World Wide Web

3 min read

World Wide Web merupakan kepanjang dari WWW, singkatan yang pasti sudah tidak asing bagi Anda yang kerap berselanjar di dunia maya alias internet.

WWW merupakan komponen sangat penting bagi suatu halaman situs atau website tertentu yang terdapat di mesin pencari internet.

Lantas apa sebenarnya pengertian World Wide Web itu?

Apa itu WWW
apa itu WWW, via canva.com

Pengertian World Wide Web

Bisa dibilang World Wide Web merupakan ruang informasi yang berada di internet.

WWW, oleh pengenal global disebut dengan Pengidentifikasi Sumber Ragam atau URL (uniform resource locator) yang berfungsi untuk mengenali sumber daya pengguna. Bagian ini berisi sekumpulan pengelola web yang ada di seluruh dunia.

Istilah Word Wide Web menjadi bagian penting dari internet yang mengandung banyak informasi. Informasi seperti suara, video, dan gambar.

Bisa dikatakan bahwa World Wide Web atau biasa disingkat WWW merupakan sistem yang digunakan untuk mengirim dan menyebarkan data melalui jaringan internet. Penyebaran informasi ini memiliki jangkauan yang sangat luas hingga ke seluruh dunia.

Bagi masyarakat awam WWW disebut sebagai keseluruhan yang terdapat di internet, dengan fungsi untuk mencari informasi apapun yang terdapat di dalam mesin pencari seperti Google.

Pengertian WWW Menurut Ahli

Pengertian World Wide Web menurut disampaikan oleh beberapa ahli, hal ini bisa menjadi rujukan bagi masyarakat awam agar dapat lebih memahami dengan benar apa pengertian sebenarnya dari istilah tersebut.

Berikut ini pengertian WWW dari beberapa ahli yang dapat dijadikan sebagai rujukan:

1. MCLeod Pearson

World Wide Web menurut MCLeod merupakan informasi yang bisa diakses dengan internet. T terdapat berbagai dokumen hypermedia atau banyak file komputer yang disimpan dan diambil menggunakan cara penerapan sistem penentu alamat unik.

2. Djong

Pakar ahli V.Djong menyebut yang dimaksud dengan WWW adalah fasilitas pada internet untuk mendapatkan layanan website atau halaman situs yang memakai protokol HTTP.

Sering dijumpai sebuah nama domain ditulis secara lengkap, salah satunya adalah alamat mesin pencari terpopuler www.google.com.

3. Akbar Kaelola

World Wide Web adalah sebuah media yang diperuntukkan bagi manusia dalam melakukan kegiatan atau aktivtias berbagi dokumen yang meliputi gambar, musik, file, berbagai informasi hingga bisa digunakan untuk melakukan jual beli barang melalui internet.

4. Lisa Kuswayatno

Menurut Lisa Kuswayatno, yang disebut dengan World Wide Web merupakan suatu layanan internet dengan penggunaan konsep hypertext dari sebuah dokumen yang memiliki keterkaitan antara satu dan yang lainnya.

5. Budi Hardiman

Pengertian WWW oleh F. Budi Hardiman adalah sebuah fasilitas internet yang berfungsi untuk menghubungkan dokumen yang mampu menembus lingkup lokal sekaligus interlokal alias jarak jauh ke berbagai penjuru dunia.

6. Yuhefizar

Definisi dari World Wide Web menurut Yuhefizar adalah sebuah metode yang dipakai dan digunakan dalam menampilkan beragam informasi melalui internet, yang kemudian bisa diakses memakai sebuah browser atau paladin.

Sejarah World Wide Web

Pengertian World Wide Web tak lepas dari sejarah, pertama kali ditemukan oleh Tim Berners-Lee di tahun 1991, World Wide Web disebut sudah melalui perkembangan jaman yang panjang.

Berikut ini sejarah panjang dari pertama kali lahirnya WWW.

1. Tahun 1989

Pertama kalinya Tim Berners Lee mengungkap ide pembuatan sebuah protokol dengan menggunakan internet, fungsinya adalah  sebagai sistem distribusi informasi bagi masyarakat luas.

2. Tahun 1990

Tiga teknologi dasar untuk membuat protokol tersebut ditemukan Tim Berners Lee, di antaranya mencakup Hypertext Markup Language (HTML), URL (Uniform Resource Identifier) dan HTTP (Hypertext Transfer Protocol).

3. Tahun 1991

Pada tahun tersebut tim Berners Lee berhasil menemukan World Wide Web, bermula dari kebutuhan untuk menyusun arsip dari riset kepunyaannya tersendiri. Bisa disebut awal mula munculnya WWW.

4. Tahun 1993

Pada tahun tesebut tim dari NSCA bersama Marc Andersen mulai menciptakan web browser, web tersebut dinamai dengan Mosaic. Berbasis grafik dan baru diperuntukkan bagi sistem operasi berbasis Windows.

5. Tahun 1994

Memasuki tahun 1994 Marc Andersen kemudian meutuskan bekerja sama dengan Jim Clark dalam pembuatan Netscape, produk ini terbukti sukses karena dapat menggeser Mosaic sebagai web browser pertama kali.

6. Tahun 1995

Tahun 1965 terdapat sekitar 300 ribu web atau halaman situs di internet, capaian ini cukup mengejutkan. Mengapa demikian? Karena pada tahun sebelumnya, hanya terdapat 50 website yang ada di internet.

7. Tahun 2009

Tahun  2009 Tim Berners  Lee mendirikan World Wide Web atau WWW Foundation, tujuan dibangunnya badan ini adalah untuk membagikan open web kepada seluruh masyarakat di dunia.

Fungsi World Wide Web

Secara umum fungsi yang diberikan oleh World Wide Web adalah sebagai tempat yang menyediakan informasi, sekaligus data mengenai hal apa saja dan dari mana saja. Informasi tersebut dapat diakses oleh masyarakat luas di seluruh dunia.

Lahir dan munculnya World Wide Web atau WWW di internet sangat memberikan kemudahan bagi para pengguna internet. Kemudahan itu ditambah dengan kecanggihan teknologi masa kini.yang dengan cepat dan mudah untuk diakses.

Para pengguna internet bisa dengan leluasa menjelajah serta menemukan informasi dengan mudah hanya dengan menggunakan alamat URL. Selain fungsi, WWW juga memiliki beberapa manfaat yang berguna bagi masyarakat luas.

Manfaat World Wide Web

Pada umumnya, terdapat empat manfaat yang dimiliki World Wide Web. Manfaat ini tentunya berhubungan dengan kegiatan dan aktivitas para pengguna dalam mencari informasi, berikut beberapa manfaat WWW.

1. Web Mail Service

Web Mail Service berfungsi sebagai fitur untuk mengirimkan surel atau surat elektronik kepada alamat email orang lain, layanan untuk mengirimkan email ini tersedia dalam dua jenis, yang pertama berbayar dan yang kedua secara gratis.

Untuk layanan email gratis terdapat beberapa jenisnya, diantaranya gmail.com, yahoo.com dan Hotmail.com. Sementara itu, email berbayar biasanya diperuntukkan untuk keperluan perusahaan memakai domain sendiri.

2. Search Engine

Mesin pencari atau juga search engine adalah layanan tidak berbayar yang bisa diakses secara gratis untuk Anda. Kegunaannya untuk mencari segala kebutuhan informasi di internet dengan menggunakan kata kunci tertentu.

Karena memiliki manfaat yang sangat berguna bagi kebutuhan banyak orang sekaligus di dunia, terdapat beberapa mesin pencari yang terdapat di dunia. Yang paling populer diantaranya adalah Google dan Bing.

3. Web Hosting

Web Hosting adalah sebuah tempat yang berfungsi untuk menyimpan database yang dimiliki oleh sebuah website.

Website ini hanya bisa diakses jika domain yang dimiliki sudah terhubung dengan web hosting dari tempat yang dipakai untuk menyimpan database.

4. Portal

Portal adalah layanan yang terdapat di internet yang berisi beberapa fitur layanan sekaligus, seperti email, news, chatting hingga tanya jawab. Terdapat portal yang cukup populer di kalangan masyarakat pengguna internet, seperti salah satunya Yahoo.com.

Kini sudah paham kan mengenai pengertian WWW? Semoga pengetahuan baru ini menambahn wawasanmu tentang dunia teknologi dan syukur kamu bisa mengembangkan teknologi khususnya dalam bidang website di Indonesia agar semakin berkembang.

                                     
           

Apa itu Google AdMob?

Deskripsi: Mengenal Google AdMob, fungsi, fitur dan cara kerjanya....
Hans
2 min read

Apa itu Chatbot?

Deskripsi: Pengertian Chatbot, fungsi dan keunggulannya. Kemajuan teknologi yang...
Hans
2 min read

SSH (Secure Shell Connection)

Deskripsi: pengertian SSH, fungsi, cara kerja dan manfaatnya. Apa...
Hans
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *