Pengertian Lisensi

3 min read

Pengertian Lisensi, – Sebagian besar dari Anda tentu tidak asing dengan dokumen yang disebut sebagai lisensi, karena ini sifatnya mencakup berbagai aspek.

Secara singkat pengertian lisensi adalah surat pemberian izin yang berupa dokumen. Lisensi berhubungan dengan izin berbagai hal termasuk izin usaha, dan lain sebagainya.

Lisensi juga memiliki jenis yang beragam sesuai kebutuhan. Lisensi sebenarnya memiliki beragam jenis dan manfaat sesuai dengan bidang yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari, khususnya di era millenial saat ini.

Sebelum Anda memahami kegunaan dan fungsi lisensi sebaiknya ketahuilah pengertiannya terlebih dulu. Dengan begitu Anda akan lebih mudah untuk mengkategorikan jenis beserta manfaatnya.

Pengertian Lisensi
pengertian lisensi, selamatpagi.id

Pengertian Lisensi

Definisi umum dan singkat tentang lisensi cukup sebagai dokumen pemberian izin saja, awalnya bermula dari pengusulan sebuah produk atau jasa.

Hal tersbut berkaitan dengan hak paten dari brand atau merk dagang yang sedang diusungkan oleh sebuah usaha. Pengertian lisensi kini semakin berkembang sesuai fungsinya yang bisa diterapkan di berbagai aspek.

Penerapan lisensi mencakup segala usaha secara fisik atau real dan juga secara virtual atau digital yang saat ini sedang marak dan sering Anda jumpai di media online.

Lisensi memiliki definisi luas, karena bisa juga diartikan sebagai pemberian izin atas hak kekayaan intelektual. Agar si penerima lisensi bisa memanfaatkan berbagai wewenang intelektual secara maksimal.

Lisensi dalam perkembangan era millenial khususnya di dunia digital seringkali berkaitan dengan beragam brand produk digital.

Setiap orang yang mampu menciptakan inovasi teknologi baru berhak mendapatkan lisensi dan kewenangan untuk mengembangkannya tanpa intervensi pihak lain. Tetapi terdapat beberapa syarat atau tahap untuk mengajukan lisensi tersebut.

Ada beberapa istilah penting yang harus Anda pahami berkaitan dengan pembuatan lisensi. Antara lain terdapat sebutan perjanjian lisensi yang berkaitan dengan kesepakatan antara dua pihak atau lebih.

Satu pihak memiliki peran sebagai pemberi lisensi dan pihak lainnya adalah penerima lisensi yang memiliki hak untuk mengembangkan brand usahanya secara legal.

Sebutan bagi pemberi ha katas lisensi adalah licencor, sedangkan pihak yang menerima lisensi disebut dengan license.

Secara umum sebutan lisensi mengarah pada hak secara paten untuk memakai dan mengembangkan ide kreatif merk dagang.

Pembuatan produk yang dihasilkan dari suatu merk harus orisinil, tidak boleh meniru produk pihak lain agar tidak dianggap plagiat.

Beragam Jenis Lisensi

Agar Anda bisa mengajukan permohonan lisensi dengan tepat sesuai dengan bidang usaha Anda, sebaiknya ketahui berbagai jenisnya.

Berikut ada beberapa jenis lisensi yang bisa Anda temukan contohnya secara umum dan paling banyak diminta.

1. Lisensi Karya Seni atau Karakter

Lisensi jenis ini biasa digunakan untuk pemberian hak kepemilikan atas produk karakter atau karya seni tertentu agar tidak dianggap plagiat dan terlindung dari hukum.

Salah satu contoh yang bisa Anda temui ada pada penayangan kartun dari Disney dengan gambar dan animasi yang khas. Atau karakter kartun dari Marvel, dan lainnya seperti manga dari Jepang

Si penerima yang kemudian menjadi pemilik lisensi bebas melakukan distribusi atau penyebaran atas karya-karyanya tersebut. Ini juga menjadi sebagai perlindungan dari intervensi atau plagiasi pihak lain.

2. Lisensi Usaha Berupa Merk Dagang

Lisensi yang umum dijumpai dan diketahui oleh semua orang adalah dalam bentuk pemberian izin usaha berkaitan dengan merk dagang.

Setiap orang, kelompok, atau perseroan bisa menjual berbagai jenis usaha baik itu barang maupun jasa dengan merk. Tetapi sebelum sebuah merk tersebar harus ada pemberian izin legal untuk merk tersebut.

Merk juga berfungsi sebagai simbol orisinalitas dari usaha Anda yang nantinya bebas dikembangkan sesuai kreativitas serta keunikan inovasi pada suatu barang atau jasa.

Selama usaha Anda telah memiliki lisensi, maka Anda tidak perlu khawatir akan dituntut secara hukum. Buatlah nama merk dagang yang unik dengan ciri yang berbeda dari lainnya.

3. Lisensi di Bidang Pendidikan

Salah satu lisensi umum yang bisa Anda temui di sekitar lingkungan khususnya di bidang akademis adalah lisensi pendidikan.

Pemberian lisensi tersebut bisa berupa glar secara akademis sehingga setiap orang pun berhak untuk memiliki dan memakai gelarnya.

Contoh paling umum seperti gelar Ahli Madya untuk D1, Sarjana untuk S1, atau Magister untuk S2.

4. Lisensi Hak Kekayaan Intelektual

Jenis lisensi yang kini cukup populer digunakan dan banyak seorang kreator yang memilikinya adalah lisensi hak kekayaan intelektual.

Salah satu contoh sesuai dengan perkembangan era millenial misalnya adalah hak untuk menciptakan dan mengembangkan software atau aplikasi pada komputer dan perangkat lainnya.

Ada banyak aturan yang termuat dalam beberapa pasal tentang lisansi hak kekayaan jenis satu ini. Antara lain berkaitan dengan wilayah atau teritorial, syarat dan ketentuan, pembaruan, serta beberapa syarat lainnya yang umumnya ditentukan oleh si pemilik lisensi.

Berdasarkan syarat dan ketentuan, lisensi harus memiliki batasan berupa jangka waktu pemakaian dengan tujuan melindungi hak kekayaan intelektual si pemilik.

Alasannya karena banyaknya perubahan kondisi sesuai dengan pasar. Jika diterapkan dalam dunia digital berkaitan dengan alamat IP serta nomor seri tiap masing-masing jenis software.

Sedangkan wilayah merupakan pembatasn terhadap pemakaian berbagai jenis produk yang diciptakan berdasarkan regional tertentu.

Misalnya lisensi sebuah usaha yang dikembangkan di wilayah Indonesia. Maka berlakunya hanya di wilayah tersebut dan tidak dapat diberlakukan di wilayah negara lainnya.

5 Lisensi Massal

Secara umum lisensi massal merupakan sebuah pemberian izin dari pemilik kepada perorangan ketika memanfaatkan software untuk satu komputer.

Detail rincian dari lisensi massal biasanya tertulis dalam dokumen kesepakatan antar pengguna di tingkat akhir atau yang biasa disebut End User Licese Agreement (EULA).

Perjanjian yang dikenal dengan nama EULA tersebut berfungsi agar setiap software bisa diinstalasi dengan baik untuk berbagai jenis komputer. Apakah suatu software bisa digunakan pada satu jenis komputer atau lebih.

Manfaat Penting Lisensi

Berbagai penjelasan tentang pengertian lisensi beserta berbagai jenisnya di atas bisa Anda cari manfaatnya.

Secara umum lisensi sangat bermanfaat untuk melindungi hak milik atas berbagai kekayaan diri secara pribadi termasuk kekayaan ide, kreativitas, intelektual, dan sebagainya.

Dengan adanya lisensi seseorang pun tidak bisa sembarangan meniru hasil karya orang lain.

Terdapat hukuman apabila seseorang telah terbukti melakukan plagiasi atau membuat suatu hasil yang mirip dengan milik orang lain, terutama jika karya orang tersebut telah berlisensi.

Sehingga lisensi membuat semua orang untuk lebih kreatif dan menghargai berbagai hasil keunikan milik orang lain.

Pemilik lisensi juga akan memperoleh manfaat berupa keuntungan royalti dari kesepakatan yang telah dibuat oleh beberapa pihak.

Merk yang sudah populer bisa menguntungkan pemilik sebuah usaha dalam meningkatkan jumlah hasil dagangnya.

Setelah Anda memahami tentang e dan berbagai jenis sekaligus manfaatnya, maka selanjutnya Anda bisa mencoba untuk mengajukan permohonan lisensi sesuai bidang tertentu.

Berbagai usaha atau karya Anda pun akan dapat dikembangkan dengan maksimal.

                                     
           

UX / User Experience

Deskripsi: Pengertian User Experience (UX), fungsi, dan penggunaannya. User...
Hans
2 min read

Cara Membuat Infografis

Deskripsi: Cara membuat Infografis agar konten semakin mudah di...
Hans
3 min read

Buku Pengembangan Diri

Deskripsi: Buku Pengembangan Diri. Salah satu kunci untuk meraih...
rezky
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *