Pengertian Teknologi Informasi

3 min read

Teknologi informasi tidak bisa terlepas dari kehidupan sekarang ini. Semakin berkembangnya zaman, semakin pesat pula perkembangan tekonologi informasi.

Pada umumnya pengertian teknologi informasi adalah sebuah perancangan, penerapan, pengembangan, sistem informasi menggunakan komputer.

Perkembangan teknologi informasi juga bisa dikatakan untuk meningkatkan kualitas informasi ke masyarakat dengan cepat dan berkualitas melalui seperangkat yang terdiri atas software dan hardware.

Oleh sebab itu teknologi informasi sangat berperan penting bagi kehidupan masyarakat.

Pengertian Teknologi Informasi
pengertian teknologi informasi, via canva.com

Teknologi Informasi Menurut Ahli

Agar dapat memahami teknologi informasi secara lebih luas, bisa Anda simak penjelasan menurut beberapa ahli, di antaranya sebagai berikut.

1. Williams dan Sawyer (2003)

Menurut Williams dan Sawyer menjelaskan bahwa teknologi ialah sebuah gabungan dari satu komputer dengan jaringan yang mempunyai performa cukup tinggi dan dapat membawa semua data baik dalam bentuk gambar atau video.

2. Mc Kewon (2001)

Mc Keown menjelaskan pengertian teknologi informasi sebagai sebuah teknologi yang dapat digunakan untuk mengolah, mewujudkan, mengubah, menyimpan dan menyebarluaskan informasi dalam segala bentuk.

3. Haag dan Keen (1996)

Haag dan Keen menjelaskan teknologi informasi ialah satu paket alat guna membantu dan melaksanakan sebuah pekerjaan dengan basis informasi serta berhubungan dengan pemrosesan informasi.

4. Martin (1999)

Martin memaparkan pengertian teknologi informasi bukan hanya sebatas pada perangkat keras dan lunak  yang dipakai untuk memproses dan menyimpan informasi, namun juga melingkupi pendistribusian informasi melalui teknologi.

5. Asosiasi Tekonologi Informasi Amerika (ITAA)

Dari sudut pandang asosiasi ini, pengertian teknologi informasi merupakan sebuah cara dalam pengolahan, penyimpanan dan persebaran informasi yang berupa gambar, ucapan, naskah dan numerik melalui mikro elektronika berbasis gabungan antara telekomunikasi dan komputasi.

Dari beberapa pengertian di atas, menunjukan teknologi informasi merupakan sebuah alat atau perangkat guna memudahkan mengolah informasi. Selain itu teknologi juga mempunyai tujuan lain yang berguna bagi masyarakat.

Tujuan Teknologi Informasi

Secara umum, tujuan dari teknologi iInformasi adalah untuk membantu menyelesaikan sebuah masalah dalam pekerjaan yang dihadapi. Namun masih ada tujuan lain dari munculnya teknologi informasi yakni sebagai berikut.

1. Menambah Kreativitas

Teknologi informasi beperan penting dalam kreatifitas sebab dengan adanya hal tersebut inspirasi dapat tersebar secara luas dan mudah. Orang menjadi mudah mendapatkan inspirasi dalam bekerja.

2. Efektivitas dan Efisiensi

Tujuan lain dari teknologi informasi adalah meningkatkan efektivitas dan efisien dalam melaksanakan dan menyelesaikan sebuah pekerjaan. Sehingga hasil kerja lebih maksimal dan dapat berguna lebih bagi masyarakat luas.

Fungsi Teknologi Informasi

Teknologi informasi juga memiki fungsi yang dapat dimanfaatkan guna kepentingan kerja dan bermasyarakat. Fungsi teknologi informasi di antaranya sebagai berikut.

1. Fungsi Penangkap (Capture)

Teknologi informasi berfungsi sebagai penangkap, wadah, dan pengolah rincian secara detail dari berbagai sumber yang tersedia. Sebagai contoh menerima data yang masuk dari sebuah keyboard, scanner, mic, dan lainnya.

2. Fungsi Pengolah (Processing)

Yang kedua berfungsi sebagai tempat pengolahan dan proses dari sebuah data yang diterima untuk menjadi sebuah informasi. Pengolahan tersebut dapat berupa pengubahan data dari satu bentuk ke bentuk lain, analisis, serta perhitungan.

3. Fungsi Menghasilkan (Generating)

Fungsi dari teknologi informasi ini sebagai tempat menghasilkan atau pengorganisir sebuah informasi ke dalam bentuk lain yang mempunyai karakteristik berbeda sesuai kebutuhan. Sebagai contoh sebuah laporan dalam bentuk tulisan, tabel, atau bagan.

4. Fungsi Penyimpan (Storage)

Fungsi teknologi informasi yang tidak kalah penting adah sebagai sarana penyimpanan. Bukan hanya itu, teknologi informasi juga dapat difungsikan sebagai teknologi perekam data dan informasi dalam suatu media. Misalnya sebuah flashdisc, harddisk, tape recorder, dan sebagainya.

5. Fungsi Pencari Kembali (Retrifal)

Fungsi teknologi informasi ini untuk mencari serta mendapatkan kembali sebuah informasi atau menyalin data informasi yang sudah tersimpan dalam jangka waktu yang cukup lama. Misalnya mencari konsumen yang sudah melakukan pelunasan.

6. Fungsi Transmisi (Transmission)

Fungsi transmisi teknologi informasi ini maksudnya adalah sebagai media pendistribusian data dan informasi dari satu tempat ke tempat lain dengan memanfaatkan jaringan komputer. Misalnya mengirimkan data permintaan barang dari konsumen.

Peranan Teknologi Informasi

Sudah sepantanyas sebuah teknologi memegang peranan penting dalam kehidupan. Sebagai contoh peranan teknologi informasi yang memang sangat dibutuhkan, terutama dalam bidang bisnis.

Di bawah ini merupakan peran penting dari teknologi informasi, yaitu sebagai berikut.

1. Memudahkan Komunikasi

Salah satu peranan yang cukup penting dalam dunia bisnis ada pada komunikasi. Dengan adanya teknologi informasi, komunikasi dalam dunia bisnis menjadi lebih mudah dan cepat. Sehingga kegiatan bisnis bisa cepat terselesaikan dan semakin berkembang.

Sebagai contoh peranan ini ada pada email. Surat elekronik atau email merupakan teknologi informasi yang sudah wajib sebagai salah satu alat komunikasi. Dalam dunia bisnis, surat elektronik ini dipakai untuk komunikasi antar karyawan, atasan dan pelanggan.

Sesuai fungsinya, penggunaan dari email yang mudah menjadikan komunikasi dalam bisnis lebih efisien dan efektif. Semakin berkembangnya teknologi, kemudian munculah teknologi informasi lain yang bisa membuat lebih mudah, sebagai contoh chatting di aplikasi whatsapp, Line, atau semacamnya.

2. Manajemen Database

Sesuai dengan fungsi dari teknologi informasi yang sudah diulas di atas, salah satu peranan yang cukup penting adalah sebagai sarana untuk pengarsipan dokumen. Melalui teknologi informasi, sebuah perusahaan dapat memiliki database segala hal, terutama dalam dunia bisnis.

Hal tersebut juga akan memberikan dampak lain yakni tidak dibutuhkannya lagi lemari-lemari besar tempat menyimpan arsip-arsip. Cukup dengan penyimpanan digital seperi hardisk dengan kapasitas besar semua bisa tesimpan dengan aman.

3. Manajemen Sistem Informasi

Peranan lain dari teknologi informasi dalam dunia bisnis terutama perusahaan adalah manajemen sistem informasi. Dengan adanya teknologi semacam ini, perusahaan dapat melacak data penjualan, biaya dan tingkat produktivitas secara mudah.

Dengan adanya sistem informasi yang jelas, juga dapat mempermudah perusahaan dalam mengawasi keuntungan dari waktu ke waktu. Kemudian dapat meneliti untuk dikembangkan pada bidang yang memerlukan perbaikan.

Baca juga: Manfaat Internet dalam Berbagai Bidang

4. Customer Relationship Management (CRM)

Peran dari terknologi informasi selanjutnya adalah sebagai menajemen hubungan customer, atau yang sering disebut CRM. Dalam perencanaaan dan pengelolaan hubungan dengan pelanggan, akan dimudahkan melalui teknologi satu ini.

Dengan adanya CRM dapat meyimpan setiap data riwayat hubungan antara perusahaan dengan pelanggan, sehingga jika memerlukan data pelanggan mendadak, maka sudah terekam dengan baik pada sistem tersebut. Peningkatan kepuasan pelanggan juga bisa berdampak karena adanya pelayanan yang cepat dari perusahaan.

5. Dapat Berjalan 24 jam Penuh

Peranan teknologi informasi yang dapat diandalkan adalah mampu menjalankan bisnis selama 24 jam full dalam sehari. Dengan adanya teknologi informasi maka bisnis yang Anda jalankan tidak terbatas ruang dan waktu. Semua bisa diawasi melalui teknologi yang dibuat sedemikan rupa.

Untuk pemesanan sebuah produk bisa dilakukan selama 24 jam atau kapan konsumen inginkan.  Hal tersebut berkaitan dengan persaingan bisnis di bidang pelayanan yang Anda berikan semakin mudah dikenal masyarakat dan akan berkaitan dengan perkembangan teknologi informasi.

Baca juga: Tips dan Pertimbangan sebelum pasang Internet

                                     
           

Apa itu Google AdMob?

Deskripsi: Mengenal Google AdMob, fungsi, fitur dan cara kerjanya....
Hans
2 min read

Apa itu Chatbot?

Deskripsi: Pengertian Chatbot, fungsi dan keunggulannya. Kemajuan teknologi yang...
Hans
2 min read

SSH (Secure Shell Connection)

Deskripsi: pengertian SSH, fungsi, cara kerja dan manfaatnya. Apa...
Hans
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *