Apa itu Chatbot?

2 min read

Deskripsi: Pengertian Chatbot, fungsi dan keunggulannya.


Kemajuan teknologi yang semakin pesat membawa dampak positif yang memudahkan banyak orang.

Dengan perkembangan teknologi, kinerja bisnis dalam beberapa sektor pun menjadi sangat terbantu.

Bagi Anda yang sedang memulai bisnis di dunia digital, tidak ada salahnya untuk mempelajari lebih dalam mengenai chatbot.

Mari kupas secara lengkap apa itu chatbot, fungsi serta keunggulannya.

Simak ulasannya di bawah ini!

Pengertian Chatbot

Apa itu Chatbot?

Belanja online tentu saja tidak bisa terlepas sepenuhnya dari lontaran pertanyaan dari calon pembeli, bukan?

Jika dijawab secara manual tentu saja akan memakan banyak waktu.

Dan tentu saja slow respon menjadi tidak terelakan. Muaranya tentu saja berimbas pada gagalnya sebuah transaksi.

Maka dibutuhkan sebuah layanan yang menjawab pertanyaan pelanggan secara otomotis dan cepat. Nah, itulah salah satu fungsi chatbot.

Yakni untuk membalas pertanyaan konsumen secara langsung tanpa perlu membalasnya satu persatu secara manual.

Bagaimana Cara Kerja Chatbot?

Chatbot adalah sebuah layanan yang menggunakan robot atau tokoh virtual untuk meniru percakapan manusia.

Meniru dalam hal ini dapat dilakukan, baik dengan melalui suara, obrolan maupun pesan teks.

Fitur chatbot ini biasanya digunakan untuk berbagai keperluan industri. Salah satunya untuk menyampaikan informasi menggantikan peran manusia.

Meskipun tidak dapat menggantikan peran secara keseluruhan. Namun menggunakan chatbot dapat memudahkan Anda merespon pelanggan untuk sementara waktu.

Bagaimana cara kerja chatbot? Secara garis besar, cara kerja chatbot dibedakan menjadi 3 macam metode operasional.

Diantaranya adalah:

1. Pattern Matching (Penyesuaian Pola)

Metode operasional chatbot yang pertama adalah dengan metode penyesuaian pola.

Secara sederhana bot ini berkerja dengan memindai kata kunci dalam input.

Kemudian bot akan membalas dengan kata kunci yang paling cocok sesuai dengan permintaan query.

Jadi ketika Anda mengirimkan pertanyaan, maka bot secara otomatis akan mencari data sesuai dengan kata kunci yang diberikan.

Namun, apabila pertanyaan yang diajukan keluar dari pola yang sudah disediakan, maka bot tidak mampu menjawab pertanyaan tersebut.

2. Decision Tree Based

Metode operasional dengan sistem decision tree based sering disebut sebagai metode yang kurang ramah pengguna.

Pasalnya, bot hanya mampu merespon pertanyaan yang urutannya sudah tersedia saja.

Jadi pada saat menggunakan chatbot online, pengguna sudah disodorkan dengan beberapa urutan pertanyaan.

Yang mana pengguna hanya dapat menanyakan pertanyaan sesuai dengan urutan yang tersedia.

Namun apabila keluar dari konteks tersebut, maka bot tidak dapat merespon jawaban.

3. Kontekstual

Dengan menggunakan metode kontekstual, bot mengandalkan sistem kecerdasan buatan dengan machine learning (ML).

Dengan metode tersebut maka percakapan antara konsumen dengan bot bisa berjalan dengan natural layaknya manusia.

Cara kerja chatbot yang satu ini bisa dibilang yang paling sempurna dibandingkan dengan kedua metode sebelumnya. Namun dalam perancangannya, metode tersebut ternyata cukup rumit.

Untuk dapat menggunakan chatbot dengan metode kontekstual biasanya menggunakan teknologi Natural Language Processing (NLP).

Yang mana dengan teknologi tersebut, Anda dapat menciptakan chatbot dengan respon yang baik. Yaitu chatbot yang mampu memahami maksud pengguna dengan bentuk bahasa yang paling sesuai dan mendekati.

Manfaat Chatbot untuk Bisnis Anda

Setelah mengetahui apa itu chatbot beserta cara kerjanya.

Maka yang selanjutnya akan kita bahas adalah mengenai keuntungan penggunaan layanan chatbot.

Apa saja manfaat chatbot bagi bisnis Anda? Berikut ini kami rangkum fitur dan keunggulan chatbot khusus untuk Anda.

1. Respon Cepat

Pelayanan yang cepat tentunya akan memberikan nilai tambah bagi suatu bisnis. Ketika calon konsumen membutuhkan sesuatu lewat website dan mengajukan pertanyaan.

Chatbot ini secara otomatis akan langsung menjawab pertanyaan tersebut.

Jadi menggunakan chatbot akan menambah kepuasan pelanggan terhadap pelayanan Anda karena responnya yang cepat.

2. Beroperasi Selama 24 Jam

Menggunakan chatbot juga dapat membantu Anda untuk menghemat biaya operasi. Jika menggunakan manusia, misalnya dalam urusan customer service.

Tentunya akan ada kendala dalam pengoperasiannya, terutama berkaitan dengan jam kerja.

Lain halnya ketika Anda menggunakan chatbot. Sebagai robot virtual layanan tersebut dapat beroperasi selama 24 jam.

Hal ini tentu saja akan memberikan banyak kemudahan baik bagi Anda maupun konsumen.

3. Meningkatkan Branding Bagi Usaha Anda

Tidak hanya digunakan pada website saja, chatbot juga dapat digunakan untuk berbagai kepentingan tertentu sesuai kebutuhan.

Chatbot juga dapat digunakan untuk beberapa media sosial. Sehingga memudahkan konsumen yang ingin melakukan pemesanan produk melalui media tersebut.

4. Meningkatkan Penjualan

Teknologi bot membuat kepuasan pelanggan terhadap bisnis Anda semakin meningkat. Respon yang cepat membuat konsumen menjadi terpuaskan.

Hal tersebut juga akan berpengaruh terhadap peningkatan penjualan produk, lho.

5. Menghemat Waktu Pelanggan

Dengan teknologi chatbot, konsumen tidak perlu mengantri untuk mendapatkan respon dari setiap pertanyaan yang mereka ajukan.

Hal ini juga sangat menguntungkan bagi konsumen. Karena akan terbantu untuk menghemat waktu ketika ingin melakukan konsultasi dengan bisnis Anda.

Itulah beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dengan menggunakan layanan chatbot.

Contoh chatbot sangat mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari dan sering digunakan untuk menunjang bisnis digital.

Dengan kemudahan dan manfaat yang didapatkan dari layanan tersebut. Tidak heran jika chatbot menjadi layanan yang paling banyak dicari sekarang ini.

Kesimpulan

Chatbot merupakan salah satu layanan yang memberikan peluang besar didunia digital.

Selain berfungsi untuk menggantikan peran customer service, chatbot juga akan memberikan banyak keuntungan lain bagi bisnis Anda.

Beberapa informasi mengenai apa itu chatbot, fungsi, cara kerja serta keunggulan chatbot yang telah kami ulas diatas semoga dapat membantu Anda.

Terutama yang sedang ingin mengembangkan bisnis di dunia digital.

                                     
           

Apa itu Google AdMob?

Deskripsi: Mengenal Google AdMob, fungsi, fitur dan cara kerjanya....
Hans
2 min read

SSH (Secure Shell Connection)

Deskripsi: pengertian SSH, fungsi, cara kerja dan manfaatnya. Apa...
Hans
2 min read

Antivirus Gratis

Deskripsi: Referensi Antivirus terbaik dan gratis. Virus sudah menjadi...
Hans
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *