Pengertian Server

3 min read

Sebenarnya apa pengertian server? Secara umum, server merupakan wadah yang berfungsi untuk memberikan layanan atau service kepada klien yang terhubung dengannya, sekaligus tempat penyimpanan data dan  informasi.


Sudut pandang lain menjelaskan bahwa pengertian server merupakan pengawasan akses setiap klien yang terhubung dengan sebuah jaringan komputer oleh layanan sistem komputer.

Seperangkat alat yang terdiri dari prosesor, RAM, dan sistem operasi jaringan adalah komponen dari sebuah server.

Berbagai jenis data, dokumen, dan informasi lainnya disimpan oleh server yang dapat diakses oleh klien. Agar dapat terhubung dengan sebuah jaringan atau untuk meminta data/ file, disitulah seroang user memerlukan server.

Sedangkan menurut Nugroho (2004) menjelaskan pengertian server sebagai sebuah pusat. Pusat tersebut berfungsi sebagai pelayan yang berguna untuk pendistribusian dan juga penerimaan data. Proses pengiriman dan penerimaan data di antara komputer–komputer yang tersambung juga diatur oleh sever.

Memang tidak banyak tokoh yang memberikan pengertian server ini. Namun dapat disimpulkan bahwa sebuah server ialah pusat data, berisi berbagai macam informasi penting dan juga server berperan sebagai penyedia data terhadap klien atau user.

Dapat dikatan bahwa server memiliki tanggung jawab yang besar pada sebuah sistem jaringan komputer.

Pengertian Server dan Fungsinya
https://vpnoverview.com/

Fungsi Server

Server memiliki fungsi tersendiri, sebagai salah satu elemen penting dari jaringan computer. Berikut ini merupakan fungsi dari server secara umum:

  1. Segala permintaan dari komputer lain, baik itu permintaan segala macam informasi data, file, aplikasi, dan lainnya tersedia di server ini.
  2. Tempat pelayanan dari semua permintaan data yang datang dari komputer klien.
  3. Server bertindak sebagai pengatur lalu lintas pada suatu jaringan.
  4. Segala macam data, file, aplikasi, dan informasi lainnya tersimpan di server.
  5. Berbagai sumber daya tersedia di server, sehingga memungkinkan untuk dipakai oleh banyak komputer klien dalam jaringan.
  6. Tempat pengatur hak akses pada suatu jaringan guna batasan klien untuk mengakses data.
  7. Menjadi tempat utama dan paling pusat sebagai olah data dan aplikasi yang dapat dioperasikan pada semua komputer lain.

Manfaat Server

Server mempunyai segudang manfaat sebagai sarana pengefisiensi waktu dan penghematan biaya, sebagai salah satu perangkat utama dalam  sebuah jaringan.

Dengan dibuatnya sebuah komputer server maka akan sangat berpengaruh bagi jaringan di sekitarnya. Dengan adanya server, sebuah jaringan komputer akan lebih hidup atau dapat berkembang.

Sebagai contoh ada satu komputer server di sebuah perusahaan yang terhubung ke komputer lain sebagai klien dengan jumlah yang sangat banyak.

Dengan demikian, proses pendistribusian informasi dilakukan dengan mudah dan cepat. Dengan demikian pekerjaan akan cepat selesai dan menambah efisiensi dalam hal waktu.

Contoh lainnya, adalah sebuah printer atau perangkat lain yang terhubung ke komputer server dapat dioperasikan dari beberapa komputer asalkan masih dalam suatu jaringan.

Dengan demikian, tidak perlu menyediakan printer atau perangkat lainnya dalam jumlah yang banyak sehingga perusahaan dapat lebih berhemat anggaran.

Memerlukan perangkat lain dalam pembuatan sebuah komputer server. Anda juga harus selektif dalam memilih perangkat yang akan digunakan sebagai sever.

Melihat tugasnya yang berat, oleh sebab itu harus dengan spesifikasi yang bagus. Adapun komponen-komponen penting tersebut yaitu:

1. RAM

RAM dibutuhkan untuk proses multitasking dengan cepat asalkan kapasitas memori (RAM) berukuran besar.

2. Processor

Perangkat ini diperlukan agar dapat menangani berbagai permintaan dari komputer klien, tentunya dengan kecepatan processor yang cepat agar dapat bekerja lebih efisien.

3. Hardisk

Perangkat ini sangat diperlukan, sebab sebagai alat yang menyimpan berbagai data komputer lain yang terpusat pada komputer server.

Selain itu, penggunaan hard drive sebagai media penyimpanan data akan membantu menambah performa dan kinerja komputer server menjadi lebih oke.

Jenis Server Berdasarkan Fungsi

Menurut fungsi yang ada pada tiap-tiap server, dapat diklasifikasikan ke dalam beberapa jenis. Berikut ini beberapa jenis server yang ada saat ini:

1. Proxy Server

Proxy server berperan membatasi server dan komputer lain dalam hal permintaan data, kecepatan koneksi, dan berbagi file. Proxy serverlah yang menghubungkan antara jaringan lokal dengan jaringan global atau internet.

2. Virtual Server

Virtual server mempunyai peran sebagai pembuat atau penghasil sejumlah server fisik sehingga seakan-akan terdapat lebih dari satu server dalam satu jaringan.

Baca juga: Pengertian VPN

3. Telnet Server

Telnet server mempunyai fungsi sebagai kordinator pada komputer utama dalam proses masuk dan keluar data.

4. FTP Server

FTP Server mempunyai peranan sebagai pengatur perpindahan sebuah data pada suatu jaringan komputer.

5. Web Server

Web server media penyimpan konten sebuah website dan bertugas menjalankan komunikasi menggunakan HTTP.

6. Aplikasi Server

Aplikasi server mempunyai fungsi sebagai pengelola perintah yang dilakukan oleh klien dan menghubungkan ke database.

7. Audio & Video Server

Audio dan video server berguna sebagai median penyimpanan fitur multimedia pada sebuah website.

8. News Server

News server mempunyai peran sebagai penyalur segala jenis jenis berita melalui jaringan berita yang terbuat.

9. Mail Server

Berbagai jenis email dan menangani permintaan klien adalah tugas dari Mail Server ini.

Cara Kerja Server

Secara simpel, cara kerja server bergantung pada permintaan komputer klien atau dengan bahasa lain, server sebagai pusat dan komputer klien sebagai konsumen atau peminta data.

Contoh pada kasus web server, saat Anda menuliskan alamat sebuah website pada browser, makan komputer Anda bertindak sebagai klien dan meminta informasi pada web server.

Contoh lain seperti dari cara kerja server yang berbeda ada pada FTP Server. Pada server FTP, Anda dapat mengunduh sekaligus menyimpan sebuah dokumen atau data di server FTP.

Kemudian sang klien mempunyai hak untuk menyimpan data Anda di server FTP. Suatu saat jika ada klien yang menginginkan data tersebut, maka server FTP akan menyediakan koneksi.

Dapat dikatakan bahwa cara kerja sebuah server tergantung pada fungsi masing-masing dari server. Dari proxy, virtual, FTP, telnet, web, aplikasi, audio video, news, hingga mail server.

Hanya perbedeaan terletak pada jenis pelayanan yang sesuai dengan jenis server tersebut.

Biasanya sebuah komputer yang akan dijadikan sebagai sever yang diperlakukan atau dirancang sedikit berbeda dengan yang lainnya.

Hal tersebut berkaitan dengan performa dari sebuah komputer sever harus lebih unggul.

Pertama dalam hal spesifikasi dari perangkat lunak yang dipakai harus sesuai dengan fungsi dan jenis server yang akan dibangun.

Sedangkan sistem operasinya yang dipakai bisa berupa Windows Serer atau Linus Ubuntu Server tergantung kebijakan tiap-tiap perusahaan.

Itulah tadi beberapa ulasan mengenai pengertian dari server, manfaat dari server, jenis-jenis yang terdapat pada server, hingga cara kerja server sesuai dengan kemampuan atau fungsinya.

Semoga bermanfaat.

 

                                     
           

Apa itu Google AdMob?

Deskripsi: Mengenal Google AdMob, fungsi, fitur dan cara kerjanya....
Hans
2 min read

Apa itu Chatbot?

Deskripsi: Pengertian Chatbot, fungsi dan keunggulannya. Kemajuan teknologi yang...
Hans
2 min read

SSH (Secure Shell Connection)

Deskripsi: pengertian SSH, fungsi, cara kerja dan manfaatnya. Apa...
Hans
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *