Apa itu Branding?

3 min read

Deskripsi: Pengertian Branding, jenis-jenis dan manfaatnya.


Tingginya kompetisi pasar membuat pelaku bisnis harus mencari strategi marketing yang tepat untuk dapat menarik perhatian konsumen.

Dalam hal ini, branding sangat dibutuhkan agar suatu produk tetap bisa mempertahankan eksistensinya.

Bukan sekedar logo atau nama, branding mempunyai cangkungan yang sangat luas, lho.

Sebenarnya apa itu branding dan kegunaannya? Berikut akan kami ulas mengenai pengertian, manfaat branding, jenis, serta keuntungannya bagi bisnis dan usaha Anda.

Simak informasi selengkapnya di bawah ini!

Pengertian Branding

Pengertian Branding

Sebelum membahas lebih jauh mengenai apa itu branding, kita akan membahas mengenai brand atau merk terlebih dahulu.

Brand atau merk merupakan desain, simbol, atau nama dagang dari sebuah produk. Brand atau merk ini memiliki fungsi sebagai pembeda sebuah produk dari produk yang lainnya.

Sedangkan branding sendiri merupakan sebuah usaha yang dilakukan dengan tujuan untuk membuat suatu produk atau brand menjadi terkenal dan tetap diingat masyarakat.

Branding tidak hanya sebuah aktivitas yang bertujuan untuk memperkenalkan produk saja.

Lebih dari itu, branding juga bertujuan untuk meningkatkan citra sebuah produk atau perusahaan secara keseluruhan.

Sehingga masyarakat dapat melihat bahwa produk tersebut lebih unggul dibandingkan dengan kompetitor sejenisnya.

Jenis-Jenis Branding

Branding ternyata tidak hanya berlaku bagi barang atau jasa saja, lho. Lebih dari itu, branding juga dapat diterapkan pada berbagai elemen dalam kehidupan masyarakat.

Untuk lebih jelasnya, Anda dapat melihat dari perbedaan jenis-jenis branding yang akan kami ulas berikut ini:

1. Personal Branding

Seperti namanya, branding yang satu ini berfungsi untuk memperkenalkan atau mengangkat nama seseorang (personal) ditengah masyarakat.

Personal branding biasanya menyasar pada seorang publik figur. Mulai dari artis, musisi, selebriti, tokoh masyarakat hingga pejabat.

Personal branding bertujuan untuk membuat seorang publik figur agar dapat membangun citra tertentu di tengah masyarakat.

Dengan demikian, ingatan tentang publik figur tersebut akan terbangun di benak masyarakat dan membuatnya dikenali dengan baik.

2. Product Branding

Memperkenalkan suatu produk dengan branding tertentu akan memberikan keuntungan besar. Jika produk tersebut sudah lekat dan dapat mengambil hati masyarakat.

Maka meskipun banyak produk pesaing bermunculan, namun produk tersebut tidak akan tenggelam.

Untuk meningkatkan citra suatu produk, Anda dapat menerapkan beberapa cara. Diantaranya adalah melakukan branding online dan juga offline.

Branding online adalah mengenalkan suatu produk melalui perantara internet, misalnya melalui website, media sosial dan lain sebagainya.

Sementara branding offline dapat dilakukan dengan cara-cara memperkenalkan barang atau jasa langsung kepada konsumen.

Baik melalui bazar, event, maupun penjualan langsung.

3. Corporate Branding

Corporate branding bertujuan untuk membangun citra perusahaan pada pasar tertentu. Corporate branding dilakukan dengan cara memperkenalkan produk dan jasa.

Bisa juga dengan mengangkat kontribusi karyawan atau perusahaan bagi masyarakat.

4. Geographic Branding

Misalnya Anda menyebutnya sebuah daerah di Jogjakarta, secara otomatis orang akan mengingat barang atau jasa yang tersedia di tempat tersebut.

Ini juga salah satu jenis branding, yaitu geographic branding.

5. Curtural Branding

Cultural branding berfungsi untuk mengenalkan kebiasaan atau kebudayaan di suatu daerah.

Yang mana branding tersebut bertujuan untuk memperkenalkan citra dari suatu daerah.

Entah itu berkaitan dengan budaya, kegiatan, atau kebiasaan yang dilakukan di daerah tersebut.

Tujuan Branding

Manfaat dilakukannya kegiatan branding sangat banyak bagi suatu produk atau jasa. Dengan branding yang kuat, posisi produk Anda akan lebih terlihat oleh market.

Meskipun banyak kompetitor baru yang bermunculan, tetap saja produk Anda bisa tetap eksis berkat branding yang sudah mengakar.

Nah supaya lebih tuntas mempelajari mengenai branding, berikut ini kami ulas beberapa tujuannya.

Mari simak beberapa tujuan branding di bawah ini.

1. Mengendalikan Pasar

Tujuan dilakukannya kegiatan branding yang pertama adalah untuk mengendalikan pasar. Sekarang ini banyak sekali produk-produk baru yang bermunculan.

Nah, bagaimana caranya agar produk Anda tetap melekat dan diingat oleh masyarakat?

Ini merupakan salah satu tujuan dilakukannya sebuah kegiatan branding. Branding yang sukses dapat membantu Anda untuk mengendalikan pasar.

Produk yang telah lekat dalam ingatan masyarakat tentunya telah memiliki konsumen sendiri.

Sehingga meskipun banyak produk pesaing yang bermunculan dipasaran, produk Anda tetap dapat eksis dan tidak tenggelam begitu saja.

2. Menjadi Pembeda

Contoh branding usaha juga bertujuan untuk menjadi pembeda antara produk Anda dengan produk pesaing. Apabila sebuah gambar, logo atau desain memiliki bentuk yang unik.

Maka secara otomatis membuat produk Anda mudah dikenali oleh masyarakat. Hal tersebut sekaligus meminimalisir adanya penjiplakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab.

3. Membentuk Citra

Branding juga bertujuan untuk membentuk citra, menjamin kualitas, prestise, serta memberikan keyakinan pada masyarakat tentang kualitas suatu produk.

Untuk membentuk citra positif bagi suatu produk, diperlukan strategi marketing yang baik.

Salah satunya adalah dengan menampilkan semua keunggulan dan kualitas produk tersebut sejak pertama kali dikenalkan.

Setelah dilakukan branding secara terus menerus, citra dan keyakinan tentang kualitas suatu produk di mata masyarakat secara otomatis akan terbentuk.

4. Sebagai Sarana Promosi

Tujuan dilakukannya kegiatan branding salah satunya adalah untuk sarana promosi. Tujuan ini dapat didukung dengan beberapa kegiatan seperti di antaranya:

  • Memperkenalkan logo atau desain suatu merk/brand.
  • Melakukan kunjungan ke berbagai tempat.
  • Memperkenalkan barang atau jasa baik secara online maupun offline.
  • Menggunakan jasa periklanan.
  • Memanfaatkan bazar atau event tertentu dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Bagaimana, dari ulasan di atas sudah membuat Anda semakin memaham apa itu branding?

Branding adalah sebuah usaha untuk memperkenalkan barang, jasa atau bahkan citra seseorang atau perusahaan.

Untuk pelaku bisnis, kegiatan branding memiliki peran yang sangat baik bagi perkembangan bisnis Anda.

Dan untuk para politikus atau tokoh ternama juga sangat membutuhkan sebuah branding. Kesan apa yang pertama kali terlintas di benak market adalah hasil dari branding.

Semoga informasi mengenai apa itu branding, jenis-jenis, fungsi dan tujuan branding yang kami ulas di atas bermanfaat.

                                     
           

Search Engine Marketing

Deskripsi: Pengertian Search Engine Marketing (SEM), jenis, fungsi dan...
Hans
2 min read

WhatsApp Bisnis

Deskripsi: Pengertian WhatsApp Bisnis, fitur dan manfaatnya untuk bisnis...
Hans
2 min read

Internet Marketing

Deskripsi: Pengertian Internet Marketing, jenis, fungsi dan keunggulannya. Strategi...
Hans
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *