RAM (Random Access Memory)

3 min read

Pengertian RAM, – RAM merupakan perangkat keras atau hardware sangat berperan penting dalam membantu performa komputer. Tidak jarang orang menggunakan RAM berkapasitas besar.

Selain sebagai tempat penyimpanan data sementara, RAM juga membantu proses loading dalam sebuah komputer. Jadi, semakin besar RAM yang digunakan maka semakin cepat proses membuka program atau software.

Memiliki bentuk seperti kepingan tipis berdimensi fisik persegi panjang, membuat RAM sangat mudah di temukan pada sebuah papan sirkuit Motherboard.

Di sisi lain, RAM juga membantu proses kinerja Processor untuk mengolah data atau sebuah perintah, agar dapat berjalan dengan fungsinya. Berikut ini pembahasan tentang pengertian RAM, fungsi dan Jenis RAM.

pengertian RAM, via canva.com

Pengertian RAM

Secara umum pengertian RAM atau Random Access Memory merupakan sebuah perangkat keras untuk penyimpanan data yang berjangka sementara atau pendek. Sifatnya yang sementara, membuat data yang disimpan menjadi lebih cepat saat di buka.

Contohnya seperti, saat Anda telah membuka file atau program pada sebuah komputer maka file atau program tersebut disimpan ke dalam RAM.

Pada dasarnya RAM juga memiliki batasan maksimal kapasitas yang dapat digunakan pada sebuah komputer yang Anda miliki.

Setiap komputer memiliki batasan kapasitas jumlah RAM yang berbeda-beda. Hal juga agar komputer dengan spesifikasi tertentu dapat berjalan dengan baik dan maksimal atau dapat kompatibel dengan RAM yang sedang digunakan.

Fungsi RAM

Fungsi RAM pada umumnya adalah mempercepat proses kinerja Processor dalam pengolahan data pada sebuah komputer.

Semakin besar kapasitas RAM yang di gunakan makan semakin cepat juga proses pengolahan data pada sebuah komputer.

Kecepatan RAM dalam membaca sebuah data bisa 10 kali lebih cepat dari memori atau penyimpanan biasa. Berikut ini fungsi RAM pada sebuah komputer.

1. Menyimpan Data yang Sementara

Memiliki fungsi utama sebagai penyimpan data yang berjangka sementara, membuat RAM atau Random Access Memory dalam mengolah data menjadi lebih cepat.

Dalam sebuah program yang sedang dibuka atau dijalankan, maka RAM lah yang berguna sebagai wadah penyimpanan data tersebut.

Dari data yang diterima akan di teruskan oleh RAM ke Central Processing Unit untuk dikelola atau olah data tersebut.

2. Multitasking dalam Komputer

Fungsi RAM yang selanjutnya adalah sebagai perangkat keras yang membantu untuk mendukung penggunaan multitasking dalam komputer.

Multitasking adalah kondisi di mana sebuah komputer dapat membuka aplikasi secara bersamaan dalam satu waktu.

RAM berperan penting membantu proses Multitasking ini. Semakin besar RAM yang digunakan maka proses Multitasking akan semakin lancar.

3. Mempercepat Performa Pemrosesan Informasi Data

Fungsi RAM yang membantu mempercepat performa pemrosesan informasi data yang diterima kemudian diteruskan ke CPU.

Hal ini juga akan membuat CPU tidak akan terhambat, karena proses penyimpanan yang diteruskan oleh RAM ke CPU telah terbantu dengan pemrosesan oleh RAM.

Pengunaan RAM yang berkapasitas besar dapat memproses informasi data dengan sangat cepat.

4. Penunjang untuk Game dan Desain

Tidak heran jika gamer profesional atau desainer memiliki spesifikasi komputer dengan RAM yang berkapasitas besar. RAM yang besar juga akan membantu performa komputer menjadi lebih baik.

Apalagi untuk game atau software editing yang sangat memerlukan RAM yang besar dalam menjalakan program tersebut. Kendala Not Responding tidak akan terjadi jika RAM memiliki kapasitas yang besar.

5. Menentukan Spesifikasi dari Suatu Komputer

Fungsi RAM yang terakhir adalah sebagai dasar dalam memilih atau membeli komputer. Selain melihat kualitas dan performa yang dihasilkan dari CPU tersebut, Anda perlu juga melihat kapasitas RAM yang diberikan.

Sesuaikan juga hal itu dengan kebutuhan Anda dalam menggunakan komputer. Lebih baiknya menggunakan kapasitas RAM yang minimal 2GB sebagai standar dalam memilih sebuah komputer.

Jenis Jenis RAM

Setelah membahas fungsi RAM sebagai penyimpanan data yang bersifat sementara, maka selanjutnya kita akan membahas jenis RAM.

Jenis RAM pada sebuah komputer memiliki banyak sekali varian. Tidak hanya namanya saja yang berbeda, keunggulan dalam performa yang dihasilkan juga menjadi pembeda dalam perangkat keras ini.

Berikut ini jenis-jenis RAM yang sering digunakan dalam sebuah komputer:

1. DRAM

DRAM atau yang kepanjangannya Dynamic Random Access Memory merupakan memori yang menggunakan satu transistor dan kapasitor dalam setiap satu bit.

Hal ini juga yang membuat RAM ini lebih cepat dibandingkan dengan EDO RAM. Frekuensi yang dihasilkan oleh RAM ini mulai dari 4,6 Mhz hingga 40 Mhz.

Namun jika dibandingkan dengan SRAM, DRAM lebih rendah kecepatan nya dala memproses data.

2. SDRAM

SDRAM atau Sychronous Dynamic Random Access Memory adalah RAM yang memiliki kemampuan cukup tinggi dari pada jenis RAM yang lainnya.

Memiliki kecepatan mulai dari 100 Mhz  hingga 133Mhz. RAM ini bisa kompatibel kedalam Motherboard yang dapat menampung memori dengan ukuran 16 Mega Byte hingga 1 Giga Byte.

Ciri fisik pada RAM ini adalah terdapat dua celah pada bagaian kakinya.

3. EDORAM

EDORAM atau Extended Data Out Random Access Memory merupakan RAM yang memiliki 72 pin dalam slot memorinya.

RAM ini sangat cocok untuk sebuah komputer dengan bus yang mencapai hingga 66 Mhz. Bentuk fisik dari perangkat keras ini lebih sedikit panjang jika dibandingkan dengan RAM SIMM.

Hal ini juga yang membuat RAM ini sangat kompatibel dengan seluruh komputer Pentium.

4. SRAM

SRAM atau Static Random Access Memory adalah perangkat keras yang terbuat dari semi conductor yang tidak menggunakan kapasitor dan tidak memerlukan penyegaran yang berkesinambungan.

Hal ini yang membuat RAM ini menjadi lebih cepat dalam performa yang dihasilkan. Menggunakan desain cluster dengan enam transistor tanpa kapasitor dan dapat menyimpan dalam setiap satu bit informasi yang diterima.

5. RDRAM

RDRAM atau yang kepanjangannya Rambus Dynamic Random Access Memory. Perangkat keras ini mulai dikenal kan pada tahun 1995.

Pada tahun tersebut RAM ini mampu menghasilkan kecepatan dengan 600 Mega Byte dalam setiap detiknya.

Terus mengalami peningkatan dan pada akhirnya, kecepatan RAM ini mencapai 16 Giga Byte per second. Untuk jumlah slot memori, RDRAM memiliki jumlah 184 pin.

6. DDR SDRAM

DDR SDRAM atau Double Date Rate SDRAM merupakan jenis RAM yang juga memiliki keunggulan kecepatan dalam jenis RAM lainnya.

Double Date Rate SDRAM juga banyak digunakan hingga saat ini pada sebuah komputer. Kelebihan lainnya adalah RAM ini mampu menjalankan dua perintah secara bersamaan dalam satu waktu.

Pada RAM ini memiliki jumlah slot memori sebanyak 184 pin.

Beragam fungsi dan jenis pada sebuah perangkat keras yang bernama RAM. Anda juga bisa memperbaharui RAM pada sebuah komputer yang dimiliki.

Tetap perhatikan batasan maksimal RAM pada komputer Anda agar tetap kompatibel. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda.

Baca juga: Pengertian BIOS

                                     
           

Apa itu Google AdMob?

Deskripsi: Mengenal Google AdMob, fungsi, fitur dan cara kerjanya....
Hans
2 min read

Apa itu Chatbot?

Deskripsi: Pengertian Chatbot, fungsi dan keunggulannya. Kemajuan teknologi yang...
Hans
2 min read

SSH (Secure Shell Connection)

Deskripsi: pengertian SSH, fungsi, cara kerja dan manfaatnya. Apa...
Hans
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *