Pengertian Jaringan Komputer

3 min read

Saat ini komputer merupakan perangkat penting yang digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan dan kegiatan sehari-hari.

Sebelum komputer bisa digunakan, harus ada yang sebuah jaringan komputer. Namun apakah Anda sudah mengetahui apa yang dimaksud dengan pengertian jaringan komputer?

Pengertian jaringan komputer secara simpel yakni sebuah jalan yang digunakan untuk menghubungkan dua komputer atau lebih.

Biasanya menggunakan kabel dan bisa juga tanpa kabel atau yang bisa disebut nirkabel dalam membentuk jaringan tersebut.

Pengertian Jaringan Komputer
pengertian jaringan komputer, via canva.com

Pengertian Jaringan Komputer Menurut Ahli

Supaya Anda lebih memahami pengertian jaringan komputer, beberapa ahli di bidang teknologi informasi juga menjelaskan tentang pengertian jaringan komputer tersebut, antara lain.

1. Jafar Noor Yudianto (2007)

Menurut Jafar Noor Yudianto, sebuah sistem yang terdiri atas beberapa komputer yang memang dibuat agar dapat saling bertukar atau sharing sumber daya, untuk komunikasi, dan dapat mengakses informasi.

2. Umi Proboyekti

Umi Proboyekti menjelaskan jaringan komputer sebagai serangkaian komputer yang posisinya terpisah namun sebenarnya saling terhubung dalam melaksanakan tugasnya.

Itu bisa disebut jaringan, jikalau bisa saling tukar informasi. Bentuk hubungan antara komputer tersebut bisa menjadi perantara  kawat tembaga, fiber optik, gelombang mikro, satelit komunikasi.

3. Abdul Kadil (2003)

Ahli Abdul Kadil menjabarkan pengertian jaringan komputer adalah suatu hubungan dua buah simpul atau lebih yang berbentuk komputer dengan tujuan utamanya untuk melakukan pertukaran data satu sama lain.

Sehingga kedua komputer tersebut bisa bertukar informasi yang dibutuhkan penggunanya.

4. Budhi Irawan

Menurut Budhi Irawan ialah beberapa komputer dan perangkat jaringan lainnya yang disatukan dalam sebuah sistem dan mereka saling bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan yang ingin dicapai.

5. Kristanto (2003)

Menurut Kristanto, sebuah jaringan komputer adalah komputer independen yang dibentuk menjadi sebuah kelompok, dan memakai suatu aturan komunikasi.

Hasil dari jaringan komputer tersebut mampu berbagi informasi, program, hingga sumber daya juga mampu menggunakan perangkat keras lainnya dalam waktu yang sama meskipun dari berbeda sumber.

6. Izaas El Said

Izaas El Said menjelaskan pengertian jaringan komputer sebagai beberapa komputer yang saling terhubung dan membuat sebuah skema, yang nantinya diharapkan dapat berbagi informasi, sumber daya yang dimiliki dengan waktu yang bersamaan.

7. Zymon Machajewski

Menurut Zymon Machajewski yaitu hubungan yang terjadi dalam waktu bersamaan dari satu kesatuan komputer. Hubungan tersebut memiliki tujuan utama untuk berbagi sumber daya.

Fungsi Jaringan Komputer

Sebagai sebuah teknologi, jaringan komputer tentunya menyimpan berbagai fungsi masing-masing. Berikut ini adalah fungsi dari jaringan komputer sebagai berikut.

1. Mengamankan Data

Fungsi yang pertama dari jaringan komputer adalah menyediakan perlindungan kepada data-data penting. Hal tersebut beguna untuk meminimalisasi resiko kehilangan data penting tersebut.

Selain itu, jaringan komputer juga bekerja pada seluruh infomasi penting dipastikan tidak hilang ketika dibagikan ke perangkat lain.

2. Mempercepat Pindah Data

Fungsi yang kedua dari jaringan komputer adalah mempercepat transfer data. Jaringan komputer juga berguna mempercepat pemindahan data.

Dibanding menggunakan media lainnya, memang jaringan komputer mempunyai pemindahan data lebih cepat. User akan semakin mudah dan efisien ketika aktivitas berbagi data dilakukan secara cepat.

3. Menjaga Informasi

Fungsi jaringan komputer sebagai penjaga informasi, sekilas sama dengan point pertama yakni mengamankan data. Tetapi, sebenarnya peran kedua fungsi ini berbeda.

Menjaga informasi berarti data penting yang dimiliki selalu valid dan up to date. Jaringan komputer dapat membatasi akses sewaktu data sedang diproses dalam rangka penjagaan informasi tersebut.

4. Menghemat Uang

Fungsi yang sangat dicari oleng pengguna jaringan komputer yakni menghemat uang. Aktivitas sehari-hari menjadi lebih efektif dengan adanya jaringan komputer.

Sebagai contoh, dalam dunia kerja, hanya membutuhkan satu printer yang bisa digunakan secara bersama-sama walaupun berbeda komputer.

5. Media Komunikasi

Fungsi sebagai media komunikasi merupakan fungsi yang paling lazim dalam jaringan komputer.

Sebagai contoh, di kantor, Anda berperan sebagai sekretaris dan akan mengadakan rapat kerja pada hari Selasa menggunakan media jaringan komputer  untuk mengumumkan informasi tersebut.

Sehingga penggunaan kertas untuk menulis pengumuman dapat ditekan dan kembali menghemat biaya.

6. Realibilitas Tinggi

Kemampuan jaringan komputer untuk membagikan data ke beberapa perangkat itulah yang disebut realibilitas.

Lazimnya, pembagian data memakai jaringan komputer ini bisa menjangkau lebih dari dua perangkat.

Sehingga Anda mempunyai banyak data penting, sehingga kalau komputer utama rusak, Anda masih dapat cari dalam bentuk salinan.

7. Berbagi Sumber Daya

Fungsi dari jaringan komputer yang terakhir adalah untuk berbagi sumber daya yang Anda miliki. Sumber daya yang dibagikan juga tidak terbatas pada data semata, namun juga meliputi perangkat lunak dan keras.

Sebagai contoh pengunaan printer secara bersama dalam satu kantor melalui jaringan komputer.

Baca juga: Tips dan Pertimbangan Sebelum Pasang Internet Wifi

Manfaat Jaringan Komputer

Manfaat Jaringan Komputer
https://www.satuberuang.net/

Secara umum dan personal, jaringan komputer tentu saja juga memiliki banyak sekali manfaat yang bisa digunakan.

Manfaat jaringan komputer jika ditinjau dari sudut pandang masyarakat umum dan juga personal, di antaranya sebagai berikut.

1. Email/Surat Elektronik

Untuk masyarakat luas dan juga personal, manfaat pertama dari jaringan komputer user adalah email.

Fungsi kartu pos dan juga surat menggunakan pos sekarang sudah banyak digantikan oleh email atau surat elektronik ini. Hanya dengan sekali klik, Anda dapat mengirimkan surat ke siapapun yang anda inginkan.

Melalui surat elektronik yang terdapat di jaringan komputer, Anda bisa mengirim surat  dalam format apapun.

Seperti surat ringan kepada teman yang berada di luar negeri, surat lamaran pekerjaan, surat menyurat di bidang bisnis, dan lain sebagainya.

2. Media Sosial

Media sosial atau yang sering disingkat medsos sekarang ini sudah tidak bisa lepas dari kehidupan seseorang.

Sosmed juga sekarang menjadi produk unggulan dari jaringan komputer. Segala macam informasi dalam bentuk apapun dapat diperoleh dengan mudah dan juga cepat lewat medsos ini.

Dari berbagai jenis berita yakni sekitar kehidupan, politik, gaya hidup terbaru, status pertemanan, hingga kondisi dan lokasi seseorang bisa dilacak.

Dan untuk saat ini, media sosial merupakan salah satu media iklan dalam menjajakan produk di dunia bisnis.

3. Chatting atau obrolan

Salah satu pilihan utama berkomunikasi yakni menggunakan fitur chatting. Alasan utama dari penggunaan fitur chatting ini adalah soal biaya yang jauh lebih murah dibandingkan dengan teknologi lain.

Anda dapat memulai pembicaraan dengan siapapun, kapanpun, di manapun asalkan  masih ada jaringan.

Hanya dengan menghubungkan komputer anda dengan jaringan, maka Anda sudah bisa melakukan chatting dengan siapapun.

4. Video call

Fitur video call ini merupakan hasil kolaborasi dari telepon yang sekaligus menampilkan gambar. Teknologi ini juga sudah menjadi salah satu bagian dari kemudahan dan mulai banyak dimanfaatkan untuk segala moment.

Tidak berbeda dengan fitur lainnya, fitur satu ini ditawarkan kepada masyarakat berkat jaringan komputer. Melalui jaringan komputer, baik internet maupun jaringan lokal, Anda sudah dapat merasakan mudahnya berkomunikasi lewat fitur ini.

Baca juga: Manfaat Internet dalam Berbagai Bidang

                                     
           

Apa itu Google AdMob?

Deskripsi: Mengenal Google AdMob, fungsi, fitur dan cara kerjanya....
Hans
2 min read

Apa itu Chatbot?

Deskripsi: Pengertian Chatbot, fungsi dan keunggulannya. Kemajuan teknologi yang...
Hans
2 min read

SSH (Secure Shell Connection)

Deskripsi: pengertian SSH, fungsi, cara kerja dan manfaatnya. Apa...
Hans
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *