Urutan Planet dalam Tata Surya

2 min read

Deskripsi: Urutan Planet dalam Tata Surya Beserta Penjelasannya.


Planet merupakan salah satu benda langit yang berada di dalam sistem tata surya. Planet-planet tersebut seringkali diurutkan berdasarkan jarak terdekatnya dengan matahari.

Kali ini kami akan mengupas delapan planet sesuai dengan urutannya. Bukan hanya itu saja, kami juga akan memberikan ulasan singkat mengenai masing – masing planet.

Pastikan Anda tidak melewatkan informasi menarik di bawah ini, ya?

tata surya

Urutan Planet dalam Tata Surya

Sebetulnya, planet-planet di tata surya dapat diurutkan berdasarkan ukuran, volume, massa, atau karakteristik lainnya. Namun, akan lebih mudah jika mengurutkannya sesuai dengan jarak terdekat dari Matahari.

Berikut ini urutan planet dalam tata surya lengkap dengan penjelasannya:

1. Merkurius

Merkurius merupakan planet tata surya yang memiliki jarak terdekat dengan Matahari, hanya 57,9 juta kilometer.

Planet memiliki massa sekitar 3,285 × 1023 kg atau setara dengan 0,055 massa Bumi, sehingga juga menjadi planet terkecil di tata surya. Merkurius menjadi salah satu planet yang tidak memiliki satelit alami.

2. Venus

Sama halnya dengan Merkurius, Venus juga menjadi planet yang tidak memiliki satelit. Jarak Venus terhadap Matahari berada sekitar 108 juta kilometer.

Meskipun memiliki jarak terdekat kedua dari matahari, ternyata Venus lebih panas dibandingkan dengan Merkuris dan menjadikannya sebagai planet terpanas di tata surya.

Suhu permukaan Venus bisa mencapai 400 ᵒC. Dengan suhu seperti ini tentu saja tidak cukup layak ditinggali oleh makhluk hidup, ya?

3. Bumi

Planet terdekat ketiga dari Matahari yakni Bumi. Planet ini menjadi satu-satunya planet yang memiliki penghuni.

Hal ini tidak lepas dari pengaruh komposisi atmosfernya yang tersusun atas berbagai unsur seperti nitrogem, oksigen, argon, dan gas-gas lain.

Oksigen digunakan makhluk hidup di Bumi untuk bernafas. Planet Bumi hanya memiliki satu satelit yakni Bulan.

4. Mars

Berdasarkan urutan planet dalam tata surya, Mars merupakan planet keempat dengan jarak ke Matahari sekitar 227,9 × 106 km.

Ukuran planet ini lebih kecil dibandingkan Venus dan Bumi. Mars memiliki atmosfer tipis dengan unsur utamanya berupa karbon dioksida.

Sama halnya Bumi, permukaan Mars juga mengalami aktivitas geologis yang dipengaruhi oleh keberadaan berbagai gunung api raksasa, salah satunya Olympus Mons.

Mars tampak berwarna merah akibat kandungan tanah yang kaya akan besi. Satelit alami Mars bernama Phobos dan Deimos.

5. Jupiter

Jupiter merupakan planet terbesar dalam tata surya dengan diameter berukuran 139.820 km dan massa sekitar 1,898 × 1027 kg atau setara dengan 317,8 massa Bumi.

Kandungan utama planet ini berupa hidrogen dan helium, sehingga juga disebut “raksasa gas”. Karakteristik yang menonjol dari Jupiter yakni adanya bintik merah raksasa.

Planet ini memiliki 63 satelit, 4 di antaranya merupakan satelit terbesar, bernama Europa, Callisto, Io, dan Ganymede.

6. Saturnus

Saturnus menduduki urutan ke-enam planet terdekat dengan matahari dengan jarak 1.430 juta km dan merupakan planet yang unik di antara planet-planet lain di tata surya.

Keunikan Saturnus terlihat dari adanya sistem cincin yang sangat menonjol dibandingkan dengan planet luar lainnya. Saturnus memiliki 60 satelit alami, dua di antaranya ialah Enceladus dan Titan.

7. Uranus

Posisi Uranus berposisi sangat jauh dari matahari, sekitar 2.880 juta km. Massa Uranus berukuran 14 kali massa Bumi. Dibandingkan planet-planet luar lainnya, Uranus merupakan yang paling ringan.

Keunikan planet Uranus yakni pergerakan rotasi yang tampak seperti bola yang menggelinding. Ini karena kemiringan rotasinya yang mencapai 97,77ᵒ. Planet ini memiliki 27 satelit alami, lima diantaranya ialah Miranda, Titania, Oberon, Ariel, dan Umbriel.

8. Neptunus

Lebih jauh dari Uranus, Neptunus adalah planet dengan jarak terjauh dari matahari, sekitar 4.500 juta km. Planet Neptunus juga disebut “raksasa es”, karena kandungan “es” nya yang cukup tinggi.

Planet ini memiliki suhu yang sangat rendah mencapai -218 ᵒC. Neptunus mempunyai 13 satelit alami dengan Triton sebagai satelit terbesarnya.

Kesimpulan

Setiap planet ternyata mempunyai ciri fisik dan karakteristik yang unik. Artinya tidak ada yang sama persis antara satu planet dengan planet lainnya. Tentu saja ini merupakan bagian dari keseimbangan alam semesta, ya?

Lalu mengapa urutan planet ini dihitung dari jaraknya dari pusat tata surya (Matahari)? Tentunya jarak planet ke matahari akan berpengaruh terhadap keadaan sebuat planet, salah satunya ialah kala revolusi.

Sampai disini, sudah bisa dipahami penjelasan mengenai urutan planet dalam tata surya di atas? Semoga cukup mudah dicerna sebagai bahan belajar Anda, ya?

                                     
           

Pasang Surut Air Laut

Deskripsi: Pengertian pasang surut air laut, dan faktor penyebabnya....
Hairo
1 min read

Fase-Fase Bulan

Deskripsi: Mengenal fase-fase Bulan dan penjelasanya. Pernahkah Anda mengamati...
Hairo
2 min read

Umbra dan Penumbra

Deskripsi: Pengertian Umbra dan Penumbra serta pengaruhnya terhadap Bumi....
Hairo
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *