TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi)

3 min read

Salah satu bidang yang merupakan hasil dari kemajuan ilmu pengetahuan modern dengan capaian paling spektakuler di era kini adalah teknologi informasi dan komunikasi atau yang biasa disingkat dengan TIK.

Sebagian besar dari Anda yang mengenyam pendidikan formal tentu mengetahui bidang satu ini. Sebelum mengembangkan, menerapkan, dan memanfaatkan berbagai produk dari TIK, Anda perlu memahami pengertian TIK terlebih dahulu.

Selanjutnya Anda bisa memaksimalkan berbagai produk teknologi secara positif agar manfaatnya baik untuk kehidupan. Mengingat dampak TIK juga bisa lebih buruk jika penerapan atau penggunaannya tidak dikendalikan.

Pengertian TIK
pengertian teknologi informasi dan komunikasi, via canva.com

Pengertian TIK secara Umum dan Menurut Ahli

Jika Anda pernah mempelajari sedikit tentang materi TIK tentu memahami berbagai pengertian TIK menurut para ahli, hanya saja tidak dapat mengingatnya dengan baik.

Agar Anda dapat menentukan definisi umum dari teknologi informasi dan komunikasi, pahami terlebih dahulu yang dikemukakan oleh para ahli sebagai berikut.

1. Menurut Eric Deeson

Eric Deeson menyatakan bahwa teknologi informasi dan komunikasi merupakan sebuah kebutuhan dasar manusia berupa cara mengambil, memindahkan, mengolah dan memproses informasi. Tujuannya untuk menguntungkan diri sendiri di masyarakat dalam konteks yang menyeluruh.

2. Menurut Susanto

Susanto menyebutkan bahwa teknologi informasi dan komunikasi merupakan sebuah sarana untuk alat bantu dalam berkomunikasi cepat dan praktis.

Kegunannya utamanya yakni untuk mentransfer data atau informasi dengan tujuan untuk menyebarkan dan menyambaikannya kepada banyak orang.

Susanto juga mengutarakan pendapat bahwa TIK memang menjadi sarana atau alat untuk berkomunikasi yang paling canggih.

Baik itu dilakukan searan, dua arah ataupun lebih oleh semua orang yang memanfaatkan fungsi penting dari produk teknologi informasi dan komunikasi.

3. TIK menurut Puskur Dinas Indonesia

TIK menurut Puskur Dinas Indonesia adalah sistem padanan yang tidak dapat terpisahkan dengan pengertian yang sangat luas.

Semua itu berkaitan dengan segala aktivitas atau kegiatan yang melalui tahap pemrosesan data, manupulasi, pengelolaan. Serta transfer data dan informasi melalui antar media dari jarak yang tak terbatas.

Dari berbagai pengertian teknologi informasi dan komunikasi yang telah dikemukakan oleh beberapa tokoh ahli di atas.

Anda bisa mengambil pengertian secara umum, dan memahami bahwa TIK merupakan sebuah sistem yang saling terkait yang di dalamnya berupa data dan informasi. Kemudian data tersebut diolah, diproses, dan ditransfer untuk disebarkan secara luas.

Sejarah Teknologi Informasi dan Komunikasi

Segala kemudahan dari kemajuan teknologi yang Anda lihat di sekeliling Anda saat ini merupakan sebuah produk dari perkembangan TIK.

Tentu saja hal tersebut tidak ada dengan begitu saja, namun melalui proses atau sejarah yang cukup panjang. Kemunculannya telah bermula sejak ratusan tahun silam jika Anda menilik dari segi teknologi itu sendiri.

Namun teknologi mulai berkembang dengan maju dan pesat sejak abad ke 19 Masehi yang diawali dengan penemuan telegram dan telepon.

Kecanggihan TIK pertama, muncul dari lahirnya komputer digital yang disebut dengan nama ENJAC di tahun 1946. Kemudian berkembang teknologi lain berupa satelit yang bisa menangkap dan menyebarkan sinyal.

Satelit pertama dibuat oleh Uni Sovyet dengan nama Sputnik yang telah berhasil diluncurkan ke orbit luar angkasa.

Kemudian di tahun 1969 kemunculan ARPANET menjadi cikal bakal pertama internet dimanfaatkan oleh pangkalan militer Amerika Serikat.

Fungsinya untuk membentuk jaringan yang dapat menghubungkan beberapa perangkat komputer untuk berkomunikasi.

Hadirnya ARPANET telah mengawali keberadaan World Wide Web yang biasa disingkat sebagai WWW dirintis pada tahun 1991.

Kini dari hadirnya WWW internet semakin berkembang dengan jaringan yang sangat luas menyeluruh hingga ke seluruh dunia.

Fungsi Penting TIK untuk Kehidupan Manusia

Diciptakan dan dikembangkannya teknologi informasi dan komunikasi memiliki banyak tujuan dan fungsi bagi kehidupan manusia. Berikut adalah fungsi positif yang bisa dimanfaatkan dengan baik oleh manusia.

1. Sebagai Bentuk Kemajuan Ilmu Pengetahuan

Fungsi TIK yang sifatnya sangat mendasar adalah sebagai bentuk dari hasil perkembangan ilmu pengetahuan yang semakin maju.

Majunya TIK menyebabkan segala bidang dan aspek kehidupan juga mengikuti perkembangannya.

2. Bahan Sekaligus Sarana Membantu Pembelajaran

Salah satu fungsi penting TIK adalah untuk membantu mempermudah proses pembelajaran dengan praktis dan efisien.

Kini Anda bahkan bisa menambah informasi, wawasan pengetahuan dan ilmu dari mana saja dan kapan saja sesuai dengan keinginan Anda.

3. Sarana Mempermudah Efektivitas Kerja Manusia

Fungsi utama diciptakannya TIK juga untuk mempermudah berbagai pekerjaan manusia, terutama yang membutuhkan kinerja sistem komunikasi dan informasi.

Seperti yang dicontohkan pada sejarah awal pembuatannya untuk menjalin komunikasi antar tentara di tiap pangkalan militer AS.

Manfaat Penting Penerapan TIK

Berkat perkembangan IPTEK, kini semua orang di seluruh dunia bisa memanfaatkan berbagai keuntungan positif dari adanya TIK seperti berikut.

1. Sangat Menguntungkan dari Segi Ekonomi

Penerapan TIK di segala aspek kehidupan manusia sangatlah menguntungkan, termasuk di bidang ekonomi.

Banyak pengusaha kreatif yang memanfaatkan kinerja dari TIK seperti dengan menghasilkan berbagai perangkat canggih modern seperti smartphone, PC, dan sebagainya.

TIK juga berguna untuk memperluas jaringan bisnis serta sasaran konsumen.

2. Memajukan Dunia Pendidikan

TIK bagi dunia pendidikan juga memberikan keuntungan yang cukup besar. Karena kini semua orang bisa memperoleh akses ilmu pengetahuan atau materi pembelajaran dengan mudah.

Anda bahkan tidak perlu membayar mahal untuk memperoleh pendidikan tambahan seperti bimbel atau kursus karena Anda bisa melakukannya dengan gratis secara online.

3. Menjalin Komunikasi dengan Mudah, Cepat, dan Tanpa Batas

Perkembangan jaringan internet yang semakin luas dan menyeluruh membuat semua orang bisa saling berkomunikasi lewat berbagai media. Tidak hanya lewat telepon kabel, tetapi juga lewat PC, smartphone, dan perangkat lainnya.

Apalagi saat ini semakin banyak pengembangan inovasi teknologi media digital yang bisa diakses hanya dari satu perangkat.

4. Selalu Update dengan Berbagai Informasi di Seluruh Dunia

TIK juga membuat semua orang tidak buta akan informasi dan perkembangan dunia saat ini. Semua orang bisa mendapatkan berbagai informasi terbaru tentang seputar kejadian sekitar hingga di seluruh dunia tanpa batas negara sekalipun.

Perkembangan TIK Hingga Kini

Hingga saat ini TIK nyatanya berkembang maju dengan sangat pesat, kemajuan tersebut pada akhirnya membawa sebuah arus global yang dampaknya positif juga negatif.

Sehingga Anda perlu memilah dengan baik mana yang harus dimanfaatkan, serta mana yang harus dibiarkan.

Produk hasil dari kemajuan TIK semakin menggeser aktivitas manusia karena segala pekerjaan kini hampir seluruhnya dilakukan oleh tenaga mesin secara otomatis.

Beberapa manusia juga mengalami kemalasan akut akibat canggihnya teknologi. Sementara bagi yang kreatif dan inovatif bisa mengembangkan ide cemerlang di berbagai aspek dengan memanfaatkan TIK ini.

Jika Anda telah memahami pengertian TIK secara mendasar, maka selanjutnya bisa dengan mudah memahami fungsi sekaligus manfaatnya. Namun, ingatlah tentang sejarah diciptakan dan dikembangkannya TIK hingga saat ini untuk menciptakan inovasi teknologi yang baru.

Baca juga: Perkembangan Teknologi Informasi

                                     
           

Apa itu Google AdMob?

Deskripsi: Mengenal Google AdMob, fungsi, fitur dan cara kerjanya....
Hans
2 min read

Apa itu Chatbot?

Deskripsi: Pengertian Chatbot, fungsi dan keunggulannya. Kemajuan teknologi yang...
Hans
2 min read

SSH (Secure Shell Connection)

Deskripsi: pengertian SSH, fungsi, cara kerja dan manfaatnya. Apa...
Hans
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *