OEM (Original Equipment Manufacturer)

3 min read

Pengertian OEM – sebagian besar perusahaan masa kini yang bergerak di bidang retail khususnya karena majunya era tekonologi pasti mengetahui soal OEM.

Namun, bagi Anda yang hendak terjun ke bidang yang berkaitan dengan hal tersebut sebaiknya pelajari lebih dulu tentang arti OEM. Artinya selalu berkaian dengan produk yang berasal dari pengembangan teknologi digital.

OEM sangat penting untuk dipahami oleh semua developer atau pengembang perangkat lunak dan aplikasi.

Karena berguna untuk menyesuaikan sistem dari aplikasi atau perangkat lunak yang dibuat dengan hasil produk dari keluaran OEM. Anda sebagai pengguna juga harus mengetahui tentang OEM sekaligus perbedaan produknya yang original dan KW.

Pengertian OEM
pengertian OEM, selamatpagi.id

Apa Itu OEM?

Sebenarnya arti OEM dapat dipahami secara umum sebagai produk digital yang sering diperjualbelikan oleh perusahaan, terutama di bidang retail.

OEM merupakan singkatan dari original equipment manufacturer, dengan arti umumnya adalah produk yang diciptakan oleh perusahaan retail. Produk tersebut kemudian dibeli serta dijual kembali kepada perusahaan lain.

Contoh dari produk OEM sebenarnya bisa Anda jumpai di sekililing Anda, bentuknya berupa produk digital. Seperti seperangkat perelatan komputer, berbagai komponen otomotif, produk gadget dengan beragam merk.

Contoh dari produk perangkat komputer yang memiliki OEM adalah Asus, Toshiba, Dell, Acer, dan masih banyak lagi lainnya.

Produk OEM yang merupakan perangkat lunak komputer atau software contohnya seperti Microsoft, yakni salah satu yang paling populer di dunia.

Microsoft menjadi perusahaan retail yang merupakan penghasil OEM berupa sistem operasi yang ditujukan untuk berbagai perangkat. Seperti Toshiba, Acer, HP, Dell, Asus, Thosiba, dan merk PC atau komputer lain.

Pengertian OEM, Original, dan KW

Sebenarnya ada beberapa klasifikasi kategori suatu perangkat digital yang beredar di pasaran. Ada tiga kategori yang dikenal secara umum, yakni produk original, OEM, dan KW.

Ketiganya memiliki perbedaan mendasar untuk dispesifikan dan didefinisikan masing-masing. Klasifikasi tersebut didasarkan atas kualitas dari produk yang sedang dikembangkan.

Penting bagi Anda sebagai pengguna untuk mengetahui perbedaan dari ketiga kualitas tersebut agar tidak kecewa saat memanfaatkan salah satu perangkat.

Ini juga sangat berguna bagi Anda agar tidak tertipu oleh produk yang sebenarnya tidak Anda perlukan atau inginkan. Sebelum memahami perbedaannya, sebaiknya pahami terlebih dulu definisi ketiga istilah tersebut.

1. Arti OEM

OEM, merupakan kualitas produk yang original dan bisa didapatkan secara langsung dari instansi perusahaan yang menciptakannya.

Spesifikasinya mirip dengan produk original namun perbedaannya dari segi standarisasi yang ditetapkan oleh perusahaan terkait. Kualitasnya pun sama tinggi dengan produk original.

2. Original

Original merupakan sebuah produk digital yang bisa Anda dapatkan secara langsung dari produsen atau pencipta produk tersebut. Namun, Anda harus mengikuti segala syarat dan ketentuan yang diberlakukan karena pihak perusahaan menjualnya berdasarkan standarisasi tertentu.

3. KW

KW, semua orang tentu banyak yang telah memahami kualitas produk yang disebut sebagai KW. Adalah produk tiruan atau replika dari barang original dengan bentuk fisik yang mirip, namun menggunakan standarisasi yang berbeda.

Kualitas setiap fungsi dan fiturnya lebih rendah jika dibandingkan dengan produk original maupun OEM.

Perbedaan Mendasar OEM dengan Original dan KW

Setelah Anda memahami dengan baik dari ketiga klasifikasi kualitas produk tersebut, selanjutnya Anda dapat mencari perbedaan mendasar dari ketiga kualitas tersebut.

Agar Anda bisa memilih produk sesuai keinginan perbedaan ini bisa dijadikan sebagai dasar perbandingan. Serta menilai salah satu yang tepat untuk produk unggulan yang akan dipilih.

1. Harga

Dari seluruh klasifikasi, produk yang dibandrol dengan harga paling murah adalak produk KW karena kualitasnya memang jauh berbeda dengan original.

Namun, kini KW tersedia dalam berbagai tingkatan, mulai dari KW kualitas rendah, normal, dan KW super. KW super yang memiliki kualitas lebih baik dan spesifikasinya pun hampir setara dengan original.

Jika Anda membutuhkan suatu produk secara mendadak dan terdesak, namun hanya memiliki budget yang minim sebaiknya pilihlah produk KW.

Jika menginginkan kulitas yang sedikit lebih baik maka bisa memilih produk berkualitas KW super. Jika Anda pandai merawatnya tentu produk akan awet dalam waktu yang lama.

Namun Anda bisa memanfaatkan fitusnya secara terbatas karena kinerjanya di level yang cukup rendah dari kualitas produk lainnya.

Anda bisa menambahkan fitur dan memperbarui produk secara mandiri jika memiliki keahlian di bidang teknik sesuai produk yang bersangkutan. Sementara harga produk original dan OEM tentu lebih mahal dan setara.

2. Fungsi Kualitas

Seperti yang telah disebutkan sedikit di atas, bahwa fungsi kualitas dari produk secara berurutan adalah original berada di posisi tertinggi.

Artinya segala fungsi dan fiturnya lebih lengkap pada produk original, kemudian diikuti dengan OEM yang kualitasnya setara namun layanannya saja yang berbeda.

Kualitas yang lebih rendah adalah produk KW dengan berbagai tingkatannya, sehingga Anda bisa menentukan mana yang sebaiknya dibeli.

Kualitas yang lebih rendah maka harganya pun rendah, sedangkan kualitas yang bagus akan dihargai mahal.

3. Fitur dan Layanan Produk

Sebenarnya semua pengguna suatu produk bisa menikmati segala fitur dan layanan yang sama dari berbagai kualitas barang.

Hanya saja cara mendapatkannya yang berbeda, produk original tentu memiliki fitur dan layanan yang lebih lengkap.

Anda tidak perlu lagi meminta atau membeli fitur untuk perangkat Anda karena telah ditanamkan sepaket lengkap

Pada produk OEM fitur dan layanan tidaklah lengkap dan Anda masih harus memperoleh berbagai software dari media lainnya. Namun kualitasnya sama sehingga Anda tidak perlu khawatir.

Sedangkan fitur dan layanan dari produk KW juga perlu ditambahkan dari media lain sama halnya dengan OEM namun kualitasnya tergolong rendah.

4. Penjualan dan Pemasaran Produk

Seperti pada penjelasan di awal-awal paragraf bahwa setiap penjualan dan pemasaran  produk KW, OEM, dan original berbeda. Anda bisa memperoleh produk original dan terpercaya scara langsung dari produsen.

Sementara jika Anda mencarinya di toko elektronik bebas maka akan tercampur dengan produk OEM sekaligus KW.

Produk OEM dan KW memang cenderung lebih mudah ditemukan di pasaran sehingga cocok bagi Anda yang menginginkannya dalam waktu lebih cepat.

Sedangkan untuk memperoleh produk original Anda harus menemukan toko yang benar-benar terpercaya lebih dahulu.

5. Keamanan dan Keawetan Produk

Keawetan produk bisa dipengaruhi oleh berbagai hal, terutama berasal dari kualitasnya sehingga produk yang tergolong lebih awet seperti OEM dan original.

KW akan mudah rusak, apalagi jika Anda tidak dapat merawatnya dengan baik. Begitupun dengan produk original dan KW yang tidak dirawat sesuai prosedur bisa mengalami kerusakan.

Anda bisa memahami pengertian OEM, original, dan KW setelah membaca berbagai penjelasan di atas. Kini Anda tidak perlu ragu dan perlu berhati-hati dalam memilih berbagai produk beserta spesifikasinya agar menemukan salah satu pilihan yang sesuai kebutuhan dan keinginan Anda.

                                     
           

Apa itu Google AdMob?

Deskripsi: Mengenal Google AdMob, fungsi, fitur dan cara kerjanya....
Hans
2 min read

Apa itu Chatbot?

Deskripsi: Pengertian Chatbot, fungsi dan keunggulannya. Kemajuan teknologi yang...
Hans
2 min read

SSH (Secure Shell Connection)

Deskripsi: pengertian SSH, fungsi, cara kerja dan manfaatnya. Apa...
Hans
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *