Apa itu Query SQL dan Fungsinya

2 min read

Deskripsi: Apa itu Query SQL? Pengertian, fungsi dan jenis-jenisnya.


Bagi Anda yang sudah lama berkecimpung di dunia teknologi digital, pasti sudah tidak asing dengan istilah query SQL.

Atau bagi mereka yang sedang belajar tentang database, pastinya sudah tidak asing lagi dengan istilah query. Query ini merupakan istilah yang cukup familiar dalam pengolahan database.

Query merupakan merupakan elemen penting yang digunakan dalam pengolahan database.

Bahasa query yang paling populer dalam pengolahan database adalah SQL. Untuk lebih jelasnya, berikut akan kami ulas informasi lengkap mengenai apa itu query SQL, jenis-jenis, fungsi, cara kerja dan juga keunggulannya.

Apa itu Query SQL dan Fungsinya

Pengertian Query SQL

Sebelum membahas lebih jauh mengenai macam-macam query, terlebih dahulu kita akan akan membahas mengenai pengertian query. Apa itu query?

Secara singkat query artinya adalah perintah yang digunakan untuk mengakses serta menampilkan data pada sistem database.

Query berfungsi untuk menampilkan data manapun yang diinginkan. Selain itu, query juga dapat membuat data saling berinteraksi antara yang satu dengan yang lainnya.

Sedangkan query SQL merupakan bahasa pemrograman query yang paling populer. Fungsi dan cara kerjanya tidak jauh berbeda dengan query pada umumnya.

Yakni berfungsi untuk mengakses dan juga menampilkan data pada database.

Jenis-Jenis Query Database Pada SQL

Bahasa query atau yang sering disebut sebagai query language merupakan bahasa pemrograman yang fungsinya untuk menampilkan data.

Bahasa query yang paling populer saat ini adalah SQL. Pada database SQL, terdapat 3 jenis query. Berikut ini ulasan lengkapnya:

1. Data Definition Language (DDL)

Data Definition Language merupakan salah satu query SQL. Dimana jenis query ini berfungsi untuk mendefinisikan data pada sebuah database.

Dengan query tersebut, Anda dapat melakukan beberapa tindakan. Seperti membuat tabel baru, mengubah index, struktur tabel dan lain sebagainya.

2. Data Manipulation Language (DML)

Fungsi query Data Manipulation Language digunakan ketika DDL sudah dibuat. DML berfungsi untuk melakukan manipulasi pada database. Seperti memasukkan data pada tabel, mengubah data atau bahkan menghapus data.

3. Data Control Language

Perintah query ini merupakan SQL yang memberikan otorisasi untuk mengakses database. Fungsinya adalah untuk melakukan tindakan-tindakan seperti audit penggunaan database, alokasi space, dan juga definisi space.

Fungsi Query SQL untuk Pengelolaan Database

Query SQL merupakan perintah yang berfungsi untuk mengelola database. Dengan adanya SQL, maka akan mempermudah akses database ataupun mengubah data tersebut.

Dengan adanya SQL, Anda dapat menjalankan perintah query. Beberapa perintah query yang dapat dijalankan adalah seperti berikut ini:

  • Membuat database
  • Menghapus database
  • Membuat tabel
  • Melihat struktur tabel
  • Menghapus tabel
  • Memasukkan data pada tabel
  • Memperbaharui isi data
  • Menghapus data dan lain sebagainya.

Bagaimana Cara Kerja Query SQL?

Setelah membahas mengenai apa itu query SQL dan juga fungsinya. Maka kali ini kita juga akan membahas mengenai cara kerja query.

Untuk dapat mengakses dan menjalankan perintah. SQL ataupun software yang lainnya bertukar informasi dengan User menggunakan bahasa yang sama.

Untuk menjalankan perintah yang diberikan oleh pengguna. Query menawarkan beberapa metode untuk meresponnya. Bagaimana cara kerja query dan apa saja metode yang ditawarkan?

1. Menggunakan Parameter yang Tersedia

Cara kerja query yang pertama adalah dengan menggunakan parameter yang tersedia. Secara default, sebuah software memiliki beberapa daftar parameter dalam menunya.

Ketika User memilih salah satu daftar, kemudian sistem akan membantu untuk mencocokkan dengan output yang diharapkan.  Sehingga akan mendapatkan hasil yang sesuai dengan ekspektasi.

2. Query By Example

Dengan metode ini, sistem akan menampilkan seperangkat kode. Kemudian Anda dapat menspesifikasikan field dan value data pada area kosong dan mengisinya dengan seperangkat kode yang ditampilkan oleh sistem tersebut.

3. Bahasa Query

Menuliskan query dari awal akan membantu Anda untuk dapat melakukan manipulasi data. Untuk dapat melakukannya, Anda juga harus memahami bahasa query pada software yang sedang digunakan.

Apa Saja Kelebihan Query SQL?

Sebagai query yang berfungsi untuk menampilkan data pada sistem database. SQL memiliki banyak sekali kelebihan, seperti diantaranya adalah:

  • User dapat di atur hak aksesnya pada database oleh seorang administrator jika menggunakan query SQL.
  • SQL memiliki kemampuan untuk menjaga keamanan. Hal tersebut diwujudkan dengan adanya security data yang baik, kemampuan backup data, recovery data serta rollback data.
  • Memudahkan koneksi dengan komputer klien. Terutama apabila komputer tersebut menggunakan software yang sama dengan Ms.SQL.
  • Struktur dan standar tabel jelas.
  • SQL juga mampu mengolah data dalam jumlah besar serta dapat membuat database mirroring serta clustering.

Kesimpulan

Query SQL adalah merupakan perintah yang sering digunakan untuk mengakses serta menampilkan data pada sebuah sistem database.

Query ini memiliki banyak sekali fungsi dan kegunaan. Seperti diantaranya membuat data, menambahkan data atau bahkan menghapus data.

Query SQL juga membantu Anda untuk mengakses, memanipulasi, serta menganalisis database. Untuk Anda yang sedang mencari informasi mengenai pengetian query SQL dan fungsinya.

Telah kami ulas secara singkat mengenai pengertian, jenis-jenis, fungsi serta cara kerja dan juga kelebihan dari query SQL. Semoga ulasan di atas cukup membantu, ya?

                                     
           

Apa itu Google AdMob?

Deskripsi: Mengenal Google AdMob, fungsi, fitur dan cara kerjanya....
Hans
2 min read

Apa itu Chatbot?

Deskripsi: Pengertian Chatbot, fungsi dan keunggulannya. Kemajuan teknologi yang...
Hans
2 min read

SSH (Secure Shell Connection)

Deskripsi: pengertian SSH, fungsi, cara kerja dan manfaatnya. Apa...
Hans
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *