Pengertian Modem

3 min read

Era globalisasi seperti sekarang ini, jaringan internet menjadi sangat penting. Anda bisa berinteraksi dengan orang lain meskipun berada pada jarak yang sangat jauh.

Keberadaan internet tidak hanya akan mempermudah interaksi seperti berbincang-bincang santai saja. Namun, juga bisa memperluas jaringan bisnis dan mengawasinya dengan sangat mudah.

Apabila Anda ingin terhubung dengan internet. Anda harus menggunakan beberapa perangkat penghubung. Beberapa perangkat tersebut adalah smartphone, PC, dan lain-lain.

Seringkali untuk menghubungkan internet pada PC selalu menggunakan Wi-Fi. Namun, tidak jarang juga sebagian orang masih menggunakan modem agar terhubung dengan internet. Lalu, apa pengertian modem?

Pengertian Modem
pengertian modem, via canva.com

Pengertian Modem

Pengertian Modem merupakan singkatan dari dua kata yaitu modulator dan demodulator. Modulator berfungsi untuk mengubah signal informasi menjadi signal pembawa yang kemudian siap untuk dikirimkan.

Sedangkan demodulator memiliki fungsi untuk memisahkan signal informasi yang berisi file, data, teks, suara, video, dan lain-lain dengan signal pembawa agar dapat diterima.

Dapat disimpulkan bahwa modem dalam hal ini merupakan alat komunikasi dua arah karena dapat menerima dan mengirim informasi.

Modem mampu mengubah signal informasi (signal digital) ke signal pembawa (signal analog) maupun memisahkan keduanya.

Perangkat komputer hanya dapat mengolah data berbentuk digital. Oleh karena itu, modem digunakan untuk mengubah signal analog yang diterima menjadi signal digital agar dapat diolah.

Sedangkan perangkat lain seperti radio dan telepon menggunakan signal analog. Sehingga, data yang berbentuk digital diubah terlebih dahulu menjadi signal analog agar bisa saling berkomunikasi.

Fungsi Modem

Modem merupakan hardware yang digunakan untuk berkomunikasi. Modem merupakan alat komunikasi dua arah karena dapat digunakan untuk mengirim maupun menerima data.

Modem memiliki beberapa fungsi yang sangat penting. Berikut ini adalah beberapa fungsi dari modem.

  1. Mengubah signal analog menjadi signal digital.
  2. Mengubah signal digital menjadi signal analog.
  3. Melakukan pemeriksaan paket data.
  4. Melakukan kompresi data.
  5. Menerima data.
  6. Mengirimkan data.

Jenis-jenis Modem

1. Modem Eksternal

Modem eksternal merupakan hardware yang digunakan untuk menghubungkan perangkat komputer dengan jaringan komunikasi.

Seperti namanya, modem eksternal merupakan komponen tambahan yang berada di luar komputer.

Modem eksternal menghubungkan perangkat komputer dengan jaringan LAN. Sedangkan untuk menghubungkan modem dengan komputer. Modem jenis ini memanfaat kan fasilitas kabel USB yang tersedia.

Modem akan mengubah signal analog yang berisi informasi menjadi signal digital. Sehingga, data yang dikirimkan tersebut dapat diolah karena komputer hanya bisa membaca data yang berbentuk digital.

Apabila ingin mengirimkan data, modem akan mengubah data tersebut menjadi data analog. Hal ini dilakukan agar data tersebut dapat diterima oleh perangkat komunikasi lainnya.

2. Modem Internal

Modem internal juga digunakan sebagai sarana komunikasi. Berbeda dengan modem eksternal yang berada di luar komponen utama, modem internal terdapat di dalam komponen mesin.

Lebih tepatnya adalah modem internal merupakan lempengan kecil yang berfungsi sebagai modem dan terhubung langsung dengan motherboard.

Modem internal juga tidak memiliki lampu indikator seperti modem eksternal. Sehingga, pengguna harus memanfaatkan software yang ada dalam komputer untuk mengetahui tingkat kesehatan dari modem jenis tersebut.

Fungsi dari modem internal sama dengan modem eksternal. Fungsi tersebut adalah untuk mengubah singnal digital menjadi signal analog.

Modem mengubah jenis signal tersebut agar komputer dapat mengerti tentang informasi yang ada.

Modem juga digunakan untuk mengubah data digital menjadi analog agar dapat dikirimkan dan berkomunikasi dengan perangkat lain seperti radio.

3. Modem ISDN

ISDN sendiri merupakan singkatan dari Integrated Service Digital Network. Modem ISDN sendiri memberikan suatu sistem layanan yang mengintegrasikan data berupa gambar, teks, dan audio dalam suatu jaringan terpadu.

ISDN juga menyediakan konektivitas yang sangat unggul untuk menunjang suatu ruang lingkup pelayanan yang berkualitas dan luas.

Pengguna modem dengan tipe ISDN juga memiliki keuntungan yang sangat menggiurkan. Mereka dapat menekan banyak pengeluaran karena biaya data dapat dihemat seminimal mungkin.

Sistem ini lebih baik dari pada sistem data terpisah yang membutuhkan biaya lebih besar.

Terdapat beberapa jenis pelayanan yang digunakan oleh pengguna modem ISDN. Pelayanan tersebut adalah sebagai berikut.

  • BRI (Basic Rate Interface).
  • PRI (Primary Rate Interface).

4. Modem GSM

GSM sendiri merupakan singkatan dari kalimat Global System for Mobile Communication. Modem jenis GSM memanfaatkan jaringan telepon seluler untuk dapat berkomunikasi.

Jaringan telepon seluler yang digunakan oleh modem GSM selanjutnya digunakan untuk kegiatan transfer data.

Kegiatan transfer data yang dilakukan oleh modem jenis ini merupakan sebuah hal yang sangat wajar. Hal ini karena fungsi utama dari modem sendiri adalah sebagai alat komunikasi dua arah.

Modem jenis ini juga dapat digunakan untuk mengirim data maupun digunakan untuk menerima data.

Agar dapat menjalankan tugasnya dengan baik. Modem GSM harus dilengkapi dengan kartu provider tertentu.

Kartu provider tersebut harus dipastikan bahwa sudah didukung oleh pengembang modem.

Namun, hal yang paling penting adalah SIM card tersebut harus memiliki kuota internet agar bisa digunakan untuk terhubung dengan internet.

5. Modem ADSL

Modem ADSL (Asymetric Digital Subscribe Line) merupakan modem yang dapat Anda gunakan untuk terhubung dengan jaringan internet dan telepon secara bersamaan.

Keunggulan yang dimiliki oleh modem jenis ini sangat bermanfaat untuk Anda yang sedang merintis usaha dan menyediakan layanan call center untuk pelanggan.

Meskipun keunggulan yang ditawarkan oleh modem jenis ini sangat menarik. Namun, terdapat sedikit kekurangan yang dimiliki.

Kekurangan tersebut adalah modem ini harus digunakan bersamaan dengan peralatan tambahan yaitu splitter.

Spliter berfungsi untuk menghilangkan gangguan pada signal sehingga proses komunikasi menjadi lebih lancar dan stabil.

6. Modem Analog

Modem Analog memiliki fungsi yang sangat jelas dan sederhana. Fungsi tersebut adalah mengubah signal analog.

Signal analog akan diubah menjadi signal digital agar dapat diolah oleh komputer. Sehingga, modem ini dinamakan modem analog.

7. Modem Kabel

Seperti namanya, modem kabel merupakan salah satu jenis modem yang menggunakan kabel sebagai jalur transportasi data. Untuk menggunakan layanan modem kabel, Anda haru berlangganan TV kabel terlebih dahulu.

8. Wireless Modem

Wireless modem memanfaatkan penggunaan gelombang elektromagnetik. Gelombang elektromagnetik akan dipancarkan pada radius tertentu. Kemudian, perangkat seperti smartphone, PC, dan tablet yang berada di radius tersebut dapat terhubung.

Penggunaan jaringan nirkabel seperti ini jauh lebih praktis apabila dibandingkan dengan penggunaan modem jenis lainnya.

Pengguna dapat bebas bergerak asalkan masih berada para ruang lingkup yang di jangkau modem. Modem ini juga memiliki fungsi sebagai telepon karena dapat memiliki fungsi sms.

Modem sendiri memiliki fungsi utama untuk mengubah signal digital menjadi signal analog maupun sebaliknya.

Penggunaan modem semakin menjamur akibat perkembangan teknologi yang semakin maju. Terdapat banyak sekali jenis modem dengan karateristiknya masing masing.

Baca juga: Pengertian Mikrotik

                                     
           

Apa itu Google AdMob?

Deskripsi: Mengenal Google AdMob, fungsi, fitur dan cara kerjanya....
Hans
2 min read

Apa itu Chatbot?

Deskripsi: Pengertian Chatbot, fungsi dan keunggulannya. Kemajuan teknologi yang...
Hans
2 min read

SSH (Secure Shell Connection)

Deskripsi: pengertian SSH, fungsi, cara kerja dan manfaatnya. Apa...
Hans
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *