Search Engine Marketing

2 min read

Deskripsi: Pengertian Search Engine Marketing (SEM), jenis, fungsi dan tujuannya.


Untuk membuat website atau blog mudah ditemukan oleh mesin pencari, maka kita harus mengetahui apa itu SEO.

Selain menggunakan teknik SEO, ternyata ada cara lain yang dapat digunakan untuk membuat web mudah ditemukan oleh mesin pencari lho.

Cara tersebut adalah metode Search Engine Marketing (SEM).

Apa itu SEM dan apa guna Search Engine Marketing? Berikut akan kami ulas selengkapnya untuk Anda.

Search Engine Marketing

Pengertian SEM (Search Engine Marketing)

Search Engine Marketing atau yang sering disingkat SEM merupakan bentuk pemasaran website. Yaitu dengan cara meningkatkan visibilitas website pada mesin pencarian.

Berbeda dengan SEO yang mendatangkan pengunjung tanpa berbayar. Maka SEM ini dilakukan dengan cara menggunakan iklan berbayar yang ada pada mesin pencari.

Metode tersebut sering dikenal dengan istilah membeli traffic. Anda dapat melakukan bidding terhadap kata kunci yang diinginkan.

Dengan harapan bahwa setiap orang yang mencari menggunakan kata kunci tersebut, maka mesin pencari akan menampilkan hasil dari pencarian berbayar.

Bagaimana Cara Kerja SEM (Search Engine Marketing)?

Cara kerja Search Engine Marketing menggunakan algoritma pencarian yang rumit. Untuk mendapatkan hasil yang relevan pada mesin pencari dengan metode organik, ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi.

Namun, apabila Anda menggunakan SEM, iklan Anda akan muncul di bagian samping dan atas halaman hasil mesin pencari.

Sehingga akan mendapatkan lebih banyak visibilitas dibandingkan hanya dengan menggunakan sistem organik atau mengandalkan SEO saja.

Untuk menjalankan SEM, Anda perlu mengeluarkan biaya. Pada umumnya, mesin pencari menggunakan metode pay per click (PPL). Jadi, pembayaran dilakukan untuk sejumlah klik yang didapatkan.

Contoh Search Engine

Setelah mengetahui mengenai apa itu Search Engine Marketing, maka selanjutnya kita akan membahas mengenai contoh Search Engine untuk Marketing.

Penggunaan SEM yang berikut ini merupakan beberapa contoh yang banyak digunakan oleh pengguna internet di Indonesia. Diantaranya adalah seperti berikut ini:

1. Google

Google menjadi salah satu yang dapat dimanfaatkan untuk SEM. Siapa yang tidak mengenal mesin pencari Google? Media tersebut bisa dibilang sebagai media search engine terbesar yang paling populer.

Search engine yang diberikan oleh Google menjadi yang paling relevan dibandingkan dengan mesin pencari yang lainnya. Inilah yang membuat Google lebih dipercaya oleh sebagian besar pengguna internet di dunia.

2. Bing

Bing merupakan salah satu contoh Search Engine yang dapat dijadikan sebagai alternatif Google.  Bing menjadi produk yang diluncurkan oleh Microsoft sebagai pengganti Google untuk pengembangan SEM.

Ada banyak sekali kelebihan yang diberikan Bing. Antara lain interface yang dapat diubah sendiri oleh pengguna, memiliki fitur reading mode, memiliki potensi pasar yang sangat bagus dan lain sebagainya.

3. Baidu

Baidu merupakan SE dari China yang produk dan langganannya hampir menyerupai Google. Di negara asalnya, Baidu merupakan search engine yang cukup populer dan banyak digunakan.

Namun di Indonesia sendiri kepopuleran Baidu masih cukup rendah. Baidu menyediakan fasilitas pencarian seperti video, website, gambar dan lain sebagainya dalam bahasa Mandarin.

4. DuckDuckGo

DuckDuckGo juga merupakan media yang sering digunakan untuk SEM.

DuckDuckGo memiliki banyak sekali kelebihan seperti diantaranya memiliki interface yang baik, tidak memiliki banyak iklan, serta tidak dapat melacak identitas penggunaannya.

Keuntungan Menggunakan Search Engine Marketing

Manfaat Search Engine Marketing sangat banyak. Meskipun sekilas SEO lebih menguntungkan karena tidak berbayar.

Namun penggunaan SEM untuk meningkatkan traffic website juga perlu dipertimbangkan lho.

Apa guna Search Engine Marketing? Mari bahas ulasan di bawah ini:

1. Tidak Membutuhkan Banyak Biaya Untuk Memulainya

Meskipun harus mengeluarkan biaya di awal, namun biayanya juga tergolong tidak terlalu banyak.

Anda dapat menentukan sendiri seberapa besar biaya yang ingin dikeluarkan untuk SEM.

Jadi, bisa disesuaikan dengan kemampuan Anda pada saat itu.

2. Menentukan Target Audiens

Dengan SEM, Anda dapat menentukan target audiens dengan lebih spesifik. Jadi, Anda dapat menentukan karakteristik pengguna yang dapat melihat iklan tersebut.

Mulai dari batasan usia, jenis kelamin, ketertarikan, atau bahkan lokasi. Beragam kriteria tersebut dapat ditentukan sendiri jika menggunakan SEM.

3. Meningkatkan Conversion

Search Engine Marketing dapat digunakan untuk meningkatkan rate conversion website. Jadi Anda dapat memanfaatkannya untuk keyword dengan search intent pembelian.

4. Hasil Lebih Cepat Dari SEO

Menggunakan SEM juga dapat memberikan hasil yang lebih cepat dibandingkan menggunakan metode SEO.

Apabila Anda pemula dalam dunia website atau blog, maka menggunakan SEM lebih disarankan karena akan memberikan hasil yang relatif lebih cepat.

Dengan demikian, maka web Anda juga dapat lebih cepat terdeteksi oleh mesin pencarian dibandingkan dengan menggunakan cara-cara organik.

Kesimpulan

Search Engine Marketing merupakan metode pemasaran yang berfungsi untuk meningkatkan traffic blog atau website dengan cepat.

Meskipun SEM merupakan metode berbayar, namun hasilnya jauh lebih cepat untuk meningkatkan traffic website Anda. Ini tentu saja sangat menarik untuk dicoba, bukan?

Semoga ulasan mengenai pengertian Search Engine Marketing, cara kerja, contoh, serta fungsinya cukup membantu. Selamat mencoba SEM dan banjir traffic!

                                    
           

Inspirasi Desain Website

Deskripsi: Inspirasi desain website, referensi website yang layak dijadikan...
Hans
3 min read

Apa itu Trello?

Deskripsi: Pengertian Trello, fungsi dan cara kerjanya. Apakah Anda...
Hans
2 min read

Cara Membuat Stiker WA

Deskripsi: Chattingan makin seru, berikut cara membuat stiker WA...
Hans
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *