Planet Mars

2 min read

Deskripsi: Pengertian Planet Mars, ciri fisik atau karakteristik, suhu dan atmosfer, ukuran, satelit, dan pergerakan planet Mars.


Planet Mars

Planet Mars menduduki posisi ke-empat yang paling dekat dengan Matahari, setelah Bumi. Mars mendapatkan julukan planet merah.

Hal ini karena tampak berwarna kemerah-merahan. Ini disebabkan kandungan besi (III) oksida yang berada pada permukaannya.

Nah seperti itulah gambaran umum mengenai planet Mars. Untuk mengetahui beragam informasi menarik lainnya seputar planet merah ini, mari simak ulasan di bawah.

Kita akan bahas bersama mengenai ciri fisik hingga pergerakan planet Mars.

Planet Mars

Karakteristik Planet Mars

Ciri khusus yang membedakan Mars dengan planet lainnya ialah warna permukaannya. Namun, ada juga ciri-ciri planet Mars lainnya yang lebih spesifik.

Berikut ini penjelasan lengkapnya.

1. Suhu dan Atmosfer

Mars memiliki atmosfer yang tipis apabila dibandingkan dengan Bumi. Kepadatan atmosfer Mars kian berkurang akibat hilangnya lapisan magnetosfer.

Lapisan Magnitosfer ini berperan dalam melindungi planet dari gangguan luar yang membahayakannya. Unsur-unsur yang menyusun Mars di antaranya karbon dioksida (95%), nitrogen (3%), dan argon (1,6%).

Penelitian tentang Mars dilakukan untuk memastikan apakah bisa ditempati untuk manusia. Memang lingkungannya lebih menguntungkan untuk kehidupan daripada planet Venus.

Namun, secara umum masih belum ideal sebagai tempat hidup manusia.

Suhu planet Mars sangat rendah, di mana pada musim dingin suhu permukaannya mencapai -87 derajat celcius. Sedangkan saat musim panas hanya berada pada -5 derajat celcius.

Keadaan tersebut semakin menegaskan bahwa Mars tidak cocok untuk ditinggali oleh manusia.

2. Ukuran Mars

Secara umum, apabila dibandingkan dengan Bumi ukuran Mars lebih kecil. Planet merah ini memiliki jari-jari setengah dari Bumi dengan massa mencapai 6,4 × 1023 kg atau setara dengan 11% massa Bumi.

Ukuran ini membuatnya menduduki urutan kedua planet terkecil di tata surya.

3. Kondisi Permukaan

Salah satu hal yang membuat Mars mirip dengan Bumi ialah kondisi permukaannya yang berupa batuan (terestrial). Sebuah penelitian tentang Mars menunjukkan jika planet ini memiliki permukaan yang berdebu, kering, dan berbatu.

Bagian selatan Mars memiliki kondisi permukaan yang lebih kasar dengan dataran tinggi yang dipenuhi dengan kawah. Sedangkan pada bagian utaranya berupa cekungan dengan dasar sungai yang berliku.

4. Satelit Alami

Planet merah ini juga mempunyai satelit alami. Ada dua satelit yang dinamai dengan phobos dan deimos. Kedua satelit ini memiliki pergerakan yang berbeda.

Phobos akan muncul dari barat dan terbenam di timur. Kemudian akan terbit kembali setelah 11 jam. Berbeda dengan Deimos yang terbit dari timur.

5. Pergerakan Planet Mars

Planet Mars melakukan pergerakan mengelilingi matahari dan berotasi dengan orbit berbentuk elips. Rotasi Mars berlangsung selama 24 jam 40 menit, lebih lama dari rotasi Bumi (23,56 jam). Sedangkan waktu yang dibutuhkan Mars untuk mengorbit matahari selama 687 hari. Lama

Mars melakukan gerak mengitari Matahari juga dipengaruhi oleh jarak, dimana jarak rata-rata Mars ke Matahari sejauh 277,9 juta km. Sesekali waktu Mars bergerak mendekati atau menjauhi matahari.

Jarak terjauh planet Mars dengan matahari disebut Aphelion, mencapai 294,23 juta km. Sedangkan jarak terdekatnya disebut perihelion, mencapai 206,62 juta km.

Mars berotasi dengan mengorbit dengan kemiringan sumbu sekitar 25,19 derajat. Kemiringan ini hampir sama dengan Bumi.

Inilah yang menyebabkan musim di Mars mirip hampir sama dengan Bumi, hanya lama periodenya saja yang berbeda.

Kesimpulan

Keadaan Mars saat ini berbeda dengan masa lalu, terutama orbitnya. Orbit Mars di masa lalu berbentuk lebih bundar dibandingkan saat ini.

Dulu, Mars memiliki eksentrisitas sekitar 0,002. Saat ini, eksentrisitas Mars menjadi 0,09.

Eksentrisitas merupakan kelonjongan sebuah orbit planet saat mengelilingi Matahari. Dimana semakin besar nilainya maka semakin lonjong, begitupun sebaliknya.

Itulah penjelasan tentang planet Mars serta berbagai beberapa karakteristiknya. Pengumpulan informasi seputar Mars masih dilakukan hingga kini.

Beberapa astronom telah terjun ke Mars dan menemukan berbagai fakta-fakta menarik tentang planet ini. Semoga informasi di atas sudah cukup membantu, ya?

                                     
           

Pasang Surut Air Laut

Deskripsi: Pengertian pasang surut air laut, dan faktor penyebabnya....
Hairo
1 min read

Fase-Fase Bulan

Deskripsi: Mengenal fase-fase Bulan dan penjelasanya. Pernahkah Anda mengamati...
Hairo
2 min read

Umbra dan Penumbra

Deskripsi: Pengertian Umbra dan Penumbra serta pengaruhnya terhadap Bumi....
Hairo
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *