Definisi URL (Uniform Resource Locator)

3 min read

Pengertian URL (Uniform Resource Locator), bagian-bagian URL, fungsi, macam, dan sejarah lahirnya URL.


Bagi pengguna internet sudah pasti tidak asing dengan Uniform Resource Locator atau biasa disebut dengan URL. Garis besar pengertian URL merujuk pada karakter tertentu yang bisa dalam bentuk angka, huruf dan simbol.

Beberapa bentuk ini menuju ke satu alamat di World Wide Web (WWW), disinilah peran dan fungsi URL terlihat.

Penggunaan URL bisa diartikan seperti ketika Anda ingin membuka sebuah file yang tersimpan di dalam komputer atau laptop, namun Anda tidak memiliki akses fisik langsung sebuah website.

Sehingga, mau tidak mau Anda harus menggunakan URL untuk dapat mengetahui letak file dan masuk ke dalamnya.

Pengertian URL
contoh URL selamatpagi.id

Pengertian URL

Uniform Resource Locator atau disingkat URL adalah sebuah rangkaian karakter dengan menggunakan standar format tertentu yang memiliki fungsi sebagai penunjuk atau alamat dari sebuah situs atau website di internet. Rangkaian karakter ini biasanya berupa dokumen, file gambar, teks, dan lain sebagainya.

URL bertugas untuk membawa para pengguna internet masuk ke dalam sebuah situs atau website yang sebelumnya ingin dituju.

Pada umumnya, para pengunjung di internet diharuskan untuk mengetikkan alamat pada bagian address bar yang terdapat pada browser.

Pengertian URL Menurut Ahli

1. Prayogi

URL merupakan suatu rangkaian karakter yang dibentuk dan dipakai dengan mengikuti standar aturan tertentu.

Penggunaan URL untuk menunjukkan alamat direktori sebuah dokumen atau file yang terdapat pada halaman website di jaringan internet.

2. Sora N

URL menurut Sora N merupakan serangkaian karakter yang disusun berdasarkan format tertentu untuk menggambarkan alamat suatu sumber daya dokumen (teks, file, dan gambar)  yang terdapat dalam jaringan internet.

3. Anonimous

URL menurut anonimous adalah serangkaian karakter berupa angka, huruf, atau simbol yang dirangkai sedemikan rupa sesuai standar yang sudah ditentukan. Nantinya rangkaian bentuk tersebut akan difungsikan sebagai petunjuk alamat sumber daya dokumen di internet.

Bagian-bagian URL

URL bukan sekadar rangkaian bentuk huruf, angka dan simbol. Tetapi juga terdiri dari bagian-bagian dengan peran dan fungsi yang berbeda.

Bagian URL menjadi salah satu poin penting bagi berlangsungnya fungsi URL itu sendiri, berikut beberapa bagian pentingnya.

1. Protokol

Bagian pertama dari sebuah URL adalah protokol, pada umumnya protokol dikenal dengan sebuah singkatan yakni, http://(HypertextTransferProtokol). Protokol merupakan bagian  terpenting dari adanya sebuah URL.

Fungsi yang dimiliki protokol secara garis besar adalah memberi kemudahan bagi para pembaca untuk melakukan klik tautan yang dimaksud. Kemudahan tersebut tanpa harus melakukan copy paste pada browser yang digunakan.

2. Nama Host Komputer

Bagian terpenting kedua pada alamat URL adalah nama host komputer, pada umumnya nama host ini disebut dengan World Wide Web (WWW). Meski terbilang penting, bagian ini ternyata bisa digunakan maupun tidak digunakan.

Sehingga pada pengguna ketika akan mengunjungi sebuah website, bisa dengan menggunakan WWW atau tanpa menggunakan WWW. Seiring kemajuan teknologi, kemudahan  berselancar di internet banyak didapat oleh para pengguna.

3. Domain

Domain adalah nama situs atau website yang dimaksud, seperti Google.com, Facebook.com dan lain sebagainya. Domain dibagi menjadi dua, yakni domain yang berbayar dan domain gratis.

Domain perlu dimiliki oleh para pengelola situs, karena hal inilah yang nantinya digunakan ketika berada di jaringan internet. Domain yang berbayar beberapa diantaranya, .com, .net, dan .info. Sementara itu, domain yang gratis misalnya seperti blogger.com.

4. Directory

Directory merupakan sebuah label atau juga disebut dengan kategori yang terdapat di dalam website. Bagian penting yang satu ini biasanya diletakkan di samping domain, misalnya http://namadomain.com/url-direktori/.

5. Scheme

Scheme merupakan bagian yang mengawali sebuah URL, Scheme digunakan sebagai petunjuk secara spesifik yang dilakukan dengan menggunakan website.

Scheme paling umum digunakan pada saat ini adalah HTTPS atau Hypertext Transfer Protocol Secure. HTTPS merupakan protokol yang dipakai untuk mengacak data pribadi seperti password atau informasi lain.

Penggunaan HTTPS bisa membantu menaikkan reputasi dari website yang Anda kelola di mata mesin pencari.

Seperti misalnya Google, halaman situs dengan menggunakan HTTPS diklaim paling aman digunakan oleh para pengelola website.

6. Subdomain

Subdomain merupakan bagian dari domain, namun berdiri secara sendiri. Bisa dikatakan subdomain merupakan anak dari domain utama.

Meski secara tempat terpisah dari domain utama, tetapi dalam fungsinya tidak dapat dipisahkan dengan domain utama.

Terdapat dua hal penting yang harus dipahami mengenai subdomain. Pertama, subdomain digunakan untuk melakukan staging hingga testing dari sebuah halaman web. Fungsinya memudahkan para pengguna dalam mencari tracking.

Kedua, subdomain dipakai sebagai alat pemisah antara website dan kategori. Membuat kategori dalam wujud subdomain terbilang lebih mudah, efektif dan estetis.

Hal tersebut bertujuan agar alamat website tidak terlalu panjang.

Macam-macam URL

Salah satu peran penting dari URL untuk dunia jaringan internet adalah membantu para pengguna dalam menemukan lokasi sumber penyimpanan dokumen atau file tersebut. Terdapat beberapa jenis  URL, berikut pengertiannya.

1. URL Absolut

Yang dimaksud dengan URL absolut adalah URL dengan alamat yang telah disertai dengan domain dan juga lokasi dokumen. Format pada URL absolut pada umumnya menggunakan domain direktori dari dokumen atau file tersebut.

Terdapat beberapa contoh orisinal, seperti http://mysite.example.com/var1.html, atau juga dapat menggunakan variasi kedua yakni http:/mysite.example.com/var2.html. Selain itu, Anda juga dapat menyelipkan gambar di dalam alamatnya.

2. URL Relatif

Pengertian dari URL Relatif yakni alamat yang digunakan berdasarkan alamat aktif pada saat itu juga. Memiliki susunan yang tidak baku dan pada umumnya hanya merujuk pada satu file atau dokumen yang sedang dibuka pada saat itu juga.

Terdapat beberapa contoh orisinal, seperti http://var1.html dan http://var2.html. Sama seperti dengan yang absolut, alamat pada URL relative dapat disematkan gambar yang merujuk pada dokumen terkait.

Fungsi URL

Fungsi yang dimiliki URL tidak hanya sebagai identifikasi alamat situs atau web, fungsi secara umum adalah digunakan untuk memindahkan pengguna dari halaman satu ke halaman lain dengan pemakaian media hyperlink. Berikut ini beberapa fungsi penting yang menjadi peran URL selengkapnya.

  • URL mampu digunakan sebagai penamaan file yang disimpan di dalam website.
  • URL mampu digunakan untuk melakukan identifikasi dokumen, gambar dan file dengan bentuk lain.
  • URL mampu digunakan sebagai pemberi alamat dalam setiap web dengan isi sebuah dokumen.
  • URL mampu digunakan sebagai alat untuk mempermudah pengguna dalam mengingat alamat dokumen yang pernah diakses sebelumnya.

Sejarah URL (Uniform Resource Locator)

Tim Berners Lee menjadi orang pertama yang menemukan adanya URL di tahun 1991. Sejak pertama kali ditemukan, URL difungsikan untuk membantu para penulis dokumen. Fungsi vitalnya adalah memberikan referensi pranala ke World Wide Web (WWW).

Beranjak dari tahun 1991, URL mulai dikembangkan dengan berbagai peningkatan ketika memasuki tahun 1994. Lebih tepatnya, URL dikembangkan menjadi URI atau Uniform Resource Identifier. Berbeda dengan URL, URI memiliki sifat lebih umum.

Pengertian URL perlu dipahami sebelum Anda terjun dan mengelola sebuah halaman situs atau website. Nantinya, URL sangat berpengaruh pada keberlangsungan kehidupan website yang Anda kelola, sesuai dengan tujuan awal.

                                     
           

Apa itu Google AdMob?

Deskripsi: Mengenal Google AdMob, fungsi, fitur dan cara kerjanya....
Hans
2 min read

Apa itu Chatbot?

Deskripsi: Pengertian Chatbot, fungsi dan keunggulannya. Kemajuan teknologi yang...
Hans
2 min read

SSH (Secure Shell Connection)

Deskripsi: pengertian SSH, fungsi, cara kerja dan manfaatnya. Apa...
Hans
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *