Pengertian Teknologi dalam Berbagai Bidang

3 min read

Kehidupan manusia sejak dahulu hingga sekarang tidak terlepas dengan teknologi. Lantas apa yang dimaksud dengan pengertian teknologi?

Teknologi terdiri atas dua kata yang berasal dari Yunani yaitu technologia, tech yang berarti keahlian dan logia pengetahuan.

Pada umumnya,  teknologi ialah sebuah pengetahuan yang mencakup ketangkasan untuk membuat sebuah alat, metode pengolahan, dan ekstraksi benda.

Dengan tujuan untuk membantu menyelesaikan masalah dan pekerjaan manusia setiap hari.

Kemudian ada yang menyebutkan pengertian teknologi sebagai wadah yang dibuat oleh manusia untuk menyediakan berbagai kebutuhan manusia untuk melanjutkan kehidupannya secara nyaman, aman, dan damai.

Pengertian Teknologi dalam Berbagai Bidang
pengertian teknologi dalam berbagai bidang, via canva.com

Pengertian Teknologi Menurut Beberapa Ahli

Supaya lebih menambah wawasan tentang pengertian teknologi, berikut ini beberapa jabaran dari para ahli mengenai pengertian teknologi, yaitu sebagai berikut.

1. Manuel Castells

Manuel Castells menjelaskan pengertian teknologi yakni sebuah alat, peraturan, dan prosedur dalam implementasi ilmu pengetahuan untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan, namun pekerja tersebut dapat dimungkinkan dilakukan secara berulang-ulang.

2. Gary J. Anglin

Dari sudut pandang ahli Gary J. Anglin teknologi ialah sebuah ilmu pengetahuan dari perilaku, alam semesta, serta pengetahuan lain yang diamalkan dan dilakukan dengan menerapkan sistem dan membuat sebuah sistem untuk memecahkan masalah.

3. Jacques Ellil

Jacques Ellil berpendapat mengenai pengertian teknologi sebagai kesatuan metode yang secara rasional diarahkan oleh manusia dan mempunyai tanda yang cukup efisien dalam setiap kegiatan pemanfaatannya.

4. Merriam Webster

Merriam Webster menjelaskan teknologi ialah perwujudan sebuah pengetahuan di bidang tertentu yang mempunyai tujuan untuk mengatasi sebuah tugas dengan menggunakan proses teknik, atau pengetahuan, dan aspek khusus dari bidang usaha tertentu.

5. Iskandar Alisyahbana

Menurut Iskandar Alisyahbana pengertian teknologi adalah untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan melakukan sesuatu yang dibantu alat dan akal, jadi seperti membuat memperpanjang, memperkuat anggota tubuh, kelima indra, dan otak dari manusia.

6. Poerbahwadja Harahap

Dari ahli bernama Poerbahwadja Harahap, sebuah teknologi yaitu patokan pada ilmu pengetahuan yang mempelajari bagaimana cara kera di bidang teknik dan lainnya. Teknologi juga mengacu pada ilmu pengetahuan yang dipakai di dunia industri.

Manfaat Teknologi

Dilihat dari pengertian teknologi, dapat mengambil kesimpulan bahwa teknologi mempunyai manfaat yang dapat digunakan oleh manusia.

Secara mendasar teknologi tersebut mempunyai manfaat sebagai sesuatu yang membuat kegiatan lebih mudah dan cepat.

Selain itu ada beberapa manfaat lain dari teknologi di berbagai bidang, yakni sebagai berikut.

1. Ekonomi dan Bisnis

Manfaat dari teknologi yang paling berimbas pada kehidupan manusia adalah di bidang ekonomi dan bisnis.

Sebagai contoh dengan adanya mesin yang disebut ATM (Anjungan Tunai Mandiri) dan bank yang berbasis online atau internet banking.

Kedua contoh teknologi tadi mempermudah segala alur transaksi pembayaran. Selain itu, teknologi juga membuat proses pengiriman menjadi lebih mudah dengan adanya layanan ekspedisi.

Terlebih lagi jasa pengiriman yang berbasis internet dan aplikasi mobile yang mempercepat pengiriman barang.

2. Transportasi

Manfaat yang tidak kalah terasa ada di bidang transportasi yang banyak berhubungan dengan manusia. Berbagai jenis alat transportasi sudah tercipta berkat adanya teknologi.

Sebagai contoh mobil, motor untuk transportasi darat, pesawat di udara, dan kapal untuk laut. Semua alat transportasi tadi bertujuan membuat perjalanan manusia menjadi lebih cepat.

3. Pendidikan

Di bidang pendidikan, teknologi juga ikut andil dalam perkembangan bagi murid dan guru. Sebagai contoh adalah keberadaan sistem pembelajaran e-learning system.

Dengan sistem tersebut, siswa dapat menimba ilmu tanpa harus bertatap muka dengan guru. Hanya dengan mengakses website atau aplikasi, materi belajar sudah ditangan.

4. Informasi dan Komunikasi

Manfaat yang sangat terasa adalah di bidang informasi dan komunikasi menjadi lebih mudah, cepat, dan murah.

Sebagai contoh, hanya dengan menggunakan handphone, Anda bisa berkomunikasi dengan sanak saudara yang jauh dari kita.

Bahkan sekarang ini sudah muncul smartphone, aplikasi chatting, dan email.

Baca juga: Manfaat Internet dalam Berbagai Bidang

5. Bidang Medis

Manfaat teknologi juga dinikmati di bidang medis yang hingga kini semakin maju dalam penanganan penyakit dan pasien.

Selain itu penemuan berbagai metode, obat-obatan, infrastruktur, dan mesin terbaru yang memudahkan kerja dokter dan perawat.

Jenis-jenis Teknologi

Teknologi sudah berkembang sangat pesat untuk kehidupan manusia dan sangat berkembang di berbagai bidang.

Oleh karena itu, teknologi dibagi menjadi beberapa jenis yang terdapat di kehidupan masyarakat. Adapun jenis-jenis dari teknologi tersebut yaitu sebagai berikut.

1. Teknologi Komunikasi

Jenis teknologi yang pertama adalah teknologi komunikasi yang sangat berguna bagi kehidupan umat manusia.

Teknologi komunikasi berfungsi sebagai sarana distribusi informasi dari satu tempat ke tempat lain, dan satu orang ke orang yang lain.

Teknologi komunikasi sangat diandalkan pada zaman yang sudah sangat modern sekarang ini.

Jarak, waktu, dan ruang bukan sebuah penghalang untuk dapat terus berbagi informasi antara satu orang dengan orang yang lainnya.

Contoh teknologi komunikasi ini adalah telepon genggam, telepon, ataupun komputer.

2. Teknologi Konstruksi

Konstruksi dengan adanya teknologi menjadi semakin canggih dan modern. Segala macam peralatan yang digunakan untuk membangun suatu konstruksi, baik itu bangunan ataupun konstruksi berat.

Penggunaan teknologi pada  alat konstruksi seperti traktor misalnya, bertujuan untuk membajak tanah.

3. Teknologi Medis

Jenis teknologi dalam bidang medis juga sangat berguna bagi kehidupan manusia. Salah satunya untuk mengurangi rasa sakit dalam pengobatan.

Selain itu untuk memperluas dan meningkatkan kehidupan manusia dalam penyembuhan penyakit.

Banyak di negara-negara modern dan maju sudah memakai teknologi sebagai sistem perawatan kesehatan, sehingga mempunyai taraf kesehatan dan angka harapan hidup yang lebih tinggi.

Hal ini tentunya didukung karena majunya teknologi di bidang medis.

4. Teknologi Informasi

Jenis teknologi informasi terdiri atas perangkat keras dan perangkat lunak yang digunakan sebagai tempat penyimpanan informasi.

Teknologi informasi juga dapat membantu memberikan informasi kepada masyarakat secara tepat waktu dan tepat sasaran guna menyelesaikan tugas dan fungsinya.

Keberadaan teknologi informasi ini juga sangat membantu manusia dalam menyelesaikan tugas-tugasnya.

Hal ini karena seluruh data yang tersaji sudah disusun secara kompleks sehingga lebih mudah untuk diakses dan diolah.

Baca juga: Pengertian Teknologi Informasi Menurut Para Ahli

5. Teknologi Bisnis

Dalam dunia bisnis juga terdapat teknologi yang semakin membantu dalam kegiatan bisnis. Teknologi bisnis ini terdiri atas perangkat yang dapat dimanfaatkan untuk menjalankan bisnis dan meningkatkan keuntungan.

Teknologi bisnis yang sekarang ini banyak menggunakan jaringan internet yang sangat mudah dalam penggunaannya.

Teknologi bisnis juga banyak yang digabungkan dengan dengan teknik marketing yang handal, sehingga akan menghasilkan keuntungan yang lebih besar.

Teknologi bisnis juga menjadi media pemasaran tidak terbatas pada suatu wilayah namun sudah merambah ke seluruh penjuru dunia.

6. Teknologi Pendidikan

Teknologi pendidikan juga turut berkembang dengan sistem pendidikan yang banyak berbasis internet.

Sistem teknologi pendidikan yang menjadi lebih baik dan maju, juga berpengaruh pada guru serta siswa karena mudah memahami berbagai pelajaran yang diberikan.

Tentunya dengan dukungan jaringan komputer dan internet.

Setelah mengetahui beberapa penjelasan mengenai teknologi, sudahkah Anda memanfaatkan teknologi dengan sebaik mungkin.

Teknologi memang membuat semua mudah dan tetapi Anda juga harus memerhatikan beberapa kemungkinan yang buruk jika menggunakan teknologi secara berlebihan.

                                     
           

Apa itu Google AdMob?

Deskripsi: Mengenal Google AdMob, fungsi, fitur dan cara kerjanya....
Hans
2 min read

Apa itu Chatbot?

Deskripsi: Pengertian Chatbot, fungsi dan keunggulannya. Kemajuan teknologi yang...
Hans
2 min read

SSH (Secure Shell Connection)

Deskripsi: pengertian SSH, fungsi, cara kerja dan manfaatnya. Apa...
Hans
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *