IPTEK (Ilmu, Pengetahuan, dan Teknologi)

3 min read

Kehidupan manusia saat ini sedang berhadapan dengan era digital yang semakin maju, hal ini berkaitan secara langsung dengan adanya perkembangan IPTEK.

Segala aktivitas dan kebutuhan manusia di dunia nyata dapat dijalani dengan mudah akibat adanya produk IPTEK. Banyak sekali orang yang memanfaatkannya namun belum memahami pengertian IPTEK.

Secara umum tentu Anda memahami sedikit banyak tentang teknologi dan pemanfaatannya di dalam kehidupan sehari-hari.

Namun sebagian besar dari Anda kurang memahami dengan baik tentang ilmu pengetahuan dan teknologi serta perbedaan di antara keduanya.

Sehingga perlu bagi Anda untuk membaca serta mencermati penjelasan tentang definisi IPTEK secara detail.

Pengertian IPTEK (Ilmu, Pengetahuan, dan Teknologi)
https://www.radioidola.com/

Pengertian IPTEK

Jika Anda mencari tahu tentang pengertian IPTEK (Ilmu, Pengetahuan, dan Teknologi) secara terpisah tentu terdapat perbedaan mendasar di antara ketiga konsep tersebut.

Dan teknologi sebagai hasil dari ilmu beserta pengetahuan manusia yang telah ada sejak zaman pra sejarah. Kini pengertian dari penggabungan ketiga konsep tersebut menjadi marak karena kemajuannya.

Sebagian orang memahami bahwa IPTEK adalah bagian dari segala konsep yang melahirkan kemajuan teknologi yang sedang berkembang di era ini.

Beberapa hal tersebut memang benar, karena teknologi canggih yang saat ini sedang dimanfaatkan berasal dari kemajuan ilmu pengetahuan. Ilmu, pengetahuan, dan teknologi sebenarnya selalu berjalan secara beriringan terutama di bidang komunikasi.

Semua perkembangan teknologi canggih bermula dari pemikiran manusia untuk mempermudah komunikasi melalui jaringan dan teknologi. Hingga manusia berhasil menciptakan berbagai penemuan baru akibat majunya ilmu pengetahuan di era kini.

Ilmu adalah sumber pengetahuan yang bisa diuji dan dipraktekkan untuk berbagai hal. Sedangkan pengetahuan berupa wawasan yang didapatkan oleh seseorang dari berbagai sumber.

IPTEK pun kini dapat dipahami sebagai sebuah sumber informasi yang besar dan dapat menyebar bagi semua orang untuk menghasilkan suatu produk yang bermanfaat bagi manusia.

Manfaat Penting Menerapkan IPTEK di Kehidupan

Perkembangan IPTEK yang semakin maju terutama di bidang sains, komunikasi, permesinan, dan lain sebagainya membuatnya sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia.

Kini semua orang di seluruh dunia bisa memanfaatkan produk yang dihasilkan dari kemajuan IPTEK. Seperti mesin otomatis, robot, telepon genggam atau smartphone, komputer, dan yang lainnya.

Berikut adalah manfaat kemajuan IPTEK bagi kehidupan manusia yang bisa Anda temui di manapun Anda berada.

1. Kehidupan Manusia Menjadi Lebih Praktis

Manfaat pertama, IPTEK membuat segala kehidupan di dunia menjadi lebih praktis. Anda kini tidak perlu waktu lama untuk memesan berbagai hal yang Anda inginkan, bahkan dari jarak yang sangat jauh sekalipun seperti antar pulau atau negara.

Anda juga bisa memesan berbagai jasa dalam waktu yang sangat cepat dan singkan seperti jasa laundry dan lainnya. Bahkan Anda juga bisa menghemat biaya serta tenaga jika ingin melakukan aktivitas tanpa bantuan orang lain.

Misalnya memanfaatkan mesin cuci untuk membantu pekerjaan rumah tangga Anda, atau menggunakan blender agar tidak lelah untuk mencacah dan mengulek bahan masakan. Ada banyak aktivitas yang kini bisa dilakukan dengan praktis oleh mesin.

2. Ekonomis dan Efektif

Penggunaan berbagai produk teknologi sebenarnya lebih ekonomis dan efektif karena bisa menghemat waktu, uang, dan biaya.

Anda tidak perlu lagi memanfaatkan bantuan jasa orang lain dengan menghubungi atau mendatangi rumahnya, serta membayarnya secara rutin, Karena Anda telah bisa menggantinya dengan mesin untuk berbagai keperluan.

Misalnya saja Anda merasa kurang sehat dan seluruh badan terasa lelah, pegal, dan linu. Anda tidak perlu lagi memesan jasa tukang pijat dengan mengunjungi dan mencari alamat tertentu.

Karena Anda bisa membeli alat pemijat otomatis dengan harga yang beragam untuk digunakan dalam jangka waktu yang sangat sering bahkan bisa setiap hari.

3. Menghasilkan Keuntungan Secara Materiil

Dengan adanya mesin untuk berbagai keperluan ternyata memberikan manfaat yang sangat menguntungkan, terutama secara materiil. Mesin otomatis bisa dijadikan sebagai sumber penghasilan yang lebih hemat dan efektif.

Misalnya Anda bisa menjual es atau jus buah dalam waktu singkat dengan memanfaatkan blender beserta mesin pendingin. Anda bisa memanfaatkannya sesuai dengan beragam hal yang bisa menghasilkan keuntungan.

Anda pun bisa dengan mudah mencari peluang usaha dari adanya produk-produk teknologi yang kini marak berkembang. Misalnya Anda bisa membuka rental komputer karena memiliki modal berupa sepaket perangkat komputer, printer, dan lainnya.

4. Mudahnya Berkomunikasi Tanpa Batas

Produk hasil kemajuan IPTEK yang paling spektakuler dan mengesankan adalah diciptakan dan dikembangkannya teknologi informasi dan komunikasi.

Dengan produk tersebut, seluruh manusia bisa menjalani segala kebutuhan hidup dengan sangat mudah dan praktis. Akibat munculnya teknologi jaringan juga memungkinkan manusia saling berkomunikasi.

Anda lebih bebas untuk melakukan komunikasi dengan siapapun bahkan seorang yang benar-benar asing dari berbagai wilayah yang jaraknya jauh dengan rumah Anda.

Jaringan pertemanan, bisnis, dan berbagai aspek lainnya bisa dijalin dengan beberapa produk IPTEK yang kini sedang populer seperti media sosial.

5. Memperluas Jaringan di Berbagai Aspek Kehidupan

Seperti yang sedikit dibahas sebelumnya, bahwa kemajuan IPTEK yang paling masif lebih pada bidang informasi dan komunikasi.

Hal ini pertama kali muncul dengan pengembangan jaringan komunikasi lewat kabel telepon kemudian semakin dikembangkan lebih canggih. Penemuan jaringan tersebut pun akhirnya berguna di segala bidang kehidupan.

Anda bisa memanfaatkannya untuk menambah jaringan sosial seperti relasi pertemanan, diskusi publik secara luas lewat ruang virtual. Memperluas dan menambah jaringan dan relasi bisnis, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Pengertian Teknologi dalam Berbagai Bidang

Contoh Penerapan IPTEK

Sebenarnya Anda dapatmemperhatikan dengan cermat beberapa contoh penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi dari manfaat yang telah disebutkan di atas.

Anda juga bisa dengan mudah menemukan contoh penerapannya di berbagai kehidupan sekitar Anda. Karena kini semua orang telah menggunakan seluruh produk untuk mempermudah aktivitas harian mereka.

Berikut adalah contoh penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi yang lebih jelas untuk bisa Anda pahami.

  1. Penggunaan smartphone, merupakan contoh yang paling umum dan bisa Anda temui di manapun dan kapanpun di sekitar Anda. Telepon pintar ini seolah menjadi kebutuhan primer seluruh masyarakat di era milleneal. Karena dari perangkat mini praktis tersebut Anda sudah bisa mengakses berbagai hal berkaitan dengan komunikasi, informasi dan penunjang kebutuhan baik belanja produk atau jasa.
  2. Penggunaan laptop, hampir sama dengan smartphone namun ukurannya lebih besar dan bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Terutama yang berkaitan dengan berbagai bidang secara digital seperti mengedit gambar, mengetik naskah, menunjang pembelajaran, membantu pekerjaan dan lainnya. Anda juga dapat memperoleh sumber informasi, memesan produk atau jasa dari laptop dengan internet.
  3. Penggunaan mesin produksi yang dipakai di berbagai perusahaan manufaktur, merupakan contoh penerapan kemajuan IPTEK yang sejarahnya berasal dari revolusi industri. Contoh ini juga bisa Anda ketahui dengan mudah untuk membantu memproduksi barang kebutuhan manusia yang lebih praktis.

Jika Anda memahami pengertian IPTEK yang paling mendasar tentunya bisa dengan mudah mencari tahu tentang berbagai manfaat sekaligus contoh penerapannya.

Baca juga: Pengertian TIK

Apalagi Anda sekarang sedang hidup di era milleneal dengan produk IPTEK di hampir seluruh aspek kehidupan.

                                     
           

Apa itu Google AdMob?

Deskripsi: Mengenal Google AdMob, fungsi, fitur dan cara kerjanya....
Hans
2 min read

Apa itu Chatbot?

Deskripsi: Pengertian Chatbot, fungsi dan keunggulannya. Kemajuan teknologi yang...
Hans
2 min read

SSH (Secure Shell Connection)

Deskripsi: pengertian SSH, fungsi, cara kerja dan manfaatnya. Apa...
Hans
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *