Perangkat Input dan Output

4 min read

Perangkat input dan output merupakan bagian dari sistem microprocessor dan memiliki fungsi yang sama pentingnya dalam sebuah komputer. Bisa dikatakan tanpa kedua perangkat tersebut, komputer tidak akan bekerja.

Apabila processor adalah otak dari komputer, maka kedua perangkat ini (input dan output) adalah anggota tubuh dari komputer yang berfungsi untuk mendukung proses olah data (input).

Perangkat input dan output atau sering disebut dengan istilah I/O memiliki tugas yang berbeda, Perangkat input bertugas untuk menerima dan menyalurkan perintah yang masuk dan kemudian akan diproses.

Sedangkan untuk perangkat keluar berfungsi dalam menampilkan hasil proses input. Semakin banyak I/O yang digunakan maka kinerja komputer akan semakin cepat.

Pengertian Input Output
pengertian input output, via canva.com

Pengertian Perangkat I/O

Berikut penjelasan spesifik mengenai Input device dan Output device:

1. Perangkat input :

Perangkat input atau disebut sebagai input device merupakan perangkat masukan dari komputer yang memiliki tugas untuk menerima setiap instruksi yang masuk ke komputer.

Selain menerima data input, perangkat ini juga bertugas dalam menyalurkan data ke microprocessor yang berbentuk signal data input.

Singkatnya, perangkat inpur adalah perangkat untuk mentransfer segala perintah yang akan diproses oleh sistem komputer.

2. Perangkat output

Perangkat output atau disebut juga sebagai output device adalah salah satu komponen komputer yang bertugas untuk menampilkan hasil proses data agar bisa dipahami oleh pengguna. Hasil output dapat berupa gambar, video, teks, atau suara.

Contoh Perangkat I/O

Berikut penjelasan mengenai contoh perangkat I/O agar mudah untuk dipahami, sebagai berikut:

Contoh perangkat input:

1. Keyboard

Keyboard atau papan ketik adalah perangkat input yang sangat penting. Keyboard sama seperti mesin ketik karena memiliki fungsi untuk memasukkan informasi berupa teks, huruf, atau angka dengan cara mengetik.

Untuk itu, keyboard meruapakan perangkat penting dalam komputer, dan apabila komputer tanpa keyboard pasti komputer tidak bisa dijalankan sebagaimana mestinya.

Salah satu keyboard yang paling populer dan paling sering digunakan adalah keyboard QWERTY yang tersusun 1010 tombol.

Keyboard memiliki key yang disusun ke dalam beberapa bagian, antara lain: Alphanumeric Key, Cursor Movement Key, Function Key, Modifier Ker, dan Numerik Keypad

2. Mouse

Mouse berfungsi sebagai alat penunjuk saat mengoperasikan komputer. Mouse yang tergolong dalam input device yang menerima input dengan gerakan, menekan tombol, dan menggulung keatas bawah untuk memilih teks, icon, dan folder tertentu.

Seperti namanya, mouse berbentuk kecil seperti tikus dan sesuai dengan genggaman tangan sehingga nyaman untuk digunakan.

Pada mouse terdapat dua bagian yang bisa di klik dan memiliki fungsi yang berbeda. Klik kanan biasanya digunakan untuk enter atau penunjukan OK atau simbol tertentu.

Sedangkan klik kanan memiliki fungsi untuk menampilkan beberapa menu yang dapat dipilih.

3. Light Pen

Light pen atau pena cahaya adalah alat input untuk layar sentuk yang menggantikan tangan untuk menggambar teknis atau grafis.

Anda dapat menggunakan pen seperti bolpoin biasa, seperti saat anda sedang menulis pada kertas. Light pen merupakan salah satu bentuk inovasi dari perangkat input yang tentunya memudahkan pekerjaan.

Light pen memiliki sensor berupa cahaya, ketika ujung pena digoreskan pada layar komputer akan mengeluarkan sensor cahaya.

Selanjutnya, komputer akan merekam sensor cahaya tersebut sebagai wujud dari data input yang perlu diproses. Layar monito mampu merekam 6 sinyal eletronik per detik pada tiap baris.

4. Joystick

Joystick termasuk komponen input device yang berwujud tongkat yang bisa bergerak ke segala arah.

Umumnya, joystick berbentuk kotak dan dilengkapi dengan tombol untuk mengatur gerak suatu objek dalam sebuah komputer. Tombol pada joystick di asosiasikan dengan keyboard.

Joysitck adalah alat penuding secara tidak langsung. Seperti mouse, joystick juga mengendalikan kursor pada komputer menggunakan gerakan atau tekanan pada tuas.

Joystick juga dimanfaatkan untuk mengontrol sebuah permainan game. Jenis joystick yang sering digunakan oleh para gamer yakni Joystick Logitech Rumble.

5. Touchpad

Touchpad memiliki fungsi sama seperti mouse, tetapi cara kerja keduanya sedikit berbeda. Kebanyakan touchpad digunakan pada laptop sebagai pengganti mouse.

Namun, beberapa komputer juga bisa menggunakan touchpad kabel untuk pekerjaan tertentu.

Touchpad termasuk dalam perangkat input, berbentuk seperti papan dan dilengkapi dengan sensor khusus yang dapat mendeteksi gerakan jari yang nantinya direkam oleh sensor pada touchpad.

Selanjutnya, rekaman tersebut akan diterjemahkan agar bisa dibaca oleh komputer.

6. Scanner

Scanner adalah perangkat input pada komputer yang berfungsi sebagai alat pemindai. Dengan Scanner hamper sama dengan mesin fotokopi yang dapat menduplikat sebuah objek tetapi dalam bentuk digital.

Scanner dilengkapi dengan sensor cahaya yang dapat mendeteksi tulisan atau gambar dari objek scan dan dikirim ke komputer berbentuk digital.

Selain berfungsi untuk menduplikat sebuah objek tertentu, scanner memiliki fungsi lainya yaitu menyalin berkas, mendokumentasikan berkas pentijg, mengelola berkas karena pengelolaan lebih efektif, dan mengamankan berkas karena versi digital lebih aman dan mudah untuk disimpan.

Contoh perangkat output:

Ada berbagai macam kategori dari perangkat output yang memiliki tugas untuk menghasilkan keluaran hasil dari proses data input, antara lain :

1. Monitor

Monitor atau layar tampilan pada komputer. Monitor termasuk kategori perangkat outpu yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil proses data input berupa informasi yang dibutuhkan oleh pengguna.

Pada layar monitor akan ditampilkan hasil berupa teks, gambar, atau video yang bisa dilihat dan diamati oleh user.

Jenis monitor ada 4 macam, yaitu:

  • Monitor CRT (Chatode Ray Tube) yang menggunakan teknologi sinar katoda,
  • Monitor LCD (Liquid Cristal Display) yang menggunakan teknologi pancaran sinar di media cairan kristal,
  • Monitor LED (Light Emiting Diode) menggunakan teknologi diode lampu, dan
  • Monitor Plasma yang menggunakan teknologi gas neon.

2. Printer

Printer merupakan perangkat ouput dimana mampu menampilkan data komputer berupa teks atau gambar dalam bentuk cetakan pada kertas.

Untuk itu, fungsi printer yang utama yaitu sebagai perangkat pencetak data digital yang telah melalui proses komputer.

Dalam perkembangannya, printer bukan hanya untuk mencetak sebuah dokumen melainkan berfungsi sebagai mesin fotokopi hingga untuk scan berkas.

3. Speaker

Speaker adalah perangkat output yang digunakan untuk mengeluarkan hasil berupa audio/suara. Dalam sistem komputer, speaker berfungsi untuk mengubah gelombang listrik menjadi gelombang getaran yang berupa suara/audio.

Speaker dapat dibedakan menjadi 2 kategori yakni speaker aktif dan speaker pasif. Untuk speaker aktif tidak memiliki amplifier (penguat suara) dan level sinyal perlu untuk dikuatkan agar bisa menggerakkan speaker jenis ini.

Sedangkan speaker aktif sudah memiliki amplified dan lebih sering digunakan ketimbang speaker pasif.

4. Proyektor

Proyektor biasanya digunakan ketika acara presentasi atau kegiatan pelatihan. Proyektor dapat membantu dalam menampilkan teks, gambar, atau video pada sebuah layar atau dinding bewarna putih.

Dengan proyektor biasanya ukuran output lebih besar sehingga memudahkan audience untuk melihat dan membacanya.

Adapun fungsi proyekto antara lain: Media informasi yang efektif dan efisien, alat presentasi sehingga penonton mudah paham dan tertarik dengan bahan presentasi, hiburan untuk menonton film dengan ukuran gambar yang lebih besar.

5. Ploter

Ploter semacam printer yang dirancang khusus untuk mencetak gambar atau grafis. Pada ploter terdapat pena-pena tinta yang digunakan untuk menggambar sehingga tampilan gambar atau grafik lebih prima.

Banyak arsitek yang menggunakan ploter untuk mengasilkan rancangan gambar dengan visual efek dari setiap kegiatan.

Baik perangkat input dan output sama-sama memiliki peran yang penting dalam sebuah sistem komputer. Dalam perkembangan teknologi yang semakin canggih, perangkat I/O juga melakukan kemajuan dari segi kualitas sehingga kinerja sebuah komputer semakin cepat dan canggih.

                                     
           

Apa itu Google AdMob?

Deskripsi: Mengenal Google AdMob, fungsi, fitur dan cara kerjanya....
Hans
2 min read

Apa itu Chatbot?

Deskripsi: Pengertian Chatbot, fungsi dan keunggulannya. Kemajuan teknologi yang...
Hans
2 min read

SSH (Secure Shell Connection)

Deskripsi: pengertian SSH, fungsi, cara kerja dan manfaatnya. Apa...
Hans
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *