untuk media komunikasi internal yang hanya dapat diakses oleh internal perusahaan saja.

Beberapa komponen yang diperlukan untuk membangun sistem jaringan intranet adalah Komputer, server, hub, modem dan protocol internet.

Pengertian Intranet
pengertian intranet, via canva.com

Pengertian Intranet Menurut Ahli

Terdapat beberapa pendapat para ahli yang mendefinisikan pengertian intranet. Berikut adalah penjelasannya.

1. Turban, King, Lee dan Liang

Turban, King, Lee dan Liang menyatakan intranet adalah suatu jaringan yang digunakan secara internal yang digunakan oleh perusahaan atau pemerintah dengan fasilitas yang terdapat dalam internet, seperti web browser dan internet protocol.

2. Miftakul Amin

Pengertian intranet menurut M.Miftakul Amin adalah bentuk local area network (LAN) yang memakai standar komunikasi dan fasilitas yang ada pada internet. Dengan kata lain mengakses internet hanya dalam lingkungan lokal.

3. O’Brien dan Marakas

Jaringan intranet menurut O’Brien dan Marakas adalah jaringan internet seperti web browser atau TCP /IP protokol yang digunakan oleh sebuah organisasi yang menggunakan internet di dalam lingkungan perusahaan untuk berkomunikasi, mendapatkan informasi, berkolaborasi untuk proses bisnis.

Sejarah Intranet di Indonesia

Jaringan Intranet masuk ke Indonesia sekitar tahun 1970an berawal dari kalangan akademisi di universitas yang memiliki inisiatif mengembangkan kegiatan yang berhubungan dengan teknologi komputer dan radio yang mulanya hanya sekedar hobi dan kegiatan amatir, menjadi media telekomunikasi yang mempermudah dalam kegiatan pertukaran data dan informasi.

Para akademisi memulainya dengan penelitian ke lembaga pemerintahan dan pendidikan yang memiliki pekerjaan dalam bidang teknologi komputer.

Kegiatan ini pun didukung oleh sejumlah akademisi lainnya yang telah melakukan penelitian mereka di luar negeri dengan membagikan ilmu-ilmu perkembangan teknologi yang mereka dapatkan.

Fungsi dan Manfaat Intranet

Intranet memiliki fungsi utama menghubungkan dua atau lebih perangkat komputer atau perangkat jaringan dalam akses yang terbatas untuk satu lokasi saja seperti universitas, perusahaan atau sekolah.

Berikut ini adalah beberapa fungsi dan manfaat penggunaan intranet secara lengkap.

1. Meningkatkan Produktivitas dalam Bekerja

Adanya jaringan intranet dapat memudahkan untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan dengan cepat dalam suatu organisasi. Tentunya hal ini dapat berperan penting agar selalu produktif dalam bekerja.

2. Biaya dan Waktu menjadi Efisien

Dengan meningkatnya produktivitas dalam bekerja akan berpengaruh pada waktu dan biaya. Penggunaan waktu dalam bekerja menjadi lebih singkat dan efisien serta, tidak mengeluarkan biaya yang akan menyebabkan terjadinya pemborosan.

3. Mudahnya Berkomunikasi

Hadirnya intranet tentunya bermanfaat kepada kemajuan dalam sistem komunikasi. Koordinasi antar divisi atau departemen dapat berjalan dengan lancar.

Hal ini tentunya dapat meningkatkan kualitas hasil pekerjaan dan perusahaan pun akan mendapatkan statement yang positif dari publik.

4. Mempermudah Proses Operasi dan Manajemen

Intranet memiliki peran yang cukup penting dalam suatu organisasi atau perusahaan. Intranet memiliki manfaat untuk mendukung proses operasional agar berjalan dengan lancar dan manajemen koordinasi dalam pengambilan keputusan.

5. Budaya Kerja Menjadi Lebih Baik

Setiap karyawan atau anggota yang terhubung melalui intranet dapat melakukan koordinasi atau kerja sama secara online tanpa perlu bertatap muka secara langsung.

Hal ini memungkinkan penyampaian ide yang lebih cepat dan efisien untuk perkembangan dan kemajuan organisasi.

Kelebihan dan Kekurangan Intranet

Setiap teknologi yang diciptakan pasti mempunyai berbagai dampak pada penggunaannya. Dampak yang ditumbulkan bisa bersifat positif namun juga dapat bersifat negatif.

Berikut ini adalah beberapa dampak baik dan buruk penggunaan intranet.

Kelebihan

  1. Jaringan intranet dapat dijadikan sebagai media dalam perkembangan dan kemajuan produk industri.
  2. Mempermudah proses komunikasi antar karyawan atau anggota dalam penggunaannya untuk jaringan di perusahaan/o
  3. Koordinasi antar divisi atau departemen dalam perusahaan/organisasi akan jauh lebih mudah dan efisien.
  4. Informasi yang diberikan dan diterima oleh setiap orang akan sama. Hal ini dapat berpengaruh untuk peningkatan kualitas dari hasil pekerjaan.
  5. Meningkatkan tanggapan atas kebutuhan atau keluhan pelanggan. Dengan itu, perusahaan tetap akan selalu menjaga kualitas pekerjaan yang di hasilkannya.
  6. Biaya dan waktu yang dikeluarkan menjadi lebih efisien.

Kekurangan

  1. Intranet membutuhkan waktu yang lama untuk menjalani pelatihan terlebih dahulu. Tidak semua anggota/karyawan mengerti menggunakan intranet karena memiliki proses yang sedikit berbeda. Maka dari itu harus di didik terlebih dahulu dengan mengadakan pelatihan.
  2. Membutuhkan tenaga ahli agar dapat membangun dan mengembangkan jaringan intranet dalam suatu perusahaan/organisasi.
  3. Pengiriman pesan antar pengguna intranet dapat menyebabkan terjadi overload (data penuh) pada sistem.
  4. Pemakaian jaringan intranet juga tidak bisa lepas dari resiko mendapatkan informasi yang salah dan konten yang tidak pantas seperti, kata-kata kasar atau kata-kata yang menjurus bullying.

Contoh Penggunaan Intranet

Intranet dapat diaplikasikan ke berbagai organisasi/perusahaan yang ingin membangun jaringan internet khusus untuk internal saja.

Ada banyak organisasi/perusahaan yang telah mencoba menggunakan jaringan intranet untuk mempermudah dalam berkomunikasi. Berikut adalah beberapa contoh pemakaian intranet.

1. Jaringan antar Komputer di Sekolah

Beberapa sekolah sudah menggunakan media intranet sebagai penghubung antar komputer di sekolah. Di sekolah intranet memiliki beragam manfaat, seperti,

  1. aktivitas pertukaran data atau berbagi sumber daya dapat dilakukan dengan mudah.
  2. penyampaian informasi lebih terpadu.
  3. mengakses informasi menjadi lebih up to date dan real time.

2. Jaringan antar Komputer di Perusahaan

Perusahaan harus menggunakan sistem yang memiliki manfaat untuk meningkatkan kualitas kerja dalam menjalankan usahanya,. Berikut adalah beberapa manfaat dalam penggunaannya di perusahaan.

  1. Adannya jaringan intranet dapat meningkatkan produktifitas perusahaan.
  2. Penggunaan waktu menjadi lebih effisien.
  3. Biaya yang dikeluarkan perusahaan pun menjadi jauh lebih rendah.
  4. Kerjasama tim menjadi lebih baik
  5. Sebagai media berkomunikasi dan mendapatkan informasi.

3. Jaringan antar Komputer Kampus

Manfaat yang didapatkan dari jaringan internet pada pemakain di kampus tidak jauh berbeda dengan manfaat yang ada pada sekolah.

Perbedaannya adalah penggunaan intranet pada kampus memiliki lingkungan yang jauh lebih luas dan dalam segi keamanan untuk mengaksesnya lebih tinggi.

Sistem jaringan intranet di kampus juga dapat mengumpulkan, menyusun dan mengelola database berdasarkan mata kuliah.

Ini mempermudah para akademisi ataupun karyawan bagian administrasi dalam melakukan pekerjaannya. Waktu yang digunakanpun menjadi lebih efisien dan lebih produktif.

Baca juga: Pengertian Download Upload

Perkembangan teknologi di bidang komunikasi salah satunya adalah intranet. Intranet memiliki beberapa keunggulan yang mendukung berjalannya proses pada organisasi/perusahaan.

Itulah beberapa penjelasan singkat mengenai pengertian intranet , sejarah hadirnya sampai contoh penggunannya. Semoga bermanfaat bagi Anda.

                                     
           

Apa itu Google AdMob?

Deskripsi: Mengenal Google AdMob, fungsi, fitur dan cara kerjanya....
Hans
2 min read

Apa itu Chatbot?

Deskripsi: Pengertian Chatbot, fungsi dan keunggulannya. Kemajuan teknologi yang...
Hans
2 min read

Apa itu Trello?

Deskripsi: Pengertian Trello, fungsi dan cara kerjanya. Apakah Anda...
Hans
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *