Pengertian Integrasi

3 min read

Deskripsi: Pengertian Integrasi dan jenis-jenisnya.


Apa yang pertama terlintas di benak Anda ketika mendengar/membaca kata “Integrasi”? Bagi Anda yang terbiasa dengan berita sosial dan/atau politik mungkin sudah tidak asing lagi, ya?

Namun, bagi yang mungkin baru pertama kali mendengar, inilah pengertian integrasi secara umum dan di berbagai bidang.

pengertian integrasi
pengertian integrasi

Pengertian Integrasi Secara Umum

Kata integrasi secara etimologi berasal dari bahasa Inggris “integration”, yang bermakna “penggabungan” atau “pembulatan”.

Sedangkan secara harfiah, integrasi diartikan sebagai suatu tindakan menyatukan komponen yang lebih kecil ke dalam satu sistem yang lebih besar agar berfungsi sebagai satu kesatuan.

Jenis-Jenis

Istilah integrasi sebenarnya sangat luas, karena mencakup berbagai bidang dan ilmu pengetahuan. Oleh sebab itu, pengertian integrasi juga sangat beragam tergantung di bidang mana ia digunakan.

Berikut adalah jenis integrasi di beberapa bidang dan masing-masing penjelasannya:

1. Integrasi Matematika

Dalam ilmu matematika, integrasi adalah perhitungan integral untuk mencari banyak besaran yang berguna, seperti luas, perpindahan, volume, area, titik pusat, dan perhitungan lain apapun yang terjadi.

Pasalnya, kumpulan data kecil tidak dapat diukur secara tunggal.

Dalam kalkulus, gagasan tentang batas semacam ini digunakan bersama dengan aljabar dan geometri.

Batasan ini akan membantu Anda dalam mempelajari hasil titik pada grafik, seperti bagaimana titik-titik tersebut semakin dekat satu sama lain hingga jaraknya hampir nol.

Singkatnya, integrasi matematika adalah metode penjumlahan atau pengurangan bagian-bagian untuk menemukan hasil keseluruhan.

Konsep integrasi ini dikembangkan untuk menyelesaikan jenis masalah berikut:

  • Mencari fungsi soal saat turunannya diberikan
  • Menemukan area yang dibatasi oleh grafik suatu fungsi di bawah batasan tertentu

Kedua masalah ini mengarah pada pengembangan konsep yang disebut “Kalkulus Integral”, yang terdiri dari integral pasti dan integral tak tentu.

Dalam kalkulus, konsep diferensiasi suatu fungsi dan pengintegrasian fungsi dihubungkan menggunakan teorema yang disebut “Teorema Dasar Kalkulus”.

2. Integrasi Bisnis

Integrasi bisnis menggerakkan perusahaan atau organisasi dan merupakan katalis utama untuk pertumbuhannya.

Integrasi memungkinkan perusahaan untuk memanfaatkan proses, orang, teknologi, dan informasi yang ada untuk tetap menjadi yang terdepan dalam persaingan.

Fondasi integrasi bisnis berasal dari perusahaan yang membutuhkan cara untuk bertukar informasi secara cepat dan efisien.

Sistem perusahaan yang terintegrasi dengan baik tidak hanya akan mengurangi pengeluaran, tapi juga memungkinkannya menelusuri data pelanggan yang berharga.

Karena itu, banyak organisasi modern berintegrasi dengan platform berbeda.

Hal tersebut untuk menjembatani kesenjangan antara berbagai fungsi bisnis, seperti menghubungkan organisasi dengan mitra pelanggan, supplier, perusahaan logistik, lembaga keuangan, dan yang lainnya.

Secara alami, integrasi bisnis bergantung pada teknologi untuk memfasilitasi pertukaran ini.

Dalam pengertian ini integrasi bisnis juga mengacu pada arsitektur teknologi yang memungkinkan hubungan kolaboratif yang mendorong rantai pasokan modern. Secara garis besar, manfaat integrasi bisnis adalah:

  • Meningkatkan kecepatan dan produktivitas dalam melakukan transaksi digital di seluruh rantai pasokan dan rantai nilai
  • Mengurangi kebutuhan akan proses manual yang rawan kesalahan, mahal, dan memakan waktu
  • Mempermudah perusahaan untuk melihat informasi pesanan dan memastikan bahwa pesanan sedang diproses
  • Membuat perusahaan memiliki kendali komprehensif
  • Memastikan operasi mitra dagang perusahaan mengalir lancar dan efisien
  • Dapat memproses pesanan atau kebutuhan pelanggan dengan lebih cepat dan efisien
  • Meningkatkan penjualan
  • Menyediakan lingkungan kerja yang lebih baik
  • Membuat perusahaan menghasilkan lebih banyak uang

3. Integrasi Teknologi

Integrasi teknologi adalah penggunaan perangkat digital, seperti komputer, smartphone, tablet, kamera digital, website, media sosial, aplikasi, internet, dan sebagainya.

Perangkat tersebut digunakan untuk kehidupan sehari-hari sebagai alat untuk pemecahan masalah, pembelajaran yang lebih dalam, dan pemahaman.

Pada akhirnya, teknologi memfasilitasi akses ke kurikulum sekolah, bisnis, pengetahuan umum, memberikan informasi, dan banyak hal berguna lainnya.

4. Integrasi Nasional

Integrasi nasional adalah ikatan dan kebersamaan antar manusia tanpa membedakan kasta, keyakinan, agama, atau jenis kelamin.

Integrasi nasional membuat individu memiliki rasa kesatuan dan persaudaraan di bawah komunitas dan masyarakat di suatu negara.

Integrasi nasional juga membantu mempersatukan kaum minoritas dan memberi mereka kebebasan untuk hidup dengan caranya sendiri tanpa campur tangan pihak lain.

Singkatnya, integrasi nasional membantu pembangunan negara sekaligus membuat negara bersatu dan kuat dari dalam meskipun ada keragaman.

Karena integrasi sangat penting bagi suatu negara, maka pemerintah harus fokus pada semua lapisan masyarakat untuk membentuk integrasi dengan cara:

  • Menumbuhkan rasa tenggang rasa, toleransi, dan saling menghormati
  • Diperbolehkannya pernikahan antar suku
  • Meningkatkan layanan komunikasi dan transportasi, sehingga masyarakat dari satu daerah bisa dengan mudah terhubung dengan masyarakat di daerah lain
  • Meningkatnya rasa solidaritas sosial
  • Pemerintah melakukan tugas dan tanggung jawab dengan baik dan bijaksana sesuai undang-undang dan/atau aturan negara

5. Sistem Integrasi

Dalam istilah yang sangat luas, sistem integrasi adalah proses menghubungkan berbagai sub-sistem (komponen) ke dalam satu sistem yang lebih besar, agar berfungsi sebagai satu kesatuan.

Sistem integrasi erat kaitannya dengan solusi perangkat lunak.

Dengan demikian, integrasi sistem juga dapat didefinisikan sebagai proses menghubungkan berbagai layanan, sistem TI, dan perangkat lunak untuk memungkinkan semuanya bekerja sama secara fungsional.

Alasan utama organisasi menggunakan sistem integrasi adalah untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas operasi organisasi.

Hal tersebut dilakukan dengan cara membuat organisasi berbagai sistem TI yang dapat “berbicara satu sama lain”, serta untuk mempercepat arus informasi dan mengurangi biaya operasional.

Integrasi sistem tidak hanya digunakan untuk menghubungkan sistem internal organisasi itu sendiri, tapi untuk menghubungkannya dengan pihak ketiga tempat organisasi beroperasi.

Metode integrasi sistem yang khas dibagi menjadi beberapa kategori berikut ini:

  • Integrasi point-to-point
  • Integrasi vertikal
  • Integrasi horizontal
  • Integrasi format data umum

6. Integrasi Politik

Menurut Karl W. Deutsch, integrasi politik mengacu pada kemungkinan bahwa konflik akan diselesaikan tanpa kekerasan. Integrasi politik terbagi menjadi lima jenis, yaitu:

  • Integrasi wilayah
  • Integrasi bangsa
  • Integrasi nilai
  • Integrasi tingkah laku (perilaku integratif)
  • Integrasi elit-massa

7. Integrasi Ekonomi

Integrasi ekonomi adalah pengaturan antar negara yang biasanya mencakup pengurangan atau penghapusan hambatan perdagangan dan koordinasi kebijakan moneter serta fiskal.

Tujuan dari integrasi ekonomi adalah untuk mengurangi biaya bagi konsumen dan produsen serta meningkatkan perdagangan antar negara yang terlibat dalam perjanjian.

Integrasi ekonomi terkadang disebut sebagai integrasi regional, karena sering terjadi antar negara tetangga.

Ketika ekonomi regional menyetujui integrasi, hambatan perdagangan turun dan koordinasi ekonomi serta politik akan meningkat. Tujuh tahap integrasi ekonomi adalah:

  • Kawasan perdagangan preferensial
  • Kawasan perdagangan bebas
  • Persatuan pabean
  • Pasar bersama
  • Persatuan ekonomi
  • Persatuan ekonomi dan moneter
  • Integrasi ekonomi lengkap

Tahap terakhir merupakan harmonisasi total kebijakan fiskal dan kesatuan moneter yang lengkap. Sedangkan keuntungan integrasi ekonomi terbagi dalam tiga kategori, yaitu keuntungan perdagangan, lapangan kerja, dan kerja sama politik.

Lebih khusus lagi, integrasi ekonomi biasanya mengarah pada penurunan biaya perdagangan, peningkatan ketersediaan barang dan jasa, pilihan barang dan jasa yang lebih banyak, serta peningkatan efisiensi yang mengarah pada daya beli yang lebih besar.

Seperti yang Anda lihat, pengertian integrasi sangat beragam dan bahkan di setiap bidang pembahasannya cukup luas. Meski begitu, makna sebenarnya tetaplah sama, yaitu menggabungkan beberapa komponen menjadi satu.

                                     
           

UX / User Experience

Deskripsi: Pengertian User Experience (UX), fungsi, dan penggunaannya. User...
Hans
2 min read

Cara Membuat Infografis

Deskripsi: Cara membuat Infografis agar konten semakin mudah di...
Hans
3 min read

Buku Pengembangan Diri

Deskripsi: Buku Pengembangan Diri. Salah satu kunci untuk meraih...
rezky
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *