Pengertian Processor

3 min read

Pengertian Processor, – Beberapa dari Anda pasti tidak asing dengan istilah Processor. Namun, mungkin Anda hanya sebatas mendengar tanpa mengetahui Pengertian Processor hingga fungsi dari processor.

Perlu Anda ketahui bahwa tanpa processor semua tugas atau pekerjaan Anda yang menggunakan komputer tidak akan terselesaikan. Dengan begitu, Anda sudah sedikit mengerti pentingnya processor pada komputer.

Secara umum, processor merupakan salah satu dari komponen penting pada rangkaian komputer yang berperan untuk mengontrol jalannya sebuah sistem komputer secara keseluruhan.

Fungsi dari processor yakni untuk menjalankan perintah atau tugas dari pengguna komputer. Dengan kata lain, Processor adalah otak dari sebuah komputer. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa simak ulasan berikut ini:

pengertian processor, via canva.com

Pengertian Processor Menurut Para Ahli

Agar pemahaman processor lebih jelas, maka akan dibahas terkait arti dari processor dengan mengacu kepada definisi beberapa pakar teknologi sebagai berikut :

1. Menurut Rahmat Putra

Processor diartikan sebagai komponen terpenting dalam sebuah komputer yang berfungsi untuk mengendalikan segala komponen pada komputer, untuk mengolah data dan mengeksekusi semua sistem operasi yang terinstall pada komputer.

2. Menurut Juharis Rasul & Abdul Hamid

Processor diartikan sebagai pusat eksekusi terhadap setiap perintah yang masuk, berupa instruksi ataupun data dalam sistem komputer.

3. Menurut IR. Sugiyono

Processor merupakan perangkat paling penting pada komputer dan berperan sebagai tenaga pelasana eksekusi perintah atau program dalam sebuah komputer.

4. Menurut Lia Kuswayatno

Proseccor dipahami sebagai sebuah chip yang berfungsi sebagai pengolah utama dan pusat dari pengendali perangkat komputer.

5. Menurut Erima Oneto

Processor merupakan otak atau pusat pengendali sebuah sistem komputer yang bekerja juga memerlukan dukungan dari komponen lain pada komputer.

Mendasarkan dari beberapa pengertian processor menurut para ahli komputer diatas, dapat disimpulkan pengertian dari sebuah processor yaitu komponen atau perangkat terpenting pada sistem komputer yang berwujud sebuah chip.

Dimana memiliki fungsi untuk melaksanakan perintah baik berupa instruksi atau pengolahan data (angka atau gambar).

Fungsi Processor

Secara umum, fungsi processor yakni untuk mengolah perintah yang masuk kemudian diolah/ dilakukan sehingga menghasilkan keluaran berupa output yang dimaksud pemberi perintah. Adapun beberapa fungsi processor antara lain :

1. Sebagai otak dari sistem komputer

Fungsi dari processor yang terpenting yaitu sebagai otak dari sebuah sistem komputer. Processor akan mengatur setiap aktivitas pada komputer.

Semua input berupa perintah, instruksi atau data akan masuk ke dalam processor dan kemudian diteruskan keperangkat lainnya untuk diolah dan kemudian akan mengasilakan output.

Oleh karena itu, Processor bertugas untuk mengatur lalu lintas jalannya kerja sebuah komputer.

Walaupun berfungsi sebagai otak komputer, processor juga perlu dukungan komponen lainnya untuk mengolah setiap perintah atau data yang masuk.

2. Menjaga performa sebuah komputer

Processor menjadi indikator untuk mengukur performa komputer. Semakin tinggi kapasitas dari processor maka semakin tinggi performa dari sebuah komputer.

Sebagai contoh, kecepatan komputer dalam menyelesaikan perintah akan sangat tergantung dengan kecepatan processor.

Saat ini terdapat processor dengan kecepatan 4 Gigahertz (GHz) yang merupakan kecepatan tertinggi dan mampu membaca 4000 miliar perintah pada sekali pengerjaan.

3. Menyalurkan instruksi kepada tiap – tiap komponen komputer

Walaupun processor penting tapi performa komputer juga membutuhkan komponen lain, seperti RAM, VGA, chipset, dan harddisk.

Dalam fungsi ini, processor memiliki tugas untuk menyalurkan instruksi pada komponen yang sesuai agar dapat saling bekerja sama dan tidak timbul overlapping tugas pada setiap komponen komputer.

4. Menunjang kegiatan spesifik pada komputer

Bagi Anda pencinta game pasti sudah hafal dengan Istilah “greater processor, greater gaming experience”. Kapasitas kecepatan sebuah processor akan berpengaruh ketika Anda bermain game di komputer.

Beberapa kebutuhan spesifik dari komputer yaitu : desain, gaming (3D dan sound), komputer server, komputer peramal cuaca, komputer pergerakan awan.

5. Mengolah perhitungan algoritme

Perhitungan algortima digunakan dalam kinerja sebuah komputer. Processor bertugas untuk mengolah perhitungan algorimta.

Hasil pengolahan algoritme akan digunakan oleh komponen komputer untuk mengeksekusi perintah dari user.

Komponen Processor

Processor menjadi pengendali kerja dari sebuah komputer dan bekerja sama dengan komponen komputer lain untuk menjalankan tugasnya. Ada tiga komponen penyusun processor, sebagai berikut:

1. Control Unit (CU)

Komponen processor pertama ini berfungsi untuk mengatur segala aktivitas perjalanan data yang terdapat dalam komputer, seperti input atau output.

Dengan adanya kontrol unit, maka segala aktivitas eksekusi tidak terjadi tumpang tindih dan dapat dilakukan secara teratur.

2. Artimatics Logical Unit (ALU)

Setelah input diterima, maka komponen kedua ini akan melakukan perhitungan aritmetika sesuai perintah yang diperoleh dari user.

Perhitungan aritmetika digunakan agar komputer dapat membaca instruksi dengan benar. Pada komponen ini, processor benar-benar melakukan pengerjaan yang penting pada sebuah sistem.

3. Register Unit (RU)

Komponen ketiga ini merupakan alat penyimpanan kecil daripada memori utama. Walaupun berukuran kecil tetapi memiliki kecepatan akses yang lebih tinggi.

Pada komponen ini alamat register data yang telah diolah oleh CU dan ALU disimpan yang nantinya diolah kembali.

Jenis Processor

Di sebuah komputer, processor berada di motherboard dan terletak pada socket yang telah disediakan. Pada sebuah komputer, processor dapat diganti dengan processor jenis lainnya.

Namun, yang perlu diingat bahwa perlu diperhatikan kesesuaian antara socket dengan processor yang baru. Ada beberapa jenis processor pada komputer, antara lain:

1. Processor Intel

Processor intel sebagai processor yang paling popular dan kerap digunakan pada laptop atau komputer. Di produksi oleh Intel Corporation di USA dan telah merajai produksi processor pada perkomputeran.

Adapun kelebihan dari processor intel, antara lain: lebih tahan panas, terdapat turbo bost (pada intel core i3, core i5, dan core i7) yang dapat mempercepat proses kerja pada komputer.

2. Processor AMD

Processor AMD di produksi oleh perusahaan semikonduktor multinasional yang berada di Sunnyvale, California. Processor AMD menjadi pesaing terberat dari processor intel.

Processor ini dilengkapi dengan VGA Ati Radeon sehingga para gamer menyukai processor AMD.

Terdapat 3 jenis processor pada AMD, antara lain: Opteron (Untuk pasar server), AMD FX dan APU A Series (Untuk pasar desktop), APU Z Series (Untuk pasar prodak tablet PC)

3. Processor Transmeta

Processor tranasmeta di produksi oleh Transmeta corporation dan pusat pengembangan processor ini di California, Amerika Serikat.

Kelebihan dari processor Transmeta yakni membutuhkan sedikit listrik, tidak cepat panas untuk digunakan dalam jangka waktu yang lama dan memiliki daya jual yang cukup murah.

4. Processor Cyrix VIA

Processor cyrix didirikan oleh perusahaan Cyrix yang telah diakuisisi oleh VIA. Processor Cyrix secara kualitas masih kurang bila dibandingkan dengan processor Intel dan AMD. Akan tetapi, processor Cyrix memiliki kecepatan yang optimal dalam proses kerja sebuah komputer.

Uraian terkait pengertian processor hingga fungsi dan jenisnya dapat disimpulkan bahwa keberadaan processor sangat memberikan kemudahan bagi user untuk mengerjakan pekerjaan / kegiatan spesifik dengan menggunakan sistem komputer.

Baca juga: Pengertian Power Supply

                                     
           

Apa itu Google AdMob?

Deskripsi: Mengenal Google AdMob, fungsi, fitur dan cara kerjanya....
Hans
2 min read

Apa itu Chatbot?

Deskripsi: Pengertian Chatbot, fungsi dan keunggulannya. Kemajuan teknologi yang...
Hans
2 min read

SSH (Secure Shell Connection)

Deskripsi: pengertian SSH, fungsi, cara kerja dan manfaatnya. Apa...
Hans
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *