Pengertian Gateway

2 min read

Pengertian Gateway – Zaman seperti sekarang ini, perkembangan jaringan internet menjadi semakin maju. Semakin banyak orang menggunakan internet dengan berbagai tujuan, terutama untuk berkomunikasi.

Dengan menggunakan internet, arus perjalanan informasi menjadi jauh lebih cepat hingga berkali-kali lipat.

Untuk membangun jaringan internet yang sangat kuat membutuhkan investasi yang tidak murah. Saat ini teknologi yang digunakan untuk mempercepat komunikasi adalah serat optik (fiber optic).

Dalam internet, terdapat banyak istilah-istilah yang sangat penting. Salah satunya adalah gateway, nah akan dibahas di bawah ini.

Pengertian Gateway
pengertian gateway, via https://blog.dnetprovider.id/

Pengertian Gateway

Secara bahasa ‘gateway’ berasal diksi kata dalam bahasa Inggris, lebih tepatnya gabungan dari dua kata diksi bahasa Inggris yang dijadikan satu.

Yaitu Gate dan Way, memiliki arti gerbang (pintu) dan jalan, apabila dijadikan satu urutan maka hasilnya jalan antar gerbang, dalam dunia internet gateway ini merupakan perangkat ‘gerbang jaringan’ untuk menempuh akses antar jaringan.

Tidak hanya satu atau dua komputer jaringan yang dapat dihubungkan oleh gateway, namun dalam jumlah jaringan yang cukup besar, peran penggunaan gateway sangat penting dan diperlukan. Tanpa melibatkan instrumen gateway jelas koneksi antar jaringan tidak bisa dilakukan.

Istilah gateway juga merepresentasikan jembatan antara hardware atau software pada jaringan antar keduanya yang tidak kompatibel, sehingga data dapat ditransfer ke masing-masing komputer yang berbeda jaringan.

Saat ini internet sudah semakin merajalela, dan fungsi gateway mulai bergeser. Banyak orang yang mengaitkan gateway dengan router. Meski demikian, pengertian dan kegunaan dari kedua perangkat ini tidak sama.

Gateway dapat menghubungkan lebih dari dua jaringan. Karena, ia memiliki minimal 2 network interface. Namun, gateway hanya dapat menghubungkan jaringan yang berada pada protokol yang sama.

Apabila dua komputer yang akan dihubungkan menggunakan perangkat yang berbeda, maka pada saat mengirim informasi akan terdapat pemberitahuan bahwa protokol tidak dapat di akses.

Meskipun mengirimkan informasi yang berbeda protokol sangat tidak dimungkinkan. Namun, masih terdapat cara yang bisa ditempuh untuk menembus batasan ini.

Cara tersebut dilakukan dengan cara mengonversi protokol yang ada agar keduanya menjadi sama.

Fungsi yang dimiliki gateway, yang memiliki sedikit kemiripan dengan fungsi router. Gateway berfungsi menunjukkan jalan agar sebuah data bisa sampai ke alamat yang dituju dalam internet.

Gateway juga dapat menghubungkan satu jaringan dengan jaringan yang lain meskipun secara karakteristik keduanya sangat berbeda.

Alat ini juga bisa menghubungkan jaringan komputer yang berukuran besar dengan jaringan komputer berukuran besar pula. Namun, juga bisa digunakan untuk dihubungkan dengan jaringan komputer yang jauh lebih kecil.

Fungsi Gateway

Dengan adanya gateway sebuah komputer dapat berkomunikasi dengan komputer yang lain yang berbeda jaringan meski berbeda karakteristik sekalipun. Apabila beberapa komputer terhubung, mereka bisa saling berkomunikasi.

Komunikasi yang dimaksud disini adalah komputer tersebut bisa saling bertukar informasi. Sehingga, proses komunikasi itu disebut sebagai komunikasi dua arah karena terdapat timbal balik antara keduanya.

Berikut beberapa fungsi gateway dalam jaringan komputer:

1. Protokol Converting

Kemampuan ini memiliki peran yang sangat vital dalam hal komunikasi. Seperti yang Anda Ketahui bahwa komputer tidak dapat saling terhubung apabila berbeda protokol. Sehingga, protokol converting mutlak diperlukan.

2. Mempermudah Akses Informasi

Komputer akan sangat kesulitan dalam berkomunikasi akibat berbeda protokol. Dengan adanya protokol converter, maka komputer-komputer tersebut bisa terus berkomunikasi. Sehingga, aliran informasi menjadi semakin mudah.

3. Hardware Sharing

Bebepa perangkat dapat dihubungkan menjadi satu dengan sangat mudah. Cara ini sangat bermanfaat bagi para pengguna.

Mereka dapat menggunakan sebuah printer server. Artinya adalah sebuah printer berlaku sebagai server dan dapat digunakan oleh banyak komputer sekaligus.

4. Keamanan dan Pengaturan Data

Keuntungan berupa dapat menggabungkan lebih dari dua jaringan menjadi satu membuat keamanan dan pengaturan data menjadi lebih terjamin.

Apabila banyak data bisa terintegrasi menjadi satu, makan keputusan yang diambil dengan melihat data tersebut akan menjadi semakin valid.

Pengintegrasian data menjadi satu akan membuat data lebih mudah diatur. Pengamanan menyeluruh yang dibuat juga bisa menjangkau setiap lini dari data tersebut. Sehingga, keamanan data menjadi lebih terjamin.

Gateway memiliki manfaat yang digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer menjadi satu. Sehingga, komputer tersebut dapat saling berkomunikasi dengan cara saling bertukar data. Dengan begitu setiap informasi yang ada bisa diintegrasikan.

Penutup.

Itulah pembahasan pengertian gateway beserta fungsi dari gateway tersebut, semoga membantu.

Baca juga: Perbedaan Bandwidth dan Throughput

                                     
           

Apa itu Google AdMob?

Deskripsi: Mengenal Google AdMob, fungsi, fitur dan cara kerjanya....
Hans
2 min read

Apa itu Chatbot?

Deskripsi: Pengertian Chatbot, fungsi dan keunggulannya. Kemajuan teknologi yang...
Hans
2 min read

SSH (Secure Shell Connection)

Deskripsi: pengertian SSH, fungsi, cara kerja dan manfaatnya. Apa...
Hans
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *