Apa Itu PDF (Portable Document Format)?

3 min read

Apa itu PDF – Perkembangan zaman ditunjukkan oleh teknologi-teknologi yang berkembang pesat.

Ini dibuktikan setiap harinya teknologi berkembang meskipun hanya sebesar 0,0001% saja,

Akan tetapi angka tersebut merupakan kemajuan yang dapat menuntun zaman ke era yang lebih baik dan lebih canggih serta dapat membuat manusia dapat mengerjakan tugas-tugasnya secara praktis dan lebih instan.

Pengerjaan tugas dalam mengolah data yang dilakukan oleh manusia menggunakan komputer membutuhkan aplikasi yang memadai dan mutakhir.

Aplikasi yang digunakan biasanya Microsoft Office. Namun, aplikasi pengolah data tak hanya Microsoft office saja. Ada juga aplikasi yang bernama PDF.

Sudahkah Anda mengenal PDF? mari simak pengertian PDF dan fungsinya.

Apa itu PDF
apa itu PDF, via canva.com

Apa itu PDF?

Lalu apa itu PDF? PDF (Portable Document Format) ini berbentuk dokumen yang di dalamnya dapat berupa text, gambar atau desain grafis.

File atau dokumen ini pertama muncul pada tahun 1993 dipelopori oleh Adobe system. PDF memiliki kepanjangan Portable Document Format, penggunaan PDF pada awalnya digunakan untuk pertukaran data.

Sesuai dengan pengertiannya PDF adalah format dokumen yang digunakan khusus untuk bertukar dokumen yang berjenis digital.

File PDF sudah banyak dikenal di zaman sekarang, fungsi utama PDF sudah dipaparkan oleh pengertiannya, tetapi masih banyak pengguna PDF yang belum mengerti cara penggunaan dan manfaat dari PDF itu sendiri. Padahal sudah sering Anda temui di beberapa komputer yang berbeda.

Kini Adobe system Inc juga mengembangkan program yang dinamakan Acrobat 3-D, program ini merupakan kemampuan yang diterapkan pada PDF sehingga file PDF dapat menyimpan bahkan menampilkan data yang sudah dimasukkan ke dalam dokumen yang bersifat 3 Dimensi.

Sejak tahun 2008 bulan juli PDF ditetapkan standarnya menjadi ISO dan diberikan kode 32000-1:2008.

File PDF ini awalnya tidak terkenal dan kurang dipakai dikalangan pekerja kantoran karena para pegawai lebih nyaman memakai pendahulunya yaitu microsoft office,

Namun ternyata setelah digunakan PDF memiliki sistem pengarsipan yang lebih nyaman dibandingkan dengan Microsoft Office, kini penggunaan file PDF semakin banyak dan dipercaya.

File dokumen dengan format PDF bisa dibuka menggunakan aplikasi lain, contohnya adober reader, foxit reader dan PDF itu sendiri.

Sayangnya, file PDF tidak dapat dibuka selain menggunakan aplikasi yang sudah disebutkan tadi. Hal ini karena keamanan dalam penyimpanan arsip yang didesain sedemikian rupa untuk PDF sangatlah ketat, sehingga bukan aplikasi sembarangan yang dapat membuka file ini.

Keunggulan dalam Menggunakan PDF

PDF banyak juga digunakan oleh user, hal ini disebabkan fungsi dan keunggulan file PDF yang dapat memudahkan manusia dalam mengarsipkan datanya.

Pengguna teknologi komputer sudah tidak perlu kesulitan lagi mencari aplikasi yang memiliki format penyimpanan dokumen yang mutakhir dan keamanannya terjamin.

Fungsi dari PDF sendiri secara umum yaitu menyimpan serta membuat dokumen berisi teks gambar bahkan link yang diambil dari internet.

Format khusus yang dibubuhkan oleh PDF kepada format dokumen inilah yang kemudian menjadi salah satu keunggulan PDF, bahkan file berbentuk doc. Atau docx. seringkali diconvert ke file jenis PDF.

Berikut keunggulan-keunggulan yang dimiliki PDF:

1. Format berbentuk PDF Fleksibel

Alasan dari format berbentuk fleksibel yaitu PDF dapat dibuka di perangkat mana saja. Jika asal file dari komputer maka file PDF juga dapat diakses dan dibuka pada smartphone kemudian file yang dibuka diperangkat lain takkan mengubah 1 karakter pun dari file tersebut. Fleksibel namun tetap mempertahankan bentuk asli tanpa mengubahnya sedikit pun.

2. Fitur Lock

Fitur lock ini dikembangkan oleh adobe system agar isi dokumen dapat dipatenkan tidak dapat diubah atau disalin, namun tetap bisa dibaca. Fitur ini juga dapat menyembunyikan file yang fitur locknya diaktifkan, sehingga file dapat terjaga dengan aman dari jangkauan pihak yang tidak bertanggung jawab.

3. PDF yang Dipatenkan Dapat Diedit

Jika Anda menemukan susunan teks yang kacau atau kesalahan ejaan yang menurut Anda fatal, tapi file sudah diconvert atau dipatenkan, jangan khawatir itu bukan akhir berarti Anda tak bisa mengubahnya. Anda dapat mengeditnya menggunakan aplikasi PDF Reader.

4. Gambar Dapat Disimpan di PDF

Selain teks ternyata foto atau gambar juga dapat disimpan di PDF. Ini berarti file dokumen yang berisi file statis atau diam seperti foto dan gambar dapat dikonversikan juga ke dalam PDF. Namun, pastinya file gambar atau foto ini sesuai dengan file aslinya.

5. Diterima di Komputer Manapun

Dokumen berbentuk PDF ini dapat dibuka dalam komputer manapun dan sistem operasi apapun. Format dokumen PDF ini kompatibel atau selaras dengan sistem operasi yang dipakai komputer mulai dari windows, Mac-OS, linux sampai Android.

Hal ini dikarenakan PDF terus dikembangkan oleh adobe system dan disesuaikan dengan sistem operasi yang ada dan diterapkan dalam gadget dan komputer, sehingga PDF semakin mudah digunakan dalam media apapun.

Cara Membuat dan Membuka File PDF

1. Cara Membuat File PDF

Pembuatan file PDF adalah hal yang mudah, karena Anda tidak perlu merancang segalanya dari awal. Hanya ada 1 cara untuk membuat file PDF namun memiliki berbagai langkah yang dapat Anda pilih.

Metode ini merupakan metode convert data yaitu memindahkan jenis data dari file satu ke file lainnya, bagaimana saja langkahnya? Simak caranya di bawah ini.

Pertama, secara offline atau tanpa jaringan internet. Susunlah terlebih dahulu data yang ingin Anda arsipkan, baik di microsoft office word maupun excel.

Lalu jika aplikasi adobe reader atau PDF reader sudah terinstal dalam komputer Anda, selanjutnya klik kanan dan convert file to PDF, Anda dapat langsung menyimpan data dari Ms. Office menjadi bentuk PDF.

Cara yang kedua adalah mengonversi file dokumen secara online. Langkah pertama yang dilakukan adalah pisahkan file yang akan dikonversi ke dalam PDF ke dalam folder yang mudah dijangkau, lalu klik ‘search’ di pencarian ‘PDF Converter’ setelah itu klik di hasil pencarian.

Kemudian langkah terakhir masukkan file yang akan dikonversi ke dalam PDF dan tentukan lokasi file akan disimpan. Kemudian file dokumen Anda sudah dikonversikan ke dalam dokumen berbentuk PDF.

2. Cara Membuka File PDF

Cara membuka file PDF dapat Anda lakukan diperangkat seperti laptop, smartphone, komputer dan tablet.

Caranya mudah jika ingin membuka file PDF di komputer atau laptop, pastikan Anda sudah mengunduh aplikasi Adobe Reader atau Foxit Reader dan sudah terinstal.

Jika belum, instal aplikasi terlebih dahulu. Lalu buka file atau yang lebih mudah.

Buka file PDF di dalam browser seperti internet explorer, mozilla firefox dan google chrome, begitu pun dengan membuka file PDF di smartphone.

Sudahkah anda mengerti dengan bahasan di atas? Jika belum semoga artikel selanjutnya dapat memberi informasi yang lebih untuk Anda ya, Terimakasih.

                                     
           

Website Buat Logo Online

Deskripsi: Rekomendasi website buat logo online gratis dan mudah....
Hans
3 min read

Cara Membuat NPWP Online

Deskripsi: Cara membuat NPWP online dengan mudah. Membayar pajak...
Hans
4 min read

Cara Membuat Daftar Isi

Deskripsi: Cara membuat daftar isi otomatis dan manual dengan...
Hans
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *