Pengertian Wireless

3 min read

Era globalisasi seperti sekarang ini, penggunaan telekomunikasi semakin pesat. Telekomunikasi dapat didefinisikan sebagai teknik yang digunakan untuk mengirim atau menyampaikan sebuah data maupun informasi.

Perkembangan telekomunikasi berawal dari penemuan pesawat telepon oleh Alexander Graham Bell. Zaman itu, komunikasi disambungkan dengan menggunakan jaringan kabel. Namun, sering terjadi cross talk karena pengaruh medan listrik.

Seiring berjalannya waktu, komunikasi dijalankan menggunakan jaringan nirkabel (wireless) meski jaringan kabel masih digunakan. Pengertian Wireless akan diuraikan lebih lengkap pada artikel kali ini.

Apa Itu Wireless?

Pengertian wireless adalah telekomunikasi nirkabel yang menggunakan prinsip gelombang elektromagnetik untuk mengirimkan data maupun informasi.

Gelombang elektromagnetik nantinya akan dipancarkan melalui sebuah pemancar yang ada dan ditangkap oleh alat tertentu.

Penggunaan jaringan wireless sudah sangat umum pada era sekarang. Penggunaan wireless juga dapat ditemukan di setiap lini kehidupan manusia.

Kegiatan sehari-hari pun sudah menggunakan teknologi wireless. Misalnya, remot yang digunakan untuk mengganti channel pada televisi juga sudah menggunakan sistem wireless.

Awal perkembangannya, wireless digunakan untuk berkomunikasi melalui gelombang radio. Perkembangan radio menjadi sangat penting pada era perang dunia ke-2.

Dengan menggunakan gelombang elektromagnetik yang dipancarkan melalui sebuah pemancar, informasi yang disampaikan dapat diterima pada jarak yang sangat jauh.

Gelombang elektromagnetik akan dipancarkan ke langit. Tepatnya pada bagian ionosfer kemudian di pantulkan ke bumi.

Gelombang tersebut kemudian ditangkap dengan menggunakan perangkat yang sudah ada. Namun, gelombang tersebut akan sangat bergantung kepada cuaca di ionosfer. Apabila cuaca buruk maka informasi yang di sampaikan juga akan terkendala.

Gangguan akibat situasi di bagian ionosfer sekarang ini sudah dapat dikurangi dengan membuat banyak pemancar di setiap jarak tertentu.

Pembangunan infra struktur seperti ini membutuhkan biaya investasi yang sangat banyak. Meski begitu terdapat beberapa kekurangan dari cara ini, yaitu signal gelombang akan terganggu jika ada yang menghalangi.

Sejarah Wireless

Awal perkembangan wireless bermula sejak ditemukannya pesawat telepon oleh Alexander Graham Bell dan rekan kerjanya. Penemuan mereka dinamakan sebagai photophone.

Seperti namanya, photophone memanfaatkan prinsip gelombang cahaya sehingga sangat dibatasi oleh keberadaan sinar matahari. Namun, penggunaan gelombang cahaya akan sangat penting di era sekarang.

David E. Hughes mulai mentransmisikan signal radio melalui udara dengan menggunakan jarum jam magnetik.

Pada tahun-tahun selanjutnya, penemuan penting tentang kelistrikan mulai berkembang. Mulai dari tokoh Maxwell, Edison, Faraday, dan lain-lain.

Tahun-tahun selanjutnya, Hertz menemukan teori gelombang elektromagnetik. Penemuan tersebut menjadi sangat penting karena menjadi prinsip utama yang di gunakan dalam Wireless.

Kemudian, Wireless semakin berkembang dengan sangat pesat seperti sekarang ini.

Pengertian Wireless
pengertian wireless, via canva.com

Penerapan Teknologi Wireless

1. Telepon Genggam

Telepon genggam merupakan aplikasi dari jaringan nirkabel yang paling umum digunakan saat ini. Hampir setiap orang di dunia sudah menggunakan telepon genggam mereka untuk berkomunikasi untuk jarak yang jauh.

Dengan menggunakan telepon genggam Anda bisa mendapatkan informasi dari orang lain meski terpisah dengan jarak yang sangat jauh.

2. Perangkat Komputer

Awalnya, perangkat komputer tidak menggunakan sistem Wireless karena tujuan awal dari pembuatan komputer adalah untuk mempercepat perhitungan serta untuk penyimpanan data.

Seiring dengan perkembangan zaman, wireless mulai di pasang pada komputer. Pemasangan tersebut bertujuan agar komputer dapat terhubung dengan internet untuk alasan komunikasi.

3. Transfer Energi

Mungkin pada zaman dahulu untuk mentransfer energi dengan menggunakan wireless terdengar sangat mustahil. Tetapi zaman sudah mulai berganti.

Pada era sekarang hal tersebut sudah bukan merupakan sesuatu yang mustahil. Anda dapat mengisi daya pada ponsel dengan menggunakan wireless charging.

Wireless charging tidak membutuhkan kabel untuk mentransmisikan daya melainkan bisa dengan bantuan gelombang. Sehingga Anda tidak perlu susah payah untuk membawa kabel charger telepon genggam Anda.

4. GPS untuk Navigasi

GPS digunakan sebagai sarana navigasi yang dapat menunjukan letak dan posisi pengguna di atas permukaan bumi.

Pada prinsipnya, untuk menentukan posisi dari pengguna dapat menggunakan bantuan satelit. Satelit akan menggunakan pemancar gelombang untuk mengukur posisi anda dari satelit tersebut.

Sehingga, dibutuhkan lebih dari satu satelit untuk menentukan posisi secara tepat.

Penggunaan GPS sangat membantu dalam proses pelayaran. Hal ini karena sangat sulit menentukan posisi kapal ketika di laut karena yang terlihat di sekeliling hanya air saja.

Namun, untuk membuat satelit memerlukan biaya yang sangat mahal. Oleh sebab itu, pada setiap satelit pasti dilengkapi dengan jam atom guna mengukur posisi Anda di permukaan bumi.

5. Satelit Televisi

Televisi digunakan untuk memproyeksikan gambar audio visual yang dipancarkan melalui satelit maupun pemancar yang ada di permukaan bumi.

Televisi sangat mudah ditemukan dan hampir semua orang mempunyai televisi di rumahnya masing-masing. Televisi dapat disebut sebagai salah satu sarana komunikasi.

Televisi merupakan sarana komunikasi bertipe satu arah. Hal ini karena tidak ada kegiatan timbal balik antara penyiar dan penonton.

Informasi hanya disampaikan oleh penyiar yang kemudian di proyeksikan pada layar. Sehingga, syarat komunikasi dua arah menjadi tidak terpenuhi.

6. Remote Control

Remote control sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Remote digunakan sebagai alat untuk mengubah aturan pada sistem yang telah ditetapkan sebelumnya.

Terdapat beberapa alat elektronik yang menggunakan remote. Seperti AC, TV, proyektor, speaker, dan masih banyak lagi yang lainnya. Prinsip dari remote adalah dengan mengirimkan gelombang infra merah.

Gelombang  infra merah yang dipancarkan melalui remote memiliki frekuensi yang berbeda-beda.

Perbedaan ini yang akan diterjemahkan menjadi perintah yang akan ditaati oleh sistem. Misalnya adalah untuk mengatur suhu pada AC.

Keunggulan Wireless

Wireless sebagai sarana komunikasi memberikan beberapa keunggulan yang dapat dinikmati penggunanya.

Namun, Anda tidak hanya keunggulan yang bisa dirasakan secara langsung saja yang dimiliki oleh wireless.

Berikut ini adalah beberapa keunggulan dari wireless.

  1. Instalasi jaringan yang relatif cepat
  2. Komponen penunjang dapat direlokasi dengan mudah
  3. Biaya instalasi yang murah
  4. Biaya pemeliharaan yang tidak terlalu tinggi
  5. Mudah untuk dikembangkan
  6. Cocok untuk pengguna dengan mobilitas tinggi
  7. Proses transmisi data sangat cepat (tergantung kualitas komponen pendukung)
  8. Fleksibel.

Kekurangan Wireless

Keunggulan yang dimiliki oleh wireless sangat banyak. Namun, untuk menggunakannya secara bijak Anda perlu mengetahui kekurangan wireless yang dimilikinya.

Kekurangan dari sistem wWireless juga sangat beragam. Berikut ini adalah beberapa kekurangan yang dimiliki oleh wireless.

  1. Keamanan data sangat rentan untuk di retas meski sudah terdapat sistem enkripsi.
  2. Terdapat risiko interferensi gelombang.
  3. Risiko delay sangat besar.
  4. Pengambilan data sangat lama (apabila tanpa bantuan kabel serat optik).
  5. Kualitas signal sangat dipengaruhi oleh cuaca dan letak geografis.
  6. Kemungkinan penyadapan sangat tinggi.

Penggunaan sistem jaringan nirkabel sebagai sarana komunikasi semakin marak pada era globalisasi. Hal tersebut tidak lepas dari mobilitas orang zaman sekarang yang semakin cepat.

Sehingga, penggunaan jaringan internet diperlukan untuk setiap kegiatan. Begitupun Anda akan lebih paham karena sudah membaca tentang pengertian wireless.

Baca juga: Pengertian WLAN (Wireless LAN)

                                     
           

Apa itu Google AdMob?

Deskripsi: Mengenal Google AdMob, fungsi, fitur dan cara kerjanya....
Hans
2 min read

Apa itu Chatbot?

Deskripsi: Pengertian Chatbot, fungsi dan keunggulannya. Kemajuan teknologi yang...
Hans
2 min read

SSH (Secure Shell Connection)

Deskripsi: pengertian SSH, fungsi, cara kerja dan manfaatnya. Apa...
Hans
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *