Pengertian Norma

3 min read

Deskripsi: Pengertian Norma, Karakteristik, dan Macam-macamnya.


Pernahkah Anda melakukan sebuah tindakan, kemudian apa yang Anda lakukan tersebut menyalahi norma?

Apa yang dimaksud dengan pengertian norma itu sendiri dan mengapa tindakan yang Anda lakukan bisa disebut menyalahi norma?

Untuk membuat Anda lebih memahami kata norma dan mengapa norma ini penting untuk dipahami, di bawah ini adalah pengertian norma dari berbagai ahli, karakteristik norma, dan macam-macam norma dan contohnya.

pengertian norma
pengertian norma

Pengertian Norma Menurut Para Ahli

Menurut sosiologi, norma merupakan standar perilaku yang ditetapkan bersama oleh anggota kelompok sosial dimana setiap anggota diharapkan untuk menyesuaikannya.

Norma adalah aturan, standar, atau pola tindakan. Istilah ini merupakan aturan untuk berperilaku yang harus dilakukan oleh manusia. Norma sendiri merupakan standar yang mengacu pada perilaku mana yang dinilai dan disetujui atau tidak disetujui.

Norma merupakan definisi budaya bersama dari perilaku yang diinginkan. Apabila suatu norma sosial tertentu benar-benar efektif diterapkan dalam sebuah masyarakat, maka akan ada tindakan sosial yang terus berulang.

Dengan demikian akan ada cara-cara yang kurang lebih menjadi terstandarisasi. Misal, orang-orang melakukan ibadah agama.

Jika normanya dalam melakukan ibadah ke masjid menggunakan pakaian muslim yang bagus, namun kemudian Anda menggunakan pakaian yang serba terbuka, maka itu akan dianggap menyalahi norma.

Ya, sebagian besar interaksi sosial yang penting sebagian dipandu oleh norma. Berikut adalah definisi norma dari berbagai ahli:

1. Antony Giddens

Antony Giddens mendefinisikan norma sebagai sebuah prinsip atau aturan yang sangat nyata dan jelas untuk masyarakat agar mereka memperhatikannya.

2. Craig Calhoun

Norma menurut Craig Calhoun adalah sekumpulan pedoman yang mengatur tentang bagaimana seseorang bersikap dalam berbagai situasi dan kondisi.

3. Bagja Waluyo

Norma sebagaimana didefinisikan oleh Bagja Waluyo adalah bentuk nyata yang diadopsi dari nilai dan menjadi acuan untuk setiap tindakan manusia dalam berperilaku.

4. Broom dan Selznick

Broom dan Selznic mengartikan norma sebagai rancangan yang dirasa ideal dan diadaptasi dari tingkah laku manusia.

Norma memberikan seperangkat batasan untuk seluruh anggota dalam masyarakat, agar bisa lebih mudah mencapai hidup bahagia dan sejahtera.

5. John J. Macionis

Terakhir, norma menurut John J. Macionis adalah berbagai macam aturan sekaligus harapan dari masyarakat untuk bisa memandu tingkah laku anggotanya.

Karakteristik Norma

1. Norma Bersifat Universal

Norma merupakan landasan dari sebuah tatanan sosial. Tidak ada satupun masyarakat yang kegiatannya bisa benar-benar berjalan lancar jika tidak dibarengi dengan norma.

Konsep masyarakat di manapun selalu menghadirkan. Bahkan dalam masyarakat yang tidak beradab sekalipun, tetap akan selalu ada beberapa norma.

2. Norma Terkait dengan Urutan Faktual

Dalam setiap masyarakat, Anda pasti akan menemukan dua jenis tatanan, yakni tatanan normatif yang menegaskan bagaimana individu seharusnya berperilaku. Kedua tatanan faktual yang terkait perilaku aktual masyarakat.

Melalui tatanan normatif masyarakat bisa mengatur perilaku anggotanya. Namun, tatanan normatif ini harus dikaitkan dengan peristiwa di dunia nyata, karena dimaksudkan untuk mencapai hasil di dunia faktual.

Tatanan faktual juga mempengaruhi sistem normatif. Misalnya, aturan yang mewajibkan setiap orang untuk mandi dengan air garam untuk mencegah tuberkulosis.

Aturan itu akan menjadi tidak bernilai jika mandi dengan air garam tidak ada hubungannya dengan penanggulangan penyakit.

Jadi, norma agar menjadi efektif harus mewakili dengan benar hubungan antara peristiwa nyata. Norma juga harus memperhitungkan situasi faktual.

3. Norma Memasukkan Nilai

Norma dan nilai adalah satu kesatuan yang tidak terpisahkan. Norma merupakan konsep dari nilai-nilai yang ada dalam masyarakat dan telah dievaluasi oleh berbagai anggota dalam masyarakat.

Dalam hal norma, ada sebuah penilaian dari suatu tindakan yakni benar atau salah, baik atau buruk, diinginkan atau tidak diinginkan, diharapkan atau tidak terduga.

Norma biasanya didasarkan pada nilai dan tidak mengacu pada kecenderungan rata-rata manusia. Norma lebih menunjukkan perilaku yang diharapkan atau bahkan perilaku yang ideal.

4. Norma Sifatnya Relatif

Tidak ada satupun kelompok sosial yang hidup tanpa norma. Namun, beberapa norma tidak selalu mengatur tindak laku semua orang secara sama karena sifat norma sendiri adalah relatif.

Misal, norma perilaku yang dimaksudkan untuk orang tua akan menjadi tidak berlaku untuk anak-anak. Apa yang ‘baik’ bagi seorang pria juga belum tentu ‘baik’ bagi seorang wanita.

Norma yang dimaksudkan untuk tentara dan polisi berbeda dengan guru dan advokat.

5. Norma Berbeda dengan Sanksi

Norma memiliki bermacam-macam jenis sanksi yang dilekatkan pada pelanggaran norma. Norma dan sanksi berjalan dengan seiringan. Norma adalah aturan kelompok tentang perilaku yang ideal dan sanksi adalah hukuman kelompok atas pelanggaran norma.

Sanksi diberikan kepada orang yang melanggar norma untuk menegakkan norma-norma dalam masyarakat. Sanksi dapat diterapkan dengan berbagai cara, mulai dari penggunaan kekerasan verbal hingga terasingkan.

Macam-macam Norma dan Contohnya

Ada empat jenis norma sosial yang dapat membantu Anda memahami perilaku dalam masyarakat dan bisa diterima, di antaranya adalah:

1. Norma Adat

Adat adalah perilaku yang dipelajari dan dimiliki bersama oleh suatu kelompok sosial. Adat istiadat dalam suatu kelompok memang tidak begitu signifikan secara moral, tetapi dapat menjadi penting untuk penerimaan sosial.

Setiap kelompok dapat mengembangkan adat istiadat yang berbeda, tetapi mungkin ada kebiasaan yang dianut pada tingkat masyarakat yang lebih luas.

Contoh, ketika ada saudara jauh dari luar kota datang ke rumah orang tua Anda, maka adat yang berlaku tentunya adalah Anda harus menyalami saudara dengan seramah mungkin.

2. Norma Agama

Norma agama juga bisa disebut dengan norma moralitas, tindakan benar dan salah, dan aturan yang boleh dan dilarang berdasarkan ajaran agama.

Jika Anda melanggarnya, hal itu sering dianggap menyinggung sebagian besar orang yang beragama.

Kadang-kadang pelanggaran lainnya juga bisa dianggap ilegal, tetapi di lain waktu bisa juga menyinggung.

Contoh, adanya larangan dalam mengkonsumsi minuman keras dalam agama Islam. Jika Anda melanggarnya, maka dosa adalah hukuman yang akan didapatkan.

3. Norma Kesopanan

Norma kesopanan adalah norma yang sangat dijunjung tinggi dan menyentil masyarakat. Jika dilanggar, maka itu bisa menimbulkan sentimen masyarakat. Selain itu, seseorang dapat dikucilkan dari kelompok atau masyarakat.

Contoh norma kesopanan adalah jika seseorang menghadiri pemakaman anggota keluarga, tentu pakaian yang Anda kenakan harusnya adalah yang sopan.

Tentu orang tidak ada yang nyaman melihat seseorang datang ke pemakaman dengan pakaian pink cerah dan terbuka.

Kebanyakan orang didorong untuk mengenakan pakaian hitam untuk menghormati acara pemakaman.

Meskipun mungkin tidak ada aturan atau undang-undang khusus yang menyatakan pakaian yang harus dikenakan ke pemakaman, namun hal itu bertentangan dengan pandangan sebagian besar masyarakat.

4. Norma Hukum

Hukum adalah bentuk kontrol sosial yang menguraikan aturan, kebiasaan, dan adat istiadat yang digunakan masyarakat untuk menegakkan kesesuaian dengan normanya.

Contoh norma hukum adalah Anda mencuri barang yang bukan haknya. Dalam hal ini, norma hukum akan berlaku.

Dari sejumlah pengertian norma di atas, pasti sebenarnya Anda sudah tidak lagi asing dengan segala perilaku dari norma ini?

Ya, norma merupakan sesuatu yang sangat erat kaitannya dengan kehidupan dalam masyarakat dan bisa dibilang tidak bisa terpisahkan.

                                     
           

Pengertian Moral

Deskripsi: Pengertian Moral, fungsi, jenis-jenis dan contohnya. Secara umum,...
Zain Bagas
3 min read

Interaksi Sosial

Deskripsi: Pengertian interaksi sosial, jenis, contoh, manfaat. Tahukah Anda...
Zain Bagas
3 min read

Pengertian Bahasa

Deskripsi: Pengertian Bahasa, proses kemunculan dan jenis-jenisnya. Bahasa adalah...
Zain Bagas
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.