Pengertian Mouse dan Fungsinya

3 min read

Advertisement

Mouse merupakan alat yang membantu dalam mengoperasikan sebuah komputer. Memiliki peranan dalam menggerakan kursor dilayar monitor, membuat pengguna dapat memilih objek yang diinginkan.

Alat ini juga merupakan hardware atau perangkat keras yang memerlukan kabel agar dapat terhubung dengan Motherboard.

Advertisement

Sebagai perangkat keras yang berguna untuk alat penunjuk atau Pointing Device, alat ini juga memiliki fungsi sebagai penerima suatu intruksi atau perintah dari penggunanya komputer.

Berbeda dengan laptop atau notebook yang sudah memiliki Touchpad didalam bagiannya. Berikut ini penjelasan tentang pengertian Mouse, fungsi, dan Jenisnya.

Pengertian Mouse dan Fungsinya
pengertian mouse, via canva.com

Pengertian Mouse

Secara umum pengertian Mouse merupakan alat yang berupa perangkat keras dan berguna sebagai penerima masukan dengan tekanan tombol untuk menjadi perintah kedalam sebuah komputer.

Tombol klik dibagi menjadi dua dan terdapat scroll atau penggulungan yang berada di dalam bagian Mouse.

Bentuk fisik depan yang meruncing dan bagian belakang yang menggelembung, membuat benda ini dinamai Mouse.

Advertisement

Fungsi Mouse

Sesuai dengan pembahasan yang telah di jelaskan diatas. Fungsi utama Mouse adalah sebagai alat penunjuk atau Pointing Device untuk menggerakan pointer yang berada pada layar monitor komputer.

Disisi lain, fungsi Mouse tidak hanya itu saja, Mouse juga memiliki fungsi lainnya yang tidak kalah penting. Berikut ini fungsi Mouse untuk sebuah komputer.

1. Untuk Mengeksekusi Program

Pada fungsi yang utama Mouse adalah sebagai penunjuk dalam memilih suatu objek. Memiliki peran yang penting dalam sebuah komputer, Mouse juga dapat membantu kita dalam membuka program atau file.

Dengan hanya menekan double klik pada bagian kanan depan, maka otomatis program atau file akan terbuka. Fungsi ini juga dapat menghemat waktu penggunaan komputer dan menjadi lebih praktis.

2. Untuk memilih Objek

Dalam menggunakan Mouse kita juga dapat memilih objek dengan cepat. Aktivitas memilih yang menggunakan Mouse sebagai penggerak pointer dalam sebuah monitor dikomputer, memang tidak bisa dihindari.

Dengan hal ini kita juga terbantu sehingga dapat memilih sesuai dengan objek yang kita inginkan. Sehingga objek yang kecil dapat kita tuju dengan mudah.

3. Melakukan Drag dan Drop

Fungsi Mouse yang ketiga adalah untuk melakukan drag dan drop. Drag dan drop merupakan proses dimana kita melakukan move, cut, copy dan paste pada bagian item-item yang kita inginkan.

Dengan adanya fungsi ini dapat membantu dan memudahkan kita dalam melakukan hal yang berhubungan dengan proses drag dan drop.

4. Mendapatkan Informasi melalui Hover

Hover merupakan situasi dimana pointer tepat berada pada menu, file atau suatu folder tertentu dalam sebuah monitor di komputer.

Di saat pointer Mouse ini berada dalam situasi hover, maka secara otomatis akan menampilkan sebuah informasi yang di dalamnya terdapat sebuah nama file dan sebagainya. Dalam informasi yang dipaparkan tersebut disebut dengan tooltips.

5. Melakukan Operasi Scroll

Adanya fungsi scroll ini pada sebuah Mouse pasti sangat membantu kita dalam membaca pada suatu halaman yang berisi teks.

Advertisement

Hanya dengan menggunakan jari dalam penggunaannya, pasti sangat membuat ini menjadi praktis dan semakin mudah.

Terdapat di dalam Mouse dengan berada antara dua bagian depan dan berbentuk fisik seperti roda. Membuat kita semakin nyaman dalam penggunaannya.

6. Fungsi Lainnya

Fungsi lain Mouse disini adalah dimana fungsi lanjutan yang berasal dari alat ini. Pada umumnya fungsi laini lebih sering digunakan dalam atau sedang melakukan bahasa pemrograman.

Disaat seorang programmer sedang membuat sebuah pemrograman dan menginginkan event dapat berjalan ketika Mouse diberi perintah melakukan sesuatu sesuai dengan prosedur dan intruksi yang diberikan.

Jenis-jenis Mouse

Perkembangan zaman yang begitu pesat, juga membawa dampak pada perangkat keras atau hardware yang satu ini. Mouse juga terus menerus mengalami pembaharuan dari masa ke masa.

Namun secara perkembangannya, Mouse di golongkan menjadi dua bagian dalam dunia komputer, yaitu metode pendeteksian mouse dan koneksi mouse ke komputer. Biar lebih jelas simak pembahasannya dibawah ini.

Jenis Mouse berdasarkan Metode Pendeteksian Mouse

1. Mechanical Mouse

Mechanical Mouse merupakan Mouse yang di bagian tengah bawahnya terdapat bola kecil yang dapat bergerak kesegala arah.

Di saat bola itu bergerak maka sensor yang berada di dalam Mouse akan mendeteksi gerakan tersebut dan kemudian akan diterjemahkan ke dalam sebuah monitor.

Mouse ini juga masih banyak dijumpai pada tahun 2007an.

2. Optomechanical Mouse

Jenis Mouse ini pada dasarnya kerjanya hampir sama dengan Mechanical Mouse.

Yang membedakan ini dengan Mouse Mechanical Mouse adalah terdapatnya sinar yang dapat menampilkan posisi kordinator pointer.

Mouse ini juga memiliki keakuratan yang lebih tinggi posisi pointernya dari pada Mouse Mechanical. Mouse ini juga masih banyak digunakan dan di jumpai pada sebuah komputer.

3. Optical Mouse

Optical Mouse sangat berbeda dengan Mouse yang telah kita bahas sebelumnya. Mouse ini sama sekali tidak menggunakan sistem mekanik seperti Mouse yang sebelumnya.

Dengan sistem tanpa mekanik ini membuat Mouse ini bisa kita gunakan tanpa mouse pad.

Teknologi canggih yang terdapat dalam Mouse ini juga membuat hasil performa Mouse menjadi lebih persisi di bandingan dengan Mouse yang lainnya.

Jenis Mouse berdasarkan Sambungan Mouse ke Komputer

1. Bus Mouse

Bus Mouse merupakan sebuah perangkat keras atau hardware yang kabel portnya bernama bus dan hal ini juga yang dapat menghubungkan Mouse dengan sebuah komputer.

Mouse ini pada awal nya digunakan oleh komputer IBM. Mouse ini juga terhubung dengan sebuah komputer via perangkat bus yang terintegrasi dengan ISA add in Card.

2. Serial Mouse

Sesuai dengan namanya yang terdapat serial, Mouse ini memang dihubungkan dengan port serial agar dapat terhubung dengan sebuah komputer.

Serial Port merupakan hubungan digital yang berupa media dan informasi nya dikirimkan secara bit.

Port pada serial Mouse adalah berjenis Port D dengan 9 pin pada portnya. Mouse ini juga sudah jarang sekali digunakan.

3. USB Mouse

Untuk Mouse yang satu ini sudah tidak asing lagi kita gunakan dalam mengoperasikan sebuah komputer.

Mouse ini menggunakan USB sebagai mengirim informasi kedalam sebuah komputer. Mouse ini mulai hadir pada tahun 1992an di dunia.

Hingga kini, Mouse ini masih banyak sekali digunakan, penggunaan yang simpel juga dan juga di dukung teknologi yang canggih membuat Mouse ini tetap bertahan.

4. Wireless Mouse

Jenis wireless sekarang semakin banyak digunakan oleh beberapa perangkat keras untuk komputer.

Tidak terkecuali Mouse, penggunaan tanpa kabel memberikan kesan yang rapi dan tidak terlalu banyak memakan tempat.

Dengan sambungan via bluetooth atau sebagainya membuat Mouse ini semakin mudah dan praktis untuk digunakan.

Sama dengan sebuah perangkat keras yang bernama Keyboard, Mouse juga merupakan alat yang berguna sebagai penerima intruksi.

Memiliki fungsi dan jenis yang beragam, membuat Mouse menjadi alat yang membantu dalam mengoperasikan sebuah komputer.

Advertisement

Manfaat Blog

Advertisement Deskripsi: manfaat blog bagi para blogger dalam kehidupan...
Cendikia
2 min read

Perbedaan EIS dan OIS

Advertisement Deskripsi: Kenali Perbedaan EIS dan OIS sebelum Membeli...
Hairo
2 min read

Pengertian Green Screen

Advertisement Deskripsi: Pengertian Green Screen dan Perannya dalam Industri...
Hairo
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *