Pengertian Planet

2 min read

Deskripsi: Pengertian Planet, ciri-ciri, urutannya dalam sistem Tata Surya.


Planet adalah salah satu benda langit yang ada di tata surya. Salah satu planet yang kita tinggali bernama planet bumi.

Ada delapan planet lain yang juga terhubung dengan sistem tata surya. Kali ini kita akan belajar lebih dalam mengenai beragam planet, ciri dan urutannnya.

pengertian planet

Pengertian Planet dan Pengelompokannya

Pengertian planet diambil dari bahasa Yunani kuno “aster planetes” yang berarti bintang pengelana. Planet tata surya berjumlah 8 planet yang berurutan mulai dari jarak terdekat dari matahari hingga yang terjauh.

Planet-planet tersebut di antaranya Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

Planet-planet di dalam tata surya dikelompokkan menjadi 3, yakni sebagai berikut:

1. Berdasarkan Lintasan Asteroid (Planet Luar dan Planet Dalam)

Golongan planet yang termasuk planet dalam di antaranya Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars. Sedangkan 4 planet lain yakni Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus tergolong planet luar.

2. Berdasarkan Bumi Sebagai Pembatas (Planet Superios dan Planet Inferior)

Disebut planet superior karena memiliki orbit di luar orbit Bumi, termasuk di dalamnya yakni Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

Sedangkan planet yang orbitnya di dalam orbit Bumi disebut planet inferior di antaranya Merkurius dan Venus.

3. Berdasarkan Ukuran dan Komposisinya (Major Planet dan Terrestrial Planet)

Golongan yang termasuk planet besar (major planets) yakni Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Sedangkan planet kebumian (terrestrial planet) terdiri dari Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars.

Mengenal Ciri-ciri Planet

Pengertian planet disebut sebagai benda langit. Namun, agar dapat membedakan antara planet dengan benda langit lainnya lho. Planet secara umum memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

1. Tidak Bercahaya

Ciri-ciri planet secara umum yakni tidak dapat bercahaya dengan sendirinya. Berbeda dengan bintang yang dapat memancarkan cahayanya sendiri.

Karena tidak bercahaya, planet-planet disebut sebagai benda langit gelap.

2. Bergerak Mengelilingi Matahari

Planet-planet di tata surya bergerak mengitari matahari dengan orbit berbentuk lonjong (elips). Semakin jauh jarak planet dari matahari, maka pergerakannya akan semakin lama, begitupun sebaliknya.

3. Memiliki Satelit

Berdasarkan pengamatan oleh para ahli, mayoritas planet di semesta ini mempunyai satelit. Kecuali 2 planet yakni Merkurius dan Venus. Satelit tersebut bergerak mengelilingi planet.

8 Planet dan Urutannya dari Matahari

Ada 8 nama planet yang terdapat di dalam sistem tata surya. Planet-planet tersebut diurutkan berdasarkan jaraknya terhadap matahari.

Berikut ini urutan planet dari matahari yang perlu Anda ketahui:

1. Merkurius

Merkurius memiliki jarak terdekat dengan matahari. Bisa dipastikan suhu di Merkurius lebih tinggi dibandingkan dengan planet lainnya.

Merkurius juga disebut sebagai Lintang Buddha dalam bahasa Sansekerta. Planet Merkurius diketahui tidak memiliki satelit.

2. Venus

Venus mendudui urutan ke-dua setelah Merkurius. Planet yang juga disebut sebagai Sita dalam bahasa Sansekerta ini memiliki ukuran diameter sekitar 1.100 km.

Venus seringkali tampak di langit barat saat matahari tenggelam, sehingga juga disebut bintang senja. Venus ini juga bisa terlihat di bagian  timur saat matahari mulai terbit (bintang fajar).

3. Bumi

Ukuran bumi hampir sama dengan Venus, yakni 12.725 km dan memiliki massa 5,96 × 1027 g. Bumi menjadi tempat tinggal makhluk hidup, karena memiliki atmosfer.

Nah atmosfer inilah yang melindungi planet bumi ini dari sengatan matahari serta benda-benda langit lainnya.

4. Mars

Setelah Bumi, ada planet Mars yang berukuran lebih kecil dari Bumi. Orang Jawa menyebut Mars dengan sebutan Lintang Joko Belek. Mars memiliki dua satelit yakni Phobos dan Deimos.

5. Jupiter

Pada sistem tata surya, Jupiter menjadi planet dengan ukuran paling besar. Jika dibandingkan dengan Bumi, volume Jupiter 1.300 kalinya.

Jupiter memiliki 4 satelit terbesar di antaranya Io, Europa, Ganymede, dan Callisto.

6. Saturnus

Saturnus merupakan planet yang paling cantik dalam tata surya, karena memiliki cincin yang melingkar di sekelilingnya.

Planet ini memiliki 62 satelit. Beberapa di antaranya ialah Titan, Phoebe, dan Hyperion.

7. Uranus

Uranus merupakan salah satu planet dalam tata surya dan berjarak sekitar 2.870.000.000 km dari matahari. Uranus memiliki 27 satelit, salah satu satelit terbesarnya ialah Titania.

8. Neptunus

Planet dengan jarak terjauh diduduki oleh Neptunus, yakni sekitar 4.500.000.000 km dari matahari. Neptunus memiliki bentuk yang hampir sama seperti Uranus, yakni menyerupai cakram. Planet ini memiliki 14 satelit, salah satunya Triton.

Demikianlah penjelasan tentang pengertian planet, ciri-ciri, serta urutannya di dalam sistem tata surya. Semoga cukup membantu Anda memahami materi tentang planet ini secara lebih mudah, ya?

                                     
           

Pasang Surut Air Laut

Deskripsi: Pengertian pasang surut air laut, dan faktor penyebabnya....
Hairo
1 min read

Fase-Fase Bulan

Deskripsi: Mengenal fase-fase Bulan dan penjelasanya. Pernahkah Anda mengamati...
Hairo
2 min read

Umbra dan Penumbra

Deskripsi: Pengertian Umbra dan Penumbra serta pengaruhnya terhadap Bumi....
Hairo
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *