Wawasan Nusantara

3 min read

Deskripsi: Pengertian wawasan Nusantara, asas-asas, dan fungsi wawasan Nusantara.


Sebagai warga Negara Indonesia yang mencintai tanah airnya,  memiliki wawasan nusantara adalah sesuatu yang sangat diperlukan.

Wawasan nusantara sendiri merupakan paradigma yang dimiliki oleh warga negara dalam memandang negeri ini.

Tidak mungkin seorang penduduk tidak mengetahui informasi yang berkaitan dengan tanah airnya sendiri, bukan?

Oleh sebab itu, wajib kiranya bagi semua warga negara untuk mempunyai wawasan nusantara, entah itu secara umum maupun khusus.

pengertian wawasan nusantara
pengertian wawasan nusantara

Pengertian Wawasan Nusantara

Sebenarnya, dilihat secara istilah, pengertian dari wawasan nusantara adalah bagaimana Anda memandang dan mengetahui segala hal tentang negeri ini.

Wawasan sendiri berasal dari kata wawas yang mempunyai makna cara pandang atau sebuah pengetahuan.

Sementara kata nusantara sendiri adalah nama lain negara ini yang mempunyai berbagai kepulauan indah dan terhampar di mana-mana.

Jadi jika disimpulkan, maka pengertian dari wawasan nusantara adalah bagaimana seorang warga negara memandang atau mengetahui tentang negara ini.

Untuk lebih jelasnya lagi, berikut adalah pengertian dari wawasan nusantara sebagaimana dipaparkan oleh para ahli:

1. KBBI

Kamus Besar Bahasa Indonesia mendefinisikan wawasan nusantara sebagai pandangan bahwasannya nusantara merupakan kepulauan yang terdiri dari laut serta selat, dan semuanya menjadi satu kesatuan yang tidak terpisahkan.

2. Prof. Dr. Wan Usman

Sementara Wan Usman mengartikan wawasan nusantara sebagai cara pandang penduduk Indonesia mengenai kedudukannya di negara ini.

Selain itu, juga bagaimana penduduk memandang tanah airnya sebagai sebuah pulau yang mempunyai banyak keragaman dalam aspek kehidupan.

3. Noor Ms Bakry

Pengertian wawasan nusantara menurut Noor Ms Bakry adalah sebuah paradigma bangsa Indonesia mengenai dirinya sendiri dan lingkungannya.

Paradigma dalam mengenal diri dan lingkungannya ini perlu disesuaikan dengan ide-ide yang berdasarkan Pancasila.

Pancasila sebagaimana yang sudah banyak diketahui orang merupakan dasar negara ini. Pancasila menjadi pijakan dan aspirasi bangsa untuk bisa merdeka dan dianggap sama di lingkungannya.

4. Samsul Wahidin

Sementara Samsul Wahidin mendefinisikan wawasan nusantara sebagai cara pandang bangsa Indonesia dan cara bangsa ini memahami, menghayati, berpikir, dan bertindak untuk kebaikan bangsa ini.

Wawasan nusantara merupakan hasil interaksi bangsa ini dari berbagai proses psikologis, sosial, dan kebudayaan dengan menggunakan beragam aspek Astagatra.

5. Menurut Srijanti

Terakhir, menurut Srijanti, wawasan nusantara adalah bagaimana bangsa Indonesia ini memandang dan bersikap dalam merepresentasikan keberagaman yang ada di Indonesia.

Asas-asas Wawasan Nusantara

Wawasan nusantara sendiri terdiri dari beberapa asas yang mendasari, di antaranya adalah:

1. Tujuan yang Sama

Asas pertama dari wawasan nusantara yang pertama adalah memiliki kepentingan yang sama. Artinya adalah semua warga negara perlu mempunyai visi dan juga orientasi yang sama dalam memaknai wawasan nusantara ini.

Jika dikembalikan pada masa di mana Indonesia belum merdeka, maka semua bangsa negara ini mempunyai tujuan dan kepentingan yang sama, yakni merdeka.

Hampir semua warga memiliki satu tujuan yang sama yakni merdeka dari segala penjajahan bangsa asing.

Pasca negara ini merdeka, tentunya semua bangsa ini harus mempunyai satu tujuan yang sama, yakni berusaha mempertahankan kemerdekaan bangsa ini.

Hal tersebut bertujuan agar tidak lagi dijajah oleh bangsa lain dan juga menjunjung tinggi ideologi negara.

2. Keadilan

Asas kedua adalah keadilan dengan mendistribusikan hasil kekayaan seseimbang dan seproporsional mungkin.

Mendistribusikan kekayaan yang dimaksud adalah melakukan berbagai pembangunan infrastruktur dengan sama rata, baik di daerah kota dan desa.

Selain itu, juga dengan menyediakan banyak lapangan kerja dan mengelola baik sumber daya yang dimiliki oleh negara.

Jika semua kekayaan itu dikelola dengan sebaik dan seproposional mungkin, maka hal itu bisa memberikan kesejahteraan bagi rakyat.

3. Kejujuran

Asas ketiga adalah kejujuran yang artinya adalah menyesuaikan antara apa yang dikatakan dan apa yang dilakukan.

Dalam hal ini, tidak boleh ada upaya manipulatif dan memanfaatkan satu sama lain dengan tujuan yang buruk dan merugikan.

Sikap kejujuran ini perlu dilakukan oleh semua lapisan masyarakat Indonesia, tidak peduli dengan kelas sosial yang dimilikinya.

Jika kejujuran tidak terbentuk, maka wawasan nusantara tidak akan terbentuk juga.

4. Solidaritas

Solidaritas merupakan rasa untuk saling memberi simpati dan empati yang harus dilakukan oleh semua warga negara.

Solidaritas perlu dilakukan untuk menjaga kesatuan negara ini. Solidaritas bisa diwujudkan dengan sikap rela berkorban untuk kebaikan negara.

Solidaritas juga bisa direpresentasikan dengan membantu sesama rekan yang mungkin sedang mengalami musibah, dan merasa peduli dengan penderitaan sesamanya.

5. Kerjasama

Kerjasama merupakan asas dari wawasan nusantara yang paling utama. Kerjasama adalah upaya warga negara untuk mencapai kepentingan bersama demi kebaikan negara ini.

Kerjasama merupakan sebuah tindakan yang menekankan partisipasi semua lapisan masyarakat.

Asas wawasan nusantara satu ini bisa dikatakan mempunyai kaitan yang erat dengan asas-asas sebelumnya, yakni kepentingan bersama dan solidaritas.

6. Kesetiaan

Asas terakhir yakni kesetiaan atau loyalitas dari seluruh warga negara untuk menyepakati semua nilai dasar dari bangsa ini. Warga negara harus loyal pada semua nilai-nilai yang ada dalam Pancasila sebab Pancasila adalah dasar dari negara ini.

Apabila semua asas di atas tidak dilakukan oleh warga negara dengan sebaik mungkin, maka pastinya sangat sulit menggapai  tujuan dari wawasan nusantara. Tujuannya yakni mewujudkan nilai-nilai dalam Pancasila dan UUD 1945 dengan sebaik mungkin.

Fungsi Wawasan Nusantara

Fungsi utama dengan adanya wawasan nusantara di negara ini terbagi menjadi empat.

Semua fungsi ini selalu hadir dalam setiap kehidupan berbangsa dan juga bernegara dan memiliki manfaat yang besar bagi setiap warga negara.

Apa sajakah fungsi dari wawasan nusantara itu sendiri?

1. Menjadi Konsep dari Ketahanan Nasional

Fungsi pertama dari adanya wawasan nusantara adalah menjadi konsep atau dasar dalam mengembangkan berbagai macam strategi yang bagus dalam ketahanan nasional.

Baik itu ketahanan dalam bidang ekonomi, sosial, teritorial, pangan dan sebagainya, wawasan nusantara amatlah penting untuk menjadi konsep dasar ketahanan nasional negeri ini.

2. Dasar dari Wawasan Pembangunan

Fungsi dari wawasan nusantara selanjutnya adalah menjadi pedoman atau dasar bagi pemerintah untuk merumuskan pembangunan nasional.

Baik itu untuk membangun perekonomian negara ini, kesatuan politik,  budaya  yang beragam, yang jelas fungsi wawasan nusantara adalah dasar yang amat penting untuk merancang konsep pembangunan nasional

3. Menjadi  Konsep Pertahanan dan Keamanan Negara

Fungsi selanjutnya adalah, wawasan nusantara menjadi pedoman untuk membuat konsep pertahanan dan keamanan nasional.

Dikarenakan negara Indonesia memiliki banyak sekali kekayaan sumber daya alam yang amat melimpah dan berpotensi dicuri,

maka wawasan nusantara dianggap penting untuk menjadi dasar bagi bangsa merumuskan hal-hal yang penting untuk mempertahankan keamanan negara.

4. Menjadi Wawasan Kewilayahan

Fungsi wawasan nusantara yang terakhir adalah menjadi pedoman bagi bangsa ini untuk menetapkan mana yang menjadi batas teritorial negara ini.

Hal tersebut bertujuan untuk mencegah sengketa atau pertikaian hanya karena masalah perbatasan.

Apabila Anda memahami pengertian wawasan nusantara dengan baik, maka sama halnya Anda turut berpartisipasi dalam menjaga nilai-nilai dasar negara ini. Jangan sampai Anda menjadi bangsa yang tidak memahami wawasan nusantara, ya!

                                     
           

UX / User Experience

Deskripsi: Pengertian User Experience (UX), fungsi, dan penggunaannya. User...
Hans
2 min read

Cara Membuat Infografis

Deskripsi: Cara membuat Infografis agar konten semakin mudah di...
Hans
3 min read

Buku Pengembangan Diri

Deskripsi: Buku Pengembangan Diri. Salah satu kunci untuk meraih...
rezky
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *