Pengertian Website

3 min read

Deskripsi: Pengertian Website: Sejarah, Definisi, Jenis, Manfaat dan Unsur Webite.


Di era kemajuan zaman dan kecanggihan teknologi, istilah website sudah banyak dikenal masyarakat luas. Namun lebih dari itu, sebenarnya apa yang dimaksud dengan pengertian website?

Apakah yang menjadi fungsi utama dari website beserta dengan kelebihannya? Serta apa saja manfaat yang diberikan?

Melalui adanya website atau halaman situs yang terdapat di internet, kemudahan dalam mendapatkan informasi telah banyak dirasakan oleh masyarakat di seluruh dunia.

Sumber yang tersedia tidak terbatas, karena akan ada lebih dari jutaan sumber mengenai informasi yang dicari.

Meskipun pada umumnya masyarakat sudah terbiasa berinteraksi dengan website atau halaman sebuah situs di internet setiap harinya.

Namun, bisa jadi banyak dari Anda yang belum mengetahui apa itu yang dimaksud dengan website serta jenis beserta manfaat yang dimiliki oleh website yang terdapat di internet.

Berikut penjelesan mengenai website agar Anda lebih memahaminya.

Apa itu Website
apa itu website, via canva.com

Pengertian Website

Website adalah suatu dokumen dengan sekumpulan halaman situs atau web yang saling terhubung. Website berisi berbagai jenis informasi dengan beberapa bentuk seperti teks, suara, gambar, video dan lain sebagainya. Semua data yang terdapat di dalam halaman website tersimpan pada server hosting.

Bagi masyarkat luas yang ingin masuk atau membuka sebuah halaman website, maka harus menggunakan perangkat seperti komputer, laptop hingga smartphone.

Pastikan perangkat yang digunakan tersebut sudah terkoneksi dengan internet atau intranet. Hal tersebut agar Anda dapat terhubung pada halaman website/web atau halaman situs yang pada umumnya berbentuk dokumen.

Dokumen untuk halaman website ini tampil dalam format Hyper Text Markup Language (HTML), untuk mengakses halaman ini Anda dapat menggunakan HTTP atau HTTPS.

Bentuknya berupa protokol yang memiliki fungsi untuk menyampaikan berbagai informasi melalui server website yang nantinya ditampilkan kepada para user atau pemakai web browser.

Website yang memiliki alamat URL spesifik dinamakan dengan domain, misalnya seperti Google.com, Facebook.com dan lain sebagainya.

Halaman website atau situs bisa Anda akses menggunakan browser dengan koneksi internet. Meskipun, perlu diketahui bahwa terdapat beberapa web yang hanya diakses memakai jaringan LAN atau lokal.

Sejarah Singkat Website

Pertama kali website muncul adalah pada akhir tahun 1980an, dibuat oleh Tim Berners-Lee namun baru resmi online di tahun 1991.

Halaman web bisa dimiliki oleh individu, organisasi hingga sebuah perusahaan. Umumnya, halaman sebuah situs berisi mengenai informasi satu topik tertentu dengan penjelasan yang berbeda.

Pengertian Website Menurut Para Ahli

Dalam mencari pemahaman yang lebih mengenai website terdapat beberapa rujukan berupa pendapat para ahli mengenai pengertian dari website.

Pada umumnya penjelasan para ahli ini hampir sama, namun tetap memiliki perbedaan. Berikut beberapa pendapat ahli menenai pengertian website.

1. Sibero

Sibero menyebutkan bahwa yang dimaksud dengan website adalah sistem yang berkaitan dengan dokumen yang terdapat di dalam jaringan internet untuk digunakan sebagai media dalam menampilkan informasi berupa teks, gambar, multimedia, dan lain sebagainya.

2. Hidayat

Website merupakan keseluruhan halaman pada web yang terdapat dalam sebuah domain berisi informasi. Pada halaman website ini pada umumnya dibangun dengan banyak halaman web yang saling berhubungan.

3. Yuhefizar

Menurut Yuhefizar yang dimaksud dengan website adalah keseluruhan halaman yang berisi mengenai informasi mengenai sesuatu dan terdapat dalam sebuah domain.

Selain itu, Yuhefizar juga menyebut website dibangun atas banyak halaman yang saling terkait satu sama lain.

4. Gregorius

Pengertian website menurut Gregorius adalah sekumpulan halaman web yang saling berkaitan atau terhubung dengan file saling terikat. Web terdiri dari halaman dan kumpulan halaman yang diberi nama homepage.

Jenis Website

1. Website Statis

Website statis merupakan halaman web yang memiliki tampilan tidak berubah-ubah alias statis.

Bila pemilik website ingin mengubah tampilan maka harus melalui proses perubahan dengan cara manual, yakni dengan mengedit kode struktur website.

Website ini memiliki lima macam halaman utama dalam menjelaskan informasi mengenai isi halaman tersebut.

Selain itu, jenis yang satu ini pada umumnya tidak memungkinkan para pengguna berinteraksi dengan pengelola website.

2. Website Dinamis

Website dinamis merupakan jenis website yang dirancang secara khusus untuk menampilkan pembaruan konten secepat dan sesering mungkin.

Website ini mampu disesuaikan dengan kebutuhan, baik dari sisi tampilan maupun fiturnya.

Website dinamis seringkali dibentuk sesuai dengan konsep visual disertai kemampuan interaksi dari para penggunanya.

Terdapat beberapa fitur khusus yang tersemat di dalam website ini, seperti kolom komentar, fitur live chatting dan lain sebagainya.

3. Website Interaktif

Website interaktif merupakan sebuah website yang tercipta dengan fungsi untuk digunakan sebagai alat interaksi antara orang satu dengan orang lainnya secara online.

Pada umumnya website jenis ini dipakai komunitas

Manfaat Website

Halaman sebuah situs atau website tentunya memiliki manfaat yang dimiliki sebagai salah satu hal wajib yang harus ada.

Manfaat paling utama adalah memberikan informasi dengan lebih cepat kepada masyarakat luas. Internet dan halaman web memiliki peran penting dalam proses menyebar atau bertukarnya informasi.

Perturkaran atau penyebaran informasi ini bisa terjadi secara lokal yakni dalam lingkup negara pembuat website itu berada, hingga internasional yang mencakup antar negara di seluruh belahan dunia.

Berikut ini beberapa manfaat yang dimiliki oleh website secara umum.

  1. Digunakan sebagai sarana penyebaran informasi yang lebih mudah dan cepat.
  2. Digunakan untuk memberi kemudahan pada beberapa kegiatan tertentu, seperti pemasaran dan promosi bisnis.
  3. Digunakan sebagai sarana berkomunikasi banyak orang di berbagai belahan dunia dalam waktu bersamaan.
  4. Digunakan sebagai sarana edukasi dan hiburan bagi masyarakat.

Unsur-unsur Website

1. Nama Domain

Sebuah website memerlukan nama yang unik, fungsinya sebagai alat identifikasi nama server komputer yang terdapat di internet.

Setiap website memiliki domain yang berbdea, salah satunya seperti Google.com. Facebook.com dan lain sebagainya.

Sebuah domain bisa didapatkan dengan menyewa dari perusahaan pengelola domain internet atau biasa disebut dengan registrar.

Berikut beberapa jenis perusahaan penyedia sewa domain internet, Godaddy.com, Namecheap.com, Name.com dan lain sebagainya.

2. Web Hosting

Web hosting digunakan sebagai tempat atau lokasi yang berfungsi sebagai penyimpanan database di antaranya seperti teks, suara, gambar, video dan lain sebagainya.

Pada umumnya, para penyedia jasa sewa layanan internet juga menyediakan sumber daya server-server tersebut.

3. Konten Website

Konten website adalah salah satu komponen sangat penting dari keberadaan website tersebut di internet. Tanpa adanya konten, website tidak ada gunannya dan tidak berfungsi dengan semestinya.

Konten merupakan pokok dari adanya sebuah halaman situs tersebut.

Konten website yang ada atau yang dibuat oleh pemilik website berisi mengenai artikel informasi yang ingin dibagikan.

Hal tersebut termasuk di dalamnya berupa gambar yang sesuai dengan tema atau topik dari halaman situs tersebut.

Penjelasan singkat di atas merupakan pengertian website disertai dengan unsur, manfaat dan juga jenis-jenis website yang ada dengan peruntukkannya. Halaman sebuah situs di internet tersebar hingga jutaan, karena memang fungsinya yang sangat membantu banyak orang.

                                     
           

Apa itu Google AdMob?

Deskripsi: Mengenal Google AdMob, fungsi, fitur dan cara kerjanya....
Hans
2 min read

Apa itu Chatbot?

Deskripsi: Pengertian Chatbot, fungsi dan keunggulannya. Kemajuan teknologi yang...
Hans
2 min read

SSH (Secure Shell Connection)

Deskripsi: pengertian SSH, fungsi, cara kerja dan manfaatnya. Apa...
Hans
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *